Huawei Mobile Services, Layanan Eksklusif Huawei Menuju Masa Depan Tanpa Google

misterpangalayo.com - Jika kamu telah membeli sebuah smartphone android terbaru dari Huawei, kamu mungkin akan merasa khawatir bahwa terjebak dengan Huawei AppGallery bukan Google Play Store sebagai toko aplikasi digital smartphone-mu. Layanan distribusi digital yang dioperasikan dan dikembangkan oleh Huawei sejauh ini memiliki pilihan yang terbatas. Namun, bukan itu masalahnya.

Saat ini, kamu mungkin sudah tahu semua tentang Pemerintah Amerika Serikat mengeluarkan executive order berisi larangan dagang atas raksasa teknologi asal Tiongkok yakni Huawei. Perusahaan Tiongkok tidak dapat melakukan bisnis dengan sebagian besar perusahaan dari Negeri Paman Sam, termasuk Google, kecuali atas dasar lisensi sementara terbatas yang telah diperbarui beberapa kali sejak Mei 2019 lalu.

Huawei Mobile Services

Putusan Google memblokir layanan di perangkat Huawei berdampak terhadap peluncuran lini smartphone terbaru Huawei tanpa dukungan Google Mobile Services (GMS)Mengapa itu penting? Yah, Google Mobile Services (GMS) adalah jantung dan jiwa dari sebagian besar smartphone yang menggunakan sistem operasi Android yang telah menggebrak pasar smartphone global. GMS terdiri dari puluhan aplikasi Google, API, dan layanan berbasis cloud, seperti Google Maps, Google Drive, YouTube, Google Photos, Google Play Store, Google Chrome, dan banyak lagi.

Tanpa Google Mobile Services (GMS), smartphone Huawei tidak hanya ketinggalan pada produk-produk penting Google, juga kekurangan sejumlah aplikasi populer lainnya seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, dan lain-lain. Plus, banyak aplikasi kecil lainnya bergantung pada infrastruktur yang disediakan oleh Google melalui layanan Google tersebut.

Maka dari itu, Huawei terdorong untuk menyongsong menuju masa depan tanpa Google dan dalam proses itu, ia telah mengambil langkah baru dengan menciptakan platform pesaing sendiri yaitu Huawei Mobile Services (HMS). Layanan eksklusif ini mencakup berbagai aplikasi yang secara langsung menggantikan banyak aplikasi Google yang populer dan menampilkan toko aplikasi baru yang disebut AppGallery. Sekarang, layanan ini mengalami lonjakan pengembang aplikasi karena lebih dari 1,3 juta Apps Developer telah terdaftar untuk mengisi ekosistem perangkat lunak Huawei.
Huawei Mobile Services


Dalam peluncuran global Huawei Mate 30 Series dan Huawei P40 Series, layanan eksklusif Huawei yaitu Huawei Mobile Services (HMS) kembali menjadi sorotan dan siap untuk menerpa semua lini smartphone Huawei, setidaknya sampai larangan perdagangan dari Amerika Serikat dibatalkan. Jadi apa sebenarnya isi Huawei Mobile Services (HMS) dan apa artinya untuk pembelian smartphone Huawei kamu berikutnya? Mari selami lebih dalam untuk menjawab beberapa pertanyaan itu.

Huawei Mobile Services

Huawei Mobile Services, Your Day Your Way - Pada dasarnya, Huawei Mobile Service (HMS) adalah aplikasi sekaligus layanan dari Huawei untuk menggantikan aplikasi dan layanan Google populer seperti Google Play Store, Gmail, YouTube, Maps, dan lainnya di perangkat Huawei. HMS memiliki komponen yang digunakan oleh pengguna, salah satunya adalah AppGallery dan komponen untuk pengembang aplikasi yang disebut HMS Core. HMS Core terdiri dari berbagai API, SDK, dan layanan yang dapat digunakan pengembang untuk membuat dan meningkatkan aplikasi.

