TANJUNG DATUK: Wisata Surga di Tanah Sengketa

misterpangalayo.com - Sebuah Objek Wisata bak Kembang Sataman berada di ujung negeri, tepatnya di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas (Kalimantan Barat). Sebuah tanah sengketa yang menjadi persoalan perbatasan negara antara Indonesia dan Malaysia.

Ini memang selalu menjadi isu hangat antara kedua negara, beberapa bulan lalu muncul isu pergeseran patok batas wilayah Indonesia atas Tanjung Datu' seluas 8.000 meter persegi dan Camar Bulan seluas 1.449 meter persegi oleh Malaysia, bermula dari pernyataan anggota Komisi I DPR RI, TB Hasanuddin.

Tanjung Datu' memiliki pantai pasir putih murni yang indah dengan sebuah taman yang tertata rapi, perbukitan menambah suasana alam yang indah, air yang masih jernih dan bening, terumbu karang masih terjaga, ubur-ubur dan ombak yang sangat dahsyat dan sangat cocok untuk berselancar. Ini sebuah objek wisata yang tiada duanya di Kalimantan Barat.

Namun kendalanya adalah Objek Wisata Tanjung Datu' masuk wilayah "Outstanding Boundary Problem", selain itu Tanjung Datu' sangat terpencil yang terletak paling utara Kalimantan Barat, dan Objek Wisata Tanjung Datu' dikelola dan diberdayakan oleh Pemerintah Malaysia.

Keanekaragaman flora dan fauna masih lestari, terdiri ratusan spesies burung, salah satunya burung merak. Dan hewan primata masih banyak dijumpai seperti Kera, Lutung, Orang Utan, Gibbons, Kancil, dan berbagai jenis tupai kita jumpai di kawasan ini.

Dan lebih menarik lagi, katak langka juga bisa di temukan di kawasan sengketa ini yakni Katak Sungai Sambas. Ubur-ubur dan Penyu menambah keendemikannya di Kalimantan Barat, karena satu-satunya wilayah yang mempunyai penyu. Pantai Tanjung Datu' sejak dahulu menjadi rumahnya para kura-kura, penyu, lumba-lumba, paus, dan beberapa spesies yang tidak dikenal juga telah dilaporkan di kawasan sengketa ini.

senja di ujung negri
Objek Wisata Tanjung Datu' berhadapan langsung dengan Laut Natuna dan Laut Cina Selatan, sehingga membuat ombak sangat cocok untuk snorkeling, scuba diving, dan aktivitas penyelaman. 

Terumbu karang Tanjung Datu' juga merupakan rumah bagi sejumlah hewan berbisa diantaranya adalah Ular Laut, Ular Coral, dan Kerang Cone.

aktivitas penyelaman
"Kami sangat berharap Pemprov. Kalimantan Barat bisa mengelola objek wisata yang tidak kalah saing dengan Pantai Kuta Bali, dan Beberapa bulan lalu orang Bali berkunjung kesini dan menyimpulkan bahwa Pantai Tanjung Datu' dan Temajuk jauh lebih indah dibandingkan Pantai Kuta Bali. Hingga saat ini sebagian wilayah Tanjung Datu' sudah dikelola oleh Pemerintah Malaysia, Pemerintah Indonesia kapan mau berbenah?," ujar Marwan, salah satu warga Desa Temajuk, Minggu (28/10/2012) sore, saat ditemui di Sambas.

(sb)

No comments:

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.