10 Destinasi Wisata Alam di Jember Yang Wajib Dikunjungi


misterpangalayo.com - 10 Destinasi Wisata Alam di Jember Yang Wajib Dikunjungi. Traveling bukan hanya sekedar berkunjung ke suatu tempat ke tempat lain. Ada suatu kebanggaan atau kepuasan tersendiri dimana hanya para traveller yang dapat memahaminya. Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi informasi objek wisata yang menarik untuk Anda kunjungi. Terfokus pada objek wisata alam, maka dari itu hanya beberapa tempat yang akan saya tulis.

Jember adalah sebuah wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang kaya akan keindahan alam serta budaya. Banyak objek wisata yang bisa kita temukan mulai dari wisata alam, wisata religius, wisata budaya, wisata kuliner hingga wisata sejarah. Tapi ketika berbicara soal Jember, hal yang terlintas dipikiran saya adalah Jember Fashion Carnaval (Indonesia: Karnaval Busana Jember), sebuah even wisata tahunan yang terkenal hingga berbagai penjuru dunia.

Secara geografis, Kabupaten Jember dikelilingi oleh Pegunungan Argopuro dengan sejumlah air terjun di sebelah utara, perkebunan dan hutan lindung di sebelah timur dan barat, serta di sebelah selatan berbatasan langsung dengan lautan Indonesia. Perpaduan semuanya menyajikan pemandangan alam yang sangat indah serta nuansa petualangan yang tiada duanya. Karena letaknya yang strategis membuat Kabupaten Jember dianugerahi keindahan alam yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Sudah tidak diragukan lagi provinsi yang terletak paling timur di Pulau Jawa, memiliki daya tarik tersendiri bagi siapapun (domestik maupun mancanegara) yang mengunjunginya.

Berikut 10 Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Jember yang menarik untuk Anda kunjungi.

1. Tanjung Papuma


Pantai Tanjung Papuma adalah salah satu dari 10 pantai terbaik di Indonesia. Merupakan sebuah kawasan pantai pasir putih yang indah berpadu dengan kawasan hutan lindung yang relatif masih terjaga, menjadikannya salah satu “surga” bagi penggemar fotografi. Di pantai ini kita dapat melihat sunrise serta sunset sekaligus di satu tempat yang bernama Siti Inggil. Pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seperti bermain air, berjemur, memancing, snorkling, hingga rock climbing. Akan terasa lebih menyenangkan bila dilanjutkan dengan menikmati gurihnya ikan bakar, Gurita asam manis dan segarnya es kelapa muda khas Papuma. Berbagai fasilitas pun tersedia seperti sarana penginapan berupa cottage, aula/ pendopo, masjid, camping ground, children playground, outbond dan flying fox, serta ATV. Aneka satwa liar seperti monyet, biawak, serta berbagai jenis burung juga mudah dijumpai. Pantai Tanjung Papuma berada 35 km ke arah selatan, sekitar 45 menit dari pusat kota. 


 

2. Pantai Watu Ulo


Pantai ini berada di gugusan Samudera Indonesia dengan panorama alam yang indah. Menariknya di Pantai ini terdapat sebuah batu panjang yang berbentuk seperti ular (Jw.Ulo) yang penuh dengan sisik. Menurut cerita rakyat pada jaman dahulu kala ada seekor Ular yang sedang bertapa di pantai itu. Setelah permohonannnya dikabulkan oleh Yang Maha Kuasa maka wujudnya berubah menjadi batu dengan bagian kepala menjulur ke laut dan badan berada di daratan. Tempat ini juga memiliki nilai sejarah karena pada jaman dulu dijadikan sebagai benteng pertahanan serdadu tentara Jepang. 


Ada lima buah benteng pertahanan yang dibangun sehinggga masyarakat setempat menyebutnya Goa Jepang. Tidak kalah menariknya di samping Goa Jepang terdapat Goa Lawa (Goa Kalelawar) yang dihuni ratusan ribu Kalelawar. Pengunjung bisa melihat dengan melewati dan menyusuri pantai berpasir. Goa ini mempunyai kedalaman 100 meter yang biasanya dijadikan sebagai tempat bermeditasi karena letaknya yang jauh dari keramaian. 

