Header Ads

Menikmati Secangkir Sejarah di Rusen Kopitiam Singkawang

misterpangalayo.com - Singkawang adalah sebuah kota yang terletak sekitar 145 km sebelah utara dari Kota Pontianak, ibukota provinsi Kalimantan Barat. Soal keindahan dan panorama alam jangan ditanya lagi, kota pecinan terbesar di Indonesia ini dikelilingi oleh pegunungan Pasi, Poteng, dan Sakok.

Penginapan Rusen Singkawang
Klenteng Tri Dharma Bumi Raya & Rusen Kopitiam

Jika kamu sudah puas dengan wisata alam dan kulinernya, pasti kurang lengkap jika belum menikmati suasana kotanya. Sebagai daerah yang masih kental dengan tradisi, Singkawang ternyata memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Dari berbagai tempat yang rekomended, Rusen Kopitiam salah satu destinasi yang harus kamu kunjungi.

Rusen Kopitiam Singkawang

Rusen Kopitiam terletak di Jalan Niaga tepatnya di tikungan Vihara Tri Dharma Bumi Raya yang menjadi Ikon Kota Singkawang. Pasca launching tanggal 11 Desember 2017, bangunan tua yang sempat terbengkalai ini berubah menjadi bangunan yang sangat layak dan menyenangkan untuk bersantai sambil menikmati hiruk pikuk pusat kota Singkawang.

Sebelum menjadi warung kopi, bangunan ini difungsikan sebagai losmen dengan nama Penginapan Rusen yang berdiri sejak tahun 1955. Penginapan ini pada zamannya menjadi penginapan paling top yang sangat ramai dikunjungi. Rusen sendiri berasal dari gabungan nama anak pemilik penginapan tersebut.


Penginapan Rusen tahun 1955 

Beriringnya waktu, bangunan ini mulai terbengkalai begitu lamanya dan dibeli oleh pengusaha Tionghoa dan terus berpindah tangan hingga ke pemilik sekarang. Itulah perjalanan singkat Penginapan Rusen hingga menjadi Warung Kopi, dan sejak tahun 1955 menjadi saksi bisu perjalanan sejarah kota Singkawang.

Suasana lantai dasar


Dewasa ini, bangunan Rusen tersebut menjelma menjadi ikon baru Kota Singkawang, menjadi destinasi nongkrong wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Berlantai dua dengan ornamen kayu yang kental akan nuansa klasiknya. Ditambah lagi, banyak foto-foto lawas kota Singkawang yang berderet rapi menghiasi dinding bangunan merangsang daya pikat warkop.

Ketika bersantai dilantai satu, pemandangan langsung menghadap Pekong Tua (Vihara Tri Dharma Bumi Raya) ditambah dengan angin sepoi-sepoi yang datang dari arah sungai Singkawang. Di lantai dua, space lebih luas untuk bersantai khususnya anak-anak usia produktif yang lebih suka menghabiskan waktu bersama teman-temannya.

Suasana lantai atas dengan kapasitas lebih banyak 

Selain itu, dilantai atas tersedia tempat duduk di samping jendela agar pengunjung bisa melihat pemandangan kota Singkawang dari atas. Tidak hanya bersantai, jangan lupa untuk order makanan dan minuman yang ada dijual di Rusen Kopitiam. Beragam menu minuman, mulai dari kopi hingga teh, dari hangat hingga dingin, dan tentunya dengan harga terjangkau di kantong mahasiswa, serta Warkop Rusen juga menyediakan menu makan, mulai dari berat, ringan hingga snack.

Ayam Lada Hitam, salah satu makanan favorite admin juga dijual di Rusen

Toilet merupakan fasilitas pendukung yang mempunyai peran penting dalam memenangkan persaingan.

Ketika saya menulis artikel ini, saya duduk di lantai atas tepatnya di sisi jendela yang pemandangannya mengarah langsung ke Pekong Tua Singkawang. Angin berhembus membuat cuaca panas menjadi tak terasa, sangat adem seperti berada di pegunungan. Sangat rekomended untuk kamu yang berniat ke sini untuk menulis skripsi, blog, bahkan surat cinta.

Penginapan Rusen Kota Singkawang


Berdasarkan pengalaman saya, Lantai dasar lebih cocok ditujukan kepada pelanggan yang berkeluarga, dan lantai dua ditujukan untuk pelanggan usia remaja. Yuk move on sebentar dari panorama alam di Singkawang, kemudian beralih menuju pusat kota dan bersantai di Rusen Kopitiam sambil menikmati keindahan Cagar Budaya Klenteng Tri Dharma Bumi Raya Singkawang.

Kamu bisa menikmati pemandangan klenteng dan hiruk pikuk pusat kota, apalagi saat malam hari di bangunan yang memiliki 2 lantai tersebut kamu akan disuguhi penampakan kota dengan gemerlap cahaya bagai bintang yang bertaburan. Cantik sekali kan? Kamu bisa datang langsung menuju Rusen Kopitiam.

Juru Parkirnya sangat membuat nyaman pengunjung dan menjaga keramahtamahan pesona wisata kota Singkawang. Saat hujan melanda, helm para pengunjung satu per satu diamankan agar tak terkena air hujan. Good Job, Om Parkir.

#PastiKeSingkawang
#GenPISingkawang
#GenPI
#WisataHeritage
#WisataSingkawang

6 comments:

  1. Kopitiam, Kopitiam~~~ di Malang juga ada tuh bang. Apa aslinya dari Singkawang ya? Smaa seperti di Surabaya tuh, jalanan yang bangunannya lama model Belanda jadi pusat CFD, jadi ikon juga di sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kopitiam atau kedai kopi berasal dari Malaysia bro

      Delete
  2. Tempatnya lapang dan cozy. Sepertinya nyaman duduk berjam-jam di sini sambil ngeblog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup enak bgt,, palagi di lantai dasar... menghadap jendela.. anginnya sepoi2 bikin adem jiwa

      Delete
  3. Rame banget penginapan Rusen zaman tahun 1955. tapi aku lebih suka ngeliat pas udah diperbaiki dan diubah menjadi kopi tiam rusen sih.

    ReplyDelete

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.