Hariku Tanpa Prelo Ibarat Hidup Tanpa Cinta

Prelo, Cara Aman dan Mudah dalam Jual Beli Barang Bekas - Jika Anda ingin menghasilkan uang dari barang bekas Anda, mungkin Anda bisa menjualnya sebagai produk second di pasar loak lingkungan Anda. Apakah itu cukup mudah untuk dilakukan terutama untuk pemula ? Nah, kali ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana cara aman dan mudah menjual barang bekas atau bahkan membeli barang bekas dengan sebuah aplikasi mobile yang dirancang khusus untuk menjual dan membeli barang bekas secara online

Di era digital saat ini, aplikasi Prelo sedang ramai diperbincangkan terutama bagi pelaku e-commerce. Awal saya mengenal Prelo adalah saat saya menghadiri kopdar rutin salah satu komunitas bisnis di Kota Pontianak. Dari sekian banyak marketplace, pelaku bisnis yang saya anggap senior merekomendasikan Prelo kepada saya untuk menjual barang preloved. Karena rasa penasaran saya begitu tinggi, pertama-tama saya mencari informasinya dengan menikmati iklan Prelo di situs YouTube dan kemudian mencari informasi lebih lengkap di official website-nya.

Kopdar rutin komunitas bisnis Kota Pontianak

Ternyata memang benar kata pepatah "Tak Kenal Maka Tak Sayang", dari berbagai data yang telah saya saring terdapat tiga alasan yang membuat saya mau menggunakan layanan Prelo. Pertama adalah Prelo mengutamakan keamanan dan kepraktisan berbelanja. Kedua, tersedia rekening bersama untuk memfasilitasi semua transaksi pengguna dalam platform. Dan alasan yang terakhir, aplikasi Prelo tidak terlalu banyak mengambil porsi memori pada perangkat smartphone. Hal ini telah saya buktikan sendiri dengan pengujian heap memory.


Pengujian Heap Memory

Heap memory merupakan porsi dari memori yang dialokasikan secara dinamis. Untuk menyediakan pengalaman pengguna yang stabil, penting untuk aplikasi Prelo pada perangkat smartphone Android ataupun iOS tidak begitu banyak mengambil porsi memori. Perangkat keras yang digunakan adalah perangkat smartphone Android dengan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow.



Untuk pengujian memori aplikasi Prelo pada perangkat smartphone Android, saya menggunakan Android OS Monitor. Untuk skenario pengamatan dengan Android OS Monitor, sebagai berikut :

  • menjalankan aplikasi Prelo,
  • mengakses halaman utama,
  • mengunggah gambar produk untuk dijual pada aplikasi tersebut.

Langkah selanjutnya, saya mengukur total heap size dan allocated heap size yang terlihat. Rata–rata total dan allocation heap dari aplikasi Prelo pada perangkat smartphone Android yang saya uji adalah 52 MB. Dari sini dapat dilihat bahwa aplikasi Prelo tidak terlalu banyak dalam penggunaan memori. Kesimpulannya adalah aplikasi Prelo tidak berat untuk dijalankan dan tidak akan membuat kinerja menjadi lambat pada perangkat smartphone.

Jika Anda memiliki beberapa barang yang tidak jarang dipakai atau bahkan tidak terpakai lagi di sekitar rumah, menjualnya melalui Prelo mungkin merupakan pilihan tepat untuk menghasilkan uang. Ketika menjual barang, berdasarkan dari pengalaman saya bahwa selama ini tidak ada kekurangan dari aplikasi ini. Dalam artikel saya kali ini, saya akan menceritakan pengalaman menggunakan aplikasi Prelo dengan mudah dan betapa nyamannya hari-hari yang telah saya lewati bersama Prelo.

Bagaimana Cara Kerja Prelo?

Prelo bekerja seperti mobile classifieds, dimana orang bisa membeli dan menjual barang dengan cepat dan mudah. Ini ditujukan untuk orang-orang yang ingin membeli dan menjual barang bekas yang berkualitas dan asli (no KW). Hal ini sejalan dengan filosopi logo Prelo yaitu menyerupai bentuk lingkaran yang diadaptasi dari Universal Recycling Symbol, simbol yang merepresentasikan inti bisnisnya sebagai suatu e-niaga yang melayani jual beli barang bekas berkualitas.