Pada saat saat tertentu seperti menjelang Tahun Baru masehi dan Hari Raya Idul Fitri digelar event event special seperti Lomba Layang Layang Pantai dan panggung hiburan rakyat. Dan yang tak kalah menarik setiap Tahun Baru Hijriyah diadakan Festival Pegon, Pegon adalah kendaraan angkut tradisional dengan tenaga sapi serta tasyakuran sebagai wujud terimakasih atas semua rizki yang telah diterima di sepanjang tahun dan harapan untuk tetap diberikan kemudahan dan limpahan rahmat dari Yang Maha Kuasa.


3. Pantai Bandealit


Bandealit merupakan bagian dari kawasan konservasi Taman Nasional Meru Betiri. Sejak awal, kawasan ini diupayakan menjadi tujuan wisata khusus konservasi alam dengan menggandeng Pemerintah Kabupaten Jember dan Banyuwangi. TN Meru Betiri berada di Jawa Timur bagian selatan, dengan ketinggian 900 – 1.223 meter di atas permukaan laut. Luasnya mencapai 58 ribu hektare. Nama Meru Betiri diambil dari nama gunung di sana, yakni Gunung Betiri dengan ketinggian 1.223 meter. Wisata khusus ini berbeda dengan wisata umum yang bersifat masal. Di sini, para wisatawan akan diperkenalkan dengan kondisi alam yang asli untuk menambah wawasan dan pengetahuan soal lingkungan hidup. Pantai Bandealit sangat menunjang untuk hal tersebut. Di sana, orang masih bisa menjumpai banteng dan rusa, maupun bunga bangkai. Habitat bunga bangkai (Rafflesia) ini bisa ditemui di tengah perjalanan dari Andongrejo ke Bandealit, tepatnya di Blok Krecek, yang berjarak sekitar 8 km dari Pos Andongrejo.


Secara umum beberapa flora dan fauna di kawasan Meru Betiri, termasuk Bandealit, antara lain banteng (Bos javanicus javanicus), rusa (Cervus timorensis russa), penyu belimbing (Dermochelys coriacea), penyu sisik (Eretmochelys imbricata), dan penyu hijau (Chelonia mydas). Konon harimau Jawa atau Panthera tigris sondaicus masih ada di sini. Mengunjungi Bandealit tak ubahnya mengunjungi keindahan yang terlupakan kesibukan manusia. Di sana, selain menjelajahi hutan, wisatawan juga bisa beraktivitas panjat tebing atau meniti tali turun tebing. Ada pula gua yang disebut Gua Jepang, gua ini terletak di ketinggian 200 meter. 


Cerita rakyat mengisahkan, gua ini adalah tempat perlindungan tentara Jepang dari musuh yang mendarat di Pantai Bandealit semasa Perang Dunia II. Tumpukan batu mirip benteng menguatkan cerita ini. Jangan lupakan juga Teluk Meru yang bisa dicapai dari Bandealit. Teluk ini terkenal sebagai tempat pengamatan burung, memancing, dan melihat matahari tenggelam. Di sana, wisatawan bisa berkemah, berjemur, dan berenang. Di Desa Andongrejo dan Curahnongko yang berbatasan dengan Meru Betiri, masyarakat mengembangkan tanaman obat sebagai bahan jamu tradisional. Andongrejo merupakan zona rehabilitasi dan di sana ada demoplot agroforestry seluas tujuh hektare yang ditanami pakem, kedawung, kemiri, trembesi, dan lain-lain, oleh warga setempat. Dari Jember, dibutuhkan waktu 1,5-2 jam dengan kendaraan roda dua maupun roda empat untuk menempuh jarak sepanjang 46 kilometer. Rute: Jember-Ambulu-Curahnongko-Bandealit di pintu gerbang Meru Betiri bagian Barat. 
 

