7 Perlengkapan Wajib Yang Perlu Dibawa Saat Traveling

misterpangalayo.com - Melakukan perjalanan wisata bagi traveler seperti saya menjadi sebuah hobi yang menyenangkan. Namun banyak yang harus dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan ke tempat wisata tujuan. Mulai dari membuat itinenary hingga mengurus segala hal yang berkaitan dengan akomodasi seperti booking tiket pesawat dan hotel. Hal ini harus benar-benar dipersiapkan guna traveling berjalan dengan lancar dan tidak berantakan.



Packing saat traveling itu akan membuat saya semakin nyaman saat liburan tanpa gangguan yang berarti. Tapi yang namanya masalah bisa saja muncul ketika sedang terburu-buru menyiapkan liburan. Kali ini, saya akan berbagi pengalaman terkait perlengkapan wajib yang selalu saya bawa saat berpergian. Ingat jangan terlalu meremehkan barang apa saja, barang sepele pun bisa menjadi benda yang penting dan sangat kita perlukan selama melakukan perjalanan wisata.

Agar wisata semakin menyenangkan, ada baiknya jauh-jauh hari sudah mempersiapkan perlengkapan pendukung yang sekiranya sangat dibutuhkan. Berikut ini setidaknya ada 7 perlengakapan yang harus dipersiapkan sebelum berangkat liburan ke tempat wisata favorit.

1. Dokumen Penting

Ketika akan melakukan perjalanan wisata ke dalam negeri ataupun luar negeri, pastikan untuk membawa tanda pengenal yang resmi. Mulai dari KTP, paspor, visa sampai Kartu Mahasiswa yang harus selalu ada di dalam dompet dan selalu dibawa di tas. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, tidak ada salahnya fotokopi atau scan foto semua dokumen penting yang dibawa. Hal ini berguna ketika dokumen asli atau fotokopi hilang, kita sudah mempunyai back-up dokumennya.


2. Peralatan Mandi

Mempersiapkan peralatan alat mandi juga termasuk penting untuk kebersihan tubuh kita saat traveling. Biasanya pihak hotel hanya mempersiapkan alat mandi umum, seperti sabun mandi, sikat gigi, pasta gigi, dan lainnya. Lain halnya ketika Anda tidak tidur di hotel, maka perlu dipersiapkan peralatan mandi yang dibutuhkan saja.


3. Power Bank

Perlengkapan ketiga yang sering saya bawa adalah pengisi baterai portabel. Power Bank adalah sebuah alat yang memiliki fungsi hampir sama dengan baterai, yakni menyimpan daya dan ini tentu sangat bermanfaat untuk mengisi daya sebuah smartphone atau gadget lainnya mengingat kita jauh dari colokan ketika berada di tempat wisata. Powerbank memang bisa menjadi penyelamat di saat baterai gadget kita sedang kritis.


4. Topi

Selalu tampil gaya saat traveling, saya selalu membawa topi yang bisa support untuk tampil gaya. Indonesia adalah negara yang dilewati garis khatulistiwa, pastinya negara ini sangat panas disaat musim hujan belum tiba. Selain untuk fashion, bagi saya topi sangat berguna untuk melindung kepala dan wajah dari terik matahari.


5. Obat-obatan Pribadi

Tagline untuk solo traveling atau grup traveling adalah Tidak Boleh Sakit. Travelers diharuskan untuk tidak sakit saat melakukan perjalanan wisata. Namun namanya juga sakit bisa datang kapan saja, baik ketika kita sedang traveling. Maka dari itu, saya selalu membawa obat-obatan pribadi sesuai kebutuhan. Selain obat-obatan, saya juga tidak pernah lupa membawa suplemen kesehatan agar tidak gampang sakit. Kata guru SD saya, mencegah lebih baik daripada mengobati.



6. Kamera

Untuk mengabadikan momen langka saat traveling. Kamera menjadi benda wajib yang harus dibawa, tidak sah rasanya apabila ketika berkunjung ke tempat wisata tanpa mengabadikan momen dan pemandangan di tempat traveling dengan kamera profesional. Jangan lupa juga membawa baterai ekstra untuk menjaga kehabisan baterai di tengah jalan. Selain itu, kamera smartphone yang mempunyai spek tinggi juga bisa menjadi andalan ketika kamu tidak mempunyai kamera DSLR, mirrorles, action cam atau lainnya.


7. Sunblock

It's important for everyone! Supaya warna kulit saya tidak belang, apalagi menghitam. Panas matahari di daerah tropis seperti Indonesia sangat menjadi perhatian khusus untuk travelers. Sunblock sangat diperlukan seorang traveler seperti saya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang menyengat agar warna kulit tetap terjaga.


Demikianlah pembahasan dari saya mengenai 7 perlengkapan yang selalu saya bawa saat melakukan perjalanan wisata baik solo traveling maupun grup traveling. Apabila ada yang ingin berbagi pengalaman dan mungkin ada yang mau bertanya bisa langsung berkomentar di bawah ini. Share if you think it’s great information.

16 komentar:

  1. Iyaaaa, jalan harus banget bawa sunblock. Apalagi kalau pas outdoor gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Silvi...

      Sunblock itu ibarat nyawa saya..Hahahaha biar warna kulit tt terjaga 😘😍

      Hapus
  2. Sakit saat traveling emang bikin sedih ya :-/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas... agenda wisata menjadi berantakan.

      Pokoknya gagal total kalau sakit. Makanya ak selalu membawa suplemen kesehatan biar ga gampang sakit

      Hapus
  3. Yang paling puenting sebenarnya adalah DUIT. hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu mah harus dong.... tapi besar kecilnya budget kan banyak pilihan mas. Mau ala turis2 cantik atau ala backpacker :)

      SEHAT itu penting

      Hapus
  4. yang paling penting kang ... bawa pasangan halal ...hahahahah

    BalasHapus
  5. betul sekali, bantal kecil yg biasa dibawa tidur bisa dibaaw juga walau merepotkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ga bisa jauh dari bantalnya ya.. jadi travelmate dong mbak...

      Hapus
  6. Yap! Setuju banget sih itu hal-hal penting dan bener-bener dibutuhin saat traveling. Kalo lupa, beuh, susah wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak. diatas adalah benda wajib yang selalu saya prioritaskan... yang lainnya menyesuaikan kebutuhan

      Hapus
  7. Masih ada yg kurang Om. Seperti sendal dan alat sholat.. hehehe

    BalasHapus
  8. Menarik juga pembahasan blog ini.. bener banget, powerbank itu wajib hukumnya, karena tanpa Google Maps di smartphone kita bisa apa?!? Huhu.. apalagi sebagai seorang solo traveler. Tetapi saya selama ini nggak pake powerbank dan kegiatan jalan-jalan tetep lancar, lho. Triknya sederhana: saya download dulu peta (maps) daerah yang akan saya kunjungi, jadi ketika sinyal hilang atau baterai sekarat, mode internet/paket data bisa dimatikan. Cukup nyalakan GPS nya saja dan akses offline maps tersebut...

    BalasHapus

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Diberdayakan oleh Blogger.