Serpihan Surga Wisata Pulau Pasir di Lombok Timur

misterpangalayo.com - Dalam konteks kepariwisataan, Pulau Lombok berada dalam Segi Tiga Emas daerah tujuan wisata (DTW) utama Indonesia. Keindahan pantai dan keberagaman biota lautnnya membuat pulau ini semakin dikenal oleh wisatawan. Banyak destinasi wisata baru yang dikelola dengan baik oleh penduduk dan pemerintah setempat.

Wisata Pulau Pasir Lombok
Pulau Pasir atau Gili Pasir, berada di Kabupaten Lombok Timur - NTB

Wisata Lombok yang sedang viral baru-baru ini menjadi salah satu destinasi wisata yang populer dikalangan wisatawan adalah pulau pasir. Walau banyak pulau-pulau wisata menarik yang bertebaran di Lombok, namun Pulau Pasir mempunyai keunikan yang tidak dimiliki oleh pulau-pulau lainnya di Lombok.

Umumnya, kita tentu sering melihat pulau kecil yang ditumbuhi dengan pepohonan atau bagaikan perbukitan, tapi kali ini Pulau Pasir hanya menyuguhkan pemandangan hamparan pasir putih, tanpa pohon atau bahkan warung penjual makanan. Pulau ini bisa terlihat di tengah-tengah laut karena muncul saat air pasang, sehingga tidak ada pepohonan yang tumbuh di pulau cantik ini.

Pulau Pasir terletak di Desa Tanjung Luar, Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Di sekitar pulau ini juga terdapat beberapa pulau tak berpenghuni lainnya seperti Gili Kere, Gili Kambing, Gili Sunut, dan Gili Petelu.

Dari Bandara menuju ke Pelabuhan Tanjung Luar dan estimasi waktu sekitar 1,5 jam

Sebenarnya, di Kalimantan Barat juga mempunyai pulau serupa yaitu Pulau Tua atau Pulau Haji Sani yang teletak di Kabupaten Sambas. Pulau Tua masih terdapat hamparan pohon yang menghidupinya. Sesuai itinerary yang udah saya dan teman-teman susun, dari Bandar Udara Internasional Lombok kami langsung menuju Pelabuhan Tanjung Luar.

Pelabuhan Tanjung Luar - Lombok Timur

Untuk bisa sampai ke Pulau Pasir, saya dan teman-teman lebih memilih perjalanan jalur laut yang jauh relatif lebih aman dan tidak terlalu jauh. Dari Kota Mataram menempuh jarak ±66 km dan estimasi waktu sekitar 1.5 jam di perjalanan menggunakan mobil. Hal yang perlu dijadikan catatan untuk traveler bahwa untuk menuju Pelabuhan Tanjung Luar tidak ada akses hilir-mudik angkutan umum.

Salah satu spot berfoto di Pelabuhan Tanjung Luar sembari menunggu jam keberangkatan.
Senang sekali kita disambut ramah oleh Mas Tantowi dari Komunitas GenPI Lombok Sumbawa - Salam GenPI

Di Kota Mataram banyak jasa sewa mobil atau lebih bagus lagi ada tour guide yang menemani perjalanan Anda selama di Lombok. Setelah sampai di pelabuhan, kami menyewa perahu yang di sediakan oleh masyarakat setempat khusus buat wisatawan yang ingin mengunjungi Pantai Pink.

Pasar Permanen oleh-oleh khas Lombok juga berdiri di Tanjung Luar, harga disini juga sangat murah dan terjangkau dibanding dengan tempat wisata lain yang lebih terkenal.

Oh iya, Pelabuhan Tanjung Luar menjadi titik awal untuk mengunjungi Pantai Pink, dalam perjalanan menuju kesana, beberapa pulau yang akan kita lewati, seperti pulau Bugis yang berpenduduk dan Pulau Pasir yang menarik. Jarak Pulau Pasir dari Pelabuhan Tanjung luar sekitar 15 sampai 20 menit, dan uniknya lagi pulau pasir ini tidak selalu muncul jika terjadi pasang air laut maka pulau pasir tidak akan muncul. Disarankan jangan mengunjungi pulau pasir pada saat air pasang laut.

Pulau Bugis Lombok
Melewati sebuah pulau penduduk, katanya sih Pulau Bugis, tempat para pelancong mengambil bahan makanan untuk makan siang ketika mengekplore sekitar pulau-pulau disekitarnya hingga ke Pantai Pink

Selama berada di atas kapal, melihat paduan birunya laut dengan hijaunya pegunungan dan perbukitan sungguh merupakan suguhan pemandangan yang indah dan perpaduan dua pemandangan alam yang sangat serasi. Lanskap alam nan indah juga mampu meredakan terik matahari yang cukup menyengat.

Ketika sampai di Pulau Pasir atau Gili Pasir, air laut sedang mulai surut, waktu berkunjung kami saat itu kondisi pulau pasir masih digenangi air laut setinggi mata kaki. Namun tidak menyurutkan niat kami untuk melakukan aktivitas wisata di pulau tersebut. Untuk Anda yang mungkin berniat untuk ke pulau ini, berikut beberapa aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan diantaranya :


  • Mengambil foto terunik berjalan di atas pasir yang terhampar di tengah lautan.
  • Bercanda ria bersama teman-teman dan sambil makan makanan ringan bersama. (Sampahnya dilarang keras dibuang di lautan)
  • Bermain air sembari mencari bintang laut yang bertebaran disana-sini.
  • Pasir putih ini menampilkan keindahan memukau yang diterpa sinar matahari, sehingga Anda bisa merasakan keindahan laut dari tempat ini.

Bintang Laut banyak bertebaran di Pulau Pasir.


Satu lagi yang perlu dijadikan catatan, lokasi ini sangat tidak disarankan melakukan aktivitas snorkeling karena banyaknya bulu babi yang berbahaya bagi para pengunjung. Di sore hari, Pulau Pasir biasanya juga dipenuhi oleh jenis burung laut sehingga menjadi spot favorit bagi para photografer.

Bagaimana? Tertarik ingin berfoto selfie di tengah lautan? Silahkan berlibur ke pulau pasir Lombok yang unik ini ya. Demikian ulasan mengenai pulau pasir, sebuah tempat wisata Lombok terkenal yang wajib Anda kunjungi jika singgah ke pulau ini. Anda akan merasakan liburan yang berbeda jika Anda mampir mengunjungi pulau pasir mungil ini. Segera rencanakan liburan Anda berikutnya. Selamat mencoba!

6 comments:

  1. Replies
    1. yukkkkk,,,, rapatkan barisan...

      Next Trip ke Wakatobi

      Delete
  2. Lucunye bintang lautnye..

    ReplyDelete
  3. Pantainya bener-bener bersih banget ya.......gak ada sampah satupun......

    ReplyDelete

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.