5 Aktivitas Terbaik Yang Bisa Kamu Lakukan Saat Berada di Kota Sambas

misterpangalayo.com - Kota Sambas adalah sebuah kota kecil yang sekarang ini telah menjadi ibu kota pemerintahan Kabupaten Sambas sejak tahun 2000. Kota yang dikenal sebagai kota Serambi Mekkah ini didominasi oleh suku Melayu dan Tionghoa, kemudian diikuti suku Dayak. Wilayah ini dihuni sekitar 45,993 penduduk dan secara geografis terletak hampir di tengah-tengah wilayah Kabupaten Sambas.

Kota Sambas (bahasa Tionghoa: 三發, Sānfā) didirikan oleh Sultan Muhammad Tajuddin I (Raden Bima, Sultan Sambas ke-2) pada tahun 1683 M yang ditandai dengan perpindahan pusat pemerintahan Kesultanan Sambas dari Lubuk Madung ke Muare Ulakkan (Kota Sambas sekarang). Kota ini memiliki luas wilayah 246,56 kilometer persegi dengan kepadatan penduduk 186 jiwa per kilometer persegi.

5 Aktivitas Terbaik Yang Bisa Kamu Lakukan Saat Berada di Kota Sambas

Sambas adalah perpaduan sempurna antara kebudayaan yang menarik dengan aktivitas-aktivitas unik yang bisa kamu lakukan di dalamnya. Kini, Sambas tak hanya dikenal sebagai kota yang memiliki peninggalan budayanya tetapi juga mulai bangkit untuk memperkaya daftar destinasi wisata Kabupaten Sambas.

Untuk mencapai kota ini dapat ditempuh dengan kendaraan darat dari kota Pontianak ke arah barat laut sejauh 175 km, melalui kota Mempawah, Singkawang, Pemangkat, dan Sambas.

Sekarang siapa bilang kota kecil ini tidak memiliki aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan ketika sedang berkunjung. Berbagai aktivitas seru bisa kamu lakukan di Kota Sambas. Nah, apa saja yang akan disajikan Sambas untuk para pengunjungnya dari berbagai penjuru ? berikut ringkasannya.

1. SUNGAI

Terdapat tiga sungai kecil yang membelah Kota Sambas, yaitu Sungai Sambas Kecil, Sungai Teberau dan Sungai Subah. Sehingga banyak aktivitas yang dilakukan di kota ini, mengingat ketiga sungainya terletak di tengah kota. Seperti lomba sampan bidar yang selalu dihelat oleh Pemerintah Kabupaten Sambas dalam memperingati Hut Pemindahan Ibukota Kabupaten Sambas pada bulan Juli yang berpusat di Muare Ulakan.

Selain itu, pelancong bisa menyusuri sungai Sambas dengan menyewa sampan. Di depan keraton terdapat sampan-sampan yang disediakan untuk pengunjung yang tertarik berkeliling di sungai depan keraton hingga ke pasar Melayu. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa merasakan sensasi bermain perahu kano di sungai Sambas. Permainan air ini cukup digemari masyarakat lantaran biaya yang cukup terjangkau.

Gambar by instagram/giita_ningrum

Selama bermain kano, para pemain olah raga air ini disungguhi pemandangan tepian sungai Sambas yang indah, dengan deretan rumah lanting dan bangunan keraton yang masih berdiri megah, serta kebudayaan lokal yang tetap dilestarikan oleh warga sekitar. Mendayung kano sambil bermain air dan menikmati panorama pinggiran sungai, menjadi hal baru bagi sebagian orang. 

Gambar by instagram/wiwinprilia


2. PENGINAPAN

Walaupun daya tarik wisata di Kota Sambas tidak sekuat kota-kota tetangga, seperti Singkawang dan Pontianak. Tak ada yang perlu dikhawatirkan jika berlibur ke Kota Sambas. Kamu akan sangat mudah menemukan hotel dan penginapan yang murah dengan berbagai fasilitas. Sebutlah Pantura Jaya Hotel yang berada di poros jalan utama dan juga banyak hotel yang berada di pusat kota seperti Wella Hotel yang berada di kawasan terminal Sambas. 

Gambar by fancytraveler

3. KULINER

Beberapa makanan yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Kota Sambas adalah Bubur Pedas, tumis pakis, tumis rebung, pacri nanas, asem iga, kue balapis ijo, brongkong ubi, kue talam ubi ungu, ketan srikaya dan lainnya. Kuliner asli Sambas merupakan olahan dari bahan-bahan asli yang terdapat di alam sekitar. Masyarakat sekitar mengolah bahan-bahan alami baik tumbuhan atau daging binatang yang diolah dengan rempah asli Kalimantan.

