Gunung Rumput, Potensi Objek Wisata Baru di Sambas

misterpangalayo.com - Sambas adalah sebuah nama kota dan Kabupaten yang ada di Kalimantan Barat, Pulau Kalimantan, Indonesia. Wilayah Sambas memiliki potensi wisata alam yang cukup menarik untuk Anda jadikan tempat tujuan wisata, terutama untuk liburan bersama keluarga, pacar, kolega ataupun kerabat Anda.

Mayoritas penghuni Kabupaten Sambas adalah suku Dayak, Melayu dan Tionghoa. Dan bahasa yang sering digunakan adalah Bahasa Indonesia serta melayu. Kabupaten ini termasuk daerah yang memiliki pembangunan yang mulai bergerak maju dan potensi alam yang banyak, sehingga mempunyai kedudukan yang strategis termasuk dalam dunia pariwisata, khususnya Kecamatan Paloh dan Kecamatan Sajingan Besar. 

Kedua kecamatan tersebut berbatasan darat dan laut dengan negara Malaysia, sehingga menjadi andalan pariwisata kabupaten ini. Pengembangan yang terintegrasi dengan obyek-obyek wisata lainnya, akan menempatkan Kabupaten Sambas dalam peta pariwisata provinsi Kalbar yang layak dipertimbangkan di masa datang.



Sambas sangat terkenal dengan objek wisata alam karena daerah ini dikelilingi oleh Gunung dan Bukit. Salah satunya dataran tinggi berbentuk Gunung yang bernama Gunung Rumput, mempunyai ketinggian sekitar 1.590 meter dari permukaan air laut (setara dengan 5217 kaki). Secara internasional Gunung Rumput bernama Mount Rumput. Gunung yang lebih tinggi dari gunung Bawang (berada di Kabupaten Bengkayang) ini, sangat cocok menjadi destinasi menarik bagi sobat yang hobi mendaki.

Secara administratif, lokasi puncak gunung Rumput berada di Dusun Batu Hitam, Desa Sanatab, Kecamatan Sajingan Besar. Uniknya, gunung ini berada di perbatasan antara Indonesia dan Malaysia sehingga bagian Malaysia berada di wilayah Distrik Lundu, Serawak. Gunung ini berbentuk memanjang sepanjang 30 kilometer dengan beberapa puncaknya.

Diantaranya :
  • Puncak Gunung Munggu Nyor (1.280 m), 
  • Puncak Gunung Bekumpai/Pueh (1.320 m), 
  • Puncak Bukit Nibong (1.400 m), 
  • Puncak Bukit Beboi (1.470 m), 
  • Puncak Gunung Payung (1.145 m), 
  • Puncak Gunung Tempurong (1.400 m), 
  • Puncak Gunung Pengiran (1.220 m).
Beberapa sungai di sekitarnya mengalir dari Gunung rumput, diantaranya Sungai Senipahang, Sungai Sempajang, Sungai Sajingan, Sungai Tembaran, dan Sungai Setugor Kecil. Secara geologi Gunung Rumput terdiri dari susunan Granit dan Adamelit. Selain itu juga termasuk ke satuan Kompleks Serabang dengan susunan batuan Ultramafik, gabro, basalt malih, rijang, sepilit sekis dan batu pasir.

Akses menuju tempat kawasan wisata Gunung Rumput ini mudah sekali untuk di akses. Jarak tempuh dari ibukota provinsi ke Desa Senatap (Kabupaten Sambas) sekitar 299,8 kilometer dengan waktu tempuh 6 jam 45 menit. Sedangkan, jarak dari ibukota kabupaten sekitar 73,4 km (1 jam 47 menit) lewat Jalan Lintas Kalimantan Poros Utara.

