Tips Aman Menghindari Begal dan Jambret Jalanan

misterpangalayo.com - Meningkatnya tindak kriminal begal dan jambret menjelang akhir tahun 2016 membuat masyarakat Kota Pontianak menjadi khawatir untuk berpergian terutama di malam hari. Sepanjang bulan Desember 2016 sudah banyak kasus yang dilaporkan terkait aksi begal dan jambret. Aksi begal dan jambret ini tidak hanya mengincar wanita yang menggunakan perhiasan di gang yang sepi, tetapi juga kaum pria, dimana pelaku berpura-pura menanyakan alamat, mencari rumah kos hingga kehabisan bensin dan banyak motif lainnya.

Tips Aman Menghindari Begal dan Jambret Jalanan


Maka dari itu, masyarakat Kota Pontianak diharapkan untuk tetap tenang dan selalu waspada baik siang maupun malam hari. Kejahatan terjadi bukan karena niat pelaku semata, tetapi juga karena ada kesempatan. Komplotan begal senang beraksi di malam hari, sedangkan pada siang hari komplotan bandit jalanan yang melakukan aksi penjambretan. Maraknya tindak kriminal begal dan jambret, belakangan ini semakin mendapatkan pantauan ketat dari pihak kepolisian agar kasus ini dapat segera terselesaikan.

Tapi sebagai manusia tentu banyak hal yang harus dilakukan yang menuntut kita untuk terus beraktivitas. Untuk meredam ketakutan tersebut, berikut ini beberapa tips untuk menghindari penjambret dan begal di jalanan yang dihimpun dari pelbagai sumber.

  • Hindari lokasi yang sepi. Biasanya, para pelaku jambret dan begal nongkrong di lokasi yang sepi dan tanpa ada penerangan yang memadai. Karena itu, hindari jalur tersebut terutama di malam hari. Sebagian besar tindak kriminal begal dan jambret jalanan terjadi pada malam hari. Maka kurangilah aktivitas malam hari di jalanan, terlebih bila larut malam.

  • Janganlah bepergian seorang sendiri. Ajaklah teman Anda ketika berkendara motor di malam hari. Bahkan, Anda bisa beramai-ramai dengan pengendara lain atau berjalan di belakang mobil atau kerumunan motor ketika berkendara di malam hari.

  • Simpan barang-barang berharga, seperti cincin, kalung, dan jam yang berkilau di dalam tas. Kemudian, masukan tas ke dalam jaket atau di dalam bagasi motor di bawah jok motor.

  • Sebaiknya Anda menginformasikan perjalanan Anda kepada keluarga atau teman, dan informasikan kepada mereka rute jalan yang Anda lalui. Jangan lupa untuk selalu menyimpan nomor ponsel atau kontak polisi, sehingga Anda mudah meminta bantuan, jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

  • Anda harus sering melihat kaca spion sehingga Anda tahu jika ada yang membuntuti. Apabila Anda merasa ada yang membuntuti, waspadailah orang-orang tersebut. Menepilah di tempat keramaian terlebih dahulu, seperti rumah makan, pos satpam, dan kantor polisi. Jika Anda takut berhenti, melajulah dengan kencang meninggalkan orang tersebut, sambil bersiap menepi di tempat ramai dan aman.

  • Gunakan perangkat keamanan tambahan pada motor. Saat ini, sudah banyak produsen aksesori yang menyediakan piranti keamanan berupa immobilizer dan global positioning system (GPS) khusus untuk motor, sehingga bila tidak ada pilihan lain kecuali menyerahkan motor dan harta Anda, polisi dengan mudah bisa melacak keberadaan motor Anda dan bisa menangkap si penjahat.

  • Jangan lupa berdoa sebelum bepergian. Doa akan mendorong alam bawah sadar dan alam sadar Anda untuk melakukan yang terbaik di dalam perjalanan.

2 komentar:

  1. makasih tips nya gan,,
    di daerah saya ini di Bekasi malah ga cuma tempat sepi aja gan ,siang hari dan tempat ramai pun kadang terjadi pembegalan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya nih, di POntianak juga gtu, siang sore pun masa bodoh,,, Komplotannya tak nya cowo,, cewek pun jadi begal juga,,, Emansipasi kali yeee #upppsss

      Hapus

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Diberdayakan oleh Blogger.