ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400, 11th Gen Intel), Laptop Powerful Bikin Produktivitas Menanjak

ASUS adalah salah satu merk laptop terkenal dan banyak diminati di Indonesia, perusahaan teknologi yang berbasis di Taiwan ini sudah berdiri sejak April 1989. Selain produksi laptop, ASUS juga memproduksi motherboard, komputer pribadi, netbook, ponsel, monitor, kartu grafis, workstation, router, dan solusi teknologi lainnya yang berkualitas tinggi. ASUS menjadi merk laptop yang banyak dipercaya oleh masyarakat Indonesia karena memiliki produk dengan kualitas terbaik, ketangguhan motherboad, bisa diandalkan untuk bermain game (ASUS biasanya memakai kartu grafis atau VGA dari ATI Radeon dan Nvidia Geforce), sebagian besar produk laptop ASUS memiliki harga yang bersahabat, dan garansi yang cukup lama yaitu 2 (dua) tahun.

Zenbook adalah salah satu lini produk laptop ASUS lebih ditujukan untuk segmen pasar high end hingga premium dengan target pengguna yang menginginkan sebuah laptop yang praktis dan nyaman. Lini produk ASUS Zenbook sangat memperhatikan sisi estetika dengan selalu menggunakan material metal pada desain body nya. Karateristik produk ASUS Zenbook adalah bodi yang kokoh, ringkas, dalam arti dimensi fisik yang sekecil mungkin (untuk ukuran layarnya), tipis dan sangat ringan. Maka jangan heran kalau seri Zenbook lebih nyaman saat dibawa-bawa oleh kalangan prosesional. Selain itu, lini produk Zenbook biasanya akan menjadi yang pertama dalam merasakan teknologi-teknologi terbaru dari ASUS, seperti NumberPad, ScreenPad, hingga ScreenPad Plus.

Sumber Gambar : MJ Jucutan - gadgetmatch
ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400, 11th Gen Intel)

ASUS OLED merupakan teknologi layar laptop terbaik dari ASUS yang diciptakan untuk para profesional di industri kreatif. ASUS OLED juga menjadi bukti komitmen ASUS pada inovasi teknologi visual pada layar laptop yang memiliki kualitas visual yang kaya dengan mengantongi sertifikasi VESA DisplayHDR True Black (mampu menampilkan warna hitam yang sebenarnya) dan warna akurat yang tersertifikasi PANTONE Validated Display, serta dukungan teknologi HDR terbaik dengan rasio kontras hingga 1:1.000.000. Tak hanya itu, ASUS OLED juga mampu mengurangi tingkat radiasi sinar biru yang berbahaya untuk kesehatan mata hingga 70%. Hasilnya, mata pengguna laptop dengan layar ASUS OLED tidak akan mudah letih. Salah satu laptop yang telah mengadopsi teknologi layar ASUS OLED adalah ASUS Zenbook 14X OLED dengan nomor model UX5400.

ASUS OLED dibuat untuk para profesional yang membutuhkan layar dengan tingkat reproduksi warna yang tinggi serta akurat.
Laptop OLED terbaru dari lini ZenBook Classic ini resmi diboyong ke Indonesia dengan berbagai penambahan fitur serta dirancang agar dapat meningkatkan produktivitas penggunanya berkat performa komputasi andal serta desain premium yang nyaman dan ringan. Laptop modern ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. Spesifikasi mumpuni yang ditenagai prosesor Intel Core i7-1165G7 membuat ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) menjadi akhir dari pencarian saya untuk kebutuhan komputasi harian hingga multitasking, serta memiliki baterai berkapasitas lebih besar. Tak hanya itu, chip yang tersemat membuat laptop tersebut sangat efisien dalam hal konsumsi daya dan cukup powerful untuk penggunaan standar seperti menonton film, bermain game, hingga berselancar di web.

Laptop Powerful Bikin Produktivitas Menanjak

Di masa pandemi Covid-19, seorang pekerja kantoran seperti saya dituntut beradaptasi untuk tetap produktif demi kelangsungan bisnis perusahaan meskipun kebijakan mengharuskan karyawannya berkerja dari rumah. Bekerja dari rumah tentu akan sangat jauh berbeda dari bekerja di kantor. Selama berkerja dari rumah, laptop merupakan perangkat utama yang saya gunakan sebagai fasilitas penunjang saat bekerja dan berkolaborasi dengan rekan kantor hingga melakukan video conferencing. Di tahun 2022 ini, perusahaan tempat saya berkerja sudah mengikuti kebijakan Era New Normal sehingga para karyawannya kembali berkerja di kantor seperti sebelumnya dengan mengikuti standar protokol kesehatan dengan skema 50% dari total jumlah karyawan berkerja di rumah dan sisanya berkerja di kantor. Diluar jam kantor, saya tetap aktif berkecimpung dalam dunia content writer dan content creator dalam menyalurkan hobi dan pastinya mencari cuan tambahan.

