Ditabrak Kapal Tongkang, Jembatan Kapuas di Pontianak Nyaris Roboh


SAMBASBORNEOnews, Pontianak - Jembatan Kapuas I yang menghubungkan wilayah Pontianak Selatan dengan Pontianak Timur, nyaris roboh. Jembatan yang mulai dioperasikan tahun 1982 ini mengalami kerusakan pada tiang fender setelah ditabrak kapal tongkang, hari ini sekitar pukul 20.11 WIB.

"Kapal tongkang bauksit ini melaju tidak terkendali namun terhenti setelah menabrak tiang fender penyokong jembatan besi baja ini," kata Amir, warga setempat.

Saat tabrakan terjadi, jembatan yang sedang dilalui padat kendaraan ini sempat mengalami goncangan hebat. Tabrakan hebat di sisi empat tiang utama jembatan tol kapuas yang memiliki panjang 410 meter ini, menimbulkan kekuatiran warga jembatan akan roboh.

Petugas kepolisian sigap mengalihkan arus kendaraan dari masuk dan keluar jembatan. Bahkan khusus kendaraan roda empat dialihkan ke jalur lain yakni ke Jembatan tol kapuas 2.

Kabid Humas Polda Kalbar, AKBP Mukson Munandar membenarkan kejadian ini. "Tabrakan menyebabkan tiang penyokong jembatan alami kerusakan," terangnya.

Saat ini, dua buah speedboat dari Direktorat Polisi Air Polda Kalbar telah dikerahkan ke lokasi kejadian. "Petugas hanya memantau, namun upaya evakuasi kapal tongkang yang masih melintang di alur sungai Kapuas, belum dapat dilakukan," tegasnya.

Akibat peristiwa ini, warga Pontianak dibuat gempar. Pasalnya, jembatan tol Kapuas Satu ini menjadi jalur utama warga masuk dan keluar kota Pontianak. Hingga saat ini, ratusan warga yang penasaran terus berdatangan ke lokasi jembatan ini. Akibatnya arus kendaraan di titik kerumunan warga ini alami kemacetan parah. 

No comments:

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.