Staycation 2D1N di Harris Hotel Pontianak Selama Pandemi Covid-19

misterpangalayo.com - Di masa pandemi Covid-19, saya terpaksa harus merelakan semua rencana perjalanan wisata untuk dibatalkan. Hampir 5 bulan saya tidak meninggalkan Kota Pontianak dan memilih menahan diri untuk berlibur ke tempat wisata di luar kota. Setelah sekian lama, satu hal yang sangat dirindukan tentu saja liburan. Meski kondisi saat ini belum memungkinkan untuk pergi jauh dari rumah.

Untuk mengobati kerinduan akan liburan yang menyenangkan, saya sangat merekomendasikan untuk bisa mengambil alternatif berupa staycation atau berlibur menikmati berbagai fasilitas yang ada di hotel. Banyak aktivitas seru yang dapat dilakukan selama staycation apalagi jika bersama dengan sahabat, seperti berburu kuliner yang tidak jauh dari hotel tempat kita menginap.

Tren liburan dengan staycation selama wabah virus corona menjadi makin banyak diminati di Kota Pontianak. Sebagai platform dari industri wisata, Harris Hotel Pontianak melihat hal itu bisa jadi potensi bagus ke depannya. Namun yang harus diingat selama staycation kita juga harus selalu patuh dengan aturan atau protokol kesehatan akan Covid-19 supaya tetap sehat.

Saat saya memutuskan lokasi staycation di Pontianak bukanlah perkara yang rumit, karena bukan kali pertamanya saya memilih hotel ini yang desainnya menekankan segi modern, cerah dan dinamis dengan sentuhan warna oranye untuk memilih staycation di hotel di dalam kota. Posisi hotel yang cukup strategis berada di pusat kota menjadikan Harris Hotel Pontianak sebagai salah satu pilihan terbaik untuk menginap.

Kian sempurna hotel yang instagramable ini memiliki dan menerapkan safety plan Covid-19, mulai dari melakukan pemesanan kamar via online, membatasi kapasitas jumlah tamu yang menginap di hotel, mengatur jumlah tamu hotel yang masuk ke dalam lift, membersihkan dan mendisinfeksi kamar hotel, dan sebagainya.

Sebagai inspirasi, berikut ini adalah pengalaman Staycation saya 2D1N di Harris Hotel Pontianak beberapa waktu lalu tepatnya saat weekend (7-8 November 2020) dan bisa menjadi role model kamu saat berencana melakukan staycation di hotel ini.

Penerapan konsep Hotel HARRIS, “Stay Bright” yang dibawa oleh manajemen Tauzia Hotels ini seakan menjadi magnet kepada saya untuk menginap. Saat saya memasuki area ruang teras Harris Hotel Pontianak, hal pertama yang dilakukan pihak Harris Hotel kepada tamu adalah mengecek suhu tubuh menggunakan thermal gun, tepat diposisi kanan pengunjung terdapat areal untuk mencuci tangan.

Lindungi Diri Sendiri dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Pengukuran suhu ini berlaku untuk staf hotel dan juga para tamu. Setiap karyawan yang siap bekerja dan untuk kita sebagai tamu yang akan menginap di hotel. Untuk keamanan, tersedia masker yang sesuai standar kesehatan dan hand sanitizer juga disediakan oleh pihak hotel. Setelah suhu tubuh diperiksa dan masuk kategori normal, saya segera menuju check-in counter yang berada tak jauh dari pintu masuk.

Selalu Jaga Jarak 1 – 2 Meter

Pelayanan istimewa dan fasilitas yang unggul saat check-in aja sudah mencerminkan budaya pelayanan hotel khas bintang 4. Mbak resepsionisnya sangat ramah dan murah senyum saat melayani saya, dengan penuh kehati-hatian tanpa kontak fisik antara tamu dan staf hotel saat menyelesaikan proses check-in. Pembersih tangan berbasis alkohol 80% juga disediakan di area resepsionis dan area umum lainnya.