4. Air Tenjun Tanjak


Air terjun Tancak terletak dilereng G. Argopuro disebelah barat daya kota Jember berada diketinggian 900 m diatas permukaan air laut. Derasnya air dengan debit 150 m kubik perdetik dari ketinggian 82,00 m seakan memecah kesunyian di tempat yang berlokasi di Desa Panti Kecamatan Panti tepatnya 16 km dari Kota Jember. Tempat ini berada pada Kawasan perbukitan Agro Wisata Kopi Kebun Gunung Pasang. Tersedia pula paket wisata trekking bagi wisatawan mancanegara, deretan pemandangan alam nan elok dan sejuk dilingkari dengan aliran sungai yang jernih. Mengajak anda untuk hidup kembali ke alam.


 

5. Pantai Payangan


Pantai ini berada di gugusan Samudera Indonesia dengan panorama alam yang indah, merupakan bagian dari tiga pantai yang ada di kawasan pantai Watu Ulo. Pantai ini mempunyai deretan bukit yang di atasnya terdapat makam kuno yang konon merupakan orang kuat yang mengawali tinggal di kawasan ini. Di atas bukit ini pula anda dapat menikmati pemandangan yang mempesona di sekitar pantai Payangan. Disini kita bisa memancing, gathering, camping dan menikmati ikan bakar yang disajikan di kedai-kedai sekitar pantai dengan beragam ikan laut. Lokasi ini juga bagus digunakan sebagai spot pemotretan pre-wedding ataupun modelling. Anda juga dapat membeli souvenir dan ikan segar untuk dibawa pulang.


 

6. Pantai Puger


Pantai Puger 35 km arah barat laut Kota Jember dikenal sebagai tempat pelelangan ikan, akan tetapi Pantai Puger juga mempunyai keindahan yang sangat menarik dengan deburan ombak yang besar dapat pula digunakan untuk berselancar. Salah satu keunikan di pantai ini sebagai tempat terselengggaranya acara ritual yaitu Larung Sesaji acara tradisi pelarungan sesaji oleh masyarakat setempat sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki yang diberikan. Yang tidak kalah menariknya bersebelahan dengan Pantai Puger terdapat Pantai Kucur .Wisatawan dapat melihat segerombolan Kera Merah yang suka bercanda dengan wisatawan apalagi melihat membawa buah-buahan atau makanan, konon ada cerita Kera Merah tersebut tidak boleh disakiti apalagi dibunuh karena akan mendatangkan malapetaka. Wisatawan yang ingin mengunjungi Pantai Kucur dapat menggunakan sampan yang disediakan oleh masyarakat setempat dengan waktu tempuh 10 menit.




7. Pulau Nusa Barong


Kawasan Nusa Barong adalah sebuah pulau yang merupakan cagar alam dengan luas 6.100 ha. Di pulau ini dapat ditemukan banyak spesies burung, serangga, dan tumbuhan. Fungsi pokok cagar alam ini adalah sebagai perlindungan bagi lutung budeng (Trachypithecus auratus) yang terancam punah. Lokasi objek wisata ini ada di Kecamatan Puger atau Kencong yang berjarak ± 40 km ke arah selatan dari kota Jember terletak di Samudra Hindia dan berbatasan dengan negara Australia.


 

8. Taman Botani Sukorambi


Taman botani merupakan tempat wisata keluarga yang populer di kota jember, taman botani ini menyuguhkan keindahan alam, beragam macam tumbuhan bisa anda jumpai ditaman ini, pemandangan lembah menawan yang dikelilingi oleh hamparan sawah yang luas dan sejuknya hembusan angin akan membuat anda betah berada di taman botani ini. Mahasiswa Biologi pasti akan sangat datang ke tempat ini. Taman Botani Sukorambi merupakan tempat dimana kamu bisa menemukan ratusan jenis tamanan bunga dan herbal. Namanya juga taman botani, bermacam-macam tananan terdapat di tempat ini. Taman Botani Sukorambi sebuah taman yang memiliki luas sekitar 4,5 ha. Di Taman Botani Sukorambi kamu bisa menemukan lebih dari 300 spesies tanaman herbal dan juga lebih dari 200 jenis bunga. Selain tanaman sebagai objek utama, di taman ini juga dibangun beberapa fasilitas lain sebagai pendukung antara lain kolam ikan, kolam renang untuk anak-anak dan dewasa, kafe serta perpustakaan yang memiliki 500 judul buku dan jurnal.