Prelo mulai beroperasi pada November 2015 lalu dan start-up asal Bandung ini telah memfasilitasi transaksi senilai lebih dari 1 juta dollar AS (Rp13 miliar). Saat ini Prelo sudah memiliki puluhan ribu pengguna aktif setiap bulannya dan memiliki 200.000 produk yang tersedia dalam platform.

Menjual barang melalui Prelo sangat sederhana. Melalui aplikasi ini, Anda dapat mengambil foto, daftar produk untuk dijual dan mengobrol dengan pembeli potensial. Butuh beberapa detik untuk mengirim barang untuk dijual, dan aplikasinya memberi Anda kemampuan untuk mengobrol dengan calon pembeli seketika.

Berikut adalah pengalaman dari saya dan sedikit informasi lebih lanjut tentang bagaimana Prelo bekerja.

1. MULAI

Seperti yang saya katakan di atas, menggunakan Prelo sangat mudah.

Yang perlu Anda lakukan adalah:
  • Download aplikasinya di smartphone. Aplikasi Prelo bisa dipasang untuk perangkat Android dan iOS. Caranya sangat mudah, tidak jauh berbeda dengan men-download aplikasi pada umumnya.
Tampilan pada perangkat Android yang saya gunakan

  • Mendaftar untuk membuat akun Prelo. Ada dua cara proses pendaftaran, pertama yang perlu dilakukan untuk mendaftar adalah membuat username, memasukkan alamat email yang valid, membuat kata sandi dan memasukkan nama lengkap. Cara kedua jauh lebih simple yaitu cukup mendaftar dengan akun facebook.
Tampilan awal saat sign-in

Setelah melewati tahap pendaftaran tahap demi tahap dan akhirnya akun Anda sudah terverifikasi. Maka Anda sudah siap untuk menjual atau bahkan membeli barang.


2. MENAVIGASI PLATFORM

Prelo adalah sebuah platform yang cukup sederhana untuk dinavigasi. Di halaman utama aplikasi ini, Anda akan melihat produk-produk preloved yang telah terdaftar pengguna lain untuk dijual. Anda juga akan melihat bilah penelusuran yang dapat Anda gunakan untuk mencari barang, sangat lengkap dan komplit.

Dari beranda, Anda dapat melihat kategori, seperti "women, men, beauty, book, gadget, antique, hobby, baby and kid, dan juga ada living. Sebaiknya kita melihat-lihat melalui tab kategori tersebut, sehingga Anda dapat melihat di mana barang yang ingin Anda jual harus terdaftar dan untuk melihat barang apa yang orang lain jual.


Halaman Beranda

Aplikasi Prelo tidak hanya bisa menjual barang Anda secara online dengan mudah tapi Anda juga bisa menemukan barang murah dengan aman, cepat, dan nyaman. Jika Anda ingin menjual sesuatu, maka yang perlu Anda lakukan hanyalah klik pada opsi "JUAL", dan dari sana, Anda dapat menjepret foto dan mengobrol dengan pengguna lain begitu iklan Anda ditayangkan. 


3. MENJUAL BARANG DI PRELO

Setelah Anda membuat profil dan memiliki produk untuk dijual, inilah yang perlu Anda lakukan selanjutnya:
  • Ketuk ikon kamera dan pilih foto dari galeri Anda atau Anda dapat mengambil foto unggulan menggunakan aplikasi ini, seperti mengupload gambar utama, tampak belakang, dalam kondisi dipakai, tampilan label/merek. Ingat bahwa Prelo tidak mengizinkan Anda untuk menjual barang-barang palsu atau bajakan.
Perhatikan gambar dibawah ini, contoh kasus dari saya adalah menjual tas ransel eiger bekas melalui Prelo.

