Istana Ratu Boko, Destinasi Wisata Budaya di Yogyakarta Yang Istimewa

misterpangalayo.com - Terletak di bagian selatan Pulau Jawa, Yogyakarta hadir menjadi primadona pariwisata Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia, setelah Pulau Bali. Selain terkenal dengan keindahan alamnya, terutama kawasan pegunungan dan pantainya, Daerah Istimewa yang memiliki luas 3.185,80 km2 ini juga terkenal dengan kesenian dan budayanya yang unik dan menarik untuk disaksikan dan dipelajari.


Tak heran beragam objek wisata tersebar di segala penjuru Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), karena pariwisata menjadi sektor utama dalam mendongkrak perekonomiannya. Tahun 2019 ini, Pemerintah D.I.Yogyakarta menargetkan akan ada 600 ribu kunjungan wisatawan mancanegara ke Yogyakarta. Sektor pariwisata sangat signifikan menjadi motor kegiatan perekonomian DIY yang secara umum bertumpu pada tiga sektor andalan yaitu: jasa-jasa; perdagangan, hotel, dan restoran; serta pertanian.

Menyandang predikat Kota Budaya dan Kota Pelajar, Yogyakarta kaya akan wisata budaya yang terkenal hingga ke mancanegara. Semua wisata budaya tersebut memiliki nilai sejarah yang tinggi baik yang berupa bangunan atau atraksi budaya. Dewasa ini, banyak kebudayaan yang terus dilestarikan di Yogyakarta hingga menjadi daya tarik tersendiri bagi semua wisatawan yang datang berkunjung.

Membahas wisata Yogyakarta tak akan ada habisnya. Kita yang berlibur 1-3 hari di Yogyakarta tak akan pernah bisa mengunjungi semua destinasi wisatanya. Mungkin beberapa yang sudah terkenal di Yogyakarta sudah Anda kunjungi, seperti Istana Ratu Boko, Candi Prambanan, Masjid Kota Gede, Keraton Yogyakarta dan sebagainya.

Rekomendasi wisata Budaya di Yogyakarta yang bisa masuk dalam bucket list Anda ketika akan berencana melakukan perjalanan wisata adalah Istana Ratu Boko atau juga dikenal dengan Candi Ratu Boko. Berlokasi di Jalan Raya Jogja - Solo, Prambanan, Yogyakarta, Indonesia. Kompleks istana nan megah yang berlokasi di atas sebuah bukit dengan ketinggian ± 195.97 m diatas permukaan laut ini dibangun pada pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran, salah satu keturunan Wangsa Syailendra (sekitar abad ke-8 Masehi), sekitar 3 km ke arah selatan dari Candi Prambanan.


Istana yang awalnya bernama Abhayagiri Vihara (berarti biara di bukit yang penuh kedamaian) ini dipengaruhi oleh Hinduisme dan Buddhisme. Menurut legenda yang sudah ada turun-temurun, situs tersebut merupakan istana Ratu Boko, yang tidak lain adalah ayah dari Lara Jonggrang dan menganut agama Budha. Namun kemudian diambil alih oleh raja-raja Mataram Hindu. Peralihan ‘pemilik’ tersebut menyebabkan bangunan Istana Ratu Boko dipengaruhi dua keyakinan.

Berada di istana ini, Anda akan merasakan ketentraman batin sekaligus melihat pemandangan kota Yogyakarta dan Candi Prambanan dengan latar Gunung Merapi dari ketinggian. Di area situs, Anda bisa menjumpai sebuah sebuah prasasti berangka tahun 792 M yang dinamakan Prasasti Abhayagiriwihara. Isi prasasti tersebut mendasari dugaan bahwa Kraton Ratu Boko dibangun oleh Rakai Panangkaran. Prasasti Abhayagiriwihara ditulis menggunakan huruh pranagari, yang merupakan salah satu ciri prasasti Buddha.

Istana Ratu Boko yang menempati lahan seluas 250.000 m2 tersebut terdiri atas beberapa kelompok bangunan. Sebagian besar di antaranya saat ini hanya berupa reruntuhan. Areal istana terbagi menjadi empat bagian, yaitu tengah, barat, tenggara, dan timur. Bagian tengah terdiri dari bangunan gapura utama, lapangan, Candi Pembakaran, kolam, batu berumpak, dan Paseban. Sementara, bagian tenggara meliputi Pendopo, Balai-Balai, 3 candi, kolam, dan kompleks Keputren. Kompleks gua, Stupa Budha, dan kolam terdapat di bagian timur. Sedangkan bagian barat hanya terdiri atas perbukitan.


