Menelusuri Jejak Pulau Yang Terlihat Pada Siang Hari di Kalimantan

misterpangalayo.com - Bagi sobat blogger yang sudah menonton Film Life of Pie (2012), pasti tahu sebuah pulau misterius yang menjadi bagian menarik dalam cerita ini dan film Life of Pie merupakan kisah nyata yang diangkat dari novel Yann Mateltahun 2001 dengan judul yang sama.


Dalam film ini, pulau misterius tersebut digambarkan sebagai pulau yang indah. Namun kenyataannya pulau tersebut menyimpan sejuta misteri. Dikisahkan pulau tersebut, mulai dari pohon, air, dan tumbuh-tumbuhannya merupakan karnivora pada malam hari. Sedangkan pada siang hari, pulau itu menjelma menjadi pulau yang sangat indah ditengah samudera pasifik.

Pada siang hari pulau ini kering dan memiliki danau-danau berbentuk lingkaran sempurna yang berisi air tawar. Pada malam hari air laut naik atau mungkin pulaunya yang turun hingga daratan di pulau digenangi oleh air, sehingga pada malam hari di pulau itu hanya terlihat ujung-ujung pepohonan yang tidak tenggelam.

Dalam film Life of Pi, di pulau misterius hanya dihuni meerkat yang tinggal di pulau membentuk koloni besar. Meerkat ini, berkeliaran di pulau pada siang hari, dan tidur di atas pohon pada malam hari menghindari genangan air laut yang katanya berubah menjadi asam.

Itulah sekilas pulau misterius yang disebutkan dalam Film Life of Pie, dan ternyata Kalimantan juga mempunyai pulau unik seperti pulau misterius itu. Pulau ini secara administratif terletak di Bontang, Kalimantan Timur dan berada di selat Makasar.

Pulau ini bernama Pulau Segajah, pulau yang begitu indah menerawang di siang hari, dan akan tenggelam pada malam hari. Ini semua terjadi karena pasang surut air, kita hanya bisa berkunjung saat siang hari ketika air laut surut. Ketika air laut pasang, Pulau Segajah seolah tenggelam dan tidak terlihat.

Tidak hanya itu, pasir di Pulau Segajah sangat putih dan bersih. Air lautnya begitu jernih, hingga dengan mata telanjang kita bisa dengan sangat jelas melihat bintang laut, bahkan kita juga bisa temukanclown fish. Dari sekian banyak dominasi bintang laut yang berwarna cokelat dan kemerahan, terdapat sedikit bintang laut berwarna biru.

Pulau Segajah - Kalimantan Timur

Saat air laut sedang surut, masyarakat sekitar sering mencari kerang untuk dikonsumsi, lalu diolah menjadi sambal goreng yang begitu lezat. Selain snorkelling dan berenang, pemandangan yang begitu indah ini juga bisa menjadi bidikkan para pecinta fotografi bentang alam.

1 comment:

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.