Kemudahan Menggunakan Top Level Domain .net/.com

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com - Langkah awal memulai blog, saya menggunakan blogspot sebagai platform blogging. Hal ini dikarenakan domain blogspot.com merupakan domain gratis dan mendapatkan unlimited bandwidth serta penyimpanan tidak terbatas di blogspot. Selain itu, tidak membutuhkan keahlian khusus untuk membuat sebuah blog yang unik dan menarik di blogspot. 

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com

Beriringnya waktu, mulai dari belajar ngeblog secara otodidak hingga merambah ke komunitas blogger guna memperluas wawasan dunia blogging, akhirnya saya mengganti sub domain blogspot ke custom domain atau biasa dikenal Top Level Domain (TLD)

Berbagai alasan kenapa saya kemudian memilih untuk menggunakan Top Level Domain (TLD) dibandingkan menggunakan domain blogspot.com, karena domain dengan TLD terkesan profesional, domain TLD lebih singkat sehingga mudah untuk diingat, domain TLD dianggap lebih terpercaya dibandingkan menggunakan domain blogspot, dan dalam SEO index pencarian TLD lebih diprioritaskan dari pada domain blogspot.

URL domain blogspot

Url domain TLD (Top Level Domain)
Dua domain Top Level Domain (TLD) yang banyak digunakan oleh blogger profesional, yaitu :

  • Dotcom (.com)
Top Level Domain (TLD) ini paling terkenal dan menjadi pilihan super para blogger profesional. Dotcom memiliki arti commercial sehingga sangat direkomendasikan untuk blog yang memiliki kepentingan komersil atau perusahaan. Tetapi domain .com juga cocok dipergunakan untuk blog pribadi.

  • Dotnet (.net)
Top Level Domain (TLD) Dotnet ini lebih cocok diperuntukan untuk blog yang mempunyai keterkaitan dengan infrastruktur jaringan. Domain yang satu ini merupakan Domain Top Level yang paling sering dipergunakan setelah domain .com untuk blog pribadi.

Alasan Menggunakan Top Level Domain (TLD) .net/.com



1. Harga domain TLD .net/.com cukup murah

Alasan pertama adalah harga domain .net/.com relatif terjangkau. Anda bisa mendapatkan nama domain yang bagus hanya dengan IDR 277,77 per hari (IDR 100k per tahun). Anda dapat membeli nama domain .com seperti blog misterpangalayo.com (atau domain .net) dengan harga murah dari DotComForMe. Layanan pembelian domain di DotComForMe merupakan kerja sama antara TRAM DIgital Works dengan IDwebhost dan JogjaCamp yang merupakan registar domain di Indonesia yang sudah terbukti kredibilitasnya.

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com
Sumber Gambar: dotcomforme

2. Kredibilitas Media Sosial

Ketika saya masih menggunakan domain blogspot, sering dibanjiri oleh spammer. Hal ini terjadi karena situs blog saya yang menggunakan domain blogspot cenderung dipercaya oleh orang-orang di media sosial untuk melakukan spam. Bila Anda menggunakan nama khusus untuk blog blogspot Anda, ia bisa menghilangkan kesan bahwa Anda menggunakan blog domain gratisan, dan meminimalkan spammer untuk melakukan spam di blog Anda.

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com
Sumber Gambar: dotcomforme

3. Promosi Blog

Promosi blog bisa berarti melakukan banyak hal di media sosial untuk membangun link. Tapi ketika berbicara tentang kredibilitas, blog yang paling top tidak begitu suka memberikan backlink ke domain blogspot. Sehingga hal ini membuat saya untuk melakukan promosi blog jauh lebih menantang.
Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com
Sumber Gambar: dotcomforme

4. Keseriusan Blogging

Meskipun Anda mungkin bekerja banyak di blog blogspot Anda dengan membuat konten yang besar, tanpa tata letak yang bagus, template yang bagus, dan nama domain khusus, orang tidak akan merasa bahwa Anda serius mengelola blog Anda. Pada dasarnya, jika Anda tidak siap untuk menghabiskan beberapa rupiah pada hal yang Anda cintai, tidak akan ada yang percaya bahwa Anda serius dan loyal terhadap blog Anda.

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com
Sumber Gambar: dotcomforme

5. Branding

Persepsi yang Anda buat dalam pikiran pembaca Anda, sangat penting untuk kesuksesan blogging Anda. Saya menggunakan nama domain misterpangalayo karena kata pangalayo berasal dari bahasa Dayak yang berarti traveling, sesuai dengan konten blog yang berisi terkait traveling, kuliner dan rekomendasi destinasi wisata. Hal ini tentunya akan sangat membantu untuk membangun blog sebagai personal branding. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan logo, favicon, dan banner untuk membangun branding.

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com
Sumber Gambar: dotcomforme

6. Google Apps

Dengan domain Top Level Domain (TLD), Anda dapat menggunakan alamat email berbasis domain kustom. Artinya Anda bisa membuat akun email dengan nama email sendiri @nama domain sendiri juga dan sudah bukan @gmail.com lagi, seperti raditmananta@misterpangalayo.com.

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com
Sumber Gambar: dotcomforme

7. Keuntungan SEO

Jika Anda berencana untuk bermigrasi blog Anda, nama domain khusus akan memastikan bahwa migrasi Anda akan lebih ramah di mesin pencari tanpa kehilangan backlink berharga Anda.

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com
Sumber Gambar: dotcomforme


#DotComForBlogging

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com
*Tulisan ini diikutsertakan dalam #DotComForBlogging Blog Competition

15 komentar:

  1. Pengen migrasi ke TLD tapi masih takut ga bisa kontinyu. karena katanya harga memperpanjang TLD lebih mahal daripada harga tahun pertama???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau .com atau .net normalnya cma seratus aja di DotComForMe.... Kalau agak pgn beli domain .com tahun pertama ad diskon 50% ... Perpanjangan tahun kedua baru bayar harga normal yaitu 100k ... Hrg tiap domain beda2 gan.....

      Hapus
  2. apakah bisa langsung melasingkan alexa rank ya gan kalau pkai domain .com / .net

    maklum masih baru gan, terimah kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alexa Rank dan page rank blogg anda akan berubah menjadi No Rank, karena penggantian nama domain juga berpengaruh terhadap Ranking, mereka menilai ini sebagai penggantian situs.

      itu awal yg baru utk menggunakan domain sendiri... banyak manfaat kok.. kek DA PA dan sebagainya

      Hapus
  3. Aku baru 2 bulan nih pake TLD dan emang bener banget udah mulai terasa bedanya. Dari pengunjung mulai naik, kemudian semangat bloging juga lebih gede. Biasanya kalo udh capek ya batal blogging, tapi sekarang lebih seneng blogging daripada tiduran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya keseriusan ngblog itu bisa ddpt dr usaha kita, salah satunya mengganti domain tld..... itu menunjukkan Anda seorang yang profesional dibandingkan yg masih menggunakan domain gratisan

      Hapus
  4. Banyak yang saya dapatkan ketika migrasi ke domain DotCom ..

    Nice Artikel :)

    BalasHapus
  5. Saya sih sukanya punya alamat email sendiri tanpa harus pake email Google atau Yahoo. Serasa punya branding tersendiri

    BalasHapus
  6. benar sekali. kerasa manfaatnya setelah hijrah ke TLD

    BalasHapus

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Diberdayakan oleh Blogger.