IDN App, Gerbang Demokrasi Informasi Gen Millenial dan Z

misterpangalayo.com - Dalam perjalanan menuju ke kantor di pagi hari, saya lebih sering menemukan orang-orang di halte terlihat lelah atau bahkan setengah sadar menahan rasa kantuk. Pemandangan ini selalu terulang dari hari ke hari dalam rutinitas saya ketika menuju ke tempat kerja. Sebagian besar mereka memanfaatkan waktu tersebut untuk scrolling smartphone mengecek notifikasi pesan, media sosial, dan e-mail. Dalam waktu yang bersamaan, tidak sedikit dari mereka termasuk saya pribadi juga membaca berita atau informasi terkini. Nah, hingga saat ini saya belum menemukan aplikasi yang sempurna untuk menemani aktivitas saya mencari informasi terbaru. Berangkat dari itu, sekarang saya ingin mereview IDN App atau aplikasi IDN yang recomended untuk kaum Millenials dan Z.

Review Aplikasi IDN App

Apa yang terlintas dipikiran generasi Millenials dan Z saat mendengar aplikasi berita terkini ? Mereka langsung memikirkan sesuatu seperti L*NE Today atau G*ogle App. Nah teman-teman, pengembang Media Putra Nusantara ingin pengguna smartphone mengetahui IDN App yang memiliki visi untuk menjadi The Voice of Millenials and Gen Z, serta mendemokratisasi informasi dan membawa dampak positif bagi masyarakat Indonesia dengan informasi berita terkini dari beberapa topik yang ada di aplikasi IDN.

IDN App yang sebelumnya bernama IDN Times, resmi diluncurkan pada 18 Juni 2020 menjadi gerbang untuk mempermudah Millennial dan Gen Z mengakses informasi terlengkap, terbaik, terbaru, dan sesuai dengan fakta. Aplikasi tersebut menjadi salah satu bukti nyata IDN Media untuk menjadi lebih dari sebuah perusahaan media. Sejak dirilis, IDN App mendapatkan respons positif dari para pengguna smartphone dan menunjukkan pertumbuhan pengguna yang menjanjikan. Dengan lebih dari 38 juta pembaca setiap bulannya, IDN App dapat diakses 24 jam, 1.440 menit, 86.400 detik dalam sehari.

Fitur-fitur Menarik dari Aplikasi IDN App

Bukan sekadar aplikasi berita biasa, IDN App adalah cara IDN Media menjadi salah satu sumber informasi yang dilengkapi dengan fitur-fitur menarik yang sesuai dengan kebutuhan millennials dan Gen Z, seperti Topik, Tanya Jawab, dan Tulis Artikel. Menariknya, Fitur Tulis Artikel menjadi wadah bagi pengguna yang ingin menyalurkan hobi menulisnya dan setiap artikel buatan pengguna yang berhasil tayang akan mendapatkan feedback berupa poin yang dapat ditukarkan dengan uang tunai. Bahkan, beberapa penulis aktif bisa mendapatkan lebih dari IDR 50 Juta melalui konten yang dibuatnya di platform IDN Media. 

Pengguna yang baru bergabung di IDN App akan mendapatkan bonus berupa 500 poin. Setiap bulannya, IDN juga selalu memberikan promo bonus poin lainnya untuk meningkatkan semangat menulis para penggunanya. Apabila poin sudah terkumpul minimal 2500 poin maka sudah bisa ditukarkan dengan uang sebesar IDR 250k. Berikut beberapa kumpulan bonus poin di bulan Juli 2020, antara lain :

Fitur unggulan selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah Fitur Topik, dimana pengguna dapat memilih topik berita (minimal 3 topik, maksimal 7 topik) yang sesuai dengan keinginan atau minat mereka, sehingga IDN App secara otomatis akan menampilkan pilihan berita yang sudah terkurasi sesuai topik yang telah dipilih sebelumnya. Pengguna juga bisa mengganti pilihan topik tersebut jika preferensinya berubah. Lalu ada pula Fitur Tanya Jawab dimana pengguna dapat menulis pertanyaan tentang topik yang diminati atau menjawab pertanyaan dari pengguna lainnya. Pertanyaan yang telah diposting bisa di-reply, like, dan share oleh pengguna lainnya. Pengguna yang aktif berinteraksi seperti menjawab pertanyaan dari pengguna lain, maka berkesempatan mendapatkan tambahan uang darinya.