Langkah pertama upload gambar produk
  • Kemudian, Anda harus memasukkan harga pada produk yang akan Anda jual dan biaya ongkis kirim.
  • Untuk menambahkan judul, deskripsi, dan kategori, cukup ketuk "detail barang". Anda juga bisa mengupload foto tambahan dengan cara ini. Menambahkan detail ekstra ini memudahkan pembeli potensial menemukan barang Anda, seperti kondisi barang yang cacat.
  • Setelah itu, Anda perlu menekan tombol "lanjutkan" dan akan muncul seperti gambar dibawah ini, Klik YA untuk melanjutkan. Maka produk yang Anda jual sudah tayang dan siap untuk dijual.


Tambahan, Prelo hanya mengambil komisi sebesar 10% per produk. Tapi komisi ini bisa didiskon berdasarkan aktivitas pengguna di socmed, seperti melakukan share produk ke Facebook, Twitter, dan Instagram, maka Prelo tidak akan menerima komisi dari hasil jualan Anda.




4. CARA MELIHAT PRODUK YANG ANDA DAFTARKAN

Setelah mencantumkan produk Anda, periksa profil Anda untuk melihat apakah sudah diposting. Setelah produk Anda benar-benar tayang, Anda dapat melihat berapa kali pelanggan melihatnya dengan melakukan hal berikut:
  • Masuklah ke profil Anda dan ketuk tab "jualan saya"
  • Ketuk item yang ingin Anda lihat
  • Di samping simbol mata, jumlah tampilan yang dimiliki produk Anda akan muncul.

5. HINDARI PRODUK TERLARANG

Prelo adalah aplikasi yang sangat hebat yang memungkinkan Anda menjual hampir semua hal, namun tentu saja ada pengecualian. Tidak semua barang bisa dijual melalui platform. Untungnya, Prelo hanya memperbolehkan penggunanya menjual barang berkualitas asli. Tim Prelo akan memberikan lencana bagi pengguna yang terverifikasi ketika mengunggah produk asli, begitu juga bagi pengguna yang melaporkan produk mencurigakan atau palsu. 

FAQ

Apabila Anda mencoba mencantumkan produk terlarang (palsu) untuk dijual, iklan Anda akan ditandai. Alasan lain karena Prelo melawan pembajakan dengan mengkurasi semua barang yang dijual melalui platform-nya. Jika terjadi masalah, Anda bisa masuk ke profil Anda dan ketuk tab "bantuan" di bagian atas layar di aplikasi. Selanjutnya, Anda bebas untuk mencari solusi permasalahan Anda di halaman FAQ.


6. MENGEDIT DAFTAR

Anda juga dapat mengedit daftar setelah mengunggahnya.

Yang perlu Anda lakukan adalah:
  • Masuklah ke tab "jualan saya" di profil Anda, seperti yang Anda lakukan di atas dan pilih item yang ingin Anda edit.


  • Cari ikon pensil (edit) di bawah layar Anda (seperti gambar diatas) dan sentuhlah.
  • Kemudian, buatlah perubahan yang Anda inginkan dan pilih "lanjutkan".

7. BERKOMUNIKASI DENGAN PEMBELI POTENSIAL

Berbicara dengan pembeli potensial sangat mudah dengan Prelo, dan ini jelas salah satu aspek terbaik dari aplikasi. Setelah produk Anda terdaftar di platform, pembeli potensial dapat menemukannya dan menghubungi Anda. Dengan mudah, Prelo akan mengirimkan pemberitahuan atau email setiap kali Anda mendapatkan pesan baru melalui aplikasi sehingga Anda bahkan tidak perlu memeriksanya sendiri. Anda dapat menanggapi pesan melalui bagian obrolan.


8. PROSES PEMBAYARAN

Salah satu keunggulan Prelo adalah bahwa ia menangani pembayaran dengan menyediakan rekening bersama (rekber) untuk memfasilitasi semua transaksi pengguna dalam platform. Penjual bisa mengirimkan produk preloved secara langsung kepada pembeli, dan uang hanya akan ditransfer ke penjual ketika pembeli melakukan konfirmasi kualitas produk yang diterima.

