Serba Serbi Aktivitas Saat Mudik Lebaran di Sambas

misterpangalayo.com - Bagi masyarakat Melayu, tradisi balik kampung menjelang hari raya Puasa atau yang lebih dikenal Idul Fitri sudah menjadi tradisi turun-temurun yang wajib dilakukan khususnya bagi mereka yang jauh dari kampung halaman. Fenomena ini sering ditandai dengan banyaknya orang mengantri, berdesak-desakan serta macet panjang demi bisa pulang ke kampung halaman untuk untuk melepas rindu, bernostalgia dan merayakan hari kemenangan bersama keluarga tercinta.

Di Indonesia, kata "Mudik" lebih banyak digunakan ketimbang "balik kampung". Dan tradisi ini tidak hanya bagi mereka yang pulang kampung saat lebaran, tetapi juga mereka yang merayakan Natal, Imlek, ataupun perayaan lainnya. Sebagian catatan sejarah menyebutkan bahwa tradisi mudik muncul karena sesungguhnya penduduk Indonesia merupakan keturunan Malanesia, yang berasal dari Yunan dan Cina. Jauh sebelum era Majapahit, tradisi mudik sudah dilakukan di China, ketika mereka akan merayakan hari raya Imlek. 

Serba Serbi Aktivitas Saat Mudik Lebaran di Sambas

Saat mudik lebaran, jutaan orang tiap tahunnya berbondong-bondong kembali ke kampung halaman dengan memanfaatkan berbagai macam transportasi mulai dari sepeda motor, mobil, bus, kereta api hingga pesawat terbang. Tujuannya hanya satu, ingin berkumpul dan berlebaran bersama keluarga. Saya adalah satu dari jutaan orang di Indonesia yang turut menambah angka pemudik.

Sedia Payung Sebelum Hujan, itulah pepatah jitu yang saya gunakan untuk menggerakkan aktivitas saya agar Mudik Lebih Nyaman. Sebelum berangkat mudik, banyak hal yang harus dipersiapkan guna meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk lebih lanjutnya, Anda bisa baca artikel berikut ini 4 Persiapan Primer Sebelum Berangkat Mudik Lebaran.

Merayakan lebaran bersama keluarga tercinta di kampung halaman adalah momentum yang banyak orang untuk tidak melewatinya. Bagi masyarakat Melayu Sambas dan Kalimantan Barat pada umumnya, tradisi balik kampung tidak saja menyiratkan sekedar aktivitas perayaan keagamaan. Akan tetapi, Lebaran juga memiliki substansi akan pentingnya upaya mempererat ikatan persaudaraan dalam konteks kehidupan bersilaturahmi.

Ketika berada di kampung halaman, ada banyak hal yang bisa dilakukan bersama keluarga, mulai dari berkunjung ke makam kerabat hingga pelesir ke tempat-tempat wisata bersama keluarga. Tak heran apabila musim mudik di Kabupaten Sambas, seketika objek wisata banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar Sambas yang pergi beramai-ramai dengan keluarganya. Selain itu, saat pulang kampung juga digunakan untuk bertemu teman-teman waktu sekolah maupun teman masa kecil. Hal ini semata-mata untuk menyambung kembali pembicaraan atau mengenang masa lalu.

Mungkin sebagian diantara kalian hanya lebaran jadi satu-satunya momen kembali ke kampung halaman. Karena jarang berkunjung, tentunya ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan saat berada di kampung halaman. Belum lagi saat bersamaan bertemu anggota keluarga lain yang selama ini jarang bisa berkumpul bersama.

Nah, kali ini misterpangalayo yang juga calon pemudik tahun 2017 ini ingin berbagi kegiatan apa aja yang akan dan bisa dilakuin selama di kampung halaman bersama keluarga. Tentunya hal ini bisa menjadi referensi bagi pemudik asal Kabupaten Sambas ketika berada di kampungnya masing-masing (termasuk admin).


