Bakmi Kepiting Pak Usu, Destinasi Kuliner Halal Khas Pontianak


misterpangalayo.com - Kota Pontianak "Bumi Khatulistiwa" terkenal sebagai salah satu destinasi wisata kuliner terbaik di Indonesia. Menyandang predikat sebagai kota multikultur akibat perpaduan unik dari budaya Melayu, Tionghoa, Dayak dan berbagai suku pendatang dari seluruh Nusantara. Tak heran kota ini menghasilkan beragam kuliner dengan citarasa yang khas, termasuk makanan halalnya.

Indonesia sebagai negara yang memiliki penduduk muslim terbesar di dunia, saat ini sudah dinobatkan sebagai negara dengan standar wisata kuliner halal terbaik di dunia. Dengan berbagai potensi yang ada, tidak ada alasan untuk melewatkan kesempatan emas mengembangkan wisata kuliner halal guna mempromosikan warisan kuliner Bumi Khatulistiwa. Pemerintah Kota Pontianak saat ini khususnya Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) bersinegri untuk mewujudkannya.

Kuliner bukan lagi sebagai sesuatu yang dikonsumsi melainkan menjadi sifat atau atribut yang berhubungan dengan produk pariwisata. Ragam kuliner khas Pontianak pun cukup membuat liur menetes dan perut keroncongan. Sebutlah dari Mie Sagu (warisan kuliner Melayu) yang memiliki tekstur kenyal namun lembut ketika dikunyah, hingga Bakmi Kepiting (warisan kuliner Tionghoa) yang akan membuat lidah Anda bergoyang kegirangan.

Berbicara mengenai kuliner tradisional khas dari Pontianak, erat kaitannya dengan berbagai kuliner khas Pontianak yang merupakan hasil akulturasi dengan budaya Tionghoa, mulai main course, hidangan pelengkap, hingga camilan, serta minuman. Salah satunya adalah Bakmi Kepiting yang sudah terkenal hingga ke berbagai daerah di Indonesia. Sebagai bagian dari kultur Asia, masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan kuliner bakmi yang rasanya sudah akrab di lidah kita.


Pontianak memang kondang sebagai surga kuliner Tionghoa, Anda bisa mencari beragam kuliner tersebut dengan mudah di kedai-kedai kuliner nan beragam sajiannya di Kota Pontianak terutama kawasan Gajah Mada Street dan sekitarnya. Bakmi Kepiting merupakan warisan kuliner nenek moyang orang Tionghoa yang sudah ada sejak lama dan tersebar di berbagai daerah Nusantara.

Untuk seporsi Bakmi Kepiting Khas Pontianak berisi semangkuk mie telur dengan tekstur lembut, daging kepiting yang dipakai biasanya adalah bagian capit yang besar, dan berbagai toping seperti potongan daging babi kecap atau daging ayam kecap, telur dadar, pangsit goreng, bakso ikan, kacang kedelai, potongan hekeng ikan dan daun seledri kemudian disiram dengan kuah kaldu segar.

Bakmi Kepiting Pontianak ala Pak Usu
Perlu Anda ketahui kuliner khas Pontianak ini pernah ditampilkan dalam film Aruna dan Lidahnya. Salah satu adegan yang sukses bikin penonton "Aruna & Lidahnya" ngiler adalah saat Aruna dan ketiga temannya menyantap bakmi kepiting. Film yang diangkat dari cerita novel ini terbilang sukses memperkenalkan kuliner Nusantara kepada masyarakat Indonesia, salah satunya kuliner khas Bumi Khatulistiwa.
Image makanan tionghoa termasuk Bakmi Kepiting adalah makanan non halal itu sudah sangat melekat di kalangan masyarakat kota Pontianak. Berangkat dari hal tersebut, hadir varian kuliner terbaru yaitu Bakmi Kepiting Halal pertama di Kota Pontianak yang sudah bersertifikasi halal dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) dengan nomor regristrasi 21310004670616.

Bakmi Kepiting Halal khas Pontianak hanya tersedia di Bakso & Bakmi Pak Usu (juga tersedia di Restoran Ayam Pak Usu), Jalan Putri Candramidi No. 10 Kota Pontianak (ex. Pondok Ale Ale). Selain memperluas jangkauan konsumen, Restoran Pak Usu juga sangat peduli dengan cita rasa mie telurnya, mengolah adonan mie-nya di dapur sendiri.


Bakmi Kepiting Khas Pontianak atau lebih dikenal Bakmi Kepiting Pontianak atau Bakmi Pontianak bernuasa seafood ini disajikan satu mangkuk bersamaan dengan topping dan kuah yang terpisah. Jadi, jika Anda tak ingin memakan bakmi tersebut dalam keadaan kering, Anda bisa menuangkan kuahnya sedikit demi sedikit. Walaupun disajian dalam satu wadah dan terlihat penuh, namun penyajiannya tetap menarik dan menggugah selera.

