BALI ISLAND: Escape To A Tropical Paradise For The Best Exotic Getaways

misterpangalayo.com - Perlahan matahari terbit mengeluarkan cahaya yang hendak beranjak meninggalkan peraduannya. Dengan ditemani secangkir kopi panas, hari yang penuh harapan menjadi saksi fenomena matahari terbit. Berada di surga tropis Indonesia merupakan impian semua orang untuk menikmati pesona alam yang menawan. Saya adalah satu diantara jutaan orang di Indonesia yang ingin menjelajahi kekayaan alam dan keindahan alam Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.

BALI, satu kata yang sudah tidak asing ditelinga saya dan sudah menjadi buah bibir masyarakat Indonesia sejak saya masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Liburan ke Bali impian banyak orang, karena surga tropis ini menyuguhkan keindahan alam yang sangat beragam mulai dari pantai hingga gunung yang eksotis. Keramah-tamahan penduduknya yang sangat welcome terhadap wisatawan, menjadi magnet tersendiri untuk menarik para wisatawan dan para pengejar mimpi untuk berlibur ke Bali.

BALI ISLAND, INDONESIA

Pulau Bali terletak di ujung paling barat dari Kepulauan Sunda Kecil di Indonesia, terletak antara Jawa sebelah barat dan Lombok sebelah timur. Sebuah provinsi di Indonesia, ibukota Bali adalah Denpasar, terletak di sebelah selatan pulau.

Sekitar 8 derajat selatan khatulistiwa, pulau Bali membentang sekitar 153 km (95 mil) dan lebar membentang sekitar 112 km (69 mil) utara ke selatan. Bali memiliki beberapa gunung berapi, beberapa diantaranya masih berstatus aktif. Gunung yang tertinggi adalah Gunung Agung, biasa lebih dikenal sebagai 'Gunung Ibu'. Ini adalah gunung berapi aktif tertinggi berada di ketinggian 3.031 meter.

Dikelilingi oleh terumbu karang, Bali memiliki pantai-pantai eksotis, dengan pasir putih di selatan, dan pasir hitam di utara. Kuta adalah tempat-tempat wisata komersial dan tersibuk Bali, disana terdapat Pantai Kuta, restoran, dan bar. Sedangkan, Ubud adalah pusat seni Bali, menawarkan ukiran kayu, lukisan, dan megah dilihat dari pemandangan yang subur dan eksotis.

Tidak seperti pulau-pulau lain di Indonesia yang memiliki pengikut Muslim besar, Bali sangat dipengaruhi oleh agama Hindu dan budaya yang menyatu dalam kehidupan sehari-hari masyarakatnya. Tanda-tanda yang paling jelas dapat dilihat dengan persembahan kecil ditemukan di rumah-rumah Bali, bisnis, restoran, dan bahkan bandara.

Sekitar 20.000 candi hampir ditemukan di seluruh pulau ini sehingga menjadikan Bali selalu menjadi tuan rumah berbagai festival keagamaan sepanjang tahun.

Dikenal untuk bentuk seni yang beragam seperti lukisan, patung, kerajinan, dan seni pertunjukan, Bali direndam di kedua budaya dan spiritualitas. Dikombinasikan dengan bukit indah, sawah, hutan tropis, dan air hangat menjadikan Bali adalah sebuah karya alam, tepat dijuluki 'Pulau Dewata'.

MENGAPA HARUS BALI ?

Membidik Bali untuk menjadi destinasi liburan impian, semata-mata tertarik oleh daya tarik budaya yang ditawarkan Bali dan beberapa faktor lainnya yang menjadi bahan pertimbangan saya seperti faktor harga (price), faktor keindahan alam (natural beauty), faktor daya tarik pantai (beach) dan faktor kenyamanan (convenience). Terlebih lagi, Bali memiliki citra atau reputasi yang tinggi di bidang pariwisata dan masyarakat Bali yang dikenal ramah atau memiliki hospitality yang tinggi.


Seperti yang saya kutip dari situs jalansanasini.com (5/6/2016), 6 (enam) alasan yang mewakili alasan saya mengapa harus liburan ke Bali:

1. Banyak Pantai-Pantai Cantik
Tidak ada yang meragukan bahwa Bali memiliki pantai-pantai cantik yang patut disinggahi. Pantai adalah salah satu alasan kenapa banyak orang mengunjungi pulau ini. Bali memang punya sederet pantai dengan pesona yang luar biasa. Baik yang maintstream seperti Kuta maupun Sanur, atau pantai-pantai yang masih tersembunyi seperti Green Bowl.

