ASUS ROG Strix GL502VS: Notebook Gaming Pertama Berbasis Nvidia Pascal

misterpangalayo.com - ASUS ROG Strix GL502VS adalah salah satu varian notebook midrange bertenaga GTX 1070, menawarkan kinerja gaming yang sangat fantastis, meskipun potensi untuk overclocking sangat tipis. Sejak kedatangan GeForce GTX GPU 10-seri NVidia untuk notebook, ada indikasi bahwa ASUS ROG Strix GL502VS tangguh untuk kelasnya bahkan sebagian besar untuk desktop gaming. ASUS ROG Strix GL502VS adalah bagian dari pendatang baru dengan arsitektur Pascal dan memiliki generasi keenam prosesor Intel Core i7-6700HQ, yang merupakan pilihan yang sangat populer untuk sebuah notebook gaming. Hal ini didasarkan pada arsitektur Skylake Intel saat ini, memiliki empat core asli dan mendukung Hyperthreading. Notebook ini juga didukung oleh 32 GB DDR4-RAM (dual-channel).

Notebook & Ultrabook,GL502VS,G,GL502 Series
Sumber Gambar: notebookcheck.net

Sebagai pemain paling penting di Republic of Gamers, Asus fokus menghadirkan perangkat gaming yang diatas rata-rata dan dirancang khusus untuk para gamer agar mendapatkan kepuasan performa yang maksimal. Desain fisik adalah game-oriented, dilengkapi dengan backlight berwarna merah pada setiap tombol keyboard. Asus juga memberikan sentuhan gaming lebih jauh dengan menandai tombol "ASDW" pada laptop ini dengan tampilan yang berbeda. Selain itu, notebook ini memiliki layar IPS 1920x1080 piksel yang menjanjikan sudut pandang lebar dan sistem pendingin yang tahan debu.

Kapasitas media penyimpanannya mencapai 1 TB dengan harddisk berkecepatan 7200 rpm. Ruang penyimpanan tersebut masih ditambah dengan SanDisk SSD berukuran 256 GB yang menawarkan kecepatan read/write yang lebih tinggi. Selain itu, tersedia port penting seperti USB 3.1 generasi kedua, DisplayPort dan HDMI 2.0, serta koneksi nirkabel dengan standar terbaru yang ditangani oleh AC-modul dari Intel.

Spesifikasi Lengkap ASUS ROG Strix GL502VS

Main Spec. ROG GL502VS G-Sync
OS Microsoft Windows 10 Home
Memory DDR4 2133 MHz 32GB
Storage 2,5” SATA 1TB 7200rpm + 256GB PCIEx4 SSD NVMe PCIe SSD
Display 15,6” Non-glare IPS Full HD (1920 x 1080)
Graphics NVidia GeForce GTX1070 8GB DDR5 (G-Sync), VR Ready
Input/Output 3x USB 3.0, 1x USB 3.1 Type-C, 1x HDMI port, 1x Mini port, 3-in-1 cardreader (SD/SDXC)
Camera Built-in HD Camera and array mic
Connectivity 802.11AC+BT
Audio Dual Array Microphone, Bang & Olufsen ICEpower with SonicMaster
Weight 2.2kg
Dimension 39.0(W) x 26.6(D) x 3.01 (H) cm
Keyboard Anti-ghosting Illuminated chiclet keyboard, 1,6mm of key travel distance, specially designed WASD cursor keys
Special Design Alumunium alloy body, Elegant and modern lines, New ROG Strix design
Battery 4 cells, 4120mAh


Desain dan Fitur

ASUS ROG Strix GL502VS merupakan laptop gaming dengan desain ramping dan minimalis serta cukup mudah untuk dibawa kemana-mana karena ukurannya yang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu lebar. Dengan bodi yang menggunakan kombinasi warna hitam serta oranye, ASUS ROG Strix GL502VS hadir dengan panel aluminium pada cover notebook ini memberikan pantulan cahaya berkilau yang sangat mewah, termasuk logo Republic of Gamers pada tutupnya. Dengan ketebalan 3cm, dan bobot hanya 2,3Kg, ASUS ROG GL502VS merupakan salah satu notebook gaming tertipis di kelasnya.


