Langkah Sukses Memasarkan Bisnis Menggunakan Internet Marketing

Membangkitkan Bisnis Menggunakan Internet Marketing - Di masa lalu, pra-2005 mungkin sebuah percakapan antara dua orang terutama pengusaha selalu dimulai dengan pertanyaan, "Jadi, apakah Anda memiliki sebuah situs web?" Saat ini, hampir setiap bisnis pasti memiliki sebuah situs website. Memasuki era Web 2.0, hanya memiliki sebuah situs web tidaklah cukup. Apakah Anda sedang merintis usaha dibidang e-commerce atau bisnis batu bata dan mortir tradisional? Apabila Anda ingin memaksimalkan kesuksesan Anda, solusinya adalah Anda perlu Kursus Internet Marketing. Hal ini pastinya menjadi pilihan terbaik terutama untuk pemula yang ingin mengembangkan keterampilan dan kepercayaan diri dalam memasarkan bisnis online. Selain itu, banyak yang akan Anda dapatkan, mulai dari mempelajari Studi Jualan Online hingga Studi Internet dan Digital Marketing.

Membangkitkan Bisnis Menggunakan Internet Marketing

Dewasa ini, layanan internet marketing sangat diminati. Bisnis dengan situs web perlu mengetahui cara memasarkannya secara efektif di Internet. Banyak yang lebih suka membayar seseorang untuk meningkatkan visibilitas dan keterpaparan situs web menggunakan internet marketing. Nah, disitulah spesialis internet marketing membantu bisnis Anda. Seorang spesialis internet marketing membantu membangun rencana bisnis Anda lewat pemasaran online, dan dalam beberapa kasus juga menerapkan dan mengendalikan rencananya.

Apa yang Spesialis dari Internet Marketing?

Pakar internet marketing membantu bisnis Anda dengan mempromosikannya lewat strategi online. Ini bisa termasuk email marketing, media sosial, optimasi search engine (SEO), dan lainnya. Pakar internet marketing mungkin bertindak sebagai konsultan, mengidentifikasi strategi, menyiapkan sistem, dan kemudian beralih ke taktik pemasaran sebenarnya yang mengarah langsung ke bisnis. Atau dia mungkin dipekerjakan untuk menerapkan dan mengelola rencana internet marketing yang sedang berjalan.

Sembilan Langkah Sukses untuk Berhasil Memasarkan Bisnis Online Anda

1. Optimalisasi mesin pencari (SEO)

Optimalisasi mesin pencari telah menjadi industri tersendiri dalam beberapa tahun terakhir. Idenya adalah menulis dengan keyword tertentu di situs web Anda sedemikian rupa sehingga situs Anda akan tampil tinggi di halaman hasil mesin pencari utama (seperti Google dan Bing) saat pengguna melakukan pencarian kata kunci tertentu.

Ada ratusan perusahaan yang mengkhususkan diri dalam SEO yang dapat membantu mengoptimalkan situs Anda. Tapi kenapa tidak mencobanya sendiri sendiri? Cukup pikirkan dua atau tiga kata dan / atau frase yang mungkin digunakan pelanggan saat mencari bisnis seperti milik Anda. Anda akan menerima beberapa hasil serupa yang sudah dicari. Cari frase tiga kata atau lebih panjang, dan gunakan di beranda Anda tanpa melakukan tindakan yang berlebihan.


2. Gunakan Periklanan Bayar Per Klik

Bayar per klik sering disamakan dengan SEO sebagai alat pembuatan lalu lintas situs web, namun sebenarnya sangat berbeda. Dengan PPC, Anda membeli kata kunci dan frase kata kunci tertentu dari mesin pencari berdasarkan bayar per klik.

Sebagai contoh, katakanlah Anda menjual ski dan snowboards di Bukalapak. Jika Anda membeli frasa kata kunci "ski dan snowboards Bukalapak", iklan untuk situs web Anda akan muncul di bagian hasil berbayar dari penelusuran yang menggunakan frasa ini. Kemudian, setiap kali seseorang mengeklik tautan di iklan Anda, Anda akan membayar biaya yang dinegosiasikan (dikenal sebagai biaya per klik, atau BPK) ke mesin pencari. 


3. Publikasikan E-Newsletter

Buletin elektronik adalah salah satu cara terbaik untuk mengarahkan lalu lintas berkualitas ke situs web Anda. Bila dilakukan dengan benar, mereka memungkinkan Anda menjangkau pelanggan dan prospek secara konsisten dan mengarahkannya ke situs web Anda untuk mendapatkan informasi lebih rinci tentang perusahaan, produk, dan layanan Anda.

Sangat mudah dan murah untuk menerbitkan e-newsletter sendiri menggunakan layanan seperti Constant Contact. Kunci keberhasilan e-newsletter adalah membangun basis data dengan hati-hati, dan memberikan konten bernilai tambah alih-alih promosi penjualan yang sedikit menyamar. Juga pastikan untuk memudahkan penerima untuk memilih apakah mereka tidak ingin menerima e-newsletter Anda. 