2. Tak Cuma Pantai, Bali Juga Punya Deretan Sawah Hijau Yang Menyejukkan Mata

Selain mempunyai deretan pantai cantik sebagai magnet utama yang mendatangkan wisatawan, Bali juga punya deretan sawah-sawah hijau yang menyejukkan mata ketika memandangnya. Salah satu wilayah di Bali yang menjadi tujuan para pemburu pemandangan hijau persawahan adalah Ubud. Di Ubud kamu akan merasakan suasana yang benar-benar membuat perasaan menjadi lebih tenang, jauh dari hiruk pikuk. Coba tengok saja ketika Elizabeth Gilbert bersepeda di Ubud. Kanan kirinya terhampar persawahan yang menyejukkan mata.

Sawah-sawah di Bali banyak yang terdapat di area pegunungan. Sistem terasering yang digunakan para petani membuat pemandangan persawahan di Bali semakin cantik dan mempesona. Para seniman di Bali banyak yang tinggal di Ubud karena suasananya yang tenang dan jauh dari hingar bingar. Suasana pedesaan di Bali akan sangat cocok untuk kamu yang ingin sejenak melarikan diri dari keramaian kota.

3. Masyarakat Yang Hidup Dalam Harmoni

Masyarakat Bali sangat memegang teguh budaya kepercayaan mereka. Sebagian besar masyarakat Bali adalah pemeluk agama Hindu yang taat sehingga tak jarang dijumpai dupa ditempat-tempat wisata. Masyarakat Bali seperti sudah paham bahwa pulau tempat mereka tinggal adalah tujuan banyak wisatawan sehingga mereka sudah terbiasa melihat para wisatawan asing wara-wiri di jalanan dan tempat-tempat wisata.

Masyarakat Bali sama sekali tidak terganggu dengan banyaknya wisatawan asing yang datang ke Bali. Justru hal ini yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan datang ke Bali. Keharmonisan di Bali akan terlihat pada hari-hari besar Hindu seperti Nyepi. Pada saat perayaan Nyepi, hampir tidak ada aktivitas apapun di Bali. Semua bar dan toko-toko akan tutup untuk menghormati masyarakat Bali yang sedang melaksakan Nyepi.

4. Bali Juga Punya Kuliner Khas

Ga lengkap rasanya jika tidak mencoba kuliner khas Bali yang rasanya juara. Bali punya beberapa kuliner khas antara lain sate lilit, nasi tepeng, ayam betutu dan nasi jinggo. Khusus untuk nasi jinggo, kamu akan dengan mudah mendapatkan nasi ini di pinggir-pinggir jalan di Bali. Harganya yang murah meriah membuat nasi jinggo menjadi salah satu kuliner favorit wisatawan di Bali.

5. Banyak Pilihan Tempat Menginap

Alasan lain kenapa banyak wisatawan yang piknik ke Bali adalah banyaknya pilihan tempat menginap. Semua bisa dipilih menyesuaikan dengan budget yang kalian punya. Mau menginap mewah di hotel berbintang atau merasakan serunya tinggal di homestay, semua ada di Bali.

Sebagai propinsi yang mengandalkan sektor wisata sebagai sumber perekonomomian, Bali dilengkapi dengan banyak sekali hotel yang tersebar di hampir semua wilayah. Tak cuma hotel, masyarakat Bali yang memiliki space lebih di rumah juga menawarkan homestay bagi wisatawan untuk tinggal. Jadi, tak usah bingung mencari tempat menginap di Bali.

6. Famous

Bisa piknik ke Bali adalah impian hampir semua orang. Siapa yang tidak mau ke pulau secantik Bali. Bali sudah begitu terkenal sebagai pulau yang cantik dan indah, tak cuma di Indonesia namun juga di mancanegara. Tak heran kalau akhirnya banyak orang yang datang ke Bali. Banyak artis-artis Hollywood dan juga atlet-altet terkenal dari seluruh penjuru dunia yang datang ke Bali untuk berlibur. Apalagi sudah ada beberapa film dari luar negeri yang mengambil lokais syuting di Bali. Sebut saja Eat, Pray, Love atau Drama Korea Memories of Bali tahun 2004 silam.

