Header Ads

Kerupuk Basah Kuliner Tradisional dari Kapuas Hulu

misterpangalayo.com - Bila berbicara tentang kuliner khas di Kalimantan Barat pasti tidak ada habisnya. Tiap kabupaten dan kota masing-masing memiliki makanan khas yang mempunyai kualitas rasa terbaik. Terutama ketika akan dan sedang mengunjungi kota Putussibau, ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kerupuk basah, kuliner khas daerah tersebut.

Kerupuk Basah Kuliner Khas dari Kapuas Hulu

Kerupuk Basah adalah salah satu yang paling khas dan unik dari Kapuas Hulu dan sudah sangat populer di Kalimantan Barat. Sekilas tampak seperti Pempek Palembang, namun cara penyajiannya berbeda. Jika Pempek Palembang umumnya disajikan dengan kuah khusus, Kerupuk Basah diolah dengan cara ditaburi tepung dan dikukus selama beberapa menit.

Kerupuk basah biasa dibuat dalam bentuk batangan bulat memanjang seperti sosis berukuran besar dengan panjang berkisar 15 hingga 25 sentimeter dengan diameter sekitar 2-3 sentimeter. Berbahan dasar ikan air tawar bernama ikan toman atau ikan belidak, penganan ini lebih nikmat disantap saat masih panas.


Keunikan dalam kuliner satu ini adalah cita rasanya yang khas, dengan tekstur yang kenyal dan rasanya yang gurih memaksa anda ingin terus menikmatinya. Selain itu sambal kacang atau sambal tomat dan cabai yang khas menambah cita rasa yang lezat bila di padukan dengan kerupuk basah tersebut.

Pengalaman saya dalam makan makanan khas Kapuas Hulu ini ialah langsung jatuh cinta pada cicipan pertama, rasanya pas di lidah  dan gurih. Meski berasal dari wilayah Kapuas Hulu, penganan ini bisa ditemui di sejumlah kabupaten lain seperti Sintang, Sekadau, Sanggau, termasuk Kota Pontianak yang posisinya persis berada di sepanjang aliran Sungai Kapuas.
Untuk Anda yang berdomisili di Kota Pontianak dan sekitarnya dan tertarik ingin mencicipinya, namun tidak tau harus membeli dimana, saat ini @dshendawa hadir menjual penganan khas dari Kapuas Hulu dengan harga terjangkau dan kualitas rasa terbaik yang terbuat dari ikan toman segar.

Untuk harga Beku dan Kukus IDR 15.000 per batang, sedangkan untuk harga gorengnya adalah IDR 16.000 per batang. Harga tersebut sudah termasuk sambal kacang yang memanjakan lidah.


Layanan :

๐Ÿ“FREE DELIVERY Untuk daerah Danau sentarum, Kota baru, Pangeran natakusuma, Dr.Wahidin & Dr.Sutomo dengan Minimal pembelian 2 batang (Beli 1 kena ongkir atau ambil sendiri kerumah)

๐Ÿ“Untuk daerah selain yang dicantumkan diatas dikenakan biaya 5-8 ribu saja.

๐Ÿ“FREE DELIVERY untuk daerah selain yang dicantumkan diatas dengan minimal pembelian 5 batang (Kecuali siantan atau arah supadio kena 10rb)

๐Ÿ“Untuk pengiriman keluar kota Minimal 5 batang.


Catatan: Delivery hanya malam saja dihari kerja & siang/sore/malam dihari Sabtu/Minggu.



Penasaran dengan rasanya? Yuk segera order 
Line : @xeo7654c (pake @)
WA : +6289518116171

2 comments:

  1. sayangnya belum ada di Medan, pingin cobaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah order aja mbak.. bisa kok... Kebetulan owner-nya tmn saya. Kmrn dari Banjarmasin juga ada order

      Delete

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.