Bagi calon wisatawan yang berasal dari kota-kota besar seperti Pontianak, selain bisa mengunjungi gunung Rumput tak perlu kuatir karena banyak destinasi wisata alam yang berhampiran, seperti Air Terjun Riam Kaliau (Berasap), Pantai Temajuk, TWA Gunung Asuansang, Goa Santok, Bukit Liteng, dan masih banyak lainnya.

Apabila Anda memiliki budget dan jiwa petualang serta keberanian yang cukup Anda bisa mengunjungi Gunung Rumput di Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, untuk melakukan pendakian maupun sekedar menikmati pemandangan alamnya. Gunung Rumput merupakan ciptaan Tuhan yang sempurna, kokoh dan indah yang harus kita syukuri dan kita pelihara.

Sekedar informasi, Gerakan Mahasiswa Pecinta Alam "GEMPA" FISIP UNTAN Pontianak pernah merayakan hari kemerdekaan Indonesia dengan mengibarkan bendera Merah Putih pada pukul 00.00 17 Agustus 2015 di Puncak Gunung Rumput. Mereka mendaki selama 2 hari dengan 9 orang peserta wanita dan 6 orang pria, serta di kawal oleh 3 orang TNI AD mengingat pendakian dilakukan di perbatasan antara Indonesia – Malaysia.
 

Fasilitas dan Akomodasi Gunung Rumput

Untuk fasilitas secara resmi masih belum tersedia di kawasan Gunung Rumput, Namun jika anda membutuhkan angkutan atau rumah untuk menginap anda bisa menginap di rumah warga kaki gunung Rumput.

Sebelum melakukan perjalanan wisata atau pendakian ke gunung ini anda sebaiknya mempersiapkan perbekalan dan peralatan yang akan anda butuhkan selama masa pendakian di rumah atau di kota besar yang bisa menyuplai kebutuhan anda. Dan jangan lupa untuk menggunakan jasa pemandu wisata agar anda bisa nyaman melakukan perjalanan liburan di Gunung Rumput.

6 comments:

  1. Selamat siang , mhn maaf sebelumnya utk mas radit penulis blog mengenai gunung rumput ini. Beberapa hari ini saya memantau banyak sekali post post mengenai g. Rumput di media sosial, hingga menjadi sangat viral , namun sungguh di sayangkan apabila org yg membaca tulisaan ini berekspetasi tinggi dg keadaan gunung rumput yg sebenar nya , saya sendiri adlah salah satu tim dr gempa yg melakukan pendakian tersbt. Namun foto yg mas radit gunakan sama sekali tidak kami temukan di lokasi , keaadaan gunung rumput tidak seperti foto yg mas radit lampirkan , . Salam blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mas masukannya,,,, gunung rumput memang membentang sepanjang 30km,,, dengan beberapa puncak gunung .... terlebih lagi terbagi menjadi dua wilayah Sajingan dan Lundu.

      terkait gambar saya blm bisa klarifikasi terkait tepatnya spot tsb d sebelah mana...

      insyaallah jikalau ada gambar terbaru bakalan di update ya mas.

      klaim mas juga sah2 saja dan terima kasih mas atas masukannya. Salam Blogger

      Delete
  2. maaf mas radi foto tsb bukan gunug rumput di sajingan melainkam gunung rimpi di kalsel dan foto yg beredar mengenai gunung rumput di sajingan hanyalah hoax

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak mas Arif atas komennya...

      Stlh saya telusuri. Apa yg mas bilang benar.. dan tlh saya remove dari artikel di atas.

      Ternyata sumber gambar yg saya pake rancu krna situs tertentu memberi label nya gunung Rumput.

      Untuk Next Time saya kan jauh lebih hati2 lagi terkait sumber gambar.

      Sekali lagi terima kasih mas

      Delete
  3. http://www.misterpangalayo.com/2017/07/klarifikasi-tudingan-berita-hoax.html

    ReplyDelete
  4. Semoga bisa menjadi bahan pembelajaran untuk kedepannya ya Bro :-)

    ReplyDelete

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.