TIPS PERSIAPAN UNTUK PERGI LIBURAN


Bali sebagai surga pulau tropis menjadi destinasi wisata komersil, membayangkan liburan di Bali membuat saya merasa senang dan besar harapan saya untuk bisa liburan ke pulau ini. Namun, liburan yang saya impikan juga bisa saja menjadi hal yang tidak menyenangkan, terutama saat liburan tidak terencana dengan baik. Saya harus melakukan persiapan semaksimal mungkin dan 3 hal yang wajib diceklis ini sebelum  pergi berlibur.

1. Kartu Identias

Selalu membawa kartu identitas diri seperti SIM dan KTP, karena pemeriksaan tiket, booking hotel, dan lainnya selalu meminta identitas diri.


2. Gadget

Berapa kalipun liburan ke Bali, hal yang sayang kalau dilewatkan adalah gadget, kurang eksis rasanya kalau tidak mengabadikan kenangan selama di Bali dalam foto atau video. Gadget yang harus disiapkan seperti kamera pocket atau kamera SLR, smartphone yang mendukung fitur selfie, power bank, charge, dan lain lain. 


3. Barang bawaan 

Persiapan barang bawaan haruslah membawa barang yang penting, karena membawa barang yang berlebihan hanya akan memberatkan selama perjalanan dan juga akan sangat menyulitkan saya untuk membawa oleh-oleh. Berikut beberapa barang yang tepat dibawa saat liburan, yaitu :

a. Pakaian renang

Wisata pantai lebih mendominasi di Bali, sehingga ini membuat saya harus membawa baju renang. 


b. Pakaian ringan

Tidak lupa membawa pakaian yang berbahan katun ringan, karena pakaian tersebut akan terasa sejuk di kulit di bawah sengatan matahari Bali.


c. Sendal jepit

Sepasang sandal yang nyaman itu sangat penting. Sebagian besar warga lokal menggunakan sandal jepit untuk kegiatan sehari-hari,  bahkan dalam upacara penting di pura. Jadi anda tidak akan merasa kurang saat menggabungkan pakaian anda dengan flat shoes sederhana.



d. Sun Block

Jangan sampai ke Bali tanpa membawa SPF 30 atau SPF 50 yang berkualitas baik dan tahan air. 

e. Tas 

Untuk membawa barang-barang berharga seperti KTP, kartu kredit, kamera dan uang, saya membutuhkan sebuah tas kecil yang akan selalu saya bawa kemana-mana.  


f. Parfum

Penampilan kurang sempurna kalau tidak ada wewangian yang menunjang. Karena penampilan  dan parfum itu ibarat sepasang sepatu yang sulit untuk dipisahkan. Banyaknya aktivitas selama liburan membuat kita mudah berkeringat sehingga rasa percaya diri pun kurang maksimal. Maka dari itu, untuk tampil elegan dan berkelas harus memakai wewangian. Di sisi lain, parfum juga membangkitkan semangat dan mampu memancarkan kekuatan sekaligus kelembutan karakter dalam setiap partikel-partikel lembut yang berbaur di udara.

Saat liburan saya butuh wewangian yang segar dan menyenangkan. Melengkapi jiwa petualang dengan wewangian dari Vitalis. Apapun kegiatan yang dilakukan selama liburan, mulai dari berjalan-jalan hingga berpesta di malam hari, parfum keluaran Vitalis ini sangat cocok untuk kaum urban.



Vitalis adalah produk wewangian dan perawatan pribadi yang sukses dengan keharuman lembut terbaru, membantu memancarkan rasa percaya diri untuk mencapai kesuksesan di dunia kerja dan menikmati hidup sepenuhnya. 

Keindahan laut biru dengan desiran ombak, cocok ditemani dengan aroma segar dari Vitalis.  Kesegaran diri akan terpancar saat mencoba wewangian dari Vitalis yang memiliki beragam produk untuk menghabiskan hari dipantai bermain air, pasir dan menunggu sunset dengan badan yang tetap segar dan wangi. 

Kesegaran dan wangi sepanjang hari tetap harus diperhatikan ya walaupun sedang berlibur, buat liburanmu lebih berkesan dan menyenangkan dengan membawa aroma parfum yang cocok untuk liburan seperti macam-macam wewangian dari Vitalis. Sudahkah Anda mencobanya ? 

No comments:

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.