IDN App sangat visual dan mudah digunakan oleh semua kalangan, aplikasi ini juga akan memotivasi banyak orang untuk membaca dan belajar lebih banyak. Saya pikir masyarakat Indonesia terutama Millenials dan Gen Z akan lebih menyukainya. Beberapa fitur tambahan lainnya semakin menambah keberagaman keunggulan IDN App, mulai dari Fitur Bookmark yang memudahkan pengguna untuk menyimpan artikel untuk dibaca lagi nantinya. Selain itu, jika kita memiliki topik lebih spesifik yang ingin dibaca, cukup masukkan keyword di kolom pencarian. Semua artikel yang mengandung kata kunci tersebut atau yang berhubungan akan ditampilkan. IDN App juga bisa menampilkan histori sepuluh berita yang sudah dibaca sebelumnya. Berikutnya, pengguna juga bisa mengikuti akun penulis-penulis favoritnya, guna mendapatkan notifikasi setiap kali mereka menerbitkan artikel. 


Tampilan Aplikasi IDN App Yang Ramah Pengguna

Yang menarik dari IDN App adalah desainnya yang tidak monoton, antarmuka visual, dan informasinya yang disajikan dengan jelas dan terorganisir dengan baik. Antarmuka yang indah di IDN App dirancang elegan yang memungkinkan untuk fungsionalitas penuh memberikan pengalaman pengguna yang menyenangkan. Detail seperti newsfeed dengan navigasi scrool dan beberapa pilihan section yang bisa diakses pada newsfeed membuat aplikasi tersebut sangat ramah pengguna dan user friendly. Hemat waktu dengan memilih berita yang sudah ditampilkan dari topik yang sudah dipilih sebelumnya dan hal ini benar-benar membuat aplikasi terasa seperti milik sendiri dengan mempersonalisasi halaman beranda.

IDN App juga menghadirkan Fitur Dark Mode agar mata pengguna tak cepat lelah saat menatap layar smartphone dalam waktu lama. Pengalaman membaca dengan Dark Mode (Night Mode) sangat berbeda dari Day Mode (layar putih). Latar belakang yang gelap dengan tulisan berwarna putih bisa membuat pengguna merasa betah berlama-lama saat menggunakan aplikasi IDN App terutama saat membaca berita. Tak hanya itu, IDN App juga tidak menyedot banyak kuota. Penulis mengakses aplikasi tersebut selama kurang lebih satu jam secara aktif. Tercatat, kuota yang terpakai hanya 10,5MB saja. 


Review Aplikasi IDN App
Review Aplikasi IDN App
IDN App adalah salah satu aplikasi berita gratis terbaik di Indonesia, dan bisa diunduh secara gratis di Google Play Store dan App Store. Dengan pembaruan terbaru yang memberi perubahan pada aplikasi dan daftar perbaikan serta fitur baru yang bagus, saya sangat merekomendasikan untuk mencoba aplikasi ini, terlebih lagi saat kita menginginkan sebuah aplikasi berita tanpa adanya banner iklan yang mengganggu. Pengalaman baca pun semakin smooth dan tanpa gangguan. Jadi makin betah berlama-lama mengeksplor artikel.

Cara Mendapatkan Akun di Aplikasi IDN App

Review Aplikasi IDN App
Review Aplikasi IDN App

Cara mendaftarkan akun di aplikasi IDN App sangat mudah dan nyaman (user friendly). Setelah aplikasi tersebut terinstall di smartphone pengguna, buka aplikasi IDN App dan tinggal klik "Yuk Daftar Di Sini". Pengguna bisa memilih salah satu metode pendaftaran yang tersedia untuk masuk secara otomatis, bisa masuk dengan akun Facebook, masuk dengan akun Google, dan masuk dengan Email. Setelah mengisi informasi profil yang diperlukan dan melakukan verifikasi akun maka IDN App sudah siap digunakan.


