Generasi 90an Generasi Yang Bahagia


misterpangalayo.com - Sejak munculnya Teori Generasi (Generation Theory), kita diperkenalkan istilah generasi X, Y, dan Z. Untuk generasi 90an yang akan saya ulas adalah pertengahan antara generasi Y dan Z, karena generasi 90an merupakan mereka yang menikmati masa kecil dan pubernya di tahun 1990an hingga menjelang milenium. Generasi 90an Generasi Yang Bahagia, generasi ini termasuk salah satu yang paling bahagia karena pernah merasakan masa kecil yang penuh dengan keseruan.

Seperti yang saya kutip dari situs 4muda.com (30/5/2016), ada 5 generasi yang lahir setelah perang dunia kedua dan berhubungan dengan masa kini menurut teori generasi, yaitu:

1. Baby Boomer (lahir tahun 1946 – 1964)

Generasi yang lahir setelah Perang Dunia II ini memiliki banyak saudara, akibat dari banyaknya pasangan yang berani untuk mempunyai banyak keturunan. Generasi yang adaptif, mudah menerima dan menyesuaikan diri. Dianggap sebagai orang lama yang mempunyai pengalaman hidup.

2. Generasi X (lahir tahun 1965-1980)

Tahun-tahun ketika generasi ini lahir merupakan awal dari penggunaan PC (personal computer), video games, tv kabel, dan internet. Penyimpanan data nya pun menggunakan floopy disk atau disket. MTV dan video games sangat digemari masa ini. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Jane Deverson, sebagian dari generasi ini memiliki tingkah laku negatif seperti tidak hormat pada orang tua, mulai mengenal musik punk, dan mencoba menggunakan ganja.

3. Generasi Y (lahir tahun 1981-1994)

Dikenal dengan sebutan generasi millenial atau milenium. Ungkapan generasi Y mulai dipakai pada editorial koran besar Amerika Serikat pada Agustus 1993. Generasi ini banyak menggunakan teknologi komunikasi instan seperti email, SMS, instan messaging dan media sosial seperti facebook dan twitter. Mereka juga suka main game online.

4. Generasi Z (lahir tahun 1995-2010)

Disebut juga iGeneration, generasi net atau generasi internet. Mereka memiliki kesamaan dengan generasi Y, tapi mereka mampu mengaplikasikan semua kegiatan dalam satu waktu seperti nge-tweet menggunakan ponsel, browsing dengan PC, dan mendengarkan musik menggunakan headset. Apapun yang dilakukan kebanyakan berhubungan dengan dunia maya.

Sejak kecil mereka sudah mengenal teknologi dan akrab dengan gadget canggih yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap kepribadian mereka.

5. Generasi Alpha (lahir tahun 2011-2025)

Generasi yang lahir sesudah generasi Z, lahir dari generasi X akhir dan Y. Generasi yang sangat terdidik karena masuk sekolah lebih awal dan banyak belajar, rata-rata memiliki orang tua yang kaya dengan sedikit

Generasi 90an tidak pernah berhenti membanggakan masa lalunya, kemudian sembari menepuk dada, mengklaim bahwa merekalah generasi yang paling bahagia dibanding generasi sebelum dan setelahnya. Dan itu paling sering dilakukan lewat media sosial. Ya, hanya di dunia mayalah mereka bernostalgia. Lewat foto-foto, meme, dan tulisan-tulisan panjang yang dibagikan ke sana kemari, sampai ribuan kali.

Setelah bernostalgia, tak lupa mereka lantas berkomentar dan berlagak miris melihat kondisi generasi 2000-an yang dianggapnya kurang bahagia. Karena menurut mereka, generasi 2000-an kurang bersosialisasi dan lebih asyik dengan gedjet, gem, leptop, media sosial dan seperangkat alat komunikasi modern lainnya.

Kamu yang lahir di era 90an pasti pernah mengalami masa kecil yang membahagiakan. Mainan tradisional, jajan di warung, dan kegiatan belajar di sekolah adalah sedikit serpihan kenangan yang terlalu indah untuk dilupakan. Jika diingat kembali, rasanya ingin mengulang masa-masa itu, benar nggak?

Berangkat dari penjelasan di atas, saya akan membawa Anda kembali ke masa-masa indah di mana mungkin Anda pernah melakukan salah satu hobi tersebut.

1. Koleksi Mainan dari Snack

Anak jaman 90an sangat termanjakan dengan snack murah dan mainan-mainannya. Misalnya yang pernah fenomenal adalah mainan Tazos. Mainan ini merupakan bonus yang diberikan oleh Frito Lay dalam setiap kemasan snack yang mereka pasarkan era itu.


Selain koleksi Tazos, ada juga bonus lainnya seperti sticker, mainan bongkar pasang dan tentara-tentaraan. Meski sederhana, namun koleksi mainan seperti ini sudah berjasa menyelamatkan masa kecil anak-anak di jaman itu.

2. Tepok Gambar


3. Main "Lantak"

Generasi 90an di Kabupaten Sambas Kalimantan Barat sangat akrab dengan mainan tradisional "Lantak" yang terbuat dari aur. Bermain bersama teman di tanah lapang, tembak menembak dengan mainan ini. 

