Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro di Indonesia

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro - Perusahaan teknologi asal Negeri Tirai Bambu, Xiaomi resmi meluncurkan Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro di Indonesia, selasa (09/06/2020) kemarin. Kedua ponsel pintar tersebut merupakan generasi penerus dari Redmi Note 8 dan Note 8 Pro yang sukses menarik pengguna smartphone android di Tanah Air. Setelah diperkenalkan di berbagai negara, India misalnya Xiaomi sudah memboyong smartphone seri Redmi Note terbarunya pada tanggal 12 Maret lalu. Di India, Xiaomi meluncurkan Redmi Note 9 Pro dan Note 9 Pro Max diikuti oleh Redmi Note 9S.


Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Xiaomi sering memperbarui lini smartphone-nya agar bisa bersaing di pasar dunia. Namun, ini bukan tentang memperbarui software, tetapi tentang merilis model baru di berbagai lini, mulai dari Redmi A, Redmi, hingga lini Redmi Note. Alvin Tse selaku Country Director Xiaomi Indonesia, mengatakan bahwa Redmi Note 9 series dibawa ke Indonesia atas permintaan Mi Fans.
"Di bulan Ramadan, banyak yang bertanya kepada saya, 'kapan Redmi Note 9 series masuk Indonesia?'. Mi Fans bertanya dan kami mendengarkan," ujar Alvin di peluncuran Redmi Note 9 dan Note 9 Pro yang digelar Xiaomi secara online, Selasa (9/6/2020). "Saya dengan bangga mengumumkan bahwa seri Redmi Note 9 resmi masuk Indonesia," lanjut Alvin.
Kedua ponsel terbaru dari seri Redmi Note ini menjagokan sejumlah fitur untuk menunjang aktivitas pengguna, seperti kehadirkan sensor kamera di atas 48 hingga 108 megapixel (MP) dengan kamera ultrawide-angle 8 MP dan bokeh 2 MP serta dilengkapi dengan kapasitas baterai yang besar. Lantas, apa perbedaannya?

Dari sektor fotografi, smartphone ini dibekali dengan desain kamera dengan empat lensa (quad camera). Kamera pada Redmi Note 9 terdiri dari kamera utama 48MP, kamera ultrawide 8 MP, kamera macro 2 MP, dan kamera depth sensor 2 MP. Sedangkan, Redmi Note 9 Pro dibekali dengan kamera utama 64MP, kamera ultra-wide 8MP 119 derajat FoV, kamera makro 5MP, dan kamera bokeh 2MP.


Deretan kamera belakang kedua ponsel kompak ditampung secara simetris di dalam sebuah modul persegi. Di bawah modul (khusus Redmi Note 9) terdapat sensor pemindai sidik jari yang membuat desain yang terlihat lebih "segar" dibanding model terdahulu. Desainnya dibekali dengan lapisan nano spesial untuk melindungi dari percikan air. Bagian depan dan belakang ponsel dibekali dengan Corning Gorilla Glass 5. Berbeda dengan Redmi Note 9, pemindai sidik jari pada Redmi Note 9 Pro ditempatkan di samping kanan ponsel.

Dari sisi dapur pacu, Redmi Note 9 dibekali dengan cipset MediaTek Helio G85 yang terdiri dari CPU octa-core dan GPU Mali-G52. Chipset dikombinasikan dengan dua varian memori, yaitu RAM 4GB+ROM 64GB dan RAM 6GB+ROM 128GB. Penyimpanan bisa diperluas dengan Micro SD hingga 512 GB. Menurut informasi, Helio G85 yang tersemat dalam Redmi Note 9 didesain khusus untuk gamer. Performa menunjukkan 19 persen peningkatan dibandingkan Redmi Note 8.


Adapun Redmi Note 9 Pro dibekali dengan prosesor terbaru milik Qualcomm, yaitu Snapdragon 720G 8nm. Cipset dikombinasikan dengan dengan dua varian memori, yaitu RAM 6GB+ROM 64GB dan RAM 8GB+ROM 128GB. Penyimpanan bisa diperluas dengan Micro SD hingga 512 GB. Dibandingkan generasi sebelumnya, performa CPU single core ini meningkat 40 persen. Performa AI meningkat 115 persen.

Era gadget ringkas telah lama berlalu, Redmi Note 9 menerima layar besar dengan diagonal 6,53 inci dan resolusi Full HD Plus dengan desain punch-hole atau DotDisplay di sudut kiri atas sebagai tempat kamera selfie 13 MP. Kamera selfie dibekali dengan AI beautify, panorama selfie, palm shutter, portrait selfies hingga face unlock. 

Redmi Note 9 Pro

Untuk seri Redmi Note 9 Pro dibekali dengan layar IPS 6,67 inci FHD+. Sementara itu, sensor kamera depan Redmi Note 9 Pro adalah 16 MP yang dilengkapi dengan fitur slow motion selfie. Redmi Note 9 Pro ini juga mendukung fotografi RAW bagi fotografer dan mode malam yang sudah ditingkatkan.

Beralih ke kapasitas baterai, kedua ponsel ini dibekali Baterai berkapasitas 5.020 mAh dibenamkan bersama dengan pengisian daya cepat (18w untuk Redmi Note 9 dan 30w untuk Redmi Note 9 Pro) yang tersedia di dalam boks. Xiaomi mengklaim baterai bisa tahan selama 2 hari. 11 jam untuk gaming, 17 jam pemutaran video. Selain itu, pengisian daya dapat mengisi 50 persen dalam kurang dari 30 menit. Cukup mengisi 30 menit, bisa digunakan berjam-jam.

Redmi Note 9

Ponsel hadir dengan warna Forest Green, Polar White, dan Midnight Grey. Varian 4GB+64GB dibanderol dengan harga Rp2,5 juta, sedangkan varian 6GB+128GB dibanderol dengan harga Rp2,9 juta. Penjualan pertama akan dilakukan pada 17 Juni 2020. Redmi Note 9 Pro hadir dengan warna Glacier White, Interstellar Grey, dan Tropical Green. Khusus di Indonesia, Xiaomi memberikan fitur NFC  pada Redmi Note 9 Pro. Varian 6GB+64GB dibanderol dengan harga Rp3,5 juta, sedangkan varian 8GB+128GB dibanderol dengan harga Rp3,9 juta. (*Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro -  misterpangalayo.com)

No comments:

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.