My Lovelist on Prelo, Kualitas Asli dan Bergaransi

misterpangalayo.com - Saya adalah tipikal orang yang senang berbelanja online terutama dengan budget yang sangat kecil. Ketika saya membaca tentang produk preloved berkualitas, saya pasti akan menelitinya, mempertimbangkan pro dan kontra untuk membelinya, serta selalu bertanya-tanya "kapan dan apakah" saya benar-benar dapat membelinya. Mungkin butuh waktu berbulan-bulan sebelum budget saya tercapai, atau bahkan tidak pernah sama sekali untuk membelinya.

Inilah filosofi yang saya gunakan untuk barang-barang favorit saya, apakah barang tersebut mahal atau bahkan barang yang jauh lebih murah. Tapi, saya butuh daftar (lovelist) yang membuat semua ide saya tetap bersama sampai saat yang tepat. Oleh karena itu, saya membuat Daftar Belanja Prelo yang indah dan cerdas.

Saya adalah pengguna Prelo yang setia. Saya suka fitur Prelo "Sistem Rekening Bersama" yang memfasilitasi semua transaksi pengguna dalam platform dan pastinya membuat saya sebagai penggunanya merasa aman dan nyaman, serta kepraktisan berbelanjanya. Selain itu, Prelo menyediakan lingkungan belanja online yang aman, dimana membuat saya bisa membeli barang bekas yang autentik dengan tenang. Kesimpulannya adalah My Lovelist on Prelo telah membuat hidup saya semakin indah.

gifs website

Menyinggung Prelo, saya yakin sebagian teman-teman yang sedang membaca artikel ini bertanya-tanya sambil mengernyitkan dahi, apa itu Prelo? Trus keunggulannya apa aja, min ? Mari saya tunjukkan.

Prelo merupakan marketplace online untuk barang preloved yang berkualitas dan asli alias ‘no KW’ di Indonesia. Dengan kata lain, kehadiran Prelo berperan penting melawan produk bajakan terutama barang-barang bekas yang terus membanjiri pasar online di tanah air. Menurut laporan dari Special 301 Report oleh Kantor Perwakilan Dagang AS (US Trade Representative’s Office), Indonesia merupakan 1 dari 11 negara di dunia yang sering melanggar hak aset intelektual. Ini benar-benar sesuatu yang buruk di mata dunia.

Fransiska Hadiwidjana selaku CEO dan founder Prelo mengklaim bahwa alasan tersebutlah yang mendorongnya membangun Prelo dan melawan pembajakan dengan mengkurasi semua barang yang dijual melalui platform. Bagaimana caranya ? Tim internal dan algoritma khusus dari Prelo mampu mengidentifikasi produk yang mencurigakan dengan membandingkannya dengan produk lain dalam domain publik berdasarkan deskripsi, merk, model, dan berbagai atribut lainnya.

Keunggulan yang ada pada perusahaan ini adalah kualitas produk yang dijual. Hal yang sangat penting untuk perusahaan e-commerce, terlebih lagi marketplace untuk barang second. Dengan sistem kurasi dan garansi produk asli, saya bisa berbelanja dengan tenang tanpa perlu takut barang tersebut tidak asli.


Logo Design by FlamingText.com

Prelo bekerja seperti mobile classifieds, dimana orang bisa membeli dan menjual barang dengan cepat dan mudah. Ini ditujukan untuk orang-orang yang ingin membeli dan menjual barang bekas yang berkualitas dan asli. Hal ini sejalan dengan filosopi logo Prelo yaitu menyerupai bentuk lingkaran yang diadaptasi dari Universal Recycling Symbol, simbol yang merepresentasikan inti bisnisnya sebagai suatu e-niaga yang melayani jual beli barang bekas berkualitas.

Prelo mulai beroperasi pada November 2015 lalu dan start-up asal Bandung ini telah memfasilitasi transaksi senilai lebih dari 1 juta dollar AS (Rp13 miliar). Saat ini Prelo sudah memiliki puluhan ribu pengguna aktif setiap bulannya dan memiliki 200.000 produk yang tersedia dalam platform.

