Header Ads

4 Persiapan Primer Sebelum Berangkat Mudik Lebaran

misterpangalayo.com - Bulan Ramadhan bulan penuh ampunan kini sudah di depan mata dan lambaian kehangatan bulan syawal pun menanti. Jiwa yang akan dibasuh Ramadhan yang suci akan tergantikan dengan cahaya hari kemenangan. Kesempurnaan dan kebahagiaan yang begitu nyata di saat hangatnya suasana lebaran kian terasa di kalbu. Hal ini merupakan pertanda hasrat yang mendalam bagi yang tinggal jauh dari orangtua atas nama pekerjaan seperti saya sekarang ini. Sehingga segala sesuatu yang berkaitan dengan persiapan mudik pun telah saya persiapkan jauh-jauh hari agar nantinya mudik akan terasa lebih nyaman, aman, dan lancar.

Persiapan Sebelum Mudik Lebaran 2017

Mudik adalah sebuah tradisi pulang kampung yang selalu saya lakukan setiap tahunnya menjelang hari raya Idul Fitri. Selain sebagai ajang untuk bertemu sanak keluarga sekaligus merayakan lebaran bersama-sama, tradisi ini juga sangat khas dan unik karena dilakukan oleh hampir semua masyarakat di Indonesia menjelang hari raya besar.

Tiada kata berkias untuk melukiskan kegembiraan yang saya rasakan ketika berkumpul bersama-sama keluarga tercinta. Rasa suka, duka, kegembiraan dan kesedihan dalam mengarungi kehidupan di tanah rantau dapat ditumpahkan dalam cerita mudik di kampung halaman. Bisa dibilang kalau mudik menjadi instrumen berbagi rasa, merefresh dan berbagi kebahagiaan.

Sekarang saya berdomisi di sebuah kota yang menjadi pusat pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat, yaitu Kota Pontianak. Sedangkan kampung halaman saya berada di sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Sambas. Jarak antara kota domisili ke kampung halaman sekitar 250,7 km, dimana kedua daerah tersebut secara administratif masih berada dalam satu provinsi. Berbagai moda transportasi darat pun tersedia untuk mengakomodasi kebutuhan saya ketika akan mudik lebaran, seperti kendaraan pribadi, agen travel, dan bus.

Seperti tahun sebelumnya, saya lebih nyaman mengendarai kendaraan pribadi yakni sepeda motor yang selalu menemani aktivitas sehari-hari saya. Sangat tidak dianjurkan untuk Anda yang baru pertama kali berkendara jarak jauh langsung melakukan hal ini, karena memiliki resiko yang lebih besar dibanding dengan mobil, bus, ataupun transportasi umum yang lain.

Perjalanan mudik tentunya butuh persiapan yang maksimal, tidak hanya dari sisi kendaraan yang harus di cek, tapi kondisi fisik juga perlu dipersiapkan untuk menghadapi perjalanan mudik yang panjang. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips mengenai apa saja yang perlu saya persiapkan sebelum berangkat mudik lebaran, mungkin 4 hal berikut ini bisa menjadi referensi Anda untuk pulang kampung tahun ini dan juga mengingatkanmu bagaimana supaya mudik terasa lebih enak dan nyaman. Sehingga hal-hal yang tidak di inginkan bisa di hindari.

1. Persiapan Fisik

Ketika akan berangkat ke kampung halaman, pemudik sangat disayangkan untuk tidak fit. Apabila kita tiba-tiba jatuh sakit, bukan hanya tidak bisa menikmati hangatnya suasana mudik, tapi juga akan menjadi beban bagi orang di sekitar kita. Oleh karena itu, jagalah kesehatan apalagi ketika mendekati hari-hari mau mudik. 2 hal yang dapat dilakukan untuk menghalau sakit datang menyerang, yaitu :
  • Istirahat Cukup
Sebelum melakukan perjalanan jauh pastikan istirahat yang cukup guna menghindari kecelakaan berkendara. Biasanya ketika berkendara dijalan, setiap 3 jam sekali akan beristirahat sejenak, entah itu makan, sholat, dan lain sebagainya. Tips dari saya, ketika Anda sedang berkendara dan tiba-tiba merasa kantuk walaupun baru sebentar berkendara segeralah untuk menepi dan beristirahatlah sejenak ataupun meregangkan otot.

  • Makan dan Minum Secukupnya
Untuk urusan minum, saya selalu memilih minuman yang ber-ion karena dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang saat mudik. Minuman bervitamin atau minuman isotonic juga baik untuk dikonsumsi saat mudik. Minuman tersebut dapat mengatasi konsentrasi dan pikiran agar tetap fresh dan bisa fokus maka kita memerlukan lebih dari sekedar air mineral biasa. Sedankan untuk urusan makanan, saya selalu mengkondisikan perut dalam keadaan tidak lapar namun juga tidak kekenyangan. 


