Secuil Keseruan Kopdar Blogger di Hari Blogger Nasional 2020

misterpangalayo.com - Hari Blogger Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Oktober menjadi hari spesial bagi seluruh blogger yang ada di Indonesia, dimana keberadaan para blogger diperhatikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI. Buktinya tepat pada tanggal 27 Oktober 2007, Muhammad Nuh saat itu menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika RI mencanangkan pertama kalinya hari blogger nasional.

Sedangkan sejarah blog berawal saat Justin Hall membuat jurnal pribadi online bernama links.net pada tahun 1994. Lalu oleh Jorn Barger mempopulerkan istilah weblog yang merupakan gabungan dari kata web dan log pada tahun 1997. Selain Jorn Barger ada juga Robot Wisdom yang memperkenalkan konsep dalam weblognya. Dua tahun kemudian seorang desainer website Peter Merholz memperkenalkan istilah blog sebagai kependekan dari weblog.  

Komunitas Blogger Pontianak a.k.a Buda' Blogger

Komunitas Blogger Pontianak adalah salah satu komunitas blogger yang ada di Indonesia dan selalu menggaungkan keberadaan blogger di Bumi Khatulistiwa. Komunitas ini dideklarasikan pada tanggal 1 Juli 2012 dan mempunyai identitas sendiri yaitu Buda' Blogger. Blogger Pontianak juga mempunyai struktur organisasi yang sudah dimulai sejak tahun 2017 guna memperkuat branding Buda' Blogger di kancah nasional.

Komunitas Blogger Pontianak selalu rutin mengadakan kopi darat atau lebih dikenal kopdar, baik itu kopdar bulanan maupun kopdar spesial dalam memperingati Hari Blogger Nasional hingga Hari Jadi Buda' Blogger. Bertempat di Sky Caffe Hotel Grand Pontianak (27/10/2020), bloggers pontianak mengadakan kopdar spesial Hari Blogger Nasional yang dihadiri 30 blogger. Kehangatan dan keceriaan terpancar dari para blogger yang hadir, karena beberapa bulan tidak mengadakan kopdar dikarenakan pandemi Covid-19.

Foto bersama Blogger Pontianak

Selain guna menyambung silaturahmi, bercerita bersama dan tentunya juga belajar antara satu individu dan individu lainnya. Waktupun terisi dengan baik dan juga pastinya bermanfaat. Seperti biasa untuk mengawali kopdar, setiap blogger dipersilahkan memperkenalkan diri masing-masing serta sharing alasan mengapa menjadi seorang blogger. Tentunya beragam alasan tersebut sedikit banyaknya membuat blogger lain termotivasi untuk terus menulis nan mengalir ala blogger.

Suasana tempat kopdar seakan menambah suasana semakin hangat karena berlatar pemandangan Kota Pontianak di malam hari di atas ketinggian, angin malam yang berhembus sepoi-sepoi dan langit malam yang cerah. Canda tawa para blogger juga ikut menyemarakkan kopdar tersebut.

Suasana Kopdar

Baiklah sedikit cerita juga awal admin misterpangalayo.com menjadi blogger hingga saat ini. Semua berawal dari tahun 2009 mencoba membuat blog menggunakan blogspot dan saat itu Raditya Dika dan Risa Saraswati menjadi role model saya untuk menulis lewat platform blog. Saat itu saya tidak bisa menulis dan belum menemukan niche blog, taunya hanya copy-paste dalam menulis (jangan dicontah ya).

Makin kesini saya mulai belajar menulis dan saat saya memasuki bangku kuliah, saya mulai membuat blog baru dengan branding misterpangalayo. Saya fokus menulis dengan gaya bahasa khas misterpangalayo. Saya berteman dengan blogger senior dan banyak belajar dari mereka dan alhasil saya mengikuti lomba blog pertama kali dan mendapatkan posisi juara 2. Sejak itu saya semakin semangat menulis dan juga mulai bergabung dengan Komunitas Blogger Pontianak.

Luar biasa, banyak faedah-faedah positif yang saya dapatkan sejak bergabung di Komunitas Blogger Pontianak. Banyak ilmu ngblog yang saya dapatkan, relasi yang baik, dan tentunya semua anggota sudah menjadi keluarga kedua yang sangat menyenangkan. Pundi-pundi rupiah dari ngblog pun sudah saya dapatkan dari Lomba Blog, Placement, Endorse, hingga Adsense. Ini hanya cerita singkat mengapa saya tetap eksis menulis hingga saat ini. 

Selamat Hari Blogger Nasional, kawan-kawan, mari tetap berkarya!

Pengurus Komunitas Blogger Pontianak (4 kiri 4 kanan)

Tidak ada komentar:

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Diberdayakan oleh Blogger.