Berikut adalah panduan berbelanja di Prelo

1. MULAI

Seperti yang saya katakan di atas, menggunakan Prelo sangat mudah.

Yang perlu Anda lakukan adalah:
  • Download aplikasinya di smartphone. Aplikasi Prelo bisa dipasang untuk perangkat Android dan iOS. Caranya sangat mudah, tidak jauh berbeda dengan men-download aplikasi pada umumnya.
Tampilan pada perangkat Android yang saya gunakan

  • Mendaftar untuk membuat akun Prelo. Ada dua cara proses pendaftaran, pertama yang perlu dilakukan untuk mendaftar adalah membuat username, memasukkan alamat email yang valid, membuat kata sandi dan memasukkan nama lengkap. Cara kedua jauh lebih simple yaitu cukup mendaftar dengan akun facebook.
Tampilan awal saat sign-in
Setelah melewati tahap pendaftaran tahap demi tahap dan akhirnya akun Anda sudah terverifikasi. Maka Anda sudah siap untuk menjual atau bahkan membeli barang.


2. MENAVIGASI PLATFORM

Prelo adalah sebuah platform yang cukup sederhana untuk dinavigasi. Di halaman utama aplikasi ini, Anda akan melihat produk-produk preloved yang telah terdaftar pengguna lain untuk dijual. Anda juga akan melihat bilah penelusuran yang dapat Anda gunakan untuk mencari barang, sangat lengkap dan komplit.

Dari beranda, Anda dapat melihat kategori, seperti "women, men, beauty, book, gadget, antique, hobby, baby and kid, dan juga ada living. Sebaiknya kita melihat-lihat melalui tab kategori tersebut, sehingga Anda dapat melihat di mana barang yang ingin Anda beli dan untuk melihat barang apa yang orang lain jual.


Halaman Beranda

Aplikasi Prelo tidak hanya bisa menjual barang Anda secara online dengan mudah tapi Anda juga bisa menemukan barang murah dengan aman, cepat, dan nyaman. Jika Anda ingin menjual sesuatu, maka yang perlu Anda lakukan hanyalah klik pada opsi "JUAL", dan dari sana, Anda dapat menjepret foto dan mengobrol dengan pengguna lain begitu iklan Anda ditayangkan. 


3. MEMBELI BARANG DI PRELO

Langkah selanjutnya adalah memilih barang yang akan dibeli di Prelo.
  1. Cari barang bekas berkualitas yang kamu inginkan, baca detail produk dengan seksama. lalu klik BELI untuk melanjutkan ke halaman Checkout.
  2. Di halaman Checkout, isi Data Kamu dan Alamat Pengiriman, pilih Metode Pembayaran, klik LANJUT KE PEMBAYARAN.
  3. Checkout berhasil. Silakan bayar melalui transfer ke rekening bank yang sudah kamu pilih.
  4. Untuk melakukan konfirmasi pembayaran, masuk ke Belanjaan Saya, pilih transaksi yang akan dikonfirmasi, kemudian klik KONFIRMASI PEMBAYARAN.
  5. Di halaman Konfirmasi Pembayaran, klik tombol KONFIRMASI TRANSFER. Isi Form Konfirmasi, lalu klik KIRIM KONFIRMASI.


Setelah melakukan pembelian, tahap selanjutnya adalah menerima barang.
  1. Kamu akan mendapat notifikasi barang bekas berkualitasmu sudah dikirim penjual. Jika barang telah sampai, kamu harus melakukan konfirmasi penerimaan.  
  2. Pilih menu Belanjaan Saya, pilih transaksi yang sesuai.   
  3. Klik REVIEW PENJUAL.  
  4. Beri kesan dan pesan tentang penjual dengan memberi review sesuai jumlah hati, isi komentar, lalu klik KONFIRMASI PENERIMAAN.