Gambar by instagram/bangichannn

Namun satu makanan khas unggulan Kabupaten Sambas sekaligus menjadi kuliner khas Kalimantan Barat yaitu Bubur Pedas. Pada zaman dahulu bubur pedas hanya disajikan untuk anggota kerajaan. Bubur Pedas sangat kaya akan gizi. Berbahan dasar beras yang telah dihaluskan dan disangrai, serta kelapa parut yang telah disangrai, kaldu daging, berbagai macam sayuran dan rempah-rempah menghasilkan citarasa yang luar biasa unik. Sangat gurih dan lezat, tentunya lebih enak disantap saat masih hangat.


4. MASJID dan GEREJA Tertua

Usai menikmati hiburan dan kuliner di Sambas, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke destinasi wisata religi yakni Masjid Jami Keraton Sambas dan Gereja Katolik Kristus Raja Sambas. Selain memiliki bangunan yang bagus dan menarik, kedua tempat tersebut menjadi saksi bisu atas rentetan peristiwa yang telah terjadi di Kota Sambas Tarigas. 


Masjid Jami Keraton Sambas adalah masjid yang berada di komplek keraton Kesultanan Sambas. Nama lain dari masjid ini adalah Masjid Sultan Muhammad Syafi'oeddin II dan telah tercatat sebagai masjid tertua di Kalimantan Barat. Masjid Jami Keraton Sambas ini awalnya merupakan rumah sultan yang kemudian dijadikan musala. Dibangun oleh Sultan Umar Aqomuddin yang memerintah Negeri Sambas pada tahun 1702-1727 Masehi,kemudian masjid kecil itu direnovasi oleh putranya, Sultan Muhammad Saifuddin dan dikembangkan menjadi masjid jami dan diresmikan pada tanggal 10 Oktober 1885 M.



Sedangkan, Gereja Katolik Kristus Raja Sambas adalah satu-satunya gereja tua yang berada di kota Sambas. Gereja ini terletak di Desa Durian. Tidak sulit mencari Gereja ini karena berada dekat Rumah Sakit Santa Elizabeth. Berlokasi di Jalan Gusti Hamzah Sambas yang notebane-nya adalah jalan provinsi, jadi berada di pinggir jalan raya provinsi. Jika masih ada waktu, dianjurkan untuk mengunjungi bangunan sejarah lainnya seperti klenteng tertua yang ada di desa Lumbang dan masih difungsikan hingga saat ini.


5. KERATON SAMBAS

Kegiatan kelima ini dapat dilakukan kapan saja. Akan tetapi, ada baiknya kamu melakukan kegiatan ini di sore hari. Saat itulah pemandangan di Keraton Sambas menyuguhkan pesona sunset dibalut dengan aktivitas wisata dari pengunjung, jadi kamu bisa melihat langsung matahari tenggelam dari halaman keraton. Lain halnya, jika kamu ingin berniat masuk ke dalam bangunan keraton dan melihat langsung peninggalan dari para sultan. Dianjurkan untuk tidak datang pada sore hari, tetapi pada pagi atau siang hari.

Gambar by instagram/fuzafirdauszhan

Selain kamu bisa menikmati keraton peninggalan sejarah ini, kamu juga bisa menikmati pemandangan tepian sungai yang merupakan jalur tranportasi menghubungkan antar daerah di Kabupaten Bengkayang menambah ramai suasana di depan keraton. Keraton Sambas merupakan salah satu Kekayaan Budaya Nusantara di antara banyak keraton di Indonesia.

Itulah 5 kegiatan unik yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Kota Sambas. Silakan mencoba sepuasnya dan nikmati suasana Sambas yang berbalut budaya Melayu yang kental. Tulisan di atas adalah aktivitas wisata yang umum dilakukan di area Kota Sambas berdasarkan referensi dari misterpangalayo.com, kalau kamu ke Sambas, sempatkan untuk mengunjungi semuanya ya! Bagi yang sudah pernah, share yuk pengalaman kamu di kolom komentar!

6 komentar:

  1. Keren,,,,,,, baru tau ada gereja raja sambas , , , mantaff laah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya mas.. Geraja Katolik Kristus Raja, Kota Sambas... :) perlu diluruskan disini . Terima Kasih

      Hapus
  2. Walah, ada toh ya kota namanya Sambas? Setahu saya itu nama keluarga temen kuliahku sih, tapi baru tau ternyata ada nama kota yang sama juga ya. hehehe

    BalasHapus
  3. sambas punya keraton juga??? ah penasaran sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Kalau lagi ke Kalbar. Jangan lupa main ke Sambas

      Hapus

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Diberdayakan oleh Blogger.