 

9. Teluk Lover


Wisata yang satu ini merupakan bagian dari pantai payangan dan juga merupakan tempat wisata terbaru di jember tepatnya berada di bagian timutnya pantai payagan yang dipisahkan dengan Bukit, jika anda berkunjung ke pantai payangan maka sangat disayangkan jika melewatkan keindahan Teluk Lobe tersebut, untuk mencapai teluk love ini anda cukup berjalan kaki kurang lebijhnya 30 menit anda akan sampai ke teluk tersebut, jika dari area parkir pantai payangan, keindahan teluk love ini bisa anda saksikan dari atas bukit yang dikenal dengan nama bukit domba, kenapa dijuluki bukit domba, karena di sekitar area bukit terdapat beberapa domba milik masyarakat setempat yang juga ikut menyaksikan keindahan pantai tersebut, untuk menyusuri bukit tersebut, bukitnya tidak terlalu tinggi kok , kurang lebih 15menit anda akan sampai di puncak bukit domba tersebut.


 

10. Taman Nasional Meru Betiri


Sebagian kawasan Jember masuk ke dalam Taman Nasional Meru Betiri bersama dengan Banyuwangi. Wisatawan ditawari model berwisata petualangan di hutan dan pantai. Taman nasional ini menjadi area konservasi bagi flora langka seperti Rafflesia Zollingeriana dan hewan endemik jawa seperti harimau Jawa, rusa, penyu belimbing dan masih banyak lagi. Karena ini adalah kawasan Taman nasional yang dilindungi maka pantai-pantai yang berada di dalamnya masih sangat perawan seperti Pantai Bandealit. Dari Jember taman nasional ini bisa diakses melalui Ambulu menuju Tempurejo, Curahnongko dan terkahir di Andongrejo sebagai pintu gerbang taman nasional.



Nah, Jember ternyata memiliki objek wisata alam yang menarik dan menakjubkan ya? Jadi artikel ini merupakan rekomendasi dan referensi buat Anda terutama traveller untuk berkunjung ke Jember. Berbicara soal budget, pasti semuanya menginginkan dengan biaya minim, why not? Jember itu ibarat Nasi Tumpeng, lauk pauknya sangat lengkap sekali.

Anda bisa berwisata ke Jember dengan biaya minim ala backpacker. Lebih pintar dalam menekan pengeluaran dalam ongkos pelesir seminim mungkin. Yang perlu Anda pertimbangkan sebelum berangkat ke Jember adalah 4 Hal ini : Transportasi, Konsumsi, Akomodasi Penginapan & Oleh-Oleh. 


Dua yang perlu digarisbawahi adalah transportasi dan hotel. Karena dua hal tersebut adalah sesuatu yang sangat penting dan harus di persiapkan jauh hari supaya nantinya Anda tidak kecewa karena apa yang Anda harapkan tidak sesuai ekspektasi.

Banyak hal yang di pertimbangkan ketika memilih transportasi (jalur laut atau udara) dan hotel untuk tempat menginap di Jember. Tentu harga transportasi dan kamar hotel  menjadi salah satu pertimbangan utama. Saya punya rekomendasi yang bisa memudahkan Anda untuk melakukannya dalam satu genggaman yaitu TRAVELOKA. Traveloka adalah salah satu situs pencarian tiket pesawat dan hotel terkemuka di Asia Tenggara, melayani lebih dari 18.000 rute penerbangan dan ribuan hotel di kawasan Asia Pasifik. Anda dapat memesan tiket pesawat dan hotel dengan memasukkan destinasi atau durasi inap di kotak pencarian. Traveloka selalu bekerja keras untuk memberikan harga tiket pesawat dan hotel termurah kepada customer setiap hari!


ref pendukung:

http://jembertourism.com
anekawisatabahari.com/2016/02/36-tempat-wisata-terbaik-di-jember-jawa.html

4 comments:

  1. Dari gakbarnya aja udah indah, jadi pengen kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yok.. Wisata ke jawa timur bro.... jember bnyk t4 wisata juga. Ga kalah ama Malang dan Jogja

      Delete
  2. mauu ke jember lagiii

    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.