4. Tulis Blog

Blogging adalah cara lain untuk mengarahkan lalu lintas berkualitas ke situs web Anda dan meningkatkan peringkat situs Anda di mesin pencari. Blog dapat digunakan untuk menambahkan lebih banyak halaman frase kata kunci ke situs Anda, karena mesin pencari melihat posting blog dengan cara yang sama seperti halaman web lainnya.

Banyak pemilik usaha ragu untuk memulai blog karena mereka tidak tahu harus menulis apa, tapi jangan biarkan hal ini menghentikan Anda. Anda jelas ahli dalam sesuatu atau Anda tidak akan menjalankan bisnis, jadi luangkan waktu untuk memikirkan tren dan kejadian di industri Anda yang dapat Anda kunjungi dan pertahankan prospek pelanggan. 


5. Gunakan Link Exchange

Faktor lain yang dipertimbangkan oleh analisis mesin pencari dalam menentukan rangking hasil pencarian adalah jumlah link yang masuk dan keluar dari situs Anda, yang dikenal sebagai inbound dan outbound link. Hal ini membuat tautan membuat alat yang berpotensi efektif untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda. Anda bisa membangun inbound dan outbound link ke website Anda secara manual, tapi ini bisa menjadi rumit dan menyita banyak waktu. Sebagai gantinya, ada layanan online yang bisa membantu mengotomatisasi proses dan meningkatkan efisiensi. 



6. Social Media Marketing

Sementara banyak platform media sosial dimulai terutama untuk sosialisasi online pribadi, bisnis dengan cepat masuk ke dalam tindakan tersebut dan mulai menggunakan media sosial untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web mereka.

Membuat strategi media sosial dan strategi membangun lalu lintas yang terkoordinasi untuk bisnis Anda adalah tugas besar, dan Anda dapat mempekerjakan seseorang yang profesional untuk membantu Anda jika anggaran Anda memungkinkan. Atau Anda bisa melakukannya sendiri. Misalnya, Anda bisa memulai dengan membuat halaman profil LinkedIn yang komprehensif, diikuti oleh halaman Facebook bisnis. Masing-masing harus mencakup penyebutan dan tautan yang menonjol ke situs web bisnis Anda. 


7. Promosikan Situs Anda via Offline juga

Salah satu kesalahan bisnis yang paling umum dan mudah diperbaiki saat mengunjungi situs web pemasaran mereka bukanlah mempromosikan situs mereka dalam materi pemasaran offline mereka.

SEO, PPC, media sosial, dan sejenisnya adalah alat online yang hebat untuk mengarahkan lalu lintas ke situs, tapi jangan lupa bahwa pelanggan dan prospek Anda menghadapi bisnis Anda di dunia nyata dan fisik juga. Sebagai permulaan, pastikan alamat Web Anda tercetak dalam segala hal: kop surat, kartu nama, brosur, buletin, iklan surat kabar dan majalah, dsb. Dan sebutkan alamat Web Anda di iklan TV dan radio juga. 


8. Pastikan Situs Anda Tampak dan Dibaca secara Profesional

Keunggulan situs di Internet adalah membuat situs Anda terlihat lebih profesional dalam tampilannya dan pada saat dibaca. Situs web yang tampak amatir dan kurang jelas akan terlihat abal-abalan dan terkesan bisnis Anda tidak sungguh-sungguh.

Meskipun lebih mudah dari sebelumnya untuk membangun situs web Anda sendiri menggunakan template gratis seperti WordPress, mungkin layak untuk menyewa perancang situs web profesional dan copywriter. Hal ini terutama bergantung pada dua faktor: kemampuan teknis Anda, dan kompleksitas dan peran situs web Anda. Jika Anda adalah bisnis online atau e-commerce, situs web Anda sangat penting dan Anda mungkin harus menyewa profesional. Jika situs Anda merupakan alat pemasaran online dan Anda memiliki beberapa kemampuan teknis, Anda mungkin mencoba melakukannya sendiri. 


9. Pastikan Situs Anda Fast Loading

Kesalahan situs web umum lainnya yang banyak dilakukan oleh pebisnis adalah membangun situs keren, memiliki banyak widget sehingga loading web Anda akan membutuhkan waktu lama. Penelitian menunjukkan bahwa pengguna Internet biasa akan menunggu tidak lebih dari dua sampai empat detik agar situs web dimuat sebelum menyerah dan beralih ke situs lain.

Kecuali Anda adalah bisnis teknologi tinggi yang perlu membuat pengunjung kagum dengan banyak flash dan dasbor, cobalah untuk menjaga agar elemen situs Anda tetap sederhana sehingga bisa memuat secepat mungkin, apa pun jenis koneksi internet yang dimiliki pengunjung. Selain itu, jagalah agar navigasi tetap mulus dan mudah sehingga pengunjung dapat dengan cepat menemukan apa yang mereka cari.

No comments:

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.