Shopee Jadi Brand Paling Top di Indonesia Versi YouGov


misterpangalayo.com - Di Indonesia, persaingan situs belanja online atau lebih dikenal e-commerce sudah tidak bisa terbendung. Beragam platform telah melakukan berbagai jurus untuk menjadi brand paling top dan pilihan utama pengguna. Situs belanja online pada dasarnya tidak hanya melakukan aktivitas jual beli, namun penyebaran dan pemasaran produk (barang dan jasa) dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi.

Shopee adalah satu satu perusahaan e-commerce terbilang paling eksis meramaikan pasar Indonesia yang mulai beroperasi sejak Juni 2015. Shopee merupakan sebuah anak perusahaan dari Garena yang berbasis di Singapura. Meningkatnya penetrasi pengguna gadget membuat PT Shopee Internasional Indonesia melihat peluang baru di dunia e-commerce. Kini Shopee telah menyebar di berbagai Negara di Kawasan Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, Filiphina, dan Indonesia.

Segmentasi pasar yang paling utama adalah mengincar kalangan milenial yang lebih banyak menggunakan gadget apalagi dalam kegiatan memilih barang tanpa ribet atau dalam sentuhan jari. Kesuksesan bisnis Shopee ini karena perusahaan sangat konsisten memfokuskan bisnisnya untuk menghadirkan pengalaman berbelanja melalui ponsel yang mudah digunakan.

Beberapa keunggulan Shopee :
  • Menjual barang dengan cukup cepat dan dapat dilakukan hanya dalam waktu 30 detik. 
  • Memudahkan si penjual dalam memasarkan barang dagangannya dengan fitur foto. Sehingga bisa mengunggah foto barang hingga Sembilan foto. Hal ini dimaksudkan pembeli bisa menilik lebih jeli tentang barang yang akan ia beli. 
  • Ada fitur pemberitahuan tentang sistem pembayaran sampai dengan penyelesaian transaksi. Sehingga memudahkan penjual dalam mengecek transaksi jual beli online. 
  • Memberi kemudahan dalam memilih produk seperti memilih varian motif, warna hingga ukuran. Jadi jangan khawatir apabila tidak sesuai. 
  • Memiliki layanan gratis ongkis atau ongkos kirim. 
  • Memiliki layanan terbaru yang bisa digunakan untuk membayar tagihan listrik PLN. 
  • Memiliki tampilan yang dikemas menarik dan dapat digunakan dengan mudah walaupun oleh pengguna yang baru. 
  • Menghadirkan fitur Live Chat yang memudahkan pembeli agar bisa langsung berbicara dengan si penjual untuk bisa bertransaksi atau bernegosiasi. Fitur ini sangat memudahkan pengguna shopee karena mengingat pada situs e-commerce atau aplikasi yang lain yang harus menyimpan nomor telepon terlebih dahulu ketiks ingin bertransaksi. 
  • Memiliki fitur tawar menawar yang memungkinkan si pembeli untuk menawar harga. 
  • Memiliki fitur berbagi yang lengkap agar dengan mudah menyebarkan info ke berbagai situs media sosial atau aplikasi messenger, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Line, Pinterest, Whatsapp. 
  • Shopee mengintegrasikan fitur media sosial yang mencakup fungsi hashtag, agar mempermudah pengguna dalam mencari barang atau produk yang sedang popular atau untuk mengikuti tren produk terbaru secara mudah.


Berdasarkan Map E-Commerce yang dirilis oleh iprice.co.id, Shopee berhasil mempertahankan posisi pertamanya sebagai top e-commerce selama sepuluh kuartal berturut-turut berdasarkan ranking di PlayStore. Pada kuartal II 2019, Shopee juga memimpin pada kategori ranking AppStore.

Namun kabar mengejutkan, Shopee telah memperoleh predikat Top Brand oleh YouGov BrandIndex yang menempatkan Shopee sebagai brand terbaik nomor satu di Indonesia pada tahun 2019. Perusahaan e-commerce ini memperoleh skor tertinggi, yaitu 59.6. Brand terbaik berikutnya ditempati WhatsApp dengan skor 57.5, dan Indomie di peringkat ketiga dengan skor 56.8. Disusul brand populer lainnya di Indonesia yaitu YouTube, Samsung, Garuda Indonesia, dan Aqua.


YouGov adalah perusahaan riset asal Inggris yang menyajikan data akurat secara realtime dan berkelanjutan. Data YouGov diperoleh dari insight masyarakat seluruh dunia tentang apa yang mereka pikirkan dan lakukan mengenai brand tersebut.

Ada pun indikator penilaian yang digunakan meliputi kesan, kualitas, nilai, kepuasan, rekomendasi, dan reputasi. Nantinya, perusahaan atau institusi dapat memberikan pelayanan yang lebih baik terhadap masyarakat.

Pencapaian Shopee sebagai Top Brand YouGov BrandIndex tentu tak lepas dari bentuk komitmen yang tinggi. Shopee menjalin komitmen yang tinggi untuk para penjual, karyawan, dan pengguna setia bisnis daring tersebut.

Indonesia menjadi pangsa pasar terbesar di Asia Tenggara bagi pemain e-commerce. Dengan jumlah penduduk mencapai lebih dari 269 juta jiwa dan tingginya penggunaan telepon pintar yang diproyeksi akan terus meningkat membuat Shopee akan terus meningkatkan inovasi.

No comments:

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.