Yang jadi masalah, perangkat laptop yang saya gunakan hanya cukup untuk melakukan pekerjaan harian kantor mulai dari video conferencing rutin mingguan, persentase virtual, hingga merekap laporan perusaaan. Namun tidak begitu mumpuni untuk aktivitas saya sebagai Ketua Umum di Perkumpulan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Provinsi Kalimantan Barat yang banyak berkecimpung di dunia digital dan konten kreator dalam mempromosikan dan menggaungkan dunia pariwisata Kalimantan Barat dan tentunya sebagai blogger juga menuntut saya beradaptasi untuk menjadi lebih multitasking dalam membuat sebuah konten dimana didalamnya terdapat tulisan, gambar, infografis, hingga video animasi. Artinya, saya terpaksa menukar atau membeli laptop baru yang memiliki fitur modern agar bekerja tidak tersendat-sendat dan bisa tetap produktif bahkan lebih produktif. Saya pun mulai mencari-cari rekomendasi laptop ASUS lini VivoBook hingga Zenbook, dan singkat cerita saya langsung jatuh hati dengan ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) karena datang dengan performa yang luar biasa keren di kelasnya.
  

Sebelum saya benar-benar membeli laptop untuk mengakomodasi semua perkerjaan saya, saya mulai menonton berbagai ulasan video review ASUS Zenbook 14X OLED dengan nomor model UX5400 dari berbagai sumber hingga membaca artikel review nya telah saya lakukan dengan hati-ati. Maka dari itu, saya akan merangkum spesifikasi lengkap dari laptop tersebut dari berbagai sumber terpercaya dan apa yang bisa saya lakukan dengan ASUS ZenBook 14X OLED (UX5400)?. Selama ini saya selalu menghabiskan sebagian besar perkerjaan saya dengan PC Dekstop dan laptop ASUS dengan 4GB RAM dan ukuran layar 15,6 inci, jadi ZenBook 14 inci yang lebih kecil secara drastis sangat menarik, terutama saat bekerja di luar kantor maupun diluar rumah. Sekedar reminder, rutinitas saya saat berkerja di kantor maupun WFH (work from home) seperti menjelajahi web, memeriksa email, mengedit foto kecil di GIMP, dan sebagian besar pengolah kata. Tidak ada yang terlalu berat untuk laptop itu sendiri seperti mengedit video atau semacamnya. Berbanding terbalik saat diluar jam kerja yang membuat saya lebih banyak berkecimpung dalam mengolah video dan membuat konten tulisan di blog.

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400, 11th Gen Intel) - Pengalaman Berpergian

Pertama-tama yang terlintas dipikiran saya adalah pengalaman saat berpergian dengan ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400, 11th Gen Intel). Meskipun hal ini tidak ada kaitannya dengan kinerja sebuah laptop, namun bagi saya sebagai travel blogger maupun pekerja kantoran yang ingin dapat bekerja lebih mudah kapanpun dan di manapun, ini berbicara banyak tentang dimensi dan bobot laptop yang sangat berpengaruh pada produktivitas. Bodinya memiliki ketebalan hanya 16,9mm dan bobot hanya 1,4Kg, membuatnya mudah dan nyaman untuk dibawa bepergian. Saya langsung membayangkan, dengan bodi dan bobot yang dimiliki laptop ini sangat nyaman dan mudah dikemas ke dalam tas ransel dan tetap memiliki ruang untuk tumbler, charger, tablet dan barang-barang lain yang saya bawa selama perjalanan. Selain itu, berkat teknologi NanoEdge Display yang membuat laptop ini memiliki layar dengan screen-to-body ratio hingga 92%. 

Sumber Gambar : MJ Jucutan - gadgetmatch
Lebih Produktif Berkat Desain Ringkas dan Ringan

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400, 11th Gen Intel) - Pengalaman Berkerja

Satu hal yang membuat saya sangat nyaman dengan laptop ini adalah mengeluarkannya dari ransel dengan satu tangan tanpa khawatir akan terlepas dari tangan saya. Desain lingkaran konsentris pada ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400, 11th Gen Intel) menawarkan cengkeraman yang baik untuk membantu menggunakan laptop tersebut dengan mudah. Selain itu, kebiasaan saya ketika menggunakan laptop sebagai fasilitas penunjang saat bekerja, saya cenderung banyak mengubah posisi saat menggunakan laptop apa pun seperti meletakkannya di atas meja dan mengetik 'secara teratur' atau berbaring hingga meletakkan laptop di atas pangkuan saya. Sekali lagi saya apresiasi untuk laptop ini karena bobot dan bodinya yang memungkinkan saya menggunakan laptop dengan cara apa pun yang menurut saya nyaman untuk digunakan sambil tetap tidak membebani tubuh saya karena beratnya. 