Sejak diluncurkan tahun lalu, layanan Huawei Mobile Services (HMS) telah hadir sebagai salah satu layanan seluler terbaik di dunia, yang menegaskan visi Huawei untuk meningkatkan pengalaman membangun aplikasi bagi pengembang dan memfasilitasi kehidupan pengguna, sambil menyediakan berbagai aplikasi yang paling banyak diminati. Huawei pertama kali menyematkan layanan HMS pada seri Mate 30. Kemudian, implementasi HMS berlanjut pada seri terbarunya yaitu HUAWEI seri P40. 

Saat ini, Huawei mengklaim bahwa HMS memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Ini cukup mengesankan karena menandai peningkatan 25 persen selama waktu yang sama tahun lalu. Selain itu, 1,3 juta pengembang terdaftar memamerkan peningkatan besar-besaran 115 persen dibandingkan 2019. Saat ini, lebih dari 60.000 aplikasi dapat ditemukan di dalam layanan HMS, menandai peningkatan signifikan lainnya sebesar 66,7 persen. Jadi, meskipun masih terlalu dini untuk mengatakan bahwa Huawei telah membalikkan keadaan, ada baiknya Huawei mengukir jalur independennya sendiri.

Layanan Huawei Mobile Services (User)

HMS menawarkan banyak layanan yang bertujuan untuk menggantikan layanan dari Google Mobile Services. Dengan HMS, pengguna dapat mengoptimalkan fungsi smartphone. Pengguna bisa memanfaatkannya untuk beragam hal, mulai dari update sistem operasi, mengunduh aplikasi secara aman, sampai memakai layanan bawaan. 

Yang paling penting dari layanan bawaan Huawei Mobile Services adalah AppGallery, sebuah alternatif pengganti Google Play Store. Apa saja yang termasuk dalam layanan bawaan HMS ? Di bawah ini adalah daftar semua layanan bawaan yang ditawarkan HMS. Demi kejelasan, saya akan membuat bagian terpisah untuk Huawei AppGallery di akhir daftar ini.

Huawei ID

Persyaratan pertama dan terpenting untuk menggunakan HMS adalah Huawei ID. Sama seperti Apple ID atau akun Google, Huawei ID memungkinkan kamu menyesuaikan perangkat Huawei yang kamu miliki. Beberapa data pribadi kamu, termasuk kontak, pesan, kata sandi Wi-Fi, dan semacamnya akan disinkronkan secara otomatis ke ID Huawei kamu.

Huawei Mobile Cloud

Sesuai namanya, layanan ini merupakan penyimpanan data cloud untuk pengguna Huawei. Pengguna dapat memanfaatkannya untuk cadangan 18 jenis data termasuk data galeri, kontak, kalender, WLAN, dan berbagai informasi penting lainnya. Kamu mendapatkan penyimpanan cloud hingga 5GB secara gratis. Selain itu, kapasitasnya pun dapat ditingkatkan sesuai kebutuhan dengan pilihan dan harga yang tersedia. Jika kamu ingin mengakses data cloud Huawei kamu pada PC, kamu dapat menuju ke alamat cloud.huawei.com untuk melihat seluruh cadanganmu.

Huawei Assistant

Apabila kamu ingin dibangunkan tiap pagi sekaligus disediakan informasi terkini ? Huawei mewujudkannya dengan layanan Huawei Assistant, asisten virtual yang menggantikan fungsi bawaan dari Asisten Google pada layanan Google Mobile Services (GMS) sebelumnya. Huawei Assistant memfasilitasi pencarian informasi dan aksesibilitas aplikasi, memiliki fitur SmartCare yang menyediakan akses ke kartu kontekstual untuk saham dan olahraga, yang mencakup 150 acara olahraga dan lebih dari 150 pasar saham. Semua perangkat mendatang yang menjalankan EMUI 10 atau di atasnya akan dilengkapi dengan asisten digital.

