Taman Pintar Yogyakarta: Wisata Berorientasi Pendidikan



JEJAK RADIT - Taman Pintar Yogyakarta, Banyak sekali jenis wisata yang terletak di Yogyakarta antara lain, wisata candi, wisata pantai, wisata kota yang sangat unik dan masih banyak lagi wisata wisata yang lainya. Sebagai kota pariwisata dan sebagai pusat dari budaya jawa, Yogyakarta juga terkenal sebagai kota pelajar atau kota pendidikan, banyak pelajar dari seluruh Indonesia datang ke Yogyakarta untuk melanjutkan studinya.



Salah satu objek wisata yang menarik di Yogyakarta adalah Wisata Taman Pintar yang terletak di  Jl. Panembahan Senopati 1-3, Yogyakarta, tepatnya di kawasan Benteng Vredeburg. Taman ini memadukan tempat wisata rekreasi maupun edukasi dalam satu lokasi. Taman Pintar memiliki arena bermain sekaligus sarana edukasi yang terbagi dalam beberapa zona. Akses langsung kepada pusat buku eks Shopping Centre juga menambah nilai lebih Taman Pintar. 



Tempat rekreasi ini sangat baik untuk anak-anak pada masa perkembangan.Taman ini, khususnya pada wahana pendidikan anak usia dini dilengkapi dengan teknologi interaktif digital serta pemetaan video yang akan memacu imajinasi anak serta ketertarikan mereka terhadap teknologi. Pada saat ini ada 35 zona dan 3.500 alat peraga permainan yang edukatif.



Target utama pembangunan Taman Pintar adalah mendukung program pembelajaran regular di sekolah sejak dini dengan mengasah kreativitas anak didik sedini mungkin dengan harapan akan semakin banyak innovator teknologi yang muncul dari Indonesia.



Lokasi Taman Pintar sangat strategis dan nyaman untuk dikunjungi kapan saja. Bangunan Taman Pintar dibangun di kawasan bekas pusat perbelanjaan (shopping center). Dengan penataan seperti ini dengan pertimbangan adanya keterkaitan yang erat antara Taman Pintar dengan fungsi dan kegiatan bangunan yang ada di sekitarnya, seperti Taman Budaya, Benteng Vredeburg, Societiet Militer dan Gedung Agung.




Program

Sebagai tempat yang dirancang untuk menumbuhkan sekaligus mengasah kreativitas pelajar, Taman Pintar menyediakan beberapa program yang bisa dipraktikkan secara langsung oleh para pelajar. Diantara program unggulan tersebut adalah penyiar (presenter) TV dan animasi, kunjungan terkemas, Rumah Batik, Program Kreativitas, dan RUmah Gerabah.

Kunjungan Rombongan Sekolah



Sebagai wahana rekreasi dan belajar, Taman Pintar terbuka untuk umum tidak terkecuali bagi rombongan pelajar. Namun mengingat besarnya minat kunjungan ke Taman Pintar, ada baiknya anda mengikuti prosedur berikut:

  • Minimal jumlah rombongan sekolah  adalah 20 orang,yang terdiri dari siswa & guru .
  • Membawa/ menyampaikan surat pemberitahuan kunjungan resmi dari sekolah,ditujukan kepada Kepala Kantor Pengelolaan Taman Pintar.
  • Ketentuan ini berlaku hanya bagi Rombongan sekolah yang berkunjung pada hari Selasa – Sabtu (tidak berlaku di Hari Ahad/Libur Nasional).

Wahana Utama Taman Pintar

Beberapa wahana utama yang bisa anda coba di Taman Pintar Yogyakarta adalah sebagai berikut:

  1. MEMORABILIA. Terdapat alat peraga tentang pengetahuan sejarah Indonesia, seperti sejarah Kasultanan dan Paku Alaman Yogyakarta, tokoh pendidikan, dan presiden Republik Indonesia pertama hingga saat ini,
  2. PLANETARIUM. Terdapat alat peraga berbentuk pertunjukan film pengetahuan tentang antariksa dan tata surya,
  3. GEDUNG OVAL KOTAK. Terdapat berbagai alat peraga bermuatan edukasi ilmu pengetahuan (sains) dengan kemasan menyenangkan dan bisa diperagakan. Diantara alat peraga tersebut adalah diorama prasejarah, akuarium, van de graaf, perpustakaan, gamelan, tata surya, kelistrikan, dan magic step,
  4. SIMULATOR GEMPA. Zona simulator gempa ini baru dibangun pada 2013 ini. Diharapkan akhir 2013 sudah bisa melengkapi zona rekreasi edukasi di Taman Pintar,
  5. PLAYGROUND. Zona ini bisa anda gunakan untuk penyelenggaraan aktivitas luar ruangan (outdoor) dengan ukuran 5 x 30 meter berada di sisi jalan masuk. Waktu pemakaian maksimal 8 jam sehari. Informasi selengkapnya bisa menghubungi Seksi Humas dan Pemasaran di nomor 0274-583631 ext.2
  6. TEATER 3 DIMENSI. Teater ini menampilkan film 3 dimensi dimana pengunjung seolah-olah berada dalam film tersebut dan terasa nyata. Teater 3D Taman Pintar berkapasitas 140 kursi dengan durasi pemutaran 15 menit sekali tayang. Tiket masuk wahana ini Umum/Dewasa Rp.20.000/orang ; Pelajar Rp.15.000/orang ; Rombongan Rp.15.000/orang,
  7. PROGRAM KREATIVITAS. Program ini menawarkan pelatihan kreativitas dalam bentuk workshop yang interaktif dimana peserta dapat membawa pulang hasil karyanya. Namun anda harus membayar tiket untuk mengganti biaya operasional dan bahan sbb: Buat Gerabah/Clay Rp   5.000,- ; Lukis Gerabah Rp 10.000,- ; Lukis Kaos Anak Rp 30.000,-; Lukis Kaos Dewasa Rp 40.000,- .Informasi lebih lanjut anda bisa menghubungi Seksi Pengembangan Keprograman Taman Pintar (0274-583631 Ext.3)



Fasilitas Lain

Sebagai tempat wisata dan pendidikan, Taman Pintar dilengkapi berbagai fasilitas untuk memanjakan pengunjung dari berbagai usia. Fasilitas penunjang diantaranya adalah Food Court, ruang Audiovisual, area bermain (playground), dan ruang pertemuan multifungsi (exhibition hall).



Harga Tiket Masuk

Taman Pintar mengenakan harga tiket masuk sebesar Rp 8.000,- untuk anak-anak, Rp 15.000,- untuk dewasa, dan Rp 15.000,- untuk planetarium.



Alamat Taman Pintar Yogyakarta

Jl.P.Senopati 1-3 Yogyakarta

Telp.0274-583631,583713 Fax.0274-583664





Selamat menikmati sajian rekreasi dan pendidikan yang menarik di Taman Pintar Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Diberdayakan oleh Blogger.