Header Ads

BALI VAN SAMBAS: Wisata Desa Terbaik Di Sambas Yang Wajib Dikunjungi


misterpangalayo.com - Desa wisata adalah sebuah kawasan pedesaan yang memiliki beberapa karakteristik khusus untuk menjadi daerah tujuan wisata. Di kawasan ini, penduduknya masih memiliki tradisi dan budaya yang relatif masih asli. Selain itu, beberapa faktor pendukung seperti makanan khas, sistem pertanian dan sistem sosial turut mewarnai sebuah kawasan desa wisata. Di luar faktor-faktor tersebut, alam dan lingkungan yang masih asli dan terjaga merupakan salah satu faktor terpenting dari sebuah kawasan tujuan wisata.

Desa Temajuk sebagai kawasan pariwisata yang berada di sebelah utara bagian barat pulau Kalimantan memiliki banyak destinasi menarik yang wajib Anda kunjungi mulai dari wisata pantai hingga hutan bakau yang masih terjaga dengan baik. Di balik keterpencilannya, desa ini dianugerahi keindahan pantai yang membuat iri negeri tetangga.

Desa Wisata Temajuk sangat cocok bagi Anda yang keseharian tinggal di perkotaan dan dipenuhi dengan segala aktivitas perkotaan. Selain itu juga sangat bermanfaat untuk keluarga dan anak-anak di mana kita bisa memberikan edukasi yang lebih mendalam tentang alam, kehidupan, keseimbangan hidup, toleransi, gotong-royong, semangat kekeluargaan dan palajaran moral lain.
Secara administratif, Desa Temajuk berada di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Negara Sarawak - Malaysia. Desa Temajuk memiliki garis pantai sangat panjang yakni sekitar 60 km, terhampar sepanjang pesisir menuju Desa Temajuk yang kerap dikunjungi penyu untuk bertelur.

Berikut adalah video amatir milik saya, waktu berkunjung ke Desa Temajuk, SELAMAT MENONTON :)



Baca juga: 10 Tempat Wisata Alam di Sambas yang Wajib Dikunjungi

AKSES MENUJU WISATA DESA TEMAJUK

Untuk mencapai Desa Temajuk, perjalanan dapat ditempuh lewat jalur darat atau udara. Jika lewat jalur darat, dibutuhkan total waktu perjalanan lebih dari 9 jam dari Pontianak menyeberangi sungai Sambas dan Sungai Sumpit di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas. Saat menyeberangi Sungai Sambas, penyeberang bisa memanfaatkan kapal ferry ASDP, namun saat menyeberangi Sungai Sumpit yang besarnya sama dengan Sungai Sambas, penyeberang harus menggunakan kapal rakit bermesin tempel yang dioperasikan secara swadaya oleh warga. Jika lewat udara bisa menggunakan helikopter, akan tetapi yang menggunakan jalur udara banyak dari para pejabat apabila melakukan kunjungan kerja ke kawasan Desa Temajuk.

Jarak Desa Temajuk ke ibu kota kecamatan sekitar 45 km (sekitar 2,5 - 3 jam dengan sepeda motor). Jarak Desa Temajuk ke ibu kota kabupaten sekitar 90 km ( 4 - 5 jam dengan menggunakan mobil). Jarak Desa Temajuk ke ibu kota provinsi sekitar 315 km ( lebih dari 9 jam dengan menggunakan mobil ).

Apabila melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor dari Kota Pontianak ke ibukota Kabupaten Sambas, membutuhkan waktu tempuh sekitar 5 jam, dengan jarak tempuh sekitar 225 kilometer. Perjalanan dimulai dari Kota Pontianak menuju ke arah Sambas, kemudian ambil jalur yang menuju Kartiasa.

Dari Desa Kartiasa (Kecamatan Sambas), Anda bisa menyeberang sungai menggunakan feri dengan tujuan Tanjung Harapan - Teluk Kalong (Kecamatan Teluk Keramat) dengan tarif Rp 5.000 (per sepeda motor) atau Rp 35.000 (per mobil pribadi). Setiba di Teluk Kalong, Anda melanjutkan perjalanan menuju arah Kecamatan Paloh. Kondisi jalan masih bagus dan beraspal hingga ibukota Kecamatan Paloh, mulai dari Dusun Liku hingga Dusun Setingga kondisi jalan aspal berlubang.

Selepas Dusun Setingga, kemudian melewati Dusun Merbau, lalu sampai di Sungai Sumpit. Demi menuju Dusun Ciremai, sekali lagi kita harus menyeberang sungai menggunakan perahu bangkong dengan tarif Rp 10.000 per sepeda motor dan Rp 100.000 per mobil pribadi.

Dari Dusun Ciremai, perjalanan sudah tidak jauh lagi, jarak tempuh masih sekitar 45 kilometer. Namun dari sini perjalanan mulai sedikit terhambat, karena kondisi jalan yang sedang dalam proses perbaikan hingga Sungai Belacan.