Selamat mencoba dan keep enjoy !

Referensi :

- Press Release : IDN Media Meluncurkan IDN App.
- IDN - Berita Terlengkap #AdadiIDN : https://bit.ly/IDNapp
- IDN App  (Video) : https://youtu.be/RkNiuS-PWdc
- Infografis, GIF, dan PDF : Radit Mananta

47 komentar:

  1. Wah makasih informasi nya bang Radit, baru tahu juga bisa nulis di idn terus dapat poin.
    Selain itu juga ada kegiatan share berita bisa dapat duit, keren tuh buat diikuti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dek,

      abg pun baru tau, makenye abg maok review aplikasi ini.

      bukan sekedar baca berita, tapi kite bise menyalurkan hobi menulis di situ.

      download lah dek,,,, maok 50 juta nda ?

      Hapus
  2. Baru tau ternyata ada IDN App hehe. Terlebih selama ini kalau baca berita online memang terasa sangat risih dengan iklan yg lewat, padahal lagi serius bacain berita terbaru.

    Kalau memang IDN App ini punya kelebihan sesuai yg dijelaskan di artikel ini, aku bakalan betah banget sih baca berita di IDN App.

    Btw, baru tau jg kalau di IDN App bisa nulis dan dapat poin, seru nih kayaknya..
    Thanks ya Bang udah bagi infonya, jadi pengen coba nulis di IDN App aku hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kesan pertama ama aplikasi keren nih samaan ya dek, abg juga kek gitu

      de best lah IDN app nih

      Hapus
  3. wah wah mantap ni app nye bg, mau coba instal ni. mksh info bermanfaatny...

    BalasHapus
  4. Weeeew baru tau kalo idn app dari artikel ini. Paling suka di fitur tulis artikel sama dark modenya, nanti mau install ah, pgn coba nulis disitu๐Ÿ˜ thanks sharingnya bang, bermanfaat sekaliiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. fitur dark mode emg bikin sesuatu ...
      ditunggu tulisannya di aplikasi idn

      Hapus
  5. Bise publikasi tulisan kite ndak bang di app IDN?

    Yg penting sekarang aplikasi ringan ndak banyak iklan yg nutup konten pasti laris

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bise nulis kok,,, buat akun jak dulu,,, nanti dapat point,, poinnye bise ditukar rupiah..

      Hapus
  6. Baru tahu ada app seperti ini di Indonesia. Bisa menghasilkan sambil menjalankan hobby. Mantap infonya. Ntar boleh dicoba.. kalau gak tahu boleh tanya gak nih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya keren banget kak,,

      Trus jangan lupa ya follow akun saya

      Hapus
  7. Wah, keren banget kak informasi nya.
    Bakalan segera meluncur buat download IDN ni.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi kak, thanks ud mampir.

      Ya kak monggo di kepoin aplikasi nya

      Hapus
  8. Endar Fernandes11 Juli 2020 20.57

    Wah baru tau nih ada aplikasi keren yang sesuai dengan kebutuhan saya. Tapi jika pengguna bisa menulis berita sendiri, bagaimana kira-kira kredibelitas dari berita yang ada di aplikasi ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. berita nya akan di filter dan akan ditinjau oleh team IDN kak, jadi aman lah.

      kalau memenuhi kriteria akan diloloskan utk di posting di aplikasi IDN.

      Hapus
  9. Keren ni kak , kebetulan aplikasi ini kemarin disebut2 dan memang benar2 dibutuhkan hehehe alhamdulillah... Mksh kak radit

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah syukurlah,, moga ulasan diatas cukup jelas ya

      Hapus
  10. Ini benar benar aplikasi yang gaul dan pas untk anak Millenials yang tidak 'lepas
    dari yang namanya Gadget dan sosial media. Bisa menjadi wadah yang pas untuk anak muda
    dalam mengekspresikan gejolak rasa ingin taunya terlebih lagi ini masih erat kaitannya
    dengan Teknologi Gadget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah benar sekali mas, kita sependapat

      Ibaratnya paket komplit banget ni aplikasi

      Josssss

      Hapus
  11. jadi lebih mudah ya untuk membaca sebuah berita, sepertinya sangat baik untuk generasi millenial saat ini yang suka dengan perkembangan berita terupdate dan terfavorit..

