Selain Menyenangkan, Ini 8 Manfaat Mendaki Gunung untuk Kesehatan!

misterpangalayo.com - Siapa disini yang hobi mendaki gunung? Kegiatan satu ini memang sangat menyenangkan dan digemari oleh berbagai kalangan. Bukan cuma orang dewasa, namun juga remaja dan anak-anak. Biasanya aktivitas ini dilakukan dengan teman-teman. Melakukan hal bareng teman memang menyenangkan. Mendaki gunung menjadi kegiatan paling tepat bagi yang ingin melupakan sejenak hiruk pikuk dan padatnya perkotaan. Apalagi di Indonesia banyak sekali gunung yang bisa dilakukan untuk mendaki yang tentunya sayang banget buat diabaikan.

Tidak hanya menyenangkan, hobi satu ini juga ternyata menyimpan banyak manfaat baik bagi kesehatan. Penasaran apa saja manfaatnya? Cek list-nya berikut ini.

1. Menguatkan Tulang

Semakin bertambahnya usia, penting sekali untuk berolahraga demi menghindari pengeroposan tulang atau osteoporosis terkait usia. Pada dasarnya, mendaki gunung harus berjalan kaki dan kegiatan ini bisa membantu menjaga kepadatan tulang. Saat mendaki sinar matahari juga kerap menemani para pendaki yang menjadi asupan vitamin D pada tubuh. Vitamin D ini bisa membantu menguatkan tulang.



2. Kualitas Tidur Jadi Meningkat


Kalau belakangan ini kamu kesulitan tidur, coba deh jalan-jalan di luar rumah dengan olahraga atau mendaki. Menurut penelitian di “Journal of Life and Environmental Sciences”, secara umum olahraga dapat membantu seseorang tidur lebih lelap dan nyenyak pada malam hari. Dengan mendaki juga bisa membantu meningkatkan kualitas tidur yang sehat.


3. Menjaga Keseimbangan Tubuh


Jalan yang ditempuh buat mendaki memang gak mudah. Melakukan pendakian membuat seseorang secara tidak langsung melatih menjaga keseimbangan tubuh. Mendaki juga dapat meningkatkan proprioception, yakni kesadaran pikiran mengenai pergerakan dan posisi tubuh dengan lingkungan sekitarnya. Ketika mendaki, otak bakal memproses dan mengukur apa yang dibutuhkan buat mengatasi rintangan.



4. Menurunkan Berat Badan


Saat mendaki ada banyak rintangan yang perlu kita hadapi. Hobi satu ini bisa membantu membakar kalori dalam tubuh. Kalori yang terbakar saat pendakian tergantung pada jenis kelamin, berat badan, serta banyaknya gerak seseorang. Maka dari itu, mendaki bisa menjadi kegiatan buat orang-orang yang mau diet atau menurunkan berat badan.



5. Melatih Otot Tubuh


Mendaki gunung membuat kamu harus menyusuri medan jalan yang berbeda-beda, mulai dari menanjak, dan medan tidak rata. Ini bisa menjadi latihan yang membangun otot-otot dalam tubuh, seperti betis, pinggul, paha, bokong, punggung, dan lengan.



Baca juga : Tips Mengelola Keuangan di tengah Pandemi COVID-19


6. Memperkuat Paru-Paru


Mendaki gunung dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Berbagai bentuk latihan kardiovaskular bisa memperkuat paru-paru. Latihan kardio seperti berlari, menari, mendaki, berjalan kaki, menaiki tangga, dan berenang, terbukti bisa meningkatkan kekuatan paru-paru dan daya tahan tubuh.



7. Mengatasi Stres


Selain menonton film di tv Samsung kesayanganmu, kamu juga bisa mengatasi stres dengan mendaki, lho. Sebuah penelitian menunjukkan, kegiatan yang berkaitan dengan alam bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental seseorang. Mendaki membuat kita melihat indahnya pemandangan alam, sehingga dapat mengurangi tingkat stres yang dialami. Mendaki juga bakal memberikan kebahagian pada seseorang yang mendaki.



8. Tubuh Bisa Istirahat Sejenak Dari Pemakaian Teknologi


Ketika melakukan pendakian, kita cenderung jarang memakai teknologi. Hal ini memberikan tubuh untuk beristirahat sejenak dari penggunaan teknologi yang sering digunakan. Baik itu smartphone, laptop, maupun gadget Nintendo Switch. Penggunaan teknologi menjadi salah satu faktor yang bikin orang mengalami stres. Oleh karena itu, dengan hiking bakal bikin kita terbebas dari segala beban pikiran. 


 

Itulah manfaat mendaki bagi kesehatan yang sudah kita simak bersama di atas.


Tidak ada komentar:

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Diberdayakan oleh Blogger.