Selepasnya jalan mulai agak sedikit baik, sudah mulai ada pengerasan jalan tanah selebar 6 meter sepanjang hingga Desa Temajuk. Sebelum adanya poyek pengerasan jalan menuju Desa Temajuk, kondisi jalan sangat susah untuk dilalui oleh kendaraan bermotor. Medan jalan berpasir gembur sepanjang Sungai Belacan hingga Dusun Camar Bulan menyulitkan warga dan pengunjung.





Highlights
  • Bisa satu hingga beberapa hari tinggal di desa bersama penduduk.
  • Ketersediaan penginapan dan homestay.
  • Mengunjungi wilayah sekitaran wisata Desa Temajuk.
  • Terdapat 15 Peta Wisata Desa Temajuk.
  • Buka setiap hari sepanjang tahun, tidak beroperasi pada waktu-waktu tertentu.
  • Musim panen Ubur-ubur bulan Maret - April.
  • Musim penyu bertelur bulan April-Juli. Pada musim ini dapat dikumpulkan sekitar 200 butir telur setiap malam.

KEUNIKAN WISATA DESA TEMAJUK
  • Ketika Air Laut surut menyisakan hamparan pasir yang sangat luas dengan lebar sekitar 100-150 m.
  • Ketika memasuki bulan Oktober – Februari tiupan angin cukup kencang dan tinggi gelombang di pantai ini bisa mencapai 2 m bahkan lebih. Inilah saat yang tepat untuk melakukan olahraga sky diving atau berselancar bagi mereka yang gemar dan mahir akan olahraga tersebut.
  • Anda juga bisa mengunjungi sebuah dermaga Temajuk, Dermaga ini sangat Panjang yang Menjorok Ke Laut. Sehingga Anda bisa melihat view yang sangat indah. Terutama saat sunset.
  • Penyu-penyu bertelur di sepanjang pesisir pantai Desa Temajuk (60 km.
  • Mengunjungi Kampung Teluk Melano (Sarawak - Malaysia) tanpa paspor (syarat & ketentuan berlaku), jarak sekitar 4km dari Desa Temajuk.
  • Pilihan wisata mulai dari pantai, gunung, hutan bakau, hingga air terjun.


DESTINASI WISATA DESA TEMAJUK

Pesona keindahan ujung negeri yang terletak di ekor Pulau Kalimantan, membuat Desa Temajuk dianugerahi keindahan alam yang luar biasa. Desa Temajuk di klaim menjadi Bali-nya Kalimantan Barat, karena terumbu karang yang masih terjaga kelestariannya, tempat habitat penyu bertelur, kualitas air laut yang masih baik, terdapat banyak pantai dengan total garis pantai sekitar 60 kilometer, spesies bekantan masih bisa ditemukan di kawasan ini, hutan bakau yang masih rimbun, landskap gunung yang indah, hutan cemara yang indah, spesies ubur-ubur mudah ditemukan di pesisir Desa Temajuk pada bulan Maret - April, dan lain-lain.




1. TUGU GARUDA

Tempat ini merupakan pintu gerbang menuju Desa Temajuk. Anda dapat berfoto di tempat ini dengan latar belakang menarik, berupa Tugu Garuda (simbol menuju Beranda Depan Negara Republik Indonesia).

Tugu Garuda Desa Temajuk - Kabupaten Sambas
Tugu Garuda Desa Temajuk - Kabupaten Sambas

2. PANTAI SIXTEEN (RT 16)

Pantai Sixteen (RT 16) adalah sebuah kawasan pantai yang berlokasi di RT (rukun tetangga) 16 (enambelas) Dusun Camar Bulan. Pantai ini memiliki keunikan berupa hamparan pasir yang sangat luas ditambah lagi keindahan pohon cemara yang menambah nilai keeksotisannya yang berjajar dengan rapi di sepanjang pesisir pantai ini. Kawasan Pantai Sixteen sangat cocok buat Anda untuk bersepeda santai di pinggir pantai dan melakukan aktivitas olahraga lainnya, serta lokasi ini sangat ideal untuk camping area.



3. DERMAGA CAMAR BULAN

Dermaga Camar Bulan adalah alternatif untuk Anda yang ingin melihat langsung sunset di ujung dermaga ini. Sebuah dermaga yang panjang dan menjorok ke laut, melihat sunset dari sini bisa menjadikan pengalaman berharga yang tiada duanya untuk Anda dan keluarga Anda. Keunikan lainnya dari tempat ini adalah, pada bulan Maret - April, Anda dapat menikmati dan melihat secara langsung musim panen ubur-ubur.


4.  PANTAI SURYA

Pantai Surya terletak di Dusun Maludin menjadi alternatif buat Anda dan keluarga yang sedang ingin menyendiri karena jauh dari keramaian. Lokasi pantai ini berdekatan dengan PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) dan perumahan TNI-AL (Tentara Nasional Indonesia - Angkatan Laut). Saat air sedang surut, pantai ini menyajikan pemandangan pantai berbatu yang unik.


5. PANTAI MALUDIN

Pantai Maludin terletak di Dusun Maludin, mudah diakses dengan mengendarai sepeda motor. Di pantai ini, kita Anda dan keluarga Anda bisa melihat langsung 'Batu Nenek' dari kejauhan.