Areal teras hotel yang luas dan lengkap sangat nyaman saat tamu sedang menunggu giliran untuk check-in/check-out, bahkan lainnya. Terdapat internet corner, perpustakaan mini, areal playground, ruang tunggu yang nyaman,  fasilitas olahraga, hingga terdapat restoran dan area smooking. Setelah menerima kartu akses kamar, saya langsung berjalan ke arah lift dan menuju lantai 6. Mudah saja hingga akhirnya saya sampai di depan kamar hotel bernomor sesuai kartu akses yang diberikan.

Ruang Tunggu yang sangat nyaman sambil menikmati minuman dikala dahaga

FYI, hotel yang beralamat di Jl. Gajah Mada No. 150 Pontianak ini memiliki 151 kamar tamu (terdapat 3 tipe kamar tamu yaitu Harris Room, Unique Room, dan Suite Room) yang ditata secara modern dan minimalis dengan warna-warna ceria. Kebetulan saya memilih kamar tamu Harris Room single bed dengan pemandangan full kaca yang langsung mengarah ke 5G Garden Cafe & Lounge yang berada di lantai 5 berlatar bangunan tinggi.

Posisi kamar tamu berada di lantai 6

Beralih ke kamar hotel, konsep kamar tamu dengan gaya arsitektur yang bersih, maksimalisasi ruangan, dan nuansa materi natural dituangkan dalam perencanaan interior. Selain itu, diselaraskan dengan semua komponen dan perabot ruangan yang unik, disesuaikan dengan gaya HARRIS New Generation. Setiap komponen dekoratif diseleksi sehingga setiap sudut hotel menjadi menyenangkan, ramah untuk semua tamu, dan instagramable.

Semua fasilitas khas gaya Harris Hotel

Kamar yang saya tempati bersuasana hangat, modern dan segar, yang khas dengan gaya Harris yang kasual dan unik. Kenyamanan ini semakin ditunjang dengan kasur “Dreamazing”, yang khas Hotel Haris. Kamar dilengkapi dengan Wifi, AC, TV layar datar, lampu tidur, hanging corner, meja-kursi kerja, minibar, coffee & tea maker facilities, safety box, area tempat duduk untuk bersantai. Untuk kamar mandi disediakan handuk, sandal, serta peralatan mandi.

Safety Box, Minibar, coffee & tea maker facilities, Meja-kursi kerja

Kamar Mandi (American Standar)

Puas melihat-lihat kamar dan rebahan, jam juga sudah menunjukkan pukul 03.00 p.m dan saya pun langsung mandi. Rencana sore menjelang senja ingin menikmati sunset di atas ketinggian gedung tertinggi  di Kota Pontianak, tepatnya di Sunset Point Harris Hotel Pontianak. Setelah mandi, rasa kantuk semakin menjadi dan saya terlelap selama hampir 2 jam. Tepat jam 05.00 p.m saya terbangun (karena alarm hehe), saya pun bersiap-siap untuk melakukan hotel tour.

Perjalanan pun dimulai menuju lantai 12 dimana area tersebut adalah Cielo Sky Lounge Harris Hotel. Sesampai di lantai 12, saya melanjutkan menaiki tangga yang berakhir di area Kolam Renang dan Sunset Point. Dari sana, kita bisa menikmati pemandangan kota dari ketinggian, melihat sungai terpanjang di Indonesia, melihat jembatan Kapuas yang terbentang diatas sungai Kapuas, serta pemandangan pegunungan dari kejauhan.

Matahari senja pun sudah tenggelam, hari semakin gelap dan saya melanjutkan hotel tour ke lantai 5 tepatnya di 5G Garden Cafe & Lounge. Sebelumnya, saya kembali ke kamar untuk ganti baju dan kemudian lanjut menuju lantai 5. Kebetulan hari sabtu di 5G ada barbeque dan Live acoustic yang menjadi salah satu primadona setiap hari Jumat dan Sabtu malam, mulai pukul 06.00 p.m - 10.00 p.m. 5G Garden Cafe & Lounge bukanya setiap selasa - minggu, mulai pukul 04.00 p.m - 10.00 p.m.

