Selamat Hari Blogger Nasional 2014

Tidak terasa hari ini (27/10) sudah memasuki tahun ke tujuh peringatan Hari Blogger Nasional bagi seluruh blogger di seluruh Indonesia. Hari Blogger Nasional pertama kali dicanangkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Mohammad Nuh pada tanggal 27 Oktober 2007 yang lalu bertepatan pada acara pembukaan pesta blogger waktu itu.


SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL #7 


Bersamaan dengan Hari Blogger Nasional, Indonesia juga akan memiliki Menkominfo baru. Presiden Joko Widodo akan melantik Rudiantara, Senin (27/10). Dengan ini, blog Indonesia diharapkan menjadi lebih maju dan berkembang.

Sekarang ini, pesta blogger telah berubah menjadi event On Off Indonesia (OnOffId) dan konsep tersebut mulai dikombinasikan dengan unsur bisnis. Pesta blogger mulai menekankan pentingnya para blogger untuk bisa mengelola blog lebih serius, agar bisa menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat.

Dan saya mulai mengenal blog dan menggunakannya sejak hampir lima tahun lalu, pada saat itu saya mempelajarinya dan menggunakan penyedia blog dari blogger.com. Sepanjang perjalanan ngeBlog dengan tulisan-tulisan ala kadarnya, saya terus menunjukkan eksistensi saya di ranah blog. Dan terkadang saya menjadi blogger aktif dan terkadang menjadi blogger pasif.


Blog sangat penting bagi kehidupan saya, dikarenakana manfaat blog sangat banyak, mulai menjadi sumber penghasilan bagi segelincir orang, memperluas jaringan pertemanan, dan lainnya. Untuk saya pribadi, blog menjadi suatu wadah yang menampung curahan hati saya, cerita perjalanan saya, peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekeliling saya, dan yang pastinya tempat berbagi informasi, inspirasi, solusi dan motivasi.


Secara global, blog adalah singkatan dari web log, yakni bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Media blogger pertama kali diperkenalkan oleh blogger.com yang dimiliki oleh PyraLab,  yang kemudian diakuisisi Google pada tahun 2002. Sejak itu, banyak aplikasi-aplikasi yang bersifat terbuka, yang membantu para blogger mengembangkan blog yang dimiliki.


Blog menjadi semakin populer di Indonesia, ketika banyak orang yang kemudian menjadi terkenal hanya karena hobi menulis blog. Dalam data ”Social Media Landscape” yang dikeluarkan salingsilang.com, jumlah pengguna blogger sebanyak 80,65 persen menggunakan blogspot.com (blogger.com) dan 14,5 persen menggunakan Wordpress.

Harapan saya semoga para blogger tetap berkarya, berinovasi dan tidak pantang mundur dalam menulis untuk berbagi kepada semua orang. Dan para pegiat blog seluruh Indonesia bisa menjadi seorang blogger sukses.


“SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL INDONESIA DAN SAYA BANGGA MENJADI SEORANG BLOGGER”


2 comments:

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.