Berikut adalah proses pembayaran yang dilakukan pembeli.
  • Pembeli memilih produk yang akan dibeli, lalu klik BELI untuk melanjutkan ke halaman Checkout.
  • Di halaman Checkout, isi Data Kamu dan Alamat Pengiriman, pilih Metode Pembayaran, klik LANJUT KE PEMBAYARAN.
  • Checkout berhasil. Pembeli akan membayar melalui transfer ke rekening bank. Setelah itu melakukan konfirmasi pembayaran.
  • Di halaman Konfirmasi Pembayaran, terdapat tombol KONFIRMASI TRANSFER. Pembeli akan mengisi Form Konfirmasi, dan terakhir klik KIRIM KONFIRMASI.

9. BIAYA

Prelo 100% bebas untuk digunakan, jadi tidak ada alasan untuk tidak mulai menjual di sana. Saat ini tidak mengenakan biaya untuk daftar item, dan Prelo hanya mengambil komisi dari hasil penjualan sebesar 10%. Namun, komisi ini bisa dibebaskan kepada penjual apabila produk yang akan dijual Anda share ke Facebook, Twitter, dan Instagram.

Jadi, mengapa tidak memulai dan menjual beberapa barang yang tidak Anda butuhkan lagi?

Apakah Prelo aman ?

Prelo adalah perusahaan yang memiliki reputasi baik dengan puluhan ribu pengguna. Telah disebutkan oleh berbagai publikasi dan media terkenal, seperti antaranews yang menyatakan bahwa Prelo adalah marketplace online untuk barang preloved (bekas) berkualitas dan asli alias no KW, berkomitmen terus menjaga produk-produk yang dijajakan para penjualnya adalah produk asli dan bukan palsu atau bajakan.

Jadi, ini adalah tempat yang cukup aman untuk menjual barang Anda.

Sebagian besar pengguna platform dapat dipercaya, namun Anda juga tetap harus berhati-hati saat menjual barang Anda. Sayangnya, ada beberapa "manusia penuh modus" di luar sana yang bisa saja untuk menipu Anda.


KESIMPULAN

Entah Anda ingin menyingkirkan beberapa barang lama Anda semata-mata untuk menghasilkan sedikit uang tambahan atau menginginkan barang tertentu dengan harga murah. Saya sangat merekomendasi untuk menggunakan layanan dari Prelo. Selain mudah digunakan, Prelo merupakan platform yang memiliki reputasi bagus. Jadi bersihkan rumah Anda dan buat sedikit uang dalam prosesnya.

Prelo memberikan garansi keamanan berbelanja dan jaminan uang kembali. Semua yang dijual di Prelo adalah barang-barang bekas atau tak terpakai yang asli alias NO KW. Maka dapat ditarik bahwa Brand Values yang dimiliki Prelo adalah Autensitas (Prelo menghargai dan melindungi hak kekayaan intelektual), Aman (Prelo menjamin keamanan transaksi bagi penggunanya), Layanan Cepat (proses pengembangan yang cepat, layanan pengguna yang tangkas, dan performa aplikasi yang baik), Sosial (Prelo memfasilitasi interaksi antar pengguna), dan yang terakhir Green Money (model bisnis Prelo menjunjung tinggi ekonomi hijau).


Saat ini, hari-hari saya sudah sangat akrab dengan aplikasi Prelo karena mengakomodasi kebutuhan akan sebuah perangkat lunak mobile yang bisa membantu saya menjual atau bahkan membeli barang-barang bekas yang berkualitas dan original. Selain itu, Prelo bisa digunakan kapan saja dan di mana saja. Ketika saya ingin berjualan, saya hanya membutuhkan sebuah smartphone yang sudah ter-install aplikasi Prelo dan pastinya terhubung ke jaringan internet. Tidak ada lagi yang namanya toko konvensional ataupun berdagang kaki lima di pasar.