Notebook & Ultrabook,GL502VS,G,GL502 Series
Notebook & Ultrabook,GL502VS,G,GL502 Series

Tutup metal pada notebook ini menyerupai kap sebuah Muscle Car dan besar. Engsel tembaga dan ventilasi yang tebal di bagian belakang membuatnya semakin berkelas. Ya, walau tidak banyak orang yang melihat desain sebuah notebook, tetapi jika Anda termasuk orang yang lebih memperhatikan tampilan desainnya, ASUS ROG Strix GL502VS sangat layak untuk dipertimbangkan sebagai perangkat gaming yang tepat.

Notebook & Ultrabook,GL502VS,G,GL502 Series
Sumber Gambar: notebookcheck.net

Ventilasi ditempatkan di bagian belakang merupakan bagian dari dust-release, sistem pendingin termal yang berkerja untuk menjaga notebook agar tidak panas dan selalu dingin ketika Anda bermain game dalam waktu yang lama. Menggunakan heart-pipes yang dikombinasikan dengan sistem dual fan yang mendinginkan CPU dan GPU.

ASUS ROG Strix GL502VS juga hadir dengan toucpad luas dan responsif, serta keyboard full layout. Keyboard terletak agak ke atas dari notebook di mana tangan Anda dapat beristirahat dengan mudah. Notebook ini dilengkapi dengan backlight berwarna merah pada setiap tombol keyboard dan dilengkapi dengan tombol numpad, meski memang jarak antara numpad dengan tombol keyboard utama tergolong cukup rapat. Tombol "ASDW" disorot untuk akses yang lebih mudah ketika Anda membutuhkannya.


Notebook & Ultrabook,GL502VS,G,GL502 Series

Notebook gaming ini menggunakan teknologi G-Sync NVidia untuk meningkatkan kualitas grafisnya. 15-inch FHD (1920x1080) panel resolusi menawarkan sudut pandang lebar hingga 160-derajat, dan Anda masih bisa dengan jelas melihat warna-warna cerah dan gambar yang tajam dari sisi manapun. Beralih ke 3K dan resolusi 4K dalam kategori game juga disediakan untuk sistem lain seperti MSI GS60 Ghost Pro 3K (2880x1620) dan Ghost MSI GS60 Pro 4K-238 (3860x2160).

Bahkan, resolusi tinggi untuk sebuah sistem game karena display ini jauh lebih menuntut dan kinerja yang lebih ditekan oleh kartu grafis mobile, sehingga Anda harus memilih antara ukuran, resolusi atau kinerja, tetapi yang paling penting adalah bisa memilih ketiganya. Teknologi Nvidia G-Sync termasuk banyak diterima karena secara signifikan meningkatkan kelancaran gameplay.


Kualitas Gambar pada Game Dome

Performance

Sistem pada ASUS ROG Strix GL502VS didukung oleh prosesor Skylake Intel Core i7-6700HQ (Turbo 3,5 GHz) dan RAM yang juga telah ditingkatkan menjadi 32GB DDR4. Kartu grafis adalah yang terbaru dari NVIDIA GeForce GTX1070, 8GB GDDR5 G-SYNC, GPU cukup kuat di sebagian besar desktop terbaru saat ini. Berangkat dari hal tersebut, ini adalah notebook yang dirancang khusus untuk para gamer.


Notebook & Ultrabook,GL502VS,G,GL502 Series

Salah satu fitur pada notebook ini memiliki grafis tercepat (setidaknya untuk kategori mobile), yang berarti bahwa Anda dapat berlayar melalui permainan dengan butter-smooth FPS. Misalnya, Grant Theft Auto 5, bermain di pengaturan Ultra dan 1080p menghasilkan 60FPS, sementara Fallout 4 pada pengaturan yang sama menghasilkan 65FPS dan The Witcher 3 dimainkan pada pengaturan yang sama menghasilkan 63FPS. Untuk game, perangkat keras yang tersedia cukup untuk menunjang aktivitas gaming.

Hal ini cukup mengesankan mengingat bahwa sistem mendorong untuk pengaturan kualitas yang ultra di layar asli 1080presolution, jauh lebih halus daripada kebanyakan sistem dalam kategori yang sama yang menampilkan kurang dimainkan frame rate untuk boot cepat. Tujuan utama dari sistem ini adalah pure untuk gaming, dan tentunya ini juga sangat mampu dalam menyelesaikan beberapa proyek editing media dan foto.