Seporsi Bakmi Kepiting Halal khas Pontianak ini harganya sangat terjangkau untuk semua kalangan dan Anda tidak perlu khawatir kantong jebol. Di zaman modern sekarang ini, trend kuliner tidak hanya berfokus pada makanan saja, namun sudah banyak sekali hadir varian minuman dikalangan wisatawan, khususnya kalangan anak muda. Bakso & Bakmi Pak Usu Pontianak juga menghadirkan aneka minuman khas, mulai dari Es Jeruk Pontianak, Es Lidah Buaya, hingga Es Jeruk Sengkit. 

Space khusus pengunjung yang ingin menyantap mie sagu dengan suasana outdoor.
Suasana indoor dengan konsep modern berpadu harmoni dengan ikonik etnis Kalimantan Barat.
Daftar Harga Makanan & Minuman per Oktober 2019
Uniknya nih, Bakso & Bakmi Pak Usu Pontianak menerapkan konsep open kitchen. Jadi, saat kita berjalan masuk, di sebelah kiri setelah pintu masuk ada dapur terbuka. Di situ saya bisa melihat chef dan kru sibuk bekerja membuat makanan. Suasana yang cozy dan layanan ramah juga menjadi unsur pendukung kenyamanan pengunjung. Cita rasa yang beragam dan penuh kesegaran membuat tempat ini selalu menjadu pilihan utama untuk makan bersama keluarga, sendirian, maupun travelmate.


Bakso & Bakmi Pak Usu, memanjakan pelanggannya dengan program reward poin di Aplikasi Ayam Pak Usu. Aplikasinya dapat di download secara gratis hanya di Google Play Store. Cashback Points adalah loyalty rewards yang diperoleh pengguna aplikasi Ayam Pak Usu setiap melakukan transaksi dibeberapa restoran Ayam Pak Usu yang tersebar dibeberapa tempat.

Aplikasi Ayam Pak Usu, dapatkan poin setiap transaksi di Pak Usu

Aplikasi Poin Ayam Pak Usu ini adalah sebuah aplikasi yang dibuat spesial untuk menggantikan sistem Poin yang selama ini menggunakan sistem manual yang masih menggunakan voucher kertas sebagai media. Untuk mendapatkan point dan reward-nya, yuk simak beberapa syarat dan ketentuannya :

  1. Setiap download pertama kali aplikasi ayam pak usu, maka kamu akan mendapatkan 10.000 poin promo.
  2. Poin promo hanya berlaku selama 3 bulan.
  3. Aplikasi Ayam Pak Usu sebagai penyedia Cash Back dalam bentuk poin, bukan nominal Rupiah.
  4. Penggunaan poin untuk transaksi, minimal 10.000 poin (berlaku untuk kelipatan) keterangan; 10.000 poin, 20.000 Poin, 30.000 poin, 40.000 poin, 50.000 poin dan seterusnya.
  5. Maksimal penukaran poin sebesar 200.000 poin dalam satu kali transaksi.
  6. Setiap transaksi dengan jumlah Rp 50.000,- kamu akan mendapatkan bonus 5000 Poin (berlaku untuk kelipatan) Dengan keterangan:
    • Rp 50.000 – Rp 99.999 = 5.000 poin
    • Rp 100.000 – Rp 149.999 = 10.000 poin
    • Rp 150.000 – Rp 199.999 = 15.000 poin
    • Rp 200.000 – Rp 249.999 = 20.000 poin
    • Rp 250.000 – Rp 299.999 = 25.000 poin (dan seterusnya)
  7. Masa berlaku penggunaan poin aplikasi Ayam Pak Usu akan berakhir di setiap akhir tahunnya (31 Desember 2019).
  8. Poin tidak dapat diuangkan dengan alasan apapun.
  9. Perlu diingat, Aplikasi Ayam Pak Usu tidak dapat melakukan order menu, karena hanya bersifat informasi.
  10. Pengguna aplikasi ayam pak usu wajib mentaati peraturan yang diberlakukan oleh setiap Outlet Ayam Pak Usu.
  11. Aplikasi Ayam Pak Usu berhak melakukan tindakan Pemblokiran Akun, jika pengguna melakukan tindakan kecurangan atau penyalahgunaan terhadap aplikasi Ayam Pak Usu.
  12. Aplikasi Ayam Pak Usu dilindungi Undang-Undang ITE.
  13. Syarat dan Ketentuan Aplikasi Ayam Pak Usu dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  14. Tidak berlaku untuk Outlet Ayam Pak Usu Mitra Medika.

Pontianak Creative Culinary Festival 2019 dengan tema “Harmonisasi Budaya dalam Cita Rasa Kuliner” diselenggarakan di Halaman Parkir Ayani Mega Mall Pontianak pada 16 Oktober 2019 hingga 20 Oktober 2019.


#BakmieKepitingPakUsu 
#MieSaguPakUsu 
#BakmieKepitingHalal 
#sobatku 
#hutkotapontianak248

1 comment:

  1. Halal, enak, murce, aman, sehat, ramah jugak! Komplit sudah lah ini, aku otw meluncur!

    ReplyDelete

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.