Huawei Themes

Huawei Themes adalah layanan bawaan dari Huawei yang berisi tema-tema menarik yang bisa kamu pilih sesuai selera untuk perangkat Huawei kesayangan kamu. Ini pada dasarnya membuat kamu bisa mempersonalisasikan smartphone kamu dengan berbagai tema, font, ikon, layar kunci, dan wallpaper.

Huawei Music

Huawei Music adalah layanan streaming musik yang dibuat oleh Huawei sendiri yang bertujuan untuk memberikan sebuah pengalaman mendengarkan musik berkualitas tinggi dan “one-stop shop music experience”.  Aplikasi ini menampung musik dari artis populer seperti aplikasi streaming musik lainnya, dan tersedia beragam pilihan musik sesuai dengan genre, suasana hati, daerah, dan banyak lagi. Fitur mode pesta akan memungkinkan pengguna memutar trek yang sama secara bersamaan di perangkat yang berbeda untuk pengalaman mendengarkan bersama.

Huawei Video

Huawei Video adalah layanan untuk streaming film khusus perangkat Huawei yang menjalankan EMUI versi 5 atau lebih tinggi.  Pengguna bisa memanfaatkannya untuk menikmati ragam konten video dan film, dari yang gratis sampai berbayar. Saat ini hanya berfungsi untuk pengguna yang memiliki ID Huawei yang terdaftar di Italia atau Spanyol. Layanan ini menampilkan serial TV Eropa dan Spanyol, video pendek, video olahraga, film dokumenter, dan film.

Huawei Browser

Huawei Browser merupakan browser bawaan yang terdapat pada setiap smartphone Huawei. Browser juga dilengkapi dengan umpan berita terintegrasi dan fitur Mode Gelap untuk kemudahan penggunaan. Saat ini, Huawei Browser digunakan sebanyak 200 juta lebih pengguna aktif per bulannya. Selain untuk pencarian informasi, browser digunakan pengguna untuk mengakses berbagai layanan dan fitur.

Huawei AppGallery

Huawei AppGallery adalah platform pengunduhan aplikasi resmi di berbagai perangkat Huawei, yang telah memilih dan mengumpulkan aplikasi teratas dari seluruh dunia pada platform tersebut. Saat ini, Huawei AppGallery adalah platform paling populer di 3 teratas dunia. Ada semua jenis aplikasi populer untuk digunakan dan tersedia aplikasi lokal yang menyesuaikan negara asal pengguna. Misalnya, ada AkuLaku, M-Smile, D-Bank, Permata Mobile, Blibli, JD.ID, Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Lazada, hingga Matahari Mall.

AppGallery yang kini mulai diisi berbagai aplikasi pengembang lokal untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pengguna belum selengkap Google Play Store atau bahkan App Store Apple yang banyak memiliki aplikasi populer. Agar layanan ini kian dikenal, Huawei mengundang pengembang aplikasi populer untuk bergabung, termasuk aplikasi yang mendukung daily life. Tak kalah penting, untuk menunjang kebutuhan harian pengguna, Huawei mengklasifikasikan aplikasi menjadi 18 kategori, seperti keuangan, belanja, komunikasi, olahraga, kesehatan, perjalanan, akomodasi, gaya hidup dan kenyaman, hiburan, fotografi, dan lain-lain.

Nah, untuk saat ini, kamu juga dapat menemukan aplikasi teratas seperti Snapchat, TikTok, Wechat, Amazon, Video Amazon Prime, Booking.com, Traveloka, Berita BBC, dan lainnya di Huawei AppGallery. Dari sisi hiburan, juga tersedia Joox, Vidio, Hago, MaxStream, UseeTv Go, NovelMe, Langit Musik, dan RCTI+. Sisi hiburan ini makin lengkap dengan aplikasi Wawa untuk bermain games.

Sayangnya, aplikasi seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, Netflix, Messenger, dan lainnya masih absen dari toko aplikasi Huawei. Selain itu, tidak ada YouTube, Gmail, Foto Google, Google Maps, Drive, dan lain-lain. 