All you can eat, only IDR 128.000 net/person

BBQ Night at Harris Hotel Pontianak terbuka untuk tamu hotel dan tamu umum, dengan harga IDR 128.000 net/person (All u can eat) tamu sudah dapat menikmati aneka hidangan Nasi Lengkap, Pasta, Cream Soup, buffet, aneka dessert dan tak ketinggalan menu utamanya, yaitu aneka daging khas Barbeque, mulai dari Grill Tenderloin, Chicken Fillet, hingga Fish Fillet.

Enjoy the live music acoustic, performance by Berdua Sahaja

Untuk menemani sajian BBQ, ada berbagai aneka sambal yang berasal dari dalam dan luar negeri, tentu aneka sambal ini memberikan sensasi berbeda ketika disantap. Sambal yang ia sediakan yaitu sambal matah yang berasal dari Bali, Beberuk dari Nusa Tenggara Barat, Dabu-dabu dari Manado, BBQ yang memberikan sentuhan western serta Lemon Butter.  Sembari menikmati sajian santap makan malam kita juga akan dihibur dengan live music.

Setelah menikmati barbeque dan live acoustic,, kami pun menuju lantai dasar dan  melanjutkan nongkrong kami di salah satu cafe yang letaknya tidak jauh dari tempat saya menginap. Karena areal Jalan Gajah Mada terkenal dengan pusatnya wisata kuliner dan berbagai tempat bersantai menarik di setiap sudutnya. Waktu begitu cepat berlalu, saya pun kembali ke hotel dan melanjutkan istirahat untuk mengumpulkan tenaga kembali setelah beraktivitas seharian.

***

Pagi hari adalah waktu yang saya tunggu, setelah semalaman nyenyak beristirahat di Harris Room yang nyaman. Breakfast adalah salah satu momen menikmati staycation di sebuah hotel. Selesai cuci muka dan gosok gigi, saya langsung menuju lobi untuk menikmati sarapan. Ruang makan tepat berada di samping lobi.

Ruang makan juga terdapat Non-Smooking Area

Begitu saya sampai ke area restoran, seorang petugas menyapa dengan hangat dan langsung menanyakan nomor kamar saya sebagai akses untuk menikmati breakfast. Saya menuju meja tengah yang menurut saya strategis untuk menikmati sarapan dimana posisinya juga dekat dengan counter makanan. Biasanya di atas mejanya sendiri sudah tersedia sendok, garpu, tissue, dan gula, namun dikarenakan pandemi covid-19 semua itu tidak tersedia.

Saat breakfast pun di ambilkan petugas dan selalu mengingatkan jaga jarak

Sarapan prasmanan di hotel kemungkinan akan menjadi masa lalu. Hal ini karena imbauan jaga jarak sosial yang menuntut seseorang menjaga jarak dengan sesamanya, termasuk pada saat mengambil makanan atau sarapan di hotel. Breakfast di Harris Hotel Pontianak, setiap tamu akan dilayani secara khusus oleh para waiters dan waiterss yang mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melayani kebutuhan makanan dan minuman bagi tamu hotel secara professional.

Kolam Renang yang menawarkan pemandangan kota 180 derajat

Setelah puas menikmati pengalaman breakfast, saya tancap gas menuju Roof top pool, sebuah konsep kolam renang diatas gedung. Terletak di atap lantai 12, kolam renang ini menjadi satu-satunya kolam renang yang berada di roof top di Kota Pontianak dan menawarkan pemandangan kota Pontianak 180 derajat. Dengan pagar pembatas, kolam renang ini terbilang aman dibandingkan infinity pool yang dibiarkan begitu saja tanpa penghalang. Kolam renang, tentu aja, dilengkapi dengan kamar mandi dan ruang ganti.

Over all, menurut saya pribadi, Harris Hotel Pontianak sangat recomended untuk staycation. Saran saya nih, kalau emang mau staycation yang irit tapi worth it dalam waktu dekat, rajin-rajinlah mantengin berbagai aplikasi booking online sambil banding-bandingin harganya dari satu aplikasi dengan aplikasi yang lain. Karena, biasanya jelas banget perbedaan harganya di tiap aplikasinya. So, mau kemana nih weekend nanti? Yuk, rencanakan liburanmu dari sekarang!