Blogger Pontianak Ajak Generasi Milenial Manfaatkan Kemudahan Transaksi Bersama QRIS

 
misterpangalayo.com - Generasi milenial adalah sebutan lain dari generasi Y, yang mana frasa ini khusus untuk menggambarkan orang-orang yang lahir antara tahun 1980 dan 2000. Generasi ini tumbuh di dunia yang telah mahir menggunakan media sosial dan juga smartphone sehingga otomatis mereka sangat mahir dalam teknologi. 
 
Generasi milenial memiliki kelebihan yaitu peka dengan teknologi sehingga mereka tahu benar bagaimana cara memanfaatkan teknologi untuk memudahkan setiap kegiatan. Namun mereka juga memiliki beberapa ketakutan. Ketakutan milenial saat ini meliputi tiga hal yang berkaitan dengan koneksi wifi, lemahnya baterai smartphone, serta buruknya jaringan provider internet.

Tapi sudah tahukah kamu, apa saja ciri-ciri lain dari generasi millenials? Berikut 4 dari beberapa karakteristik dasar yang katanya sih millenials banget. Apa saja kira-kira?

1. 'No Gadget No Life'

Gak perduli tua atau muda, rasanya gadget saat ini menjadi separuh jiwa mereka. Memang, kemudahan-kemudahan yang ditawarkan, ditambah dengan akses internet tak terbatas membuat para milenial betah berselancar dengan gadgetnya. Bukan itu saja, dalam pendidikan dan dunia kerja saat ini pun rasanya tak lengkap jika tak memanfaatkan kecanggihan teknologi. Nggak heran, kalau masyarakat khususnya kaum milenium nggak bisa melepas gadget dari genggaman.


2. Suka dengan yang serba cepat dan instan

Sekali lagi, perkembangan teknologi telah mempengaruhi para millennial untuk mendapatkan hal yang diingin tanpa menunggu lama. Selain itu, mobilitas yang padat semakin membuat mereka memilih yang serba instan dan tak merepotkan. Mau makan? Tinggal pencet. Mau jalan-jalan? Tinggal pencet juga. Walaupun begitu, bagi orang yang jeli ternyata keadaan ini bisa jadi peluang yang menguntungkan, misalnya saja berbisnis jasa titip barang.


3. Dikit-dikit posting

Nah, satu ini ciri-ciri millennials Indonesia banget nih! Emang tangan paling gatel kalo ngeliat yang instagram-able dikit, bawaannya pengen cepet-cepet posting aja. Mau makanan, sepatu branded, cafe baru, sampe temen kesandung pun masih sempet-sempetnya diposting di sosmed! Ckckck.


4. Hobi melakukan pembayaran non-cash

Kecanggihan teknologi gak cuma ada pada ponsel pintar atau gadget lainnya. Bahkan saat ini pun dalam melakukan transaksi juga makin modern. Berkembangnya model non-tunai dalam bertransaksi ternyata nggak disia-siakan oleh kaum penggandrung ke-instan-an. Bahkan, kabarnya lebih dari separuh generasi millennial lebih suka bertransaksi non-cash! Kamu juga gak nih?

Quick Response Code Indonesian Standard atau biasa disingkat QRIS (dibaca KRIS) adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code. QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. Semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang akan menggunakan QR Code Pembayaran wajib menerapkan QRIS.

Saat ini, dengan QRIS, seluruh aplikasi pembayaran dari Penyelenggara manapun baik bank dan nonbank yang digunakan masyarakat, dapat digunakan di seluruh toko, pedagang, warung, parkir, tiket wisata, donasi (merchant) berlogo QRIS, meskipun penyedia QRIS di merchant berbeda dengan penyedia aplikasi yang digunakan masyarakat. Merchant hanya perlu membuka rekening atau akun pada salah satu penyelenggara QRIS yang sudah berizin dari BI. Selanjutnya, merchant sudah dapat menerima pembayaran dari masyarakat menggunakan QR dari aplikasi manapun penyelenggaranya. Jadi, ayo pakai QRIS!

Manfaat QRIS

Standarisasi QR Code dengan QRIS memberikan banyak manfaat, antara lain:

Bagi pengguna aplikasi pembayaran: just scan and pay!

  • Cepat dan kekinian. 
  • Tidak perlu repot lagi membawa uang tunai. 
  • Tidak perlu pusing memikirkan QR siapa yang terpasang. 
  • Terlindungi karena semua PJSP penyelenggara QRIS sudah pasti memiliki izin dan diawasi oleh Bank Indonesia.

Bagi Merchant:

  • Penjualan berpotensi meningkat karena dapat menerima pembayaran berbasis QR apapun. 
  • Meningkatkan branding. 
  • Kekinian. 
  • Lebih praktis karena cukup menggunakan satu QRIS. 
  • Mengurangi biaya pengelolaan kas. 
  • Terhindar dari uang palsu. 
  • Tidak perlu menyediakan uang kembalian. 
  • Transaksi tercatat otomatis dan bisa dilihat setiap saat. 
  • Terpisahnya uang untuk usaha dan personal. 
  • Memudahkan rekonsiliasi dan berpotensi mencegah tindak kecurangan dari pembukuan transaksi tunai. 
  • Membangun informasi credit profile untuk memudahkan memperoleh kredit kedepan.​

QRIS memiliki karakter UNGGUL, yaitu:

  •  UNiversal: QRIS menerima pembayaran apapun dengan satu QR code sehingga tidak butuh berbagai macam aplikasi pembayaran. 
  • GampanG: Pembayaran dengan QRIS mudah, yaitu hanya butuh sekali pemindaian dengan aplikasi smartphone.
  • Untung: Merchant dan pengguna hanya membutuhkan satu jenis QR code sehingga tidak perlu beradaptasi dengan tarif pembayaran yang berbeda-beda. 
  • Langsung: Pembayaran digital dengan QR code dapat diproses langsung saat itu juga.

Tips Aman Bertransaksi dengan QRIS

Untuk saat ini, QRIS memang baru bisa digunakan di beberapa kota besar saja. Rencananya, Bank Indonesia akan mulai menerapkan sistem QRIS secara menyeluruh per 1 Januari 2020 mendatang. Jadi, sebelum beralih menggunakan QR code standar Indonesia, ada baiknya kamu membaca tips aman menggunakan QRIS yang saya rangkum dari berbagai sumber berikut :


1) Selalu cek riwayat transaksi.
Jika menemukan riwayat transaksi yang mencurigakan, segera laporkan masalah tersebut ke Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) terkait agar kasus segera tertangani.

2) Setelah memindai QR code, cek juga nama merchant.
Pastikan nama merchant yang muncul di aplikasi pembayaran, sama dengan nama yang tertera di atas label QRIS.

3) Cek ulang jumlah nominal uang sebelum bayar.
Untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam transaksi, sebelum melakukan pembayaran, cek lagi jumlah nominal uang yang dituliskan di kolom yang sudah tersedia.

4) Gunakan kombinasi password yang unik.
Gunakan kombinasi password yang unik agar dompet atau aplikasi pembayaran digital yang terpasang di ponsel pintar lebih terjamin keamanannya. Yang paling penting, jangan pernah sekalipun memberitahukan password akun kita ke orang lain, demi meminimalisir terjadinya penyalahgunaan akun yang kita miliki.


Tidak ada komentar:

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Diberdayakan oleh Blogger.