Header Ads

10 Tempat Wisata Alam di Sambas yang Wajib Dikunjungi

misterpangalayo.com - 10 Tempat Wisata Alam di Sambas yang Wajib Dikunjungi. Apakah Anda tipikal orang yang suka mengunjungi objek wisata yang bernuansa alam yang indah dan asri ? Jika 'IYA' maka Anda sangat tepat mengunjungi halaman ini. Saya akan memaparkan informasi ringan dan up to date terkait tempat wisata alam yang ada di Kabupaten Sambas. Objek wisata alam Sambas kerapkali menjadi destinasi unggulan masyarakat Kabupaten Sambas maupun kabupaten-kabupaten tetangga yang ada di Kalimantan Barat.

Sambas termasuk kabupaten yang banyak memiliki tempat wisata seperti wisata alam, wisata sejarah, wisata religius, wisata kuliner, wisata minat khusus, wisata olahraga, wisata belanja dan wisata umum. Secara geografis Sambas terdapat 2 (dua) laut yang indah yaitu Laut Cina Selatan dan Laut Natuna, dan juga terdapat pegunungan indah yang terhampar di Bumi Sambas yaitu Pegunungan Poe dan Pegunungan Sebedang.


Diujung belahan utara Kabupaten Sambas berlatar belakang Gunung Senujuh yang melengkung hijau, sementara di belahan timur Kabupaten Sambas berderet bukit barisan yang dinamakan Pegunungan Sebedang. Di muara Sungai Sambas selatan diapit dua gunung, yaitu Gunung Gajah dan Gunung Kalangbau. Karena kondisi geografis itulah, negeri Sambas menjadi terkenal. Negeri itu aman dan makmur dengan julukan “negeri laksana kembang setaman”.

Secara umum, wisata alam Indonesia tidak hanya berada di Pulau Jawa atau Bali saja tetapi juga tersebar dari Sabang hingga Merauke. Jika selama ini Anda beranggapan bahwa Bali adalah pulau terindah di Indonesia karena keindahan pantainya, bisa jadi Anda salah. Karena ternyata di pulau-pulau lain masih banyak terdapat objek wisata alam yang patut Anda jelajahi. 

Berikut daftar 10 tempat wisata alam di Sambas yang wajib dikunjungi.

1. Pantai Temajuk - Kecamatan Paloh

Kawasan Pantai Temajuk adalah destinasi nomor 1 yang wajib Anda kunjungi sebelum memutuskan untuk berlibur ke luar Sambas. Mengapa demikian? Pantai Temajuk yang terletak di utara Kalimantan Barat adalah sepotong surga yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia.

10 Tempat Wisata Alam di Sambas yang Wajib Dikunjungi
Kawasan Tanjung Datuk yang berada di garis pantai Desa Temajuk - Kecamatan Paloh

Temajuk sendiri merupakan akronim yang diberikan oleh masyarakat setempat berasal dari kata TEmpat MAsuk JalUr Komunis, hal ini juga berkaitan dengan pembentukan Negara komunis di bumi Kalimantan ini. Tepatnya daerah Sarawak, Sambas, hingga ke daerah lainnya.

Pantai Temajuk memiliki hamparan pasir putih seluas 60 km. Tak jarang penyu-penyu berkunjung ke pesisir pantai untuk bertelur. Bagi anda mempunyai hobi berselancara, dalam bulan-bulan tertentu di Pantai Temajuk memiliki gelombang besar, sehingga memungkinkan anda untuk berselancar. Pada bulan oktober-februari gelombang di Pantai Temajuk mencapai 2 meter.

10 Tempat Wisata Alam di Sambas yang Wajib Dikunjungi
Kecamatan Paloh, satu-satunya kecamatan yang banyak terdapat spesies langka seperti PENYU

2. Riam Berasap - Kecamatan Sajingan Besar

Air Terjun Riam Berasap terletak di Desa Kaliau Kecamatan Sajingan Besar, dekat dengan perbatasan antara Indonesia dan Malaysia kurang lebih 10 kilometer dari titik nol perbatasan dari Malaysia, sedangkan jarak dari Kabupaten Sambas kurang lebih 80 kilometer untuk sampai ke lokasi Air Terjun Berasap, tidak heran lagi warga Malaysia juga sering berkunjung di daerah ini.