1. Ziarah Makam Kerabat

Bagi masyarakat Melayu di Kabupaten Sambas, ziarah kubur sebelum dan di hari lebaran adalah tradisi yang sudah dilakukan sejak lama. Hal ini tentunya tidak boleh dilewatkan oleh pemudik ketika berada di kampung halaman.

Berangkat dari pengalaman saya setiap tahunnya, mengunjungi makam keluarga atau kerabat, para peziarah membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq, An Nas, dilanjutnya beberapa ayat dari surat Al Baqarah, kemudian ayat Kursi.

Sebelum melakukan hal diatas, tentunya peziarah harus membersihkan makam tersebut dari tumbuhan liar seperti rumput dan ilalang. Langkah terakhir adalah menaburkan aneka jenis bunga ke makam tersebut.

CATAT !!! Bagi masyarakat Sambas, ziarah makam keluarga itu semata-mata hanya untuk bersilaturahmi kepada mereka yang telah mendahului kita dengan memberikan "bingkisan" berupa doa.



2. Road Trip Keliling Kota Sambas

Selain ziarah kubur kerabat dan keluarga. Saya merekomendasikan kepada pemudik yang kampung halamannya selain Kota Sambas (ibukota Kabupaten Sambas) untuk mengajak keluarganya road trip ke Kota Sambas.

Road trip ini juga bisa membuat kita semakin dekat dengan mereka. Jangan lupa untuk browsing dulu mencari destinasi yang akan di tuju selama di kota dan juga download aplikasi MAPS di smartphone sebagai penunjuk arah.

Kini, Anda tidak usah bersusah payah memikirkan aktivitas apa yang rekomended untuk dilakukan. Saya telah menyiapkan 5 aktivitas terbaik yang bisa Anda lakukan bersama keluarga Anda di Kota Sambas berdasarkan pengalaman saya pribadi. Silahakan kepoin artikelnya di 5 Aktivitas Terbaik Yang Bisa Kamu Lakukan Saat Berada di Kota Sambas.




3. Quality Time Bersama Keluar di Desa Wisata Temajuk

Yang ketiga ini, sangat ingin saya lakukan bersama keluarga di tahun ini. Di Kabupaten Sambas banyak tempat wisata yang bisa menjadi lokasi untuk quality time bersama keluarga, seperti Objek Wisata Danau Sebedang di Kecamatan Sebawi, Tanjung Batu dan Pantai Sinam di Kecamatan Pemangkat, Pantai Putri Serayi di Jawai, dan banyak lainnya.

Ketika kali ini Anda akan berwisata dengan keluarga dan anak-anak, Desa Wisata Temajuk menjadi tempat yang aman dan cocok untuk menghabiskan waktu yang berkesan dan tak terlupakan. Suasana baru yang santai dan pemandangan alamnya yang indah, banyak spot wisata, serta sebuah kawasan yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

Bagi yang belum pernah ke Temajuk, silahkan baca artikel yang telah saya sediakan berikut ini "BALI VAN SAMBAS: Wisata Desa Terbaik Di Sambas Yang Wajib Dikunjungi". Temukan informasi seputar akses menuju kesana hingga tempat wisata apa aja yang ada di sana.




4. Mengunjungi Singkawang Grand Mall

Di Kalimantan Barat, kebaradaan Mall seakan menjadi daya tarik tersendiri bagi orang yang berasal dari kampung atau daerah yang belum memiliki pusat perbelanjaan di daerahnya. Pusat perbelanjaan di Kalbar hanya ada di Kota Pontianak, Kota Singkawang, dan Kota Ketapang. Sedangkan, Singkawang Grand Mall (SGM) adalah satu-satunya mall yang aksesnya sangat dekat dari ibukota Kabupaten Sambas. Apabila ditarik dari Kota Sambas, lokasi mall ini hanya berjarak 78 kilometer, lebih dekat jika dibandingkan dengan mall yang ada di Kota Pontianak yang berjarak 230 kilometer.