4. Meriam Bambu / Laggum

Memasuki bulan ramadhan, musim kembang api & petasan lagi. Ada yang spesifik di bulan ramadhan yaitu meriam bambu. Pada genreku dulu terutama di masa sekolah dasar, biasanya untuk mengisi waktu luang liburan puasa teman teman memainkan meriam bambu. Di Kabupaten Sambas Kalimantan Barat, meriam bambu ini di sebut “laggum” entah apa artinya, yang jelas kalau menyebut laggum semua sudah tahu apa yang dimaksud.



5. Main Kelereng / Guli

Di tempat saya Kabupaten Sambas Kalimantan Barat permainan ini kami sebut Main Guli, sesuai dengan alat yang digunakan. Seperti permainan-permainan waktu kecil yang lain, permainan ini melatih ketangkasan, ketenangan dan taktik / strategi.



6. Petak Umpet / Sinaporan

Sinaporan adalah salah satu kosa kata dalam bahasa sambas yang berati sembunyi-sembunyian. Permainan sinaporan sama dengan permainan Petak Umpet yang secara umum disebutkan dalam seluruh daerah di Indonesia. Banyak sekali variasi permainan sinaporan dalam permainan ala anak-anak sambas diantaranya adalah singalauan canting atau singalauan tendang, singalauan cap-cap, singalauan pahlawan, singalauan kain dan lain sebagainya.


7. Dikejar Angsa Tetangga

Hahahaha jadi ingat masa kecil, dikejar sama angsa tetangga.


8. Pensil + Karet Gelang

Mungkin diantara teman-teman segenre, ada yang pernah lupa membawa penghapus pensil waktu TK atau SD, kemudian memanfaatkan karet gelang sebagai penghapus dadakan. Saya pribadi sering sekali melakukan hal ini, caranya adalah mengikat karet gelang tersebut pada pensil kemudian gosokkan sebagai pengganti penghapus pada tulisan pensil yang akan dihapus. 


Hasilnya tetap sama dengan penghapus biasa, tulisan pensil akan hilang namun biasanya akan lebih kotor dan lembaran buku menjadi hitam. Sampai saat ini saya masih belum mengerti kandungan apa yang ada dalam karet gelang sehingga bisa digunakan sebagai penghapus tulisan, dan sampai saat ini saya tidak ada penghapus pensil dan masih menggunakan karet gelang.

9. Sarapan ?


10. Dunia Dalam Berita

Eh, udah ada dunia dalam berita, waktunya tidur.


11. Andalan Saat Musim Hari Raya Tiba


12. Kaset Senam SKJ


13. Permen Rokok


14. Coklat Payung


15. Cokelat Choyo-choyo


16. Serius belum ada yang dapet huruf N sampe sekarang?


17. Dear Diary
Hari ini aku ketemu sama dia di perpustakan sekolah. Sempet tatap-tatapan mata, tapi akhirnya aku langsung keluar dari perpustakan. Aku gak sanggup ngeliatnya… dia udah sama yang lain.


18. Ada tuh Budi nya, lagi main di belakang.

39-uang-500-an-budi-ada-di-belakang

 19. Gimbot


20. Magasaga Kegecigil Kigitaga 


21. Gunung Dua, Maatahari, Sawah, 1 Rumah , Jalan Miring arah ke Gunung, Burung Terbang. 


22. Bakal punya anak 2. Iya, kata si tukang ramal hahhaha 


23. Dipetik. Dihisap. Dicelupin. #eh 


24. Biasanya sih nyebutnya Peletokan. Kalo kamu? 


25. Dan bahkan kita udah Belajar FISIKA sejak jaman SD tahun 90an…… 

 
26. Congklak


27. Udah ngaku aja kalo pernah main Balon Tiup ini 


28. Ahhh, ini! 

Cukuplah diwakilkan oleh kata-kata dari generasi90an: Kebahagian itu sederhana.


29. Dingdong

Tantangan terberat bocah cowok generasi 90an nih, nyisihin duit jajan ampe gak makan cuma buat maen dingdong abis pulang sekolah hahaha.


30. Majalah BOBO

Hayo masih inget gak sama si Nirmala, Bona gajah kecil berbelalai panjang dan Rong Rong? Kalo buat para generasi 90an sih, mereka jadi teman bermain dan belajar kita. Ya gak?


31. Ih, gambar di TV nya bisa keluar! 


32. Go..go..power rangers… 


33. Ketika digosok dengan koin, muncul gambarnya..

  
34. Nggak perlu gadget canggih, ini cara kami menelepon sahabat.

  
35. Ingat Mainan ini ?


36. Kamu pernah punya nggak?

  
37. True


38. Masa Kecil Selalu Bahagia


39. Penghapus Wangi


40. Trio Kwek Kwek


41. Benar banget


42. Siapakah mereka ?


43. Pernah negrjain teman seperti ini? Masa kecilmu sungguh jahil!




44. Cikal Bakal Pomade


45. Asyiknya jalan-jalan pakai sepeda bapak.



46. Ngaku aja! Ini ekspresi lo waktu disuntik vaksin


Masih banyak kenangan tak tergantikan generasi 90an. Ayo tinggalkan jejak komentar Anda, mana kenangan Anda yang pernah Anda lakukan di masa kecil Anda. #ayosebarkan #brilio

No comments:

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.