Riam Berasap - Sajingan Besar
Riam Berasap - Sajingan Besar

Sebagian masyarakat Sambas, ada yang menyebutnya dengan Riam Merasap, hal ini sedikit membingungkan karena di tempat lain sekitar 15 km dari Sajingan Besar terdapat sebuah riam yang bernama Riam Merasap dan secara administratif berada di wilayah Kabupaten Bengkayang.

Selain memiliki potensi air terjun Riam Berasap, Kecamatan Sajingan juga memiliki objek wisata Air Terjun Riam Naik Kubik dengan ketinggian 8 m, Jarak tempuh dari Kecamatan sajingan 15 km, Air Terjun Riam Pencarek ketinggian 80 m dengan jarak tempuh 17 km dan Air Terjun Riam Cagat berketinggian 100 M dengan jarak tempuh 9 km dengan berjalan kaki menyisir hutan yang masih alami. Selain air terjun, Kecamatan Sajingan juga memiliki Goa Alam Santok.


3. Danau Sebedang - Kecamatan Sebawi

Danau Sebedang ,salah satu tempat tujuan wisata yang terletak didesa Sebedang Kecamatan Sebawi kira-kira 12 km dari ibukota Kab Sambas. Danau Sebedang yang cukup luas dikelilingi oleh pegunungan dan bukit memberikan pesona pemandangan alam yang menarik.

Danau Sebedang dikala senja
Danau Sebedang dikala senja

Di Sisi Kanan Danau Sebedang terdapat Hutan Lindung Gunung Majau yang dulunya hutan belian. Kita juga bisa melakukan jungle tracking menuju puncak Bukit Amor di sebelah selatan danau dan menikmati pemandangan yang indah dari ketinggiannya. Selain itu terdapat sebuah pulau di tengah Danau Sebedang ini yang dinamakan Pulau Panjang.

Terdapat banyak pedagang sekitar Danau Sebedang yang menjual makanan dan minuman untuk anda bersantai bersama keluarga sambil menikmati indahnya alam. Anda juga bisa menyewa perahu kecil bagi anda yang ingin sekali berpetualang mengelilingi danau, karena di Danau Sebedang terdapat tempat penyewaan perahu.


4. Taman Wisata Alam Gunung Melintang - Kecamatan Paloh

Gunung Melintang terletak di Kecamatan Paloh dan sebagian kecil di Kecamatan Sajingan Besar Kabupaten Sambas. Keadaan topografi secara umum adalah agak curam sampai dengan sangat curam berupa pegunungan dengan kelerengan 15% - 45%, ketinggian tempat antara 25 sampai dengan 340 meter dari permukaan laut (dpl).

Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Melintang

Gunung Melintang ditunjuk dan ditetapkan berdasarkan RTRWP Kalimantan Barat Tahun 1995 (Zonasi kawasan sebagai Taman Wisata Alam seluas 17.640 ha),SK Menhutbun RI No. 259/Kpts-II/2000 Tanggal 23 Agustus 2000 (Penunjukan sebagai Taman Wisata Alam seluas 17.640 ha), dilanjutkan dengan Penetapan melalui SK Menteri Kehutanan Nomor : 107/Menhut-II/2013 tanggal 12 Februari 2013 dengan luas 21.172 Ha.

Taman Wisata Alam Gunung Melintang - Kecamatan Paloh

Gunung Melintang tepatnya di Dusun Setinggak, Desa Sebubus, Kec. Paloh, Kab. Sambas, terdapat pemukiman penduduk yang sudah sejak lama dan jauh sebelum penunjukan batas tepatnya di Desa Sui. Bening dengan jumlah penduduk ±120 KK


5. Pantai Bukit Raya Putri Serayi - Kecamatan Jawai Selatan

Keunikan pantai ini adalah terdapat hamparan batu dengan latar belakang sebuah bukit yang bernama Bukit Raya dan hamparan pasir putih sepanjang 3 km serta menghadap ke arah Laut Natuna. Tidak hanya memiliki pantai dan deburan ombak saja, pantai putri Serayi juga memiliki banyak pohon kelapa yang rindang keindahan pemandangan tepi pantai dan hamparan air laut yang luas akan memanjakan anda saat berada di sana.