Sumber Gambar : MJ Jucutan - gadgetmatch

Sumber Gambar : MJ Jucutan - gadgetmatch
Dimensi bodi laptop ringkas kurang lebih seukuran kertas A4

Panel layar sentuh ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400, 11th Gen Intel) adalah salah satu keunggulan utama terutama dalam menemukan cara untuk merasa nyaman, memungkinkan saya untuk memiliki laptop lebih tinggi saat badan saya dalam posisi bersandar, menggulir atau mengetuk saat berselancar di web. Berbicara tentang layar, layar OLED dengan resolusi 2.8K (2880x1800) dapat menghasilkan kualitas visual terbaik, termasuk tingkat akurasi dan reproduksi warna, meski layar disetel pada tingkat kecerahan yang rendah, sehingga saya dapat membantu saya mencocokkan warna dan membersihkan foto tanpa melihat foto secara dekat. Semua laptop ASUS yang menggunakan layar OLED telah mengantongi sertifikasi low blue-light dan anti-flicker dari TÜV Rheinland. Sertifikasi tersebut menegaskan bahwa kemampuan ASUS OLED untuk menjaga kesehatan mata bukanlah gimmick belaka. 

Sumber Gambar : MJ Jucutan - gadgetmatch
Layar ASUS OLED 2.8K yang menjamin kecerahan dan mata tidak perih meski lama di depan laptop
Selain itu, panel 14 inci dengan rasio layar 16:10 menawarkan ruang kerja yang lebih luas ketimbang layar 16:9 yang pada dasarnya disesuaikan dengan format film layar lebar. Layar dengan ruang kerja lebih besar tentu akan membuat saya lebih produktif terutama saat mengetik artikel saya karena menampilkan lebih banyak kata daripada monitor 16:9 yang lebih standar. Salah satu teknologi yang saya sukai dari ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400, 11th Gen Intel) adalah kehadiran SceenPad 2.0 sebagai layar kedua sekaligus touchpad, meski ukurannya lebih kecil dari layar utamanya. Hal ini tentunya menjadi salah satu penunjang multitasking yang membuat saya bisa menjalankan aplikasi apapun dan ditampilkan di ScreenPad 2.0. Seperti saat saya melakukan video conference, tampilanya bisa dihadirkan di ScreenPad 2.0 dan membuka aplikasi lain di layar utama.

ASUS juga membekali ScreenPad 2.0 

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400, 11th Gen Intel) juga dibekali baterai berkapasitas lebih besar, yaitu 63Whr yang memungkinkan saya bekerja sepanjang jam 1 siang – 8 malam tanpa perlu mengisi daya. Ditambah dengan fitur fast charging dengan kemampuan pengisian baterai hingga 50% dalam 30 menit. Mengususng mekanisme 180⁰ ErgoLift Hinge, laptop ini tidak hanya dapat dibuka hingga 180⁰, tetapi juga mengangkat bodi utamanya. Berbagai port juga sudah tersedia, seperti HDMI 2.0, USB 3.2 Gen2 Type-A, hingga MicroSD dan 3.5mm combo audio jack. Sementara untuk konektivitas wireless, laptop ini mengandalkan WiFi 6 (802.11ax) yang dibekali fitur ASUS WiFi Master agar selalu terhubung internet secara lebih stabil. Saya juga dapat menguhubungkan mouse wireless secara lebih mudah berkat teknologi Bluetooth 5.0.

Desain engsel layarnya misalnya yang memungkinkan layar untuk dibuka hingga 180⁰ 

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400, 11th Gen Intel) - Overall

Berkerja seharian bersama ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400, 11th Gen Intel) menjadi pengalaman yang menyenangkan karena dapat bekerja lebih mudah kapanpun dan di manapun, berukuran ringkas dan ringan sangat tepat untuk saya yang sering bekerja secara mobile, hingga aktivitas multitasking terakomodasi. Agar semakin andal untuk menyokong kegiatan multitasking, Zenbook 14X OLED (UX5400) dilengkapi memori berkapasitas hingga 16GB. Tidak hanya itu, Zenbook 14X OLED (UX5400) juga dibekali dengan penyimpanan berupa PCIe SSD yang memiliki performa tinggi serta kapasitas ekstra lega yaitu hingga 1TB. Dengan demikian saya pun tidak perlu khawatir dengan kapasitas dan performa penyimpanan di Zenbook 14X OLED (UX5400).

Bekerja lebih mudah kapanpun dan di manapun.