4. ALUR TRANSAKSI JUAL-BELI



Keterangan:      
  1. Pembeli memesan barang bekas berkualitas di Prelo     
  2. Pembeli melakukan pembayaran melalui Rekening Bersama Prelo     
  3. Prelo memberikan notifikasi kepada Penjual bahwa ada yang membeli barang bekas berkualitasnya     
  4. Penjual mengirimkan barang bekas berkualitas tersebut kepada Pembeli    
  5. Penjual melakukan Konfirmasi Pengiriman ke Prelo     
  6. Barang sampai di tangan Pembeli     
  7. Pembeli melakukan konfirmasi penerimaan dengan cara memberikan REVIEW     
  8. Prelo memberikan hasil penjualan kepada Seller melalui Prelo Balance.


Logo Design by FlamingText.com

Jika Anda ingin mendapatkan Voucher Gratis dari Aplikasi Mobile Prelo Anda wajib memasukan kode referral inputkan “RADITMANANTAWMMZQY” dan klik sumbit. Jika Anda tidak memasukan kode referral tersebut otomatis voucher tidak akan didapatkan. Untuk voucher bisa dipergunakan untuk transaksi belanja online di aplikasi tersebut otomatis akan terpotong sebanyak IDR 25k di ambil dari voucher gratis. Untuk pembelian dibawah IDR 25k Anda akan mendapatkan barang secara cuma-cuma alias gratis.

Logo Design by FlamingText.com

1. Kamera Mirroless untuk Traveling

Sebagai travel blogger, apabila sedang solo traveling ke tempat bagus, memakai baju yang keren, atau mencoba kuliner lezat menjadi kurang pas jika tidak diabadikan. Maka dari itu, saya sangat membutuhkan kamera mirrorless yang cocok menjadi teman berlibur karena bobotnya yang ringan dan hasil foto yang tak kalah dengan DSLR. Selain itu, pengoprasiannya pun tak serumit kamera DSLR namun dengan kualitas gambar yang hampir menyamai.

DSLR X Mirroless - Location : Pandawa Beach

Tidak terlalu banyak membawa barang bawaan saat traveling sangat mendukung gerak dan aktivitas saya. Sebelumnya, saya biasa membawa kamera DSLR yang terlalu berat untuk dibawa. Mungkin kamera smartphone atau kamera poket bisa menjadi alternatif, tapi berbicara masalah kualitas gambar pastinya mirroless lebih cocok untuk seorang travel blogger sebagai kamera profesional.

Untungnya, setelah saya kepoin Prelo, ada pelapak yang menjual kamera mirroless FujiFilm X-A2 bekas. Keterangan pelapak menyebutkan bahwa kondisi barang masih "Like New" 98-99%, walaupun minus tutup depan lensa. Alasan jual karena jarang dipakai. Selain itu, pelapak juga menerima COD area Jakarta dan kirim ke seluruh Indonesia.


Penjual : Tina Kamaruddin
Harga : Rp 5.700.000 (Nego)

2. Jam Tangan Pintar

Selain kamera mirroless, saya juga membutuhkan jam tangan. Saya adalah tipikal cowok sangat sangat memperhatikan penampilan, karena itu saya tidak bisa lepas dari jam tangan. Aksesori tersebut digunakan sebagai pelengkap gaya saat traveling. Bagi saya, jam tangan tidak hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu, tapi juga bisa memperkuat karakter cowok.

Yang paling penting nih, saya harus cerdas dalam memilih jam tangan yang cocok untuk traveling. Hindari memakai jam yang talinya berbahan logam atau kulit. Saat berkeringat, tali jam dari logam dan kulit akan lebih cepat rusak, berubah warna, dan berbau ketika menyerap keringat. Belum lagi risiko tali jam rusak ketika tersenggol benda tajam seperti batu karang dan pasir pantai. Maka dari itu, saya memilih jam tangan yang talinya dari karet atau plastik, tahan air dan anti gores, supaya saya tidak khawatir jika tiba-tiba turun hujan atau terbentur.