Jika pengguna masih tidak dapat menemukan aplikasi yang sedang dicari, pengguna dapat menambahkannya ke "Daftar Keinginan" di AppGallery. Huawei akan memberi tahu pengguna saat tersedia di Huawei AppGallery. Huawei bekerja sama dengan pengembang aplikasi global untuk terus meningkatkan platform Huawei Mobile Services (HMS) guna menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik. Huawei terus bekerja dengan lebih dari 1,5 juta pengembang di seluruh dunia untuk mengembangkan dan menambahkan aplikasi baru.

Fitur penting dari Huawei AppGallery adalah Quick Apps yang memungkinkan pengguna mengakses aplikasi yang diinginkan tanpa perlu mengunduh dan menyimpannya di perangkat Huawei. Layanan tersebut merupakan sebuah jawaban bagi pengguna yang memiliki kapasitas penyimpanan internal terbatas. Saat ini, sudah ada sekitar 2.500 pengembang aplikasi yang menghubungkan layanan mereka melalui platform Huawei Quick App.

HUAWEI Petal Search Widget, Pintu Gerbangmu Menuju Jutaan Aplikasi

Didukung oleh mesin Pencari Petal, Petal Search Widget - Find Apps menghadirkan pengalaman pencarian alternatif yang menempatkan dan mengumpulkan informasi, memberikan hasil yang paling akurat dan relevan bagi setiap pengguna untuk menemukan, menjelajahi, dan mengunduh aplikasi yang diperlukan dengan cara mudah

Aplikasi ini akan mencari apk untuk aplikasi yang dicari dari berbagai sumber, baik dari AppGallery maupun penyedia apk pihak ketiga. Huawei AppGallery telah sepenuhnya terintegrasi ke dalam Petal Search Widget - Find Apps dan aplikasi apa pun yang sudah tersedia di AppGallery akan muncul di bagian atas setiap pencarian di alat baru. Ratusan aplikasi baru terus ditambahkan ke AppGallery setiap minggu. 

Bekerja sama dengan berbagai mitra dan para pemimpin mesin pencarian global, Petal Search Widget - Find Apps menyatukan beragam aspek terbaik terkait teknologi keamanan dan keselamatan berbasis perangkat keras, dikombinasikan dengan standar privasi tak tertandingi yang ditetapkan oleh mesin pencarian privacy-by-design terkemuka untuk memastikan standar tertinggi privasi dan keamanan data untuk pengguna Huawei.

Petal Search Widget - Find Apps saat ini mendukung lebih dari 40 bahasa dan tersedia di 45 negara, dan kedepannya akan tersebar lebih luas ke banyak negara. Sekarang tersedia untuk diunduh di AppGallery hanya dengan mencari Petal Search - Find Apps didalamnya. 

Layanan Huawei Mobile Services (Apps Developer)

HMS mencakup seperangkat layanan pengembang yang disebut HMS Core, termasuk alat untuk pelacakan lokasi, sign in, pembelian dalam aplikasi, iklan, deteksi wajah, pengenalan teks, dan banyak lagi. Pengembang dapat menggunakan layanan bawaan ini serta API dan SDK lain yang disediakan oleh Huawei untuk membuat sebuah aplikasi untuk HMS.

Huawei membuat versi API penting miliknya sendiri yang oleh para pengembang menjadi tempat untuk mengembangkan aplikasi selain di Google Mobile Services (GMS). Tanpa API ini, sejumlah aplikasi Android tidak akan berfungsi pada ponsel Huawei. (Inilah sebabnya mengapa beberapa aplikasi Google dapat di-sideload di ponsel Huawei tetapi sebenarnya tidak berfungsi.)

Huawei berjanji kepada para pengembang aplikasi bahwa apabila aplikasi mereka ada di Google Play Store, mereka hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit untuk mengirimkannya ke HMS. Perusahaan memiliki ratusan API yang tersedia di sejumlah perangkat pengembang yang akan membantu pengembang membuat aplikasi untuk HMS. Selain menyediakan alat yang diperlukan kepada pengembang, Huawei juga memberikan insentif kepada mereka untuk mengirim aplikasi ke HMS. 