Mengunjung mall bersama keluarga terbilang unik dan berbeda daripada mengunjungi tempat wisata lainnya. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan ketika berada di Singkawang Grand Mall, seperti menonton film di bioskop, berbelanja, hingga mencicipi kuliner fast food. Mungkin bagi kita yang bekerja atau tinggal di kota-kota besar pastinya sudah menjadi aktivitas harian, namun bagi keluarga kita di kampung hal ini juga menjadi kesenangan tersendiri. Ketika berada di Singkawang, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke berbagai tempat wisatanya, sarana dan prasarananya sangat baik.




5. Wisata ke Luar Pulau

Libur lebaran menjadi momen tepat bagi keluarga untuk menghabiskan waktu bersama, tempat wisata pun tak pernah sepi dari pengunjung. Banyak objek wisata di Kabupaten Sambas yang bisa dikunjungi bersama keluarga, tapi apabila Anda berencana mencoba berwisata ke luar Sambas bahkan luar Kalimantan Barat. Persiapan yang matang dalam merencanakan liburan saat lebaran menjadi kewajiban, mulai dari pesan tiket pesawat hingga hotel atau penginapan di daerah tujuan.

Untuk mendapatkan harga tiket ataupun voucher yang murah, kita harus mempersiapkannya jauh-jauh hari. Seperti tiket pesawat, banyak promo dan diskon yang disediakan oleh biro perjalanan wisata atau situs pencarian tiket pesawat. Saya merekomendasikan Anda untuk booking di HISGO, karena menawarkan proses pemesanan lebih praktis dan cepat. Anda juga dapat dengan mudah mengecek pemesanan yang baru maupun lama.

Tidak hanya melayani tiket pesawat domestik, HISGO juga melayani pemesanan tujuan internasional dengan harga yang kompetitif ke 400 maskapai penerbangan seluruh dunia. Terlebih lagi HISGO dibuat oleh H.I.S Travel, salah satu biro perjalanan wisata yang berkualitas dan sudah dikenal secara luas di kancah internasional.

Di HISGO Domestik, booking tiket domestik pastinya akan mendapatkan banyak penawaran menarik jika Anda sudah menjadi membernya. Setelah mengurus tiket pesawat, langkah selanjutnya Anda harus membuat itinerary supaya waktu Anda tidak terbuang sia-sia dan perjalanan wisata Anda bersama keluarga berjalan sesuai dengan harapan.

Itinerary secara bahasa artinya adalah rencana dan secara stilah adalah daftar yang mengurutkan kegiatan perjalanan wisata secara kronologis, lengkap dengan informasi pendukung seperti lokasi, jumlah hari, kegiatan wisatawan, informasi meals (makan), akomodasi dan transportasi, serta hal-hal pendukung lainnya seperti include, exlude, biaya tambahan dan catatan lainnya.



Apabila Anda tidak ingin banyak berkerja, sangat dianjurkan untuk menggunakan biro perjalanan wisata karena banyak diluar sana yang menawarkan Paket Wisata Domestik yang murah dan terjangkau. Anda pastinya tinggal bersih dan hanya mengikuti jadwal yang telah mereka sediakan. Nah untuk Anda yang ingin menggunakan jasa biro perjalanan, H.I.S Travel Indonesia menjadi pilihan yang sangat tepat untuk menjadi travelmate Anda dan keluarga.

4 comments:

  1. Nah, karena saya jadi anak rantauan (gak jauh" amat sih, paling cuma 2 jam ehe), kalau pulang dan quality time sama keluarga maunya di rumah aja xD

    Bawaannya males main" soalnya kitanya datang dari jauh~
    maunay di rumah aja usel"an di kasur xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semacam istirahat total 😍😍

      Iya mbak ... semua orang pny cara tersendiri utk memaknai mudik lebaran bersama keluarganya masing-masing

      Delete
  2. Terima kasih infonya...sangat bermanfaat,sambas sudah banyak perubahan ya krn sdh lama tdk mudik pas lebaran di sambas.

    ReplyDelete

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.