Jam tangan pintar (smartwatch) adalah solusi untuk tampil gaya dan stylish, serta penggunaan jam pintar juga akan memudahkan aktivitas saya saat traveling. Untungnya, ada pelapak yang menjual barang yang saya inginkan, yaitu Sony Smartwatch 2 second. Keterangan pelapak mengklaim bahwa barang yang dijual masih sangat mulus dan lengkap.


Penjual : Jeffry Leonard Gunawi
Harga : Rp 1.350.000

3. Parfume

Bagi saya, parfum mungkin sekedar pewangi tubuh dan terhindar dari bau badan. Namun, semakin bertambahnya usia menjadi seorang pria dewasa, parfum menjadi benda wajib yang harus dimiliki. Selain itu, bau-bauan terbukti nyata juga dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk lawan jenis.

Ketika traveling, saya sangat banyak beraktivitas baik indoor maupun outdoor. Untuk mengindari hal yang tidak diinginkan, seperti bau keringat. Parfum menjadi benda wajib yang selalu saya bawa, selain kamera. Tubuh wangi bukan hanya saya yang menyukainya, tapi orang lain yang tertarik saat mencium baunya juga sesuai harapan saya karena wangi tersebut akan mewakili karakteristik personal.

Pelapak bernama Ayu menjual parfum khusus pria 100% Original. Garansi uang kembali 3x lipat apabila barang tersebut tidak asli atau KW. Hal ini semakin membuat saya ingin membeli barang ini. Harga yang dibanderol juga tidak mahal yaitu Rp 375.000 per unit. 


Penjual : Ayu
Harga :  Rp 375.000

Logo Design by FlamingText.com

Membuat daftar barang yang ingin dibeli di Prelo, sama pentingnya seperti membuat sebuah itinerary atau rencana perjalanan yang selalu saya persiapkan dengan cermat sebelum traveling. Karena ia akan menjadi teman dan panduan dasar dalam ‘menaklukkan’ destinasi yang saya tuju. Begitu juga saat menulis daftar belanja, saya telah menanamkan kesadaran dalam diri untuk membeli barang yang benar-benar saya butuhkan saja. Hal ini membuat saya lebih mudah menahan diri untuk tidak membeli barang di luar daftar belanjaan saya.

Prelo, start-up yang berbasis di Bandung yang memberikan garansi keamanan berbelanja dan jaminan uang kembali, apabila barang yang diterima ternayata rusak, tidak sesuai gambar, atau bahkan tidak asli (KW). Semua yang dijual di Prelo adalah barang-barang bekas atau tak terpakai yang asli. 

Brand Values yang dimiliki Prelo adalah Autensitas (Prelo menghargai dan melindungi hak kekayaan intelektual), Aman (Prelo menjamin keamanan transaksi bagi penggunanya), Layanan Cepat (proses pengembangan yang cepat, layanan pengguna yang tangkas, dan performa aplikasi yang baik), Sosial (Prelo memfasilitasi interaksi antar pengguna), dan yang terakhir Green Money (model bisnis Prelo menjunjung tinggi ekonomi hijau).

Nah, buat kamu yang ingin berbelanja online jangan lupa mampir ke prelo.co.id atau langsung download aplikasi mobile-nya. Segera daftar bagi yang belum mendaftar agar bisa menikmati voucher, bonus referral, dan lainnya. Selain bisa membeli barang kamu juga bisa berjualan di Prelo.

*Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam Prelo Blog Competition Vol. 2 dengan tema " My Lovelist on Prelo".