Huawei masih memiliki waktu yang panjang sebelum layanannya dapat benar-benar bersaing dengan layanan dari Google atau bisa benar-benar mandiri tanpa Google. Huawei Mobile Services juga akan menjadi kurva pembelajaran bagi pengguna yang telah merasa nyaman dengan produk Google selama bertahun-tahun. Sayangnya, Huawei tidak dapat berbuat banyak dalam situasi ini, kecuali untuk memperluas ekosistemnya sendiri. 

Menjembatani Kesenjangan Aplikasi

Huawei menggunakan all-in dengan Android, dengan atau tanpa Google. Untuk itu, HMS Core dan AppGallery adalah tempat perusahaan mendedikasikan banyak energi pengembangannya. Huawei telah bekerja keras untuk mencari solusi pasca larangan dagang dari AS dan mereka telah tumbuh menjadi lebih kuat dengan setiap iterasi. 

Banyak aplikasi populer masih belum tersedia di AppGallery, termasuk aplikasi yang sangat populer seperti WhatsApp. Lalu, yang membuat situasinya unik adalah bahwa aplikasi ini mungkin tidak perlu Google Mobile Services untuk menyediakan fungsi utamanya. Jadi secara teoritis, mereka dapat ditransfer ke smartphone Huawei tanpa masalah dalam fungsionalitas layanan bawaan mereka. 

Huawei dengan teguh percaya bahwa masa depan adalah dengan ekosistem layanannya sendiri, Huawei tentunya masih membutuhkan solusi yang menjembatani kebutuhan saat ini dengan visi masa depannya. Idealnya, aplikasi populer harus di-host di AppGallery oleh pengembang sendiri, tetapi itu adalah proses dan bukan solusi semalam. Di sisi lain, kebutuhan pengguna bersifat segera, dan mereka tidak dapat menunggu aplikasi tanpa batas untuk muncul di toko AppGallery resmi.

Sekarang bahkan lebih mudah bagi pengguna Huawei untuk memiliki aplikasi yang mereka inginkan pada perangkat HMS mereka, berikut diantaranya :

Phone Clone - Aplikasi buatan Huawei ini mencadangkan data dari ponsel lama kamu, termasuk file APK untuk sebagian besar aplikasi yang sudah diinstal, dan mentransfernya ke perangkat Huawei kamu yang baru. Ini hanya berguna untuk mentransfer aplikasi yang ada dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

AppGallery - Toko aplikasi resmi Huawei dengan lebih dari 420 juta pengguna aktif bulanan dan daftar aplikasi yang terus bertambah. Memiliki fitur deteksi 4-lapisan dalam memastikan aplikasi unggulan aman untuk diunduh dan digunakan. Cukup telusuri dan unduh aplikasi yang Anda butuhkan.

Petal Search Widget - Find Apps - satu dari tiga cara pengguna Huawei dapat menemukan dan mengunduh aplikasi ke perangkat HMS mereka, bersama AppGallery dan Phone Clone. Cara menggunakannya cukup dengan menyentuh langsung dari layar Home Screen perangkat kamu.

32 komentar:

  1. wah ulasannya sangat lengkap dan nyaman untuk dibaca, kemarin aku mau beli honor seri terbaru, cuma ya itu bimbang karna sudah cerai sama Google.

    namun setelah baca artikel ini, fix semakin yakin mau pake honor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serius bosku ?

      Puji Tuhan kalau artikel ini sedkit banyaknya membantu menjawab pertanyaan sampeyan.

      Big Thanks

      Hapus
  2. Sangat membantu banget nih karena android tanpa google itu berasa taman tanpa bunga. Tapi dengan ulasan ini, ada informasi lengkap yg bisa pandu kita kalau mau beli Huawei. Thanks bang

    BalasHapus
  3. keren ni gak nyerah. berani untuk mandiri dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki. semoga kedepannya bisa lebih maju.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin,,,

      secara Brand, huawei mah high class banget di kacamata saya.