Pantai Bukit Raya Putri Serayi - Kecamatan Jawai Selatan

Pantai Bukit Raya Putri Serayi - Kecamatan Jawai Selatan
Pantai Bukit Raya Putri Serayi - Kecamatan Jawai Selatan

Jarak dari pusat kota ke lokasi wisata ini kurang lebih 2 km dari ibukota Kecamatan Jawai Selatan. Sedangkan dari Ibukota Kabupaten Sambas 40 kilometer, Kota Singkawang 35 kilometer. Dari ibukota Kabupaten Sambas sampai Ibukota Kecamatan Jawai Selatan jalan beraspal. Sementara dari ibukota Kecamatan Jawai Selatan (Kota Matang Suri) ke obyek wisata berjarak 5 (lima) km kondisi saat ini, terdiri dari jalan susun batu (telpot) dan sekitar 2 km jalan tanah pasir.


6. Goa Alam Santok - Kecamatan Sajingan Besar

Terletak kurang lebih dari Kab. Sambas di Kecamatan Sajingan Besar.
Terdapat Patung Bunda Maria yang dulunya digunakan untuk tempat meditasi dan sembahyang. Tempat tersebut masih dianggap tempat yang sacral (suci) oleh masyarakat local di samping pemandangannya indah da menarik. 

Goa Alam Santok - Kecamatan Sajingan Besar

Wisata ini Terletak ± 85 Km dari pusat Kota Sambas, goa alam Santok berada di Kecamatan Sajingan Besar. Untuk sampai ke tempat tujuan kita menempuh waktu perjalanan lamanya sekitar 3 jam,. Di dalam waktu perjalanan kita bisa menikmati pemandangan yang indah, dan melihat kehidupan sehari-hari masyarakat Sajingan Besar.

Di dalam goa alam santok ini terdapat Patung Bunda Maria yang dulunya digunakan untuk tempat meditasi dan sembahyang masih dianggap tempat yang sacral (suci) oleh masyarakat local disamping pemandangannya indah dan menarik goa alam santok ini memilik beberapa keindahan lainnya bisa di rasakan oleh pengunjung sendiri.


7. Pulau Selimpai - Kecamatan Paloh

Salah satu tempat eksotis yang wajib dikunjungi adalah Pulau Selimpai. Letaknya berada di Desa Sebubus, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas. Pulau Selimpai memiliki keindahan pantai yang alami dengan luas 200ha. Pulau Selimpai terpisah dengan daratan Kabupaten Sambas. Sisi selatan hingga ke bagian barat berbatasan dengan laut Natuna, sedangkan sisi utara membentang ke timur di kelilingi Sungai Merabau. Dari demografinya, Pulau Selimpai menyuguhkan aneka pemandangan yang berbeda, hutan pinus, pantai, laut dan sungai. 

Pulau Selimpai - Kecamatan PalohPulau Selimpai - Kecamatan Paloh

Tempat yang satu ini sangat sayang untuk dilewatkan jika Anda sedang berkunjung ke Sambas, Kalimantan Barat. Tidaklah berlebihan jika pantai di Pulau Selimpai merupakan pantai eksotis yang dimiliki oleh Kalimantan Barat. Bentuk pantai yang unik berupa tanjung memanjang serta memiliki vegetasi dan fauna yang jarang ditemukan di pantai lain di Kalimantan Barat.

Pulau Selimpai dapat ditempuh melalui jalan darat menggunakan roda dua maupun roda empat. Akses jalan beragam, dari jalan aspal hinggal jalan tanah berpasir. Jarak tempuh sekitar 7km dari Kecamatan Paloh, 80km dari pusat ibukota Kabupaten Sambas. Fasilitas yang ada di pulau ini antaranya sumber air bersih, kamar mandi/MCK, gazebo, warung makan, dan penginapan sederhana.


