Prajurit TNI AU Lanud Supadio Ikutan Edukasi Safety Riding


misterpangalayo.com – Dalam rangka menyambut HUT POMAU TNI Angkatan Udara Lanud Supadio yang Ke- 73, Panitia POMAU TNI AU bekerjasama dengan PT. Astra International Tbk – Honda memberikan paparan edukasi safety riding di keluarga besar TNI Lanud Supadio.

Guna meningkatkan tertib berlalu lintas pengendara motor, Astra Motor Pontianak menggelar Edukasi Safety Riding Berkendara yang aman dengan tema "Meningkatkan kesadaran keselamatan berkendara". 

Prajurit TNI AU Lanud Supadio Ikutan Edukasi Safety Riding

Kegiatan ini di gelar pada tanggal 16 Oktober 2019 di Gedung Serba Guna Pangkalan TNI AU Lanud Supadio yang diikuti oleh 200 prajuit yang berasal dari berbagai kesatuan yang ada di Pangkalan TNI Lanud Supadio.

Banyak program yang di tawarkan dari team safety riding guna mendukung kegiatan ini, diantaranya Edukasi Keselamatan berkendara yang di sampaikan langsung oleh Instruktur Safety Riding dony adrian, Pameran Unit dari dealer CV Anugrah Sentosa bagi peserta yang memiliki kendaraan motor Honda. Dalam kesempatan ini juga Komandan Lanud Supadio berkesempatan mencoba mengendarai motor Honda ADV150.

Prajurit TNI AU Lanud Supadio Ikutan Edukasi Safety Riding

Diakhir sessi peserta di uji coba dengan menggunakan unit riding test Honda ADV150 dan All New CB150R melewati rintangan yang sudah di siapkan yang tertujuan untuk melatih skill saat di jalan raya.

Marketing Region Head Astra Motor Pontianak Julius Armando mengatakan lembaga pemerintahan instansi khususnya prajurit TNI Angkatan Udara sama-sama memiliki peranan penting dalam upaya menjaga keselamatan berkendara. Keselamatan pengendara/penumpang menjadi prioritas utama yang harus diedukasi.
“Untuk itu melalui edukasi ini, kami harapkan peseerta dapat menciptakan budaya tertib lalulintas dan memberikan pengaruh yang positif kepada pengendara lainnya.”ungkap Julius.
“Kita sebagai pengendara, harus lebih peduli lagi terhadap peraturan lalulintas, dan tidak lupa harus melindungi diri sendiri pada saat berkendara, bisa dengan menggunakan perlengkapan berkendara dan bisa juga dengan melakukan pengecekan kondisi kendaraan.” Ujar Budi salah satu peserta.
Bukan hanya mereka saja, kita sebagai pengendara, harus lebih peduli lagi terhadap peraturan lalulintas dan ingat tidak lupa harus melindungi diri sendiri pada saat berkendara, bisa dengan menggunakan perlengkapan berkendara dan bisa juga dengan melakukan pengecekan kondisi kendaraan. 

Prajurit TNI AU Lanud Supadio Ikutan Edukasi Safety Riding

Berikut sedikit tips untuk kamu dalam menerapkan Safety Riding dalam kehidupan sehari-hari:
  • Kelengkapan kendaraan pemotor standar. 
  • Kaca spion wajib ada 2 buah, di kiri dan kanan. 
  • Lampu depan, lampu re, riting kiri-kanan, klakson yang berfungsi. 
  • STNK dan SIM selalu siap atau tidak expired. 
  • Plat nomor depan belakang 
  • Memakai perlengkapan safety riding yang relatif paling aman apabila tanpa disengaja terjebak dalam situasi terburuk. 
  • Sarung tangan sebaiknya memiliki lapisan yang dapat menutupi kedua belah tangan dan bahan yang dapat menyerap 
  • keringat serta tidak licin saat memegang grip atau handle motor disarankan yang ada pelindung kerasnya atau hard protector. 
  • Jaket, sebaiknya mampu melindungi seluruh bagian tubuh baik dari terpaan angin maupun efek negatif kala terjadi benturan kecil maupun besar. 
  • Helm, rider disarankan menggunakan helm full face sedangkan untuk penumpang diharapkan menggunakan minimal Open 
  • Face sebaiknya mampu memberikan proteksi lebih kepada kepala. Poin ini yang selalu dilewatkan oleh tipikal bikers pengguna helm catok atau helm proyek atau sejenisnya. 
  • Sepatu, haruslah mampu memberikan kenyamanan serta keamanan bagi seluruh lapisan kaki. Menggunakan sepatu yang tertutup hingga tumit atau boots. 
  • Mematuhi perarturan lalu lintas, paham rambu-rambu lalu lintas. 
  • Hindari berkendara agresif. Sabar dan sopan dalam berkendara. 
  • Mengerti posisi sesama pengendara/pemakai jalan bahwa jalan raya digunakan untuk bersama.
Demikianlah keseruan kegiatan safety riding Astra Motor yang ditujukan kepada para TNI AU di Lanud Supadio, seru yaa. Tunggu informasi menarik lainnya di blog ini ya.


Tidak ada komentar:

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Diberdayakan oleh Blogger.