IKAN ASAM PEDAS: Wisata Kuliner Khas Kota Pontianak di Pondok Ale-ale

misterpangalayo.com - Banyak tempat wisata menarik di Kota Pontianak yang sayang untuk Anda lewatkan begitu saja. Setelah seharian mengunjungi destinasi wisata yang ada di kota khatulistiwa ini, hal paling tepat di lakukan adalah memanjakan lidah dengan sajian kuliner khas Kota Pontianak. Yup, di kota yang terkenal dengan slogan "Awak Datang Kamek Sambot" ini, kaya akan keberagaman kuliner khas terutama kuliner khas Melayu.

Asam Pedas Khas Kota Pontianak
Asam Pedas Khas Pontianak, diikuti Asam Pedas Khas Ketapang dan Menu Andalan lainnya




Ikan Asam Pedas atau biasa disebut Asam Pedas menjadi salah satu kuliner khas Kota Pontianak yang cukup terkenal di kalangan food blogger maupun wisatawan. Masakan ini yang di olah dengan sajian ikan dan nanas merupakan perpaduan antara rasa asam dan pedas. Makanan melayu umumnya bercirikan pedas, asam dan asin tentu saja ini sangat menggugah selera makan di siang hari. Untuk Anda yang akan menikmati sajian khas kota Pontianak yang satu ini, Anda harus datang lebih awal karena tempat ini selalu ramai.

Di Kota Pontianak banyak resto yang menyajikan makanan ini, namun saya sangat merekomendasikan untuk Anda yang peka dengan indera perasa, silahkan Anda mengunjungi Pondok Ale-ale yang beralamat di Jalan Putri Dara Nante (Podomoro) Pontianak. Selain menonjolkan kuliner daerah Kalimantan Barat, restoran ini juga menyediakan makanan-makanan seperti seafood. Pondok Ale-ale juga memiliki cabang di Ayani Megamall Jalan Ahmad Yani.


Bahan baku untuk membuat makanan juga masih sangat segar seperti sayur-sayuran yang masih fresh dan daging ikan maupun lainnya juga masih segar seperti baru dipancing dari sungai. Pondok Ale-ale juga sudah mendapatkan sertifikat MUI, dijamin 100% HALAL.


Suasana outdoor yang dengan interior yang menarik dan sangat nyaman untuk bersantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi walaupun cuaca sedang terik. Namun kekurangan untuk tempat ini adalah keterbatasan lahan parkir untuk para pengunjung.


Keunikan yang tidak dimiliki tempat lain, terdapat galeri Pondok Ale-ale yang menjual berbagai macam cinderamata khas Kalimantan Barat seperti kerajinan tangan manik-manik khas Dayak, miniatur tugu khatulistiwa, hingga makanan ringan seperti amplang dan lainnya.


Ada baiknya Anda sempatkan sejenak untuk membaca buku sembari menunggu pesanan datang, apalagi sedang ramai, dipastikan antrian tidak sebentar. Terdapat sebuah lemari yang berisi buku-buku koleksi Pondok Ale-ale yang berbobot untuk Anda baca. Tidak hanya itu, kebersihannya juga sangat baik dan apabila Anda tipikal orang yang mudah berkeringat, juga tersedia ruang makan dengan fasilitas Full AC.



Selain Menu Asam Pedas Khas Pontianak dan Ketapang yang menjadi andalan, juga terdapat menu makanan lainnya yang rasanya selangit, mulai dari Kepiting Lada Hitam hingga Tahu Saus Mentega dan masih banyak menu lainnya yang mempunyai tekstrur makanan pas untuk dicicipi.

5 comments:

  1. Itu kepiting sambal kecap ya? Waduuhh... Meleleh lihat..

    ReplyDelete
  2. Ini menunya banyak banget dan enak enak. Pastii bikin happy makan disana

    ReplyDelete
  3. Ini menunya banyak banget dan enak enak. Pastii bikin happy makan disana

    ReplyDelete
  4. ngiler aja liatin si kepitingnya, cussss ke Pondok le-ale

    ReplyDelete

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.