8. Gunung Selindung - Kecamatan Salatiga

Gunung Selindung (dalam bahasa dayak: Sarinokng) merupakan gunung yang terletak di Kecamatan Salatiga, Kabupaten Sambas. Gunung ini menyimpan kekayaan alam berlimpah baik flora maupun fauna yang hidup disana. Pohon-pohon terhampar luas dan masih asri, udara yang segar dan sejuk, suara gemerecik air yang dapat menenangkan hati, kicauan burung-burung, dan lain-lain masih dapat dirasakan di tempat tersebut. Tidak salah jika gunung Selindung dijadikan sebagai objek wisata alam dan bumi perkemahan bagi anak Pramuka. 

Air Terjun Gunung Selindung

Hal yang paling menarik dari Gunung Selindung adalah Air Terjun Gunung Selindung. Objek ini terletak di Dusun Air Terjun, Desa Parit Baru berjarak kira- kira ±4km Kecamatan Salatiga ± 44 km dari ibukota kabupaten Sambas. Air terjun yang mengalir deras dan jernih ini merupakan tujuan utama masyarakat terutama remaja yang ingin mengisi liburan atau refreshing. Air yang jernih dan sejuk menjadi daya tarik air terjun Selindung. Batu-batu besar di bawah air terjun menjadi tempat bermain para pengunjung. Apabila datang ke tempat tersebut, tidak sah rasanya kalau tidak mandi di bawah air terjun tersebut.

Tempat ini juga sangat diminati oleh para pecinta olahraga mendaki gunung karena medannya cukup terjal dan tinggi. Di puncak gunung terdapat sebuah baru berukuran besar yang disebut oleh masyarakat setempat sebagai “Batu Kawah”. Konon tempat ini merupakan pos penjagaan pada zaman penjajahan Belanda yang dikenal dengan Titik Basis A. Dari pos ini pengunjung dapat menyaksikan desa-desa disekitar gunung bahkan kota Pemangkat masih dapat dilihat dari tempat tersebut.


9. Tanjung Batu - Kecamatan Pemangkat

Pantai Tanjung Batu merupakan pantai berbentuk tanjung bentukan alam yang terdiri dari bukit yang berbatu menjorok ke laut dengan ketinggian kurang lebih 80 meter.pantai tanjung Batu terletak sekitar 47 km dari pusat Ibukota Kabupaten Sambas.

Tanjung Batu - Kecamatan Pemangkat

Di kaki bukit ini banyak terdapat batu – batu yang menghampar ke laut yang dapat di lihat apabila air laut dalam keadaan surut. Obyek wisata alam Pantai Tanjung Batu dilengkapi dengan gunung yang berfungsi sebagai benteng alam, wisatawan dapat menikmati pemandangan alam dari atas gunung keberbagai arah pandangan.

Selain panorama alam yang indah, obyek wisata ini juga relatif dekat dengan pusat perbelanjaan Kota Pemangkat. Tugu kekejaman fasisme Jepang dengan jumlah korban sebanyak 47 orang. Korban di kak Gunung Tanjung Batu Meriam Tembak peninggalan jaman Belanda terletak di kaki Gunung Tanjung Batu sebanyak 2 buah. Meriam ini berusia lebih dari satu setenggah abad (tahun 1850). Makam Jendral Belanda Van Den Boch (1850). Berupa tugu di puncak Gunung Tanjung Batu.


10. Kebun Raya Sambas - Kecamatan Subah

Salah satu calon kebun raya Indonesia yang terdapat di Desa Sabung Kecamatan Subah Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat. Dirancang menjadi pusat konservasi dan pengembangan tumbuhan riparian dataran rendah. Ada 300 hektar lahan yang akan ditanam dengan bibit sebanyak 500 jenis pohon. Dengan adanya Kebun Raya Sambas, kita berharap selain hutan Sambas dapat terlindungi juga memberikan hal yang positif untuk kehidupan flora dan fauna Sambas

Kebun Raya Sambas - Kecamatan Subah

Kebun Raya ini adalah kawasan konservasi Tumbuhan yang memiliki koleksi tumbuhan terdokumentasian dan ditata berdasar pola klasifikasi taksonomi, bioregion, tematik atau kombinasi dari pola-pola tersbut untuk tujuan kegiatan konservasi, penelitian, pendidikan, wisata dan jasa lingkungan, ungkapnya.Potensi Sambas cukup besar terutama kebun sawit, kekayaan flora di Sambas begitu tinggi. Hutan akan mengalami ancaman, maka kita selamatkan potensi jenis-jenis asli pohon, dari kepunahan yang akan merugikan kita.