      Saya pribadi pake Iphone dan Huawei

      Hapus
  4. Sangat informatif, dulu memang pernah dengar kalau Huawei sedang terpuruk, ternyata setelah bangkit bisa sekeren ini dong. Bisa berdiri sendiri Daebak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daebak !!! doooooorrr

      Huawei mah tak usah diragukan lagi, terbaik

      Hapus
  5. Aku suka artikelnya, penjelasannya runtun dan detail. Ini kabar gembira buat aku yang naksir Huawei, tapi 'apalah arti smartphone ini bila WhatsApp YouTube tak de lagi'. Belum bisa hidup tanpa Google. ����

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang saja,, ada cara tertentu kok dek biar bisa pake app itu, aku ad sedikit jelaskan di artikel di atas

      Hapus
  6. HUAWEI Mobile Services (HMS) sebagai jawaban untuk gaya hidup Milenial yang serba digital. Ada banyak pengalaman ala hidup dijaman era digital AI di seluruh dunia. SALUUT

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau pengguna sejati Huawei mah emang beda ya kalau komentar,,,

      Big Thanks kang Asep

      Hapus
  7. Wah seperti biasa, tulisan artikelnya detail dan informatif. Infonya ini sangat membantu buat teman-teman pengguna Huawei. Di kantor ku, ada satu orang yang pake Huawei. Gara-gara dia, aku jadi naksir pengen punya Huawei juga. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah udah,,, langsung beli aja dek smartphone kece Huawei,

      p40 pro tuh segera di pinang,,,,

      btw, big thanks

      Hapus
  8. Benar-benar baru tau info ini, lumayan lengkap sih huawei. kalo ad rejeki buat beli hp baru, nanti coba huawei jak manatau nyaman 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. tak kenal maka tak sayang,

      blogger kece kek kamu harus punya smartphone kece dari Huawei dong biar tambah kece

      Hapus
  9. Ulasan lengkap bener, jadi ga khawatir dari kemaren pengen beli smartphone huawei. Ternyata huawei bisa mandiri tanpa google ya . Akhirnya terjawab sudah diartikel ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi kakak yutuber, makasih ud berkomentar positif.

      matur nuwun

      Hapus
  10. Aslilah aku selalu naksir huawei, rupanya bisa tetep ngeliat peluang n mandiri walau tanpa google. Keren. Bukan tidak mungkin HMS bisa ngalahin monopoli google di pasar kan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren kak, kita sepemikiran....

      💕💕💕

      Hapus
  11. Wah ,ini ulasan nya lengkap dan informatif banget ,kalimat nya pun buat pembaca mudah memahami detail2 dan kelebihan huawei.
    Jadi semakin yakin mau mau beli smartphone huawei.

    BalasHapus
  12. Wah ulasannya lengkap, penuh informasi. Jadi tau banyak hal deh tentang Huawei.

    BalasHapus
  13. Ya teknologi selalu berkembang. Bsa jadi dimasa depan raksasa Google bisa disalip Huawei.
    Kalo dilihat-lihat, mmg Huawei sedang berjuang sekuat kuatny menghadapi perubahan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. doa terbaik buat Huawei utk bisa pegang kendali.....

      Hapus
  14. Jadi tertarik untuk memiliki huawei, ternyata canggih juga yaaa

    BalasHapus
  15. Wow lengkap banget ulasannya. Jadi teredukasi juga tentang huawei. Btw infografisnya unyu lucu banget gerak gerak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak Dare,

      Maksih kak, ud mampir k blog saya

      Hapus
  16. Kalau boleh jujur, saya suka dengan Huawei karena memberi fasilitas maksimal, jika ada solusi instal aplikasi tanpa google play maka dapat dipastikan saya akan pakai Huawei

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo kak Ahmad,
      bisa kak, banyak cara kok, coba search di yutub sangat lengkap

      Hapus

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Diberdayakan oleh Blogger.