Header Ads

Solo Traveling ? Ini Tipsnya Agar Perjalanan Anda Aman dan Seru

misterpangalayo.com - Melakukan perjalanan wisata sendirian bisa tampak menakutkan daripada grup traveling. Apa yang terjadi jika kita terdampar di suatu tempat asing ? Bisakah Anda jalan-jalan di area sekitar pada malam hari? Tidakkah rasanya aneh makan di restoran saja apalagi sendirian ?. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi pengalaman pribadi tip primer tentang cara bepergian sendiri dengan aman dan seru. 

Tips untuk Anda yang ingin Solo Traveling
Pantai Pandawa - BALI

Saya telah berbicara dengan banyak orang yang menunda perjalanan mereka karena mereka tidak ingin melakukannya sendiri. Jika Anda ingin pergi liburan ke tempat-tempat wisata yang tersebar di Indonesia. Ini akan jauh membantu ketimbang Anda berniat untuk berwisata ke luar negeri. Banyak alasan yang menjadi latar belakang orang-orang yang saya temui ketika memilih solo traveling, salah satunya adalah tidak memiliki pasangan. Mungkin kasus ini bisa menjadi pertimbangan dalam mengumpulkan keberanian untuk melakukannya sendiri.

Percayalah akan ada banyak orang untuk bertemu saat Anda bepergian sendiri, dan wisatawan tunggal sering menikmati montase pasangan sementara yang menyenangkan selama perjalanan mereka (abaikan saja ini untuk ranah traveler dewasa). Solo traveling memiliki pro dan kontra, bagi saya pro jauh lebih besar daripada kontra. Bila Anda sendirian, Anda bisa jauh lebih mandiri dan terkendali. Anda dapat melakukan perjalanan selama liburan dengan kecepatan Anda sendiri tanpa ada yang menggangu jadwal yang telah dibuat.

Mall Matahari - Kuta

Anda akan dengan mudah melakukan hal-hal yang menari bagi Anda, makan di mana saja dan kapan saja sesuka Anda, dan pastinya berbelanja secara royal dimana Anda ingin berbelanja secara royal. Anda juga tidak perlu membuang waktu menunggu pasangan Anda berkemas, dan Anda tidak perlu menegosiasikan tempat makan dan berbelanja. Anda seenaknya bisa pergi ke tempat yang Anda inginkan, kapan pun Anda mau.

Tentu saja, ada banyak kelemahan untuk bepergian sendiri. Bila Anda sendirian, Anda tidak memiliki teman makan. Anda tidak meminta siapa pun untuk membantu Anda ketika mengantre, membantu Anda mengetahui jadwal bus, atau bersimpati saat keadaan kacau balau. Dan traveling sendiri biasanya lebih mahal. Dengan pasangan, biaya akomodasi lebih hemat karena patungan dalam akomodasi dan lainnya. Jarang ada kamar double yang setinggi dua single. Jika satu ruangan berharga IDR 500k, kamar double umumnya sekitar IDR 1000.000an - penghematan sebesar 50% per malam per orang. Hal-hal lain menjadi lebih murah juga saat Anda patungan biaya, seperti belanjaan, buku panduan, taksi, loker penyimpanan, dan banyak lagi.

Kuta Seaview Boutique Hotel & Spa

Tapi saat Anda bepergian dengan orang lain, wajarlah untuk fokus pada pasangan Anda. Bagaimana Anda bisa bergaul, apakah dia bersungguh-sungguh saat mengatakan bahwa dia tidak lapar dan selesaikan simfoni pemandangan, suara, dan bau di sekitar Anda. Bepergian sendiri memungkinkan Anda untuk lebih pro sosial, lebih terbuka terhadap lingkungan sekitar Anda. Anda akan bertemu lebih banyak orang. Anda terlihat lebih mudah didekati dan playfull. Dengan begitu, Anda akan lebih mungkin mengalami kebaikan-kebaikan dari orang asing.

Solo Traveling bersifat pribadi. Anda dapat menemukan lebih banyak tentang diri Anda pada saat bersamaan dimana saat Anda menemukan lebih banyak tentang daerah tujuan wisata Anda, seperti budaya dan kearifan lokalnya. Bepergian sendiri menyenangkan, menantang, lebih hidup, dan menggembirakan. Menyadari bahwa Anda memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi pemandu Anda sendiri adalah sensasi yang hanya diketahui oleh Pelancong tunggal. Perjalananmu adalah pemberian darimu padamu.


Traveling Sendirian Tanpa Merasa Kesepian

Bagi banyak orang yang merenungkan perjalanan solo pertama mereka, ketakutan terbesar mereka adalah mereka akan kesepian. Kota-kota besar yang ramai penduduk bisa mendadak merasa sepi dan parahnya lagi saat satu-satunya orang yang bisa diajak bicara adalah dirimu sendiri. Disaat sedang sakit dan sendirian di kota yang tak ada satupun teman yang Anda kenal adalah pengalaman yang buruk dan menyedihkan.