Rencananya jalan akses menuju Kebun Raya Sambas baik melalui jalan darat sepanjang 12,745 km atau melalui air sepanjang 38,990 km. Pengelolaan sampah secara mandiri juga merupakan hasil dari rencana pengembangan infrastruktur di Kebun Raya Sambas. Begitu pula rencana pengelolaan air bersih dengan sumber air sungai yang ada di dalam Kebun Raya Sambas. Sistem hydrant yang terencana dengan baik juga merupakan pengembangan dari rencana infrastruktur yang ada untuk mengantisipasi kebakaran hutan yang rentan melanda kawasan Kebun Raya Sambas.

28 comments:

  1. Jika ada masukan/rekomendasi tempat wisata alam di daerah kamu (Kabupaten Sambas), boleh tinggalkan jejak komentar kamu disini :)


    Terima Kasih

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Emang kinitok, posisi insanak dimane ???

      Delete
    2. Emang kinitok, posisi insanak dimane ???

      Delete
  3. Maaf, gambar riam Berasap ko' jadi Riam Merasap y? Setau saya Riam Berasap di Sajingan & Riam Merasap Di Sanggau Ledo Bengkayang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf atas kerancuan gambar. Betul yg Anda katakan... bhw riam merasap memang d bky. Diatas tlh saya sebutkan bhwa 15km dr sajingan terdapat riam merasap yg brada d kab bky ...

      terkait riam berasap... sbagian orang d sambas juga menyebut riam berasap dg riam merasap... dstu letak kerancuannya... terkait gambar.. itu emg gambar nanti saya analisa lagi. Thanks kunjungannya

      Delete
    2. Gambarnya sudah saya ganti,,, dengan gambar asli Riam Berasap Sajingan Besar.

      Delete
  4. Jadi salok nak balik ke kalbar... ��������
    Nk balik maseh lamak...

    ReplyDelete
  5. Indonesia... baru tau gue di ujung kalimantan indah gini... salam dari jawabarat

    ReplyDelete
  6. Indonesia... baru tau gue di ujung kalimantan indah gini... salam dari jawabarat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam dari borneo, brother....

      main2 atuh ksni

      Delete
  7. Replies
    1. balik lah,,, emg sodare agik dimane ???

      Delete
  8. artikelnya bagus, keren semoge bise bermanfaat buat kabupaten Sambas :-)
    izin ngeshare ye ^^

    ReplyDelete
  9. Keren dit.. Kite anak mude sambas same2 bercite2 melestarikn dan menjaga aset kampung halaman.. Sukses bro..

    ReplyDelete
  10. Kereenn Alhamdulillah psemua pantai di sambas udh pernh aku kunjungi...tinggl Gunung+air terjun nya boleh masuk agenda liburan selanjut nya 😉😊 ..Izin share ya+Trimaksh utk rekomendasi nya 😊😁

    ReplyDelete
  11. Saya tertarik dengan tulisan anda yang berjudul "10 Tempat Wisata Alam di Sambas yang Wajib Dikunjungi".
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata yang bisa anda kunjungi di Pariwisata Indonesia

    ReplyDelete
  12. Beberapa kali mlipir ke Sambas dan beberapa sudah di eksekusi, ntar klo mampir mau di eksekusi semua! mantap!

    ReplyDelete
  13. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai wisata alam.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar pariwisata

    ReplyDelete
  14. Ternyata kab sambas alamnya indah juga ya .....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak... Kurang promosi dan kurang dikemas aja

      Delete

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.