Hari Blogger Nasioanal 2019, Alasan Saya Menjadi Seorang Narablog


misterpangalayo.com - Blogger atau web blog secara umum merujuk kepada sebuah layanan publikasi blog pertama di dunia yang berada dibawah naungan Google. Sejak diluncurkan pada tanggal 23 Agustus 1999, mulai bermunculan orang yang memiliki blog. Bukan hanya membuat blog semata, tapi juga membangun dan mengembangkan isi blognya. Sama seperti website atau jurnal, blog dibangun untuk keperluan tulis menulis suatu kejadian atau artikel apa saja yang bersifat bebas atau spesifik.

Dalam arti sempit, Blogger merupakan orang (pelaku) yang membuat dan mengelola blog, dengan tujuan apapun. Bermodalkan sebuah blog dan menjadikan konten atau artikel sebagai raja, menuntun saya untuk menulis blog sebagai wadah menyalurkan hobi dan sebagai salah satu cara mengekspresikan pandangan saya. Sejak diluncurkan, banyak orang menjadikan blog sebagai media dalam menyalurkan hobi menulisnya seperti catatan harian hingga wadah berbagi pengalaman.

Bisa dibilang ya bisa dibilang tidak. Menurut saya, menjadi blogger juga bisa menjadi suatu profesi karena sebagian blogger di Indonesia tidak sedikit mendapat suntikan finansial dari mengelola blog. Tak bisa dipungkiri, banyak blogger pemula bahkan pengalaman juga menjadikan blog hanya sebatas hobi untuk mengisi waktu luang, artinya sekedar menulis secara konsisten dan seiring berjalannya waktu akan menuntun kita menjadi blogger profesional (sumber penghasilan tambahan).


Komunitas Blogger Pontianak

Beriring waktu dan lajunya perkembangan dunia digital, banyak blogger di Bumi Khatulistiwa bermunculan dengan beragam genre atau topik bahasan, mulai dari travel blogger, food blogger, hingga lifestyle blogger. Sebagian besar blogger Pontianak tidak hanya fokus membahas atau menulis artikel dalam satu topik, satu diantaranya blog misterpangalayo membahas tentang travel dan lifestyle. Uniknya, semakin kesini kedudukan blogger Pontianak semakin naik daun bersamaan dengan popularitas vlogger.

Berangkat dari lajunya pertumbuhan pengguna blog, Komunitas Blogger Pontianak (KBP) berdiri dan dideklarasi pada tanggal 1 Juli 2012 untuk menampung para blogger yang ada di Pontianak dan sekitarnya. Blogger Pontianak atau lebih dikenal Buda' Blogger turut menyemarakan eksistensi kehadiran blogger di tanah Kalimantan. Para blogger yang tergabung, sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat (kopdar), kegiatan sosial, hingga family trip untuk memperkuat silatruhami sesama anggota.

Dresscode resmi KBP, Tshirt warna merah maroon

Sejak bergabung enam tahun lalu di keluarga besar KBP, banyak hal yang telah saya pelajari terutama skill dunia blogging dan juga meluasnya relasi karena lingkungan dan teman baru yang saya temui di komunitas. Tidak hanya itu, berangkat dari hobi menulis di blog, pundi-pundi rupiah ikut mengalir ke rekening tabungan dan senada dengan semakin dikenal branding blog (Mister Pangalayo) yang saya maintenance. Hingga saat ini, anggota Komunitas Blogger Pontianak bertambah secara signifikan.

Melihat fenomena ini, sebagai blogger saya sangat bangga banyak blogger diluar sana bisa bersatu dalam satu payung komunitas yang sama. Benefit yang saya dapatkan pasca bergabung di Komunitas Blogger Pontianak ialah mendapatkan ilmu dan wawasan baru yang belum pernah saya ketahui selama ini, bertambah teman baru dan relasi, membuat saya tersadar akan potensi dan kompetensi diri, mendapatkan lonjakan amunisi dan inspirasi sebagai bahan menulis konten blog karena adanya forum diskusi online (grup whatsapp) Komunitas Blogger Pontianak, hingga semakin banyak job menulis.

Komunitas Blogger Pontianak rutin mengadakan kopdar
Nah buat teman-teman yang ingin bergabung ke Keluarga Besar Komunitas Blogger Pontianak, silahkan klik link berikut ini --> Daftar Sekarang.


Hari Blogger Nasional 2019

Hari Blogger Nasional ke-12 akan jatuh pada 27 Oktober 2019. Blogger Pontianak telah mengalami perkembangan dari masa ke masa. Blog kini tak lagi menjadi tempat curahan hati individu, tetapi bisa pula sebagai pintu masuk untuk membuka peluang bisnis di dunia nyata. Hari Blogger Nasional pertama kali dicanangkan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Muhammad Nuh, pada 27 Oktober 2007 lalu pada pembukaan event Pesta Blogger.

Menulis On The Spot dengan tema Hari Blogger Nasional

Tepat hari Sabtu (26 Oktober 2019), Komunitas Blogger Pontianak mengadakan kopdar (kopi darat) dalam rangka memperingati Hari Blogger Nasional dengan agenda sharing skill menulis, dilanjutkan menulis artikel on the spot dengan tema Hari Blogger Nasional, walaupun peringatan hari blogger nasional jatuh keesokan harinya. Sebanyak 25 blogger ikut meramaikan pertemuan tersebut. Sederhana nan bermakna, kopdar istimewa diberkati oleh langit atas turunnya air hujan yang membuat suasana menjadi lebih sejuk.

Satu per satu blogger telah menyelesaikan artikelnya dilanjutkkan Post dan Share artikel tersebut. Harapan besar untuk Komunitas Blogger Pontianak bisa selalu eksis di dunia maya dan nyata, selalu bermanfaat untuk banyak orang dengan artikel atau informasi menarik yang telah dibagikan, hingga tetap menjaga kode etik di dunia siber.

Kopdar Istimewa dalam rangka Hari Blogger Nasional ke-12 Tahun 2019

Blog sudah seharusnya dijadikan ruang digital dimana kita bisa menuliskan berbagai pendapat, pandangan, pengalaman, hingga berbagai hal yang dilakukan sehari-hari. Blog akan menuntun kita dari sebuah hobi menjadi profesi yang mendatangkan pundi-pundi rupiah. Selain itu, menulis di blog juga sangat mulia terlebih tulisan yang kita bagikan bermanfaat untuk banyak orang dan kita bisa belajar banyak hal menarik dari cerita, kisah, dan keseharian orang lain.
Semoga melalui artikel ini, kamu bisa terpanggil untuk menjadi seorang blogger atau semakin dalam menggeluti dunia blogging dengan belajar banyak hal dari pengalaman saya di artikel ini. SELAMAT HARI BLOGGER 2019, SALAM BLOGGER !!!

1 comment:

  1. Ternyata menjadi seorang blogger itu asik juga ya min, dapat ilmu dan teman baru.

    ReplyDelete

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.