Untungnya, memerangi kesepian tersebut itu mudah. Indonesia ini penuh dengan wisatawan dan banyak tempat seperti bar atau caffe untuk meleburkan diri bersama mereka, terutama di musim puncak (seperti Perayaan HUT Kemerdekan, Pekan Gawai Dayak di Kalimantan, dan acara-acara budaya lainnya yang memancing wisatawan domestik dan luar negeri).


Anda akan bertemu teman baru setiap hari. Jika Anda tinggal di hostel, Anda akan memiliki keluarga built-in (hostel terbuka untuk semua umur), dimana pemilik hostel atau karyawannya punya waktu untuk berbicara dengan Anda. Di sebagian besar lokasi wisata, Anda akan bertemu lebih banyak orang dalam satu jam daripada di rumah dalam sehari. Jika Anda merasa malu, kamera adalah pemecah gelombang yang bagus, menawarkan solusi untuk mengambil foto seseorang dengan kameranya.

Selain itu, tidak ada salahnya Anda mencari pusat informasi turis. Silahkan tanyakan bagaimana prosedur untuk mengikuti agenda tur kota (biasanya hal seperti ini ada di kota-kota besar seperti Surabaya, Jakarta dan lainnya). Anda akan belajar tentang kota tersebut dan bertemu dengan wisatawan lain juga. Jika Anda tinggal di hostel, coba Anda bertanya kepada resepsionisnya, biasanya beberapa hostel ada yang mengatur tur kelompok.

Cobalah bertemu dengan pelobi solo lainnya melalui media sosial. Biasanya saya menggunakan aplikasi sebut saja WeChat, dengan adanya fitur nearby, kita dengan nyaman menemukan solo traveler lainnya. Ajak berteman dan mungkin dia bisa menjadi teman jalan Anda untuk waktu-waktu tertentu. Saya menyukai opsi media sosial tatap muka untuk mengatakan kepada seseorang yang akan ditemui, "Apakah Anda ingin bertemu untuk makan malam?".

Mc Donald's
Jika Anda melakukannya sendiri, pertimbangkan alternatif makan formal. Cobalah kafe swalayan, restoran cepat saji lokal, atau restoran yang menyediakan kuliner khas daerah tersebut. Selain itu, untuk menghemat uang, Anda bisa ke supermarket (7 Eleven, Alfamart atau Indomaret). Biasanya saya mencari taman atau alun-alun kota untuk menikmati makanan tersebut. Malam hari adalah waktu yang nyaman untuk bersantai.

Berbeda ketika Anda berencana makan di restoran. Sebuah restoran terasa lebih asyik di siang hari daripada di malam hari, dan pemandangan menarik bisa kita nikmati seperti gadis-gadis cantik yang lebih cenderung duduk sendirian di restoran. Makanlah di tempat yang begitu ramai dan populer sehingga Anda tidak merasa sendirian, atau mintalah pelancong tunggal lainnya yang ingin Anda ajak ketemuan untuk bergabung dengan Anda. 

Pemandangan langsung menghadap Pantai Kuta

Jika Anda makan sendiri, jadilah sibuk. Gunakan waktu untuk live tweet di social media, membaca webtoon ayau novel, mencari referensi tempat wisata yang akan Anda kunjungi. Lakukan perencanaan perjalanan Anda dengan baik dan cari jurnal Anda untuk mencatatatnya. Satu lagi, jika Anda ingin menginap di malam hari, dapatkan kamar dengan balkon yang menghadap ke alun-alun. Anda akan memiliki kursi barisan depan untuk melihat pemandang terbaik. Belajarlah untuk menghargai kesendirian. Tidur lebih awal dan bangun pagi-pagi untuk kembali menikmati keindahan Indonesia dari berbagai sisi.

10 comments:

  1. aku masih belum berani solo traveling apalagi kalau ke luar negeri

    eh tapi kemarin waktu keluar kota jalan jalannya sendirian sih walaupun nginapnya di rumah kerabat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau mau solo traveling ,, cobain di kawasan perkotaan dulu mbak Wina.

      Nah itu sudah berani, nama juga langkah awal. Sebelum melakukan perjalanan wisata pastinya harus buat itinerary dulu

      Delete
  2. Replies
    1. Masih banyak yg blm dibahas mbak... Moga tulisan selanjutnya bisa LBH komplit

      Delete
  3. Tips nya harus segera dieksekusi nih. Wokeh deh bisa dipake buat next trip, makasih tipsnya, mas. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya mas.. yuk buruan di eksekusi.. nti jg lupa d share yg pgalamannya

      Delete
  4. travelling seindirian itu seruuuuuu..... gak ribet..gak perrlu nunggu ini itu.... cuma ya gt.... gak ada temen ngobrol kalo lagi g ada orang. ahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mas..tapi adanya socmed jadi mudah mencari tmn ... hehehe........

      Delete
  5. Aku juga suka jln sendiri soalnya lebih bnyk tempat yg dituju
    Cuma ya itu mau foto Diri sulit, klo mau selfie klo g ya minta fotoin orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas itu dia tantangannya kalau buat foto diri sendiri..... kadang situ saya merasa sedih. #eaaak

      Delete

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.