Lahirnya GenPI Kota Singkawang, Siap Promosikan Potensi Pariwisata

misterpangalayo.com - Sebagai blogger yang hobi menulis tentang pengalaman dalam mengunjungi suatu destinasi wisata atau bahkan menulis tempat wisata yang belum pernah kunjungi, saya sangat ANTUSIAS saat mendengar desas desus lahirnya GenPI di Kota Singkawang. Sejak tahun 2016, saya sudah mendambakan hadirnya komunitas Generasi Pesona Indonesia atau yang biasa disingkat GenPI di Kalimantan Barat.

Saya ingat betul, akhir tahun 2016 lalu, saya dan teman-teman komunitas Travel Blogger Indonesia melakukan famtrip ke Pulau Madura. Selama berwisata dari satu tempat ke tempat lain, kami selalu membahas (sebut saja: GenPI) komunitas volunteer pariwisata yang dibentuk oleh Kemenpar RI dalam mempromosikan kegiatan pariwisata Indonesia.

Saat itu, GenPI baru ada di 4 provinsi, yakni Jabar, Aceh, Sumbar dan NTB. Dewasa ini, sudah diatas 15 komunitas yang berdiri dan Kota Singkawang adalah satu diantaranya. Menjadi bagian dari #GenPISingkawang, saya banyak bersyukur atas amanat pariwisata yang saya dan teman-teman sandang saat ini.


Sesi Foto Anggota GenPI Singkawang bersama Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kota Singkawang


Apa itu GenPI ?


GenPI adalah kepanjangan dari Generasi Pesona Indonesia. GenPI adalah komunitas netizen (termasuk blogger) yang suka seputar dunia kepariwisataan. Terutama buat travel blogger dan nitizen yang suka piknik, suka kulineran, suka foto atau jalan-jalan ke destinasi wisata sangat rekomended untuk bergabung di komunitas GenPI, karena sifatnya relawan serta komunitas ini dibentuk langsung oleh Kementerian Pariwisata RI.

GenPI sangat berfokus pada bagaimana cara mempromosi wisata melalui teknologi digital dengan mengoptimalkan penggunaan blog dan medsos. Kelompok ini lebih dikenal sebagai "Laskar Digital". 


Selain blog / website, saat ini terdapat 4 target medsos yang selalu digunakan untuk optimalkan memasarkan pariwisata, yakni Twitter, Facebook, Instagram dan Youtube. 


Lahirnya GenPI Singkawang, Angin Segar Dunia Pariwisata

Semangat generasi muda Kota Singkawang menyebarkan virus positif untuk pariwisata makin menggelora. Buktinya pada Rabu (28/3/2018) dideklarasikan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Singkawang. Deklarasi digelar di Aula Hotel Dangau, Jl. Ahmad Yani Komplek Dangau Resort Singkawang.

Deklarasi dipimpin langsung oleh Pak Bosni selaku Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Singkawang. Usai deklarasi, acara dilanjutkan dengan pelantikan Ketua Umum GenPI dan logo GenPI Singkawang. Hasil rapat anggota GenPi yang hadir, maka diputuskan Ahmadi MS menjabat sebagai Ketua Umum GenPI Singkawang.


Kiri: Ahmadi MS || Kanan: Pak Bosni

GenPI Singkawang diharapkan dapat turut serta membantu Kemenpar RI dan Disbudpar Kalimantan Barat dalam segala ajang terkait dengan visi dan misi pengembangan pariwisata di Singkawang dan Kalimantan Barat. Viral dan trending topic menjadi target utama dari GenPI Singkawang.

Selain itu optimis untuk terlibat dan memberikan manfaat untuk Indonesia. GenPI Singkawang bakal mengenalkan destinasi baru, potensi potensi budaya dan kuliner kepada Indonesia dan dunia. Genpi Singkawang juga ajab mengorkestrasi kegiatan offline seperti pelatihan, diskusi dan fam trip kedepannya.

Makna Logo GenPI Singkawang

Font Singkawang dan GenPI mengikuti font Wonderful Indonesia. Karena GenPI adalah komunitas atau blogger yang menyukai pariwisata, kuliner, fotografi, dan lainnya yang dibentuk oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.



Icon / Logo. Huruf P pada tulisan GenPI dibentuk seperti huruf S yang mewakili huruf awalan nama kota, yaitu kota Singkawang.

Warna pada Icon / Logo yang diambil dari P pada GenPI, menggunakan warna dari Wonderful Indonesia. Melambangkan atau mengidentitaskan dari program kerja Kementrian Pariwisata Republik Indonesia.

Pembentukkan 3 (tiga) warna pada :

Titik huruf i, diambil dari warna 3 (tiga) etnis yang mayoritas di kota Singkawang, diwakili dengan motif “Tidayu”. Keharmonisan dari berbagai etnis di Singkawang menjadi ciri khas kota dan pedoman etnis di kota-kota lainnya. Event dari berbagai etnis ini menjadi target destinasi wisatawan lokal dan mancanegara.

Social Media GenPI Singkawang


Kota Singkawang punya keunikan sendiri dari kota kota lain dan keunikan ini yang akan ditonjolkan agar wisatawan tidak jenuh datang ke Singkawang. Apa saja keunikan Kota Singkawang? Pantengin terus media sosial kita ya 🙂

Instagram : https://www.instagram.com/genpi.singkawang/
Twitter : https://twitter.com/genpisingkawang
Messenger : m.me/Genpiskw.
Facebook : https://www.facebook.com/genpisingkawangofficial
Fanspage : https://www.facebook.com/Genpiskw


Cara Bergabung di GenPI Singkawang ?

Kamu netizen aktif, suka pariwisata , travelling, kulineran, nulis blog, fotografi, bikin video atau nge vlog ? yukkk gabung di komunitas digital pariwisata Indonesia GenPI chapter Singkawang.

silahkan isi database GenPI Singkawang:

http://bit.ly/membergenpisingkawang

untuk bergabung di WA Group

Tagar GenPI Singkawang

Para aktivis GenPI Singkawang sepakat untuk pembuatan hastag (tagar) yang bisa digunakan bersama. Terutama tagar yang berkaitan dengan kepariwisataan. Sehingga tagar yang dibuat bisa cepat menjadi trending topik dan mengangkat aktivitas pariwisata, destinasi wisata ataupun kebijakan kepariwisataan yang sedang berlangsung.

Pemilihan tagar memang jadi kunci utamanya. Lewat tagar itu, cuitan yang diposting anak-anak GenPi bisa didorong menjadi trending. Karenanya, dalam melakukan aksinya nanti, anak-anak GenPi akan saling menginformasikan ke teman-teman GenPi lain untuk ikut berpartisipasi menggunakan tagar tersebut untuk di repost sehingga bisa menjadi pembicaraan banyak orang di medsos.

Pilihan tagar sementara, yaitu:
#GenPI
#GenpiKalbar
#GenPIsingkawang
#PesonaIndonesia
#PastiKeSingkawang

4 comments:

  1. Mantap nih, akhirnya terbentuk juga GenPi Singkawang. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah bang, akhirnya yang dtgu datang juga,,, #GenPISingkawang

      Delete
  2. Dariduluuuu mupeng banget sama GenPi Lombok-Sumbawa, dan alhamdulillah tahun ini ada GenPi Jatim. Semoga tiap chapter GenPi, dimanapun berada selalu bisa berpartisipasi aktif dan berinovasi di dunia pariwisata Indonesia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju bgt mas,,, moga aja GenPI menjadi ujung tombak promosi wisata di setiap area nya

      Delete

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.