Semua menjadi serba mudah, cepat, aman, murah, dan praktis. Saya tidak membayangkan apabila saya berjualan di kaki lima, harus berapa banyak waktu yang terbuang hanya untuk menunggu calon pembeli dan juga target calon pembeli sangat terbatas. Hal ini lambat laun membuat saya sangat ketergantungan dengan layanan Prelo. Hari tanpa Prelo ibarat hidup tanpa cinta, dan hidup tanpa cinta ibarat sayur tanpa garam.

Demikianlah ulasan singkat dan sederhana dari saya terkait pengalaman berdasarkan hari-hari saya bersama Prelo dimana contoh kasus menjual tas ransel eiger second. Jika Anda telah menggunakan Prelo untuk menjual atau membeli barang, silahkan bagikan review singkat dan penilaian Anda dengan memberi komentar di bawah ini atau bisa memberikan rating di AppStore atau GooglePlay.

- Jual Beli Barang Bekas, Ingat Prelo -


Sumber Referensi Pendukung :
  1. prelo.co.id (diakses pada 20.00 WIB, 17 Mei 2017) 
  2. antaranews (diakses pada 12.00 WIB, 18 Mei 2017)
Disclaimer : 
Artikel ini diikutsertakan dalam Prelo Blog Competition dengan tema "Hariku Bersama Prelo".



24 comments:

  1. Aku juga ketagihan nyari barang ga kepake di rumah nih timbang gletak aja lumayan kalo laku di prelo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dijamin deh, laku gila... Selama barang yg dijual original 😍😍😍

      Delete
  2. Wihhh mau cobain akhhh banyak barangnya Babam hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Babam kan mulai gede. Bajunya banyak kecil.. nah jual aja di Prelo

      Delete
  3. Wow, keren. Ini recommend banget untuk abang-abangku Yang punya usaha secondhand shop. Makasih ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalbar kan terkenal dg pakaian bekasnye alias Lelong...kualitas original semua...

      😍😍😍 #sukelaoo jual Lelong #GileLelong

      Delete
  4. Baru tau kalau ada prelo nih. Jadi nyaman kalau mau jual-belu barang bekas. Udah mudah sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nd perlu ke Sutomo agik mau cari pakaian bekas.. di Prelo banyak ta..

      Usah lupa buat akun situ .. biar enak jualan atau beli 😍

      Delete
  5. Replies
    1. Barang ente banyak tu... Jual situ lah Ki.... Mi-Fi mu mgkn... Aku beli lah lwt Prelo 😂😂😂

      Delete
  6. prelo solusi jual beli online masa kini

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kang... yok viralkan.... biar makin kekinian.. budak pontianak dah mulai ngelirik prelo tuh

      Delete
  7. jadi pengen jual mantan, eh..salah jual barang lama di Prelo hihii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seram eh.... Mantan dijual... Gadai aja.. wkwkw

      😊 Prelo ya Prelo..kalau ada barang yg masih bagus dan tak terpakai ... Jual di Prelo aja..

      Penjual dan pembeli saling menguntungkan kok 😍 mutualisme gtu

      Delete
  8. Kelihatannya menarik abanh download ah

    ReplyDelete
  9. Coba ah, kebetulan ane mau jual barang bekas. Biasanya sih jualan lewat fb. Kaya nya asyik lah jualan lewat prelo nih

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. harussss ye, jangan tadak cobe..... usah nak icak icak nye lagi

      Delete
  11. aya juga sudah merasakan belanja di prelo, barangnya second tapi masih bagus. Kemaren saya beli minyak rambut bekas, tapi masih banyak isinya dan harganya murah, bener. Btw kunjungan baliknya ya, terimakasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas amir... betul bgt.. wah keren ternyata pengguna prelo juga... Sejiwa daaah...

      Delete
  12. keren lengkap bingits ☺️ dn aku uda nyobain belanja di prelo loh aku plg suka ada fitur nawarnya sbg mamak yg baik menawar adlg qoentji setiap transaksi *antara pelit n hematbbeti 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. nuwun ud mampir mbak..
      kalau belnja tnp menawar itu rasanya kurang greget mbak...


























      emak2 mah tiada lawannya kalau nawar.....

      Delete

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.