    BalasHapus
    Balasan
    1. menghadirkan visual yang berbeda dari kebanyakan aplikasi sejenis ya bang.... millenial banget app nya

      Hapus
  12. Keren, kece yang jelas dari penjelasan di atas aplikasi ini sangat portable dan layak di coba dit apalagi mobilitas yang memang tinggi saat ini ... Otw install

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bang,

      Palagi ada fiur tulis artikel membuat blogger makin tertarik utk menulis artikel di idn ❣️❣️❣️

      Hapus
    2. Wah Keren banget bg, tampilan gambar nya jadi artikel nya menarik untuk di baca, anak Millenilai memang nggak bisa lepas dari yng namnya Handhphone.

      Hapus
    3. Bisa baca berita kapan dan dimanapun pastinya

      Hapus
  13. Wah baru tahu IDN ada ngeluarkan aplikasi seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang, aku dulu cuma tau aplikasi idm times, kira app sama kek lainnya tp ternyata wah, bisa nulis juga trus dpt duit

      Hapus
  14. Mau tanya min, IDN Apps ini berarti seperti Apps Medium ya? Soalny d sna juga ad sistem mitra kpd penulis sehingga mreka mendapatkan benefit dari artikel premium yg diterbitkannya. Jika iya, brrti ini bgs sih, jd alternatif mengingat Mitra Penulis Medium blmablm utk Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berbeda rangga,
      Ini Sebelumnya aplikasi bernama IDN Times, cm berubah nama dan penambahan beberapa fitur menarik

      Aplikasinya pada dasrnya sama kek aplikasi berita pada umumnya, cm kali ini segmentasinya lbh ke anak millenial dan z, ditambah fitur tanya jawab jadi kek fb gitu, trus fitur tulis artikel yg membuat bakat menulismu makin tajam

      Hapus
  15. Wah keren, saya langsung download IDN app nya bang hehe, ternyata di aplikasi ini bisa menghasilkan juga ya bang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunggu apa lagi kak,, buruaaaan kejar rupiah lwt IDN

      Hapus
  16. Wah keren kayaknye nih aplikasi berita, boleh lah di isntall, apalagi ade pake point segala, makin keren lah nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. yo'i jelassssss bro..... moga aja ulasan di atas jelas ya mas bro

      Hapus
  17. Suka juga nih baca informasi berita di IDN apalagi berita tentang travel, wah sekarang ada aplikasinya yaa download aahhh

    BalasHapus
  18. Hahaha #udahtaubelum baca berita dapat uang tunai? Wkkwkw sumpah, belom. Trims infonyanya mister. Membaca tulisan ini, jadi kepengen unduh aplikasinya. ๐Ÿค—

    BalasHapus
    Balasan
    1. bearti taunya dari tulisn ini lah,, ckckck mantap mantap, gaskanlaaaaaa

      Hapus
  19. mantab ni IDN, mau coba lok saye ni bang.. mane tau bise dapat duet dari IDN.. tapi pastinya seleksinya ketat dan dak sembarangan karena menghindari kata typo dan plagiat

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah keren, kalau blogger kek kita sih pasti ok lah.....

      Hapus
  20. Aku beberapa kali pernah baca artikel/berita di Web IDN. Eh sekarang sudah ada app nya. Mana fitur-fiturnya keren lagi. Mantap...

    BalasHapus
  21. OMG. Nice info bang Radit. Jadi tertarik buat akun, nambahin income. Harus segera daftar ni, biasa kalau dah lewat bulan sedikit berubah kebijakan dapat cuannya. Dari pengalaman yg sudah-sudah.

    BalasHapus
  22. applikasi berita yang pas buat anak millenial. sajian nya ringan memuat perihal yang anak-anak millenial sukai. free iklan, dan yang paling penting dari applikasi ini adalah Gratis untuk setiap pembacaan beritanya.

    BalasHapus

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Diberdayakan oleh Blogger.