38 comments:

  1. Wah baru tau ada aplikasi Prelo. Makasih ulasannya. Wajib download nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus tu... Download ya.... Jangan lupa kode referralnya tu

      Delete
  2. pengen juga beli kamera miroles buat tugas kuliah, tapi masih blm ada dana, catat whislist lagi hehe. Di prelo semua emang ada ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaallah ada mas.. tergantung para pelapak yg dagang.... 😊

      Delete
  3. Waah... Sekarang makin menjamur ya toko online, jadi mudah konsumen memilih toko yang sesuai dengan keinginan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uniknya Prelo Hny jual barang yang original. Garansi kalau barang tersebut kw atau tdk sesuai gambar

      Delete
    2. Iya mas .. Prelo hadir utk melawan pembajakan gtu...

      Delete
  4. Asyik.
    Makin banyak saja nih ol-shop keren yg nyaman banget buat blanja-blanji..

    Salam siang dari Lombok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak hadir dg keunggulan tersendiri... Cobain ya mbak

      Delete
  5. Wah baru tau nh toko online yg baru ini.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buatan asli anak Bandung mbak... Buatan anak negri 😍

      Delete
  6. Ternyata ada app baru ya,, boleh ni dicoba. Thanks ulasannya bro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa pake kode referralnya di atas ya..biar dpt bonus.. cusss download dan daftar

      Delete
  7. Recomended banget. Cus download aplikasi prelo

    ReplyDelete
  8. Hmm. cukup mudah sepertinya, boleh di coba nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Tyo kan jualan online.. harus pake Prelo ya biar saya bisa belanja produk mas Tyo...

      Delete
  9. Saya juga mau dong kameranya, soalnya lagi perlu kamera nih buat ngevlog, belinya lewat prelo aja ya biar lebih murah

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak vlogger yah,, waaah,,,,, rekomended tuh mirroless

      Delete
  10. Menjamur barang KW, bisa jadi pilihan ketika butuh banget nyari barang ORI nih 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak... Barang kw bukan sekedar barang kw... Barang kw d Prelo dijamin original....😊😍

      Delete
  11. Informatif sekali, perlu dicoba nih buat milih2 aksesoris travellingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sikaaaat maaas..kepoin barang 2nd di Prelo...

      Delete
  12. Idenya keren...ini.
    Prelo.
    Aplikasi yang memfasilitasi penjual dan pembeli dengan aman dan terpercaya.

    Uda lama pingin download apps ini.
    Kebetulan ada barang yang aku cari dengan kualitas oke.
    Buku.

    Hehehe...nanti pake kode referalnya.
    Haturnuhun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak... Dipake ya kode referralnya ...

      Matur nuwun

      Delete
  13. Pingin nyoba nih belanja di prelo, kayanya menggiurkan

    ReplyDelete
  14. wah, keren2 lovelist-nya. bikin mupeng aja. semoga terkabul ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin ya Allah...

      Matur nuwun mbak 😊😊

      Delete
  15. Wah pengen juga beli mirrorless buat gaya-gayaan dan biar bisa upload di IG sambil bawa mirrorless :D

    ReplyDelete
  16. Aplikasi yang baru saya dengar nampaknya keren nih, perlu dicoba....​ Apalagi ulasannya lengkap begini... Makasih gan...​

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mas bro... Thanks udah visit..

      Harus dicoba ya mas.. tuh kode referralnya jg lupa biar dpt bonus 😊

      Delete
  17. Prelo ini platform untuk ori semua ya? Wah ini banget nih, kebanyakan toko online sekarang sering buat kecele alias ketipu. Bilangnya ori eh ternyata KW super dll gitu. Boleh banget ini saya coba download. Terimakasih ulasan lengkapnya, Mas.

    Anyway, semoga menang ya soalnya ulasannya lengkap dan mudah dimengerti hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau dblg lengkap.. kalau download coba pake kode referralnya ya mbak.

      Oh iya mbak. Amin ya atas doanya 😊😍

      Delete
  18. semoga wishlistnya segera tercapai ya mas... saya juga ada beberapa wishlist di prelo yang belo kesampean, masih usaha ngumpulin duit dengan jualan dulu di prelo.. hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih.. prioritas mirroless 😍prkts dbwa kmn2.

      Wah moga lancar jaya ya lapaknya

      Delete

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.