Menjadi Saksi Kekayaan Alam Indonesia di Pontianak

misterpangalayo.com - Keindahan alam Ibu Pertiwi rasanya sudah tidak diragukan lagi. Dari Sabang sampai Merauke, berjejal pilihan objek wisata alam yang punya kecantikan khas. Kecantikan serupa berlaku juga untuk panorama yang ada di Bumi Khatulistiwa. Kota Pontianak sebagai ibukota provinsi menjadi pintu gerbang Kalimantan Barat yang menawarkan destinasi wisata unik dan menarik.

Menjadi Saksi Kekayaan Alam Indonesia di Pontianak

Berikut ini 5 pilihan tempat wisata alam yang dapat melengkapi rencana liburan Anda.

1. Sungai Kapuas

Selain menjadi jalur transportasi dan perdagangan, sekarang Sungai Kapuas sudah menjadi objek wisata yang harus Anda coba. Eksotismenya sangat cocok dinikmati bersama keluarga-dan-pasangan di atas kapal hias.

Dari sini, Anda dapat melihat cukup dekat aktivitas masyarakat di tepi sungai. Penjelajahan semakin lengkap karena Anda bisa menikmati secawan kopi panas di atas kapal. Jangan lupa siapkan kamera dan biaya sewa Rp10.000 per orang.

2. Taman Alun-Alun Kapuas

Objek wisata ini bisa dibilang pintu gerbang menuju penelusuran Sungai Kapuas. Lokasinya dekat dengan pusat kota dan akan sangat dipadati pengunjung selepas sore hingga malam hari.


Gemerlap lampu yang menawan membuat taman buatan ini semakin eye catchy. Berdiri di atas lahan seluas 3 hektare, Taman Alun-Alun Kapuas juga dilengkapi replika Tugu Khatulistiwa pada setiap sudutnya.

3. Hutan Kota Untan

Hutan Kota Untan (Arboretum Sylva Untan) adalah sebuah taman kota yang memuat koleksi tanaman dan pepohonan khas Kalimantan Barat. Selain menjadi paru-paru kota, hutan kota ini juga merupakan wujud pelestarian flora dan fauna setempat.

Hutan Kota Untan memiliki luas 3,2 hektare di kawasan Universitas Tanjungpura. Tepatnya di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Pontianak. Di sini Anda dan keluarga dapat menemukan 190 jenis pohon, 86 anggrek, 176 perdu, 12 jenis mamalia, 32 jenis burung, 14 jenis herpetofauna, hingga 35 jenis serangga.

Suasananya yang sejuk sangat mendukung berbagai aktivitas warga kota. Jangan heran kalau banyak warga memanfaatkan Hutan Kota Untan sebagai tempat joging, bersepeda, serta kegiatan ekowisata.

4. Sinka Island Park

Sinka Island Park adalah tempat wisata yang memadukan konsep ekowisata dan taman rekreasi. Lokasinya terletak di Teluk Ma’jantuh, Kecamatan Singkawang, Kota Pontianak. Di tempat wisata ini Anda bisa menikmati koleksi fauna dari kebun binatang, panorama keindahan pantai, dan memanfaatkan fasilitas kolam renang.


Sinka Island Park memiliki sedikitnya 62 spesies binatang, dengan biaya masuk ke kebun binatang sekitar Rp10.000 per orang.

5. Aloe Vera Center

Salah satu tempat wisata di Pontianak yang tidak kalah memikat adalah Aloe Vera Center. Wisata alam yang satu ini seolah membuktikan kreativitas pengelola yang jeli memanfaatkan kondisi tanah mereka. Sebagai informasi, struktur tanah di Pontianak umumnya merupakan tanah gambut. Struktur ini sangat mendukung tanaman lidah buaya untuk tumbuh dengan subur.

Berlokasi di Jalan Budi Utomo, Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara, Aloe Vera Center telah menjadi lokasi budi daya lidah buaya sejak tahun 2002. Anda beberapa lidah buaya berukuran raksasa yang siap diproses menjadi berbagai kudapan, seperti dodol, jeli, dan cokelat. Lidah buaya ternyata juga dapat dijadikan aneka minuman serta produk-produk kecantikan.

Demikianlah 5 tempat wisata alam pilihan yang akan melengkapi rencana liburan Anda di Pontianak. Untuk memastikan waktu istirahat tetap terasa spesial, Anda bisa mencari hotel di Pontianak melalui Airy Rooms.



Jaringan hotel dan guest house terbesar di Indonesia ini, menawarkan berbagai pilihan kamar hotel yang nyaman dengan harga terjangkau. Hotel-hotel Airy Rooms sangat mudah ditemukan dan didukung fasilitas terbaik, seperti AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, shower air hangat, serta Wi-Fi gratis.

Pemesanan kamar hotel Airy Rooms dapat dilakukan melalui website maupun aplikasi Android dan iOS. Selanjutnya, selesaikan pemesanan kamar dengan melakukan pembayaran melalui transfer antarbank, kartu kredit, ataupun pembayaran langsung di gerai Indomaret.

No comments:

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.