Video amatir milik saya, waktu berkunjung ke Pantai Maludin saat pagi hari, SELAMAT MENONTON :)


6. BATU NENEK

Batu Nenek adalah batuan purba raksasa yang tersusun rapi, sehingga menjadikan pantai ini memiliki keindahan yang sangat eksotis. Di pantai ini terdapat Pulau Dua Kelapa yang dapat Anda kunjungi ketika air sedang surut.


7. TELUK ATONG

Jika Anda ingin bermalam di pinggir pantai, Anda dapat menuju ke arah Teluk Atong. Di sana Anda dapat menemukan banyak pilihan bermalam, mulai dari villa hingga homestay yang bertebaran di sekitar Teluk Atong, serta tidak sedikit dari pengunjung yang mendirikan tenda di area Teluk Atong. Pantai ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluarga.


8. PASIR PLAIK

Anda dapat mencapai pantai ini dengan menyewa kapal-kapal nelayan Desa Temajuk. Pantai ini memiliki ombak yang tenang, pemandangan hutan belantara Kalimantan, dan terdapat muara air tawar yang dapat dinikmati untuk berendam setelah Anda puas berenang di pantai.
 

9. Tanjung Datok / Tanjung Datoe'

Di tempat inilah ujung Pulau Kalimantan yang terbagi menjadi 2 (dua) wilayah kedaulatan antara Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Negara Malaysia. Berkunjung ke tempat ini akan membuat jiwa nasionalisme Anda terpanggil. Jika Anda mendaki lebih dari 100 meter, Anda akan menemukan mercusuar milik Indonesia.
 

10. BATU BAJULANG

Bongkahan batu besar yang menjulang tinggi di puncak bukit sekitar Tanjung Datuk / Tanjung Datoe'. Kawasan Batu Bajulang sangat cocok untuk Anda yang ingin menikamti keindahan Laut Cina Selatan dan Laut Natuna dari ketinggian. 
 

11. HUTAN BAKAU


Menyusuri sungai yang dikelilingi oleh hutan bakau di Dusun Maludin. Anda dapat menyusuri sungai ini dengan menyewa kapal-kapal milik nelayan Desa Temajuk. Jika Anda beruntung, Anda akan menemukan dan melihat Bekantan dan hewan khas Kalimantan lainnya. Jika kapal yang anda sewa masih tersedia ruang, ajaklah beberapa anak anak sekitar agar mereka dapat lebih menceriakan suasana wisata sungai

12. DURIAN 8 BATANG

Ditempat ini Anda dapat melihat pemandangan Desa Temajuk dari ketinggian. Di tempat ini juga terdapat gazebo yang pembangunannya diawali oleh Program Tim KKN-PPM UGM tahun 2014 dan dibangun secara gotong royong dengan Warga Desa Temajuk, Gazebo tersebut menambah sensasi menikmati pemandangan desa temajuk dari ketinggian.
 

13. POS LINTAS BATAS (PLB) INDONESIA - MALAYSIA

Di lokasi ini terdapat pos lintas batas negara Indonesia - Malaysia, keunikan PLB (pos lintas batas) di Desa Temajuk, apabila kita ingin berkunjung ke Kampung Telok Melano yang notebane-nya wilayah Negara Serawak - Malaysia, Anda tidak perlu menggunakan paspor, Anda hanya perlu mengisi buku tamu yang disediakan oleh pihak Indonesia yang di jaga oleh TNI (Tentara Nasional Indonesia), begitu juga di wilayah Negara Serawak - Malaysia. Untuk mengunjungi negara tetangga tanpa paspor, syarat dan ketentuan berlaku.
 

14. AIR TERJUN GUNUNG PANGI

Air Terjun Gunung Pangi hanya bisa dinikmati hanya pada saat musim hujan tiba.
 
ilustrasi Air Terjun (Mohon maaf, photo asli akan segera menyusul)

15. TERUMBU KARANG

Anda dapat menikmati pemandangan bawah laut berupa ikan-ikan yang cantik dan terumbu karang yang beragam di Pantai Maludin. Untuk menikmati wisata tersebut, Anda dapat menyewa peralatan selam di Teluk Atong atau membawa sendiri peralatannya.


8 comments:

  1. Wheh kalo ada duit buat liburan semester enak nih, pantai pasir putih bikin ngiler dan kayaknya buat ngecamp enak tuh pantainya.

    Kalo suka ngetrip cobain ke kota saya om Wonosobo, disana ada Gunung prau & Sikunir yg lain juga banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh waktu ke jogja kmrn, pgnnya ke wonosobo... kampung teman aku, katanya adem banget yaaa desanya,,,,

      next time, insyaallah mampir kesana :)

      Delete
  2. pantainya keren gan, jadi pengen kesana

    ReplyDelete
  3. sayang waktu liburannya sudah habis, tpi info wisatanya keren lengkap, bisa buat referensi liburan nanti nih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ALhamdulillah kalau bermanfaat... next time wajib kesini .....

      keren maksimal tempatnya,,,,,

      Delete
  4. kalau pakai kendaraan roda 4 sampai dimana?

    ReplyDelete

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.