2. Persiapan Kendaraan (Motor)

Sehari sebelum berangkat mudik, saya selalu melakukan servis kendaraan di bengkel resmi seperti memperhatikan kondisi rem, saringan udara, ban motor, termasuk mengganti aki dan oli. Karena sepeda motor akan digunakan bekerja lebih ekstra dibanding hari biasanya. Tidak ada salahnya untuk Anda mengutarakan daerah tujuan mudik kepada mekanik yang menangani motor kita agar mekanik tahu seberapa jauh perjalanan yang akan ditempuh dan seberapa berat motor harus bekerja.


3. Persiapan Perkap
  • Box motor yang berkualitas
Bagi saya menggunakan box motor saat mudik bersifat opsional, terlebih sepeda motor saya adalah jenis matic. Namun jika kampung halaman Anda jauh sebaiknya memang tidak menggendong tas dipundak, karena itu sangat melelahkan. Ransel mudik yang banyak muatan hanya akan membuat pundak kita seperti mau copot dan hal ini sangat mempengaruhi kosentrasi saat berkendara. Jika memang finansial Anda bagus pilihlah box yang berkualitas tinggi, begitu juga braket atau dudukannya. Tersedia juga yang lebih ekonomis, maka carilah yang braketnya tahan dan kuat. Sebab braket mempunyai peran penting untuk menjadi tumpuan utama bagi box dan muatan yang berada didalamnya.

taken by @Dede Sutisna
  • Ransel
Opsi kedua adalah bagi Anda yang tidak menggunakan box motor, sebaiknya memilih tas atau ransel yang kuat dan bermuatan. Untuk motor matic dan bebek, kita bisa menempatkan tas tersebut didepan dan tidak perlu dipundak. Selama posisi tas tidak mengganggu posisi kaki dan tidak mengganggu stang ketika bermanufer.




4. Wear Pack

Perlengkapan yang akan saya pakai ketika berangkat mudik juga sangat saya perhatikan, seperti memakai helm berkualitas yang SNI, jaket kulit atau jaket dengan bahan lain yang berkualitas, sarung tangan untuk melindungi tangan dari belangnya warna kulit, dan sepatu. Tapi ada satu yang tidak boleh dilupakan adalah jas hujan, pemilihan jas hujan untuk mudik atau bepergian jarak jauh sebaiknya yang berbentuk setelan baju dan celana.



POIN TAMBAHAN

Untuk kamu yang berencana mudik lebaran tahun ini menggunakan kendaraan umum, seperti pesawat, carilah tiket di agen penjualan terpercaya. Di zaman digital saat ini, Anda bisa pesan tiket pesawat via online kapan saja dan di mana saja. Pesan tiket pesawat dari jauh hari dapat membantu mengurangi biaya penerbangan. Semakin cepat pesan maka Anda dapat kursi dan juga mendapatkan harga lebih murah.

Saya rekomendasikan Anda untuk pemesanan tiket pesawat silahkan booking di HISGO baik itu untuk mudik lebaran maupun libur lebaran. Selain harga yang kompetitif baik itu tiket pesawat domestik maupun internasional. Proses pemesanannya juga lebih praktis dan cepat. Yang terpenting adalah mempunyai kredibilitas yang baik. HISGO dibuat oleh H.I.S Travel, sebuah biro perjalanan wisata berkualitas dan dikenal secara Internasional di Indonesia.

Mudik lebih nyaman bersama HISGO karena diklaim menjadikan perjalanan Anda lebih mudah dan menyenangkan. Selain HISGO Domestik maupun luar negeri yang melayani pemesanan tiket juga tersedia booking hotel, paket tour hingga transportasi kereta atau mobil.

Sekedar informasi, apabila Anda berencana ingin menggunakan jasa biro perjalanan wisata, H.I.S. Travel Indonesia bisa menjadi teman jalan Anda yang menyediakan berbagai macam Paket Wisata Domestik sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu, dapat menyusun perjalanan Anda mulai dari pesan tiket pesawat, booking hotel, optional tour, kereta api, penyewaan mobil dan semua yang Anda butuhkan.

Kuhaturkan salam sebagai penutup ulasan sederhana ini tentang 4 Persiapan Primer Sebelum Berangkat Mudik Lebaran versi misterpangalayo. Segera persiapkan mulai dari sekarang sebelum semuanya terlambat. Selamat Mudik, Keep Safety Riding.

4 comments:

  1. Yang paling utama persiapan dompeg, dah buat yg atu tuh setuju bet gw

    ReplyDelete
    Replies
    1. DOmpet mah sudah bukan rahasia umum lagi atuh,.... Malu kalau mudik tidak bawa uang... :)

      Delete

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.