Menurut sudut pandang saya, ukuran layar 14 inci merupakan hal yang paling menarik dalam membantu perkerjaan saya karena memiliki cukup ruang untuk bekerja bahkan dengan dua jendela terbuka secara bersamaan. Selain itu, teknologi ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3 (banyak digunakan oleh industri perfilman) yang mampu menampilkan semua warna pada ruang warna DCI-P3, dimana cakupan warnanya lebih luas dari sRGB yang hingga saat ini masih dijadikan standar layar laptop. Menurut sumber dari laman web offical ASUS menyebutkan bahwa laptop ultra-portable ini telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar US Military Grade (MIL-STD 810H) setelah berhasil melewati pengujian ekstrem seperti tes jatuh, tes getaran, hingga tes operasional pada lingkungan ekstrem.

Sumber Gambar : MJ Jucutan - gadgetmatch
Meski mengusung layar 14-inci, Zenbook 14X OLED (UX5400) memiliki dimensi bodi sekelas laptop 13-inci.
Mengenai harga, laptop ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400, 11th Gen Intel) ini dibanderol dengan harga Rp 23.999.000,- di Indonesia. ASUS juga memberikan garansi selama 2 tahun yang berlaku secara global. Sementara itu, kamu berhak berkesempatan mendapatkan laptop ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400, 11th Gen Intel) secara cuma-cuma dengan mengikuti ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) Writing Competition agar laptop mewah ini bisa menjadi milik kamu. Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) Writing Competition bersama bairuindra.com.


Spesifikasi Lengkap ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400, 11th Gen Intel)

Main Spec. Zenbook 14X OLED (UX5400)
CPU Prosesor Intel® Core™ i7-1165G7 2,8 GHz (12M Cache, up to 4,7 GHz)
Operating System Windows 10 Home
Memory 16GB LPDDR4X
Storage 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Display 14″ (16:10) OLED 2.8K (2880×1800) 90Hz 400nits DCI-P3:100% NanoEdge display, PANTONE Validated Display, VESA TrueBlack HDR, TÜV Rheinland eye care certified, 92% screen to body ratio
ScreenPad™ 2.0 (FHD+ (2160 x 1080) IPS-level Panel)
Graphics NVIDIA® GeForce MX450
Input/Output 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display and power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader
Camera 720p HD camera
Connectivity Wi-Fi 6 (802.11ax) + Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2
Audio Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified
Battery 63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension 31.12 x 22.12 x 1.69 ~ 1.69 cm
Weight 1.4Kg
Colors Lilac Mist, Pine Grey
Price Rp23.999.000
Warranty 2 tahun garansi global

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400, 11th Gen Intel) - Benchmark

Disclaimer 

Referensi Artikel ASUS. "ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) Laptop Ultraportable untuk Kinerja Lebih Produktif."
Diakses pada 8 Maret 2022.
https://docs.google.com/document/d/1_rIU81oqfKVA6bmtJKDiwQCT190Eq-ee/edit
ASUS. "Zenbook 14X OLED (UX5400, 11th Gen Intel)."
Di akses pada 8 Maret 2022.
https://www.asus.com/Laptops/For-Home/Zenbook/Zenbook-14X-OLED-UX5400-11th-Gen-Intel/
BAIRUINDRA. "Siapkan dirimu untuk ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) Writing Competition."
Di akses pada 8 Maret 2022.
https://bairuindra.com/asus-zenbook-14x-oled-ux5400-writing-competition/
Sumber Gambar Dokumentasi Pribadi - MJ Jucutan
Dokumentasi ASUS Official
Dokumentasi Pribadi - Radit Mananta
Dokumentasi Pribadi - gadgetsquad.id

6 komentar:

  1. Laptop 14 inch dengan layar OLED benar2 suatu inovasi nyata dari ASUS. Biasanya kita nemunya hanya di smartphone, kali ini sudah disematkan di laptop.

    ASUS Keren, tq reviewnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mas Ehsan,

      ASUS emg keren kalau soal laptop mas

      Hapus
  2. Lama ga review tekno ya mas, sekali review kece tulisannya.

    setidaknya membuat saya terbuka wawasan akan lajunya perkembangan teknologi di sektor laptop, layar OLED luar biasa ya mas

    ASUS kece badai halilintar dah :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe bisa aja mas,

      iya ni lama ga review2 teknologi, btw ASUS ini bagus banget lo,, aku nulis aj sambil bayangin ni barang

      Hapus
  3. tunggu harga agak turun baru beli, ini laptop idaman cewek2 nih. gasss dit

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan tgu turun Rin,kan kartu kredit ada,, cus lah beli.... mau aku temankan ?

      Hapus

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Diberdayakan oleh Blogger.