Memori RAM telah ditingkatkan menjadi 32GB dan tersedia kapasitas penyimpanan internal 1TB HDD untuk penyimpanan data dan 256GB SSD untuk boot cepat. Namun, kapasitas penyimpanan untuk SSD terbilang kecil ketika menginstal game pada drive tersebut, untuk mengatasinya Anda dapat menginstal SSD melalui slot M.2 untuk penyimpanan SSD lebih.


Benchmark HDD & SSD

Performa ASUS ROG Strix GL502VS juga bisa dilihat dari hasil pengujian sintesis menggunakan 3DMark Fire Strike dan PCMark 08. Di 3DMark Fire Strike, ROG STRIX GL502V berhasil memperoleh skor 11400 poin. Sedangkan PCMark 08 menunjukkan bila laptop ini mampu memperoleh skor 5801 poin. Angka tersebut memang tinggi, namun sudah sewajarnya didapatkan mengingat ASUS ROG Strix GL502VS merupakan notebook  gaming.


3D Mark Test
PCMark Test

Fitur lainnya

Konektivitas yang sangat baik dan beragam. ASUS ROG Strix GL502VS dilengkapi dengan tiga port USB 3.0, satu USB 3.1 Tipe C (gen 2), port HDMI, sebuah miniDisplayPort, jack Ethernet, mic-in, headphone-out, dan line-out jack, serta pembaca kartu SD. Sistem ini juga dilengkapi Bluetooth 4.0 dan Wi-Fi dual-band 802.11ac untuk konektivitas nirkabel, serta kamera 1.2MP HD.


Sisi kiri: listrik AC, Ethernet (flip-out), DisplayPort, HDMI 2.0, USB 3.0, USB 3.1 Gen2 Jenis-C
sisi kanan: Audio in / out, 2x USB 3.0, SD-card, Kensington
 
Tentu saja, untuk sebuah notebook gaming, tidak banyak aktivitas yang berkaitan dengan pemakaian normal. Asus ROG Strix GL502VS dibekali baterai 4-cell, yang diklaim mampu memberikan daya hingga 6 jam ketika browsing di dunia maya. Sedangkan ketika digunakan untuk bermain game, Asus ROG Strix GL502VS mampu menyala hingga 3 jam.


ASUS ROG Strix GL502VS sangat mengesankan dan perangkat gaming yang portable dengan desain yang ramping dan menawan. Salah satu aspek utama pada notebook ini adalah kinerja yang sangat besar dari Nvidia GeForce GTX 1070. Gamer yang tidak terlalu suka noise-sensitive, harusnya bersenang akan kehadiran perangkat ini. Selain itu, notebook Asus kali ini memberikan hampir dua kali lipat tingkat kinerja gaming yang mana sebelumnya tersedia single-GPU. ASUS ROG Strix GL502VS adalah salah satu notebook gaming yang telah sangat sempurna berkat CPU quad-core, memori DDR4, GPU terbaru di kelasnya dan SSD snappier. GTX 1070 GPU membuat notebook ini menjadi pengganti dekstop gaming.

Bukan sekedar notebook gaming, ASUS ROG Strix GL502VS memiliki layar full HD dan dapat melakukan tugas multimedia dengan lancar. Ada boot drive cepat dan kapasitas penyimpanan yang besar. Desain fisik baik mencolok dan fungsional, memberikan pengalaman gaming yang lebih baik dalam hal keyboard dan pendinginan sistem.

Ada Harga Ada Kualitas. Di Indonesia, perangkat gaming kelas elit yang portable ini ditawarkan dengan harga Rp30.299.000,00 yang telah dilengkapi dengan mouse serta headset gaming serta Windows 10 Home didalamnya. Sementara itu untuk harga bekasnya masih belum tersedia. Jadilah yang pertama untuk mencoba dan merasakan kecanggihan notebook gaming terbaru dari ASUS ROG Strix GL502VS.

Sumber Gambar: yugatech.com

1 comment:

  1. Tulisan Anda sangat lengkap dan mudah di mengerti,,, jadi pgn beli laptop ini.. Gamers sejati harus punya nih

    ReplyDelete

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.