Summer Camp Khatulistiwa #3, Sensasi Berkemah di Bukit Sebedang


misterpangalayo.com - Camping selalu menjadi pilihan terbaik para insan wisata untuk bisa melihat pemandangan alam hingga healing di alam bebas setelah lelah beraktivitas kerja hingga hiruk pikuk kota. Selain pantai, kamu juga bisa melakukan aktivitas ini di gunung atau bukit. Nah, salah satu lokasi camping terbaik di Kawasan Wisata Alam Danau Sebedang yaitu Bukit Sebedang.
 
Summer Camp Khatulistiwa #3, Sensasi Berkemah di Bukit Sebedang
 
Bukit Sebedang secara administratif berada di Desa Sepuk Tanjung, Kecamatan Sebawi (Sambas, Kalimantan Barat), tepatnya arah timur laut Danau Sebedang atau biasa masyarakat setempat menyebutnya Komplek Pemakaman Bukit Sebedang (Jalan Boga / jalan menuju kawasan BOGA). Dengan ketinggian tidak sampai 100 mdpl membuat bukit ini sangat terjangkau dengan waktu tempuh pendakian hanya lima menit.
 
Tim SCK dari Sambas
 
Untuk ke sini, kamu harus menempuh perjalanan darat sekitar 25 menit dari Kota Sambas dengan jarak tempuh 17.9 kilometer. Sedangkan dari Kota Singkawang memakan waktu tempuh sekitar 1 jam 25 menit dengan jarak tempuh 61 kilometer. Uniknya bukit tersebut persis berada di pinggir jalan provinsi Sambas - Singkawang, jadi sangat mudah untuk ditemukan dan dijangkau.

Biasanya masyarakat datang ke area Bukit Sebedang tektok untuk menikmati sunset sambil menikmati makanan dan minuman yang mereka bawa. Menikmati matahari terbenam berlatar hamparan keindahan Perbukitan dan Danau Sebedang. Bagi sebagian orang, nuansa alam dengan lokasi yang strategis di kawasan Danau Sebedang ini bahkan dimanfaatkan untuk menginap semalam dengan camping di tersebut. 

Area Camping Ground Bukit Sebedang

Cocok bagi penyuka kegiatan camping tapi tidak terlalu suka naik-naik ke gunung, dan ingin beburu foto sunset di sini. Camping di Bukit Sebedang pun gratis dan tidak dikenakan biaya apapun. Yang penting harus izin terlebih dahulu dengan RT setempat. Jangan lupa tetap jaga perilaku dan sopan santun ya!

   Lokasi Bukti Sebedang

Summer Camp Khatulistiwa #3, Sensasi Berkemah di Bukit Sebedang

Tim Summer Camp Khatulistiwa berkesempatan melakukan kegiatan berkemah 2 hari 1 malam di Bukit Sebedang atau biasa juga disebut Bukit Hongkong atas rekomendasi dari salah satu komunitas pecinta alam yang ada di Kabupaten Sambas pada Sabtu (16 September 2023) lalu. Kegiatan ini diikuti oleh anggota Summer Camp Khatulistiwa (SCK) dari Kota Sambas dan Kota Singkawang. Tim SCK dari Kota Sambas sampai di simpang BOGA tepat pukul 14.50 wib, dan langsung menuju area kaki bukit yang hanya berjarak 5 menit dari simpang jalan BOGA.

Menikmati Keindahan Danau Sebedang dari Pondok Jajanan di atas Danau

Karena sampai lokasi lebih awal, kami pun mencari tempat bersantai di salah satu pondok makanan yang berada di atas danau untuk jajan sambil menikmati keindahan Danau Sebedang dari pondok tersebut. 30 menit berlalu, kami pun kembali ke lokasi kaki bukit Sebedang dan memarkirkan kendaraan. Kaki kami pun langsung melangkah menuju bukit dan melakukan pendakian yang hanya memakan waktu sekitar 5 menit melewati area Pemakaman Tionghoa area kaki hingga petengahan bukit.

Jalur Pendakian dengan Nuansa Berbeda
Sesampai di area camping ground Bukit Sebedang, kami pun langsung mendirikan tenda berlatar langit sore yang sangat cerah dan pemandangan danau sebedang yang eksotis serta hijaunya perbukitan sebedang (Hutan Lindung) yang gagah berdiri mengelilingi area danau. Karena masih sore, maka jangan heran kalau masih banyak pengunjung yang melakukan tektok ke puncak bukit untuk menikmati hangatnya matahari terbenam. Tim SCK pun tidak ketinggalan untuk mengabadikan moment indah sunset.


Walau kawasan Bukit Sebedang berlokasi sama dengan area Pemakaman Bukit Sebedang (Kuburan Tionghoa), tapi malah rapinya makam yang berdiri dibawah bukit dan sekitarnya membuat kawasan tersebut menjadi unik dan ramai serta memberi nuansa yang berbeda. Matahari setelah membuang hangat senjanya kepada kami, gelap pun menyelimuti langit hingga para pengunjung pun satu per satu pergi meninggalkan area puncak.


Tersisa hanya tim Summer Camp Khatulistiwa #3, seperti biasa melakukan perkemahan setelah pergantian langit senja adalah waktu tepat untuk persiapan makan malam. Kami pun berkumpul di area depan tenda untuk saling membantu memasak sambil menikmati segarnya udara malam diatas bukit dan terpantau langit malam sangat bersahabat sambil menunggu rombongan dari Singkawang yang belum sampai. Setelah makan malam, kami menikmati malam sambil ngopi dan sharing-sharing terkait dunia pendakian dan lainnya. 

For your information, Danau Sebedang yang persis berada di depan camp kami ini memiliki luas danau sekitar 1 kilometer persegi dan dikelilingi oleh perbukitan yang memiliki ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut. Keistimewaan dari Danau Sebedang ini adalah adanya sebuah pulau ditengah-tengah danau yang diberi nama Pulau Panjang. Selain menikmati kesejukan air danau dengan berenang, kamu juga bisa menyalurkan hobi memancing karena danau ini merupakan rumah bagi banyak ikan dan hasil pancingan bisa langsung dibakar dan nikmati.

Tidak terasa sudah tengah malam, kami pun memutuskan untuk beristirahat dibawah langit malam yang indah. Keesokan harinya, matahari pagi menyinari tenda kami dan saatnya kami membuat kopi dan sarapan sambil menikmati pagi yang syahdu dari ketinggian. 

Beberapa jam kemudian, kami pun mengemaskan tenda serta membersihkan area perkemahan kami dari sampah yang telah kami bawa. Satu hal yang membuat kami sedih saat ingin melakukan aktivitas bermain air di Danau Sebedang sangat tidak memungkinkan karena air danau sedang kering dan tidak bersahabt untuk bermain air akibat kemarau panjang.

Salam Hangat dari Summer Camp Khatulistiwa.

Tidak ada komentar:

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Diberdayakan oleh Blogger.