Sebagai sebuah bangunan peninggalan, Istana Ratu Boko memiliki keunikan dibanding peninggalan lain. Jika bangunan lain umumnya berupa candi atau kuil, maka sesuai namanya istana ini menunjukkan ciri-ciri sebagai tempat tinggal. Itu ditunjukkan dari adanya bangunan berupa tiang dan atap yang terbuat dari bahan kayu, meski kini yang tertinggal hanya batur-batur dari batu saja. Telusurilah istana ini, maka anda akan mendapatkan lebih banyak lagi, salah satunya pemandangan senja yang sangat indah. Seorang turis asal Amerika Serikat mengatakan, "Inilah senja yang terindah di bumi."


Rute Istana Ratu Boko

Untuk menuju pada lokasi Istana Ratu Boko, jika anda menggunakan kendaraan pribadi berupa motor ataupun mobil rute yang akan amda tempuh melalui kota Jogja yaitu dari Jogja menuju Jalan Raya Jogja – Solo, jika telah sampai pada km 16 anda akan menemukan candi prambanan, lalu beloklah kearah kanan Piyungan, kemudian ikutilah jalan utamanya sampai anda dapat menemukan papan petunjuk arah pada Istana Ratu Boko di arah sebelah kiri pada jalan.

Harga Tiket Masuk Istana Ratu Boko

Untuk dapat memasuki kawasan wisata Istana Ratu Boko maka anda cukup dikenakan biaya pembayaran sebagai berikut ini :

Anak – anak Rp.10.000,00

Dewasa Rp. 25.000,00

WNA ( Warga Negara Asing ) yaitu $13

Jam Buka

Untuk dapat menikmati keindahan pada komplek Istana Ratu Boko ini anda bisa mengunjunginya mulai pukul 06.00 sampai dengan pulul 17.00 WIB, jadi anda bisa menikmati indahnya mengalami beberapa waktu bersantai bersama orang yang menyenangi dunia misteri yang dibalut dengan keindahan.


Akomodasi

Menginap di hotel atau penginapan yang nyaman merupakan salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan, baik itu untuk liburan ataupun perjalanan bisnis. Di Pegipegi, Anda bisa dengan mudah menemukan hotel atau penginapan yang tepat plus sesuai bujet, mulai dari hotel murah, boutique hotel, hingga hotel bintang 5. 

Nah, momen mencari hotel terbaik ini juga menjadi hal yang penting, khususnya bagi Anda yang berencana liburan bersama keluarga. Anda perlu melengkapi informasi mengenai fasilitas dan keunikan yang ditawarkan dari masing-masing hotel untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Misalnya, bagi yang gemar berfoto Anda dapat memilih hotel bergaya industrialis atau hotel syariah untuk Anda yang mencari nuansa Islami.

Mengapa Pegipegi



Pegipegi sudah lama menjadi fun traveling partner saya ketika saya hendak melakukan perjalanan wisata ke berbagai daerah di Indonesia, salah satu kota tujuan yang selalu saya kunjungi adalah Yogyakarta yang selalu istimewa di hati saya. Jauh sebelum keberangkatan, saya selalu hunting tiket pesawat ke Jogja di pegipegi yang notebane-nya memiliki lebih dari 25.000 rute penerbangan.

Proses pemesanan tiket pesawat sangat mudah dan user friendy, ditambah lagi dengan berbagai promo tiket pesawat yang selalu bisa menarik para travel blogger Indonesia. Selain itu,  pilihan metode pembayaran beragam, melalui ATM, Transfer Bank, Perbankan Online, dan Kartu Kredit dengan fasilitas cicilan 0%.

FYI, bagi Anda yang sedang berencana liburan ke Yogyakarta di bulan Agustus 2019. Pegipegi menawarkan harga paling ekonomis tujuan Jakarta - Yogyakarta jatuh di tanggal 23 Agustus 2019 dengan prediksi harga IDR 419k (untuk weekend).


Cara Pesan Tiket Pesawat di Pegipegi


  • Cari Penerbangan
Sebelum cari penerbangan silahkan ketik url pegipegi[dot]com di laman pencarian Anda. Dan mulai pencarian Anda di halaman depan Tiket Pesawat Pegipegi dan masukkan data-data penerbangan yang diperlukan.  
  • Pilih Penerbangan
Di halaman hasil pencarian, Anda dapat langsung memilih penerbangan yang diinginkan. Tekan tombol “Pesan Tiket” untuk memesan penerbangan tersebut.
  • Isi Data Kontak & Penumpang
Setelah memilih penerbangan, Anda harus mengisi data pemesan yang dapat dihubungi serta data dari penumpang yang akan berangkat.
  • Lakukan Pembayaran
Pilih dan klik metode pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • E-ticket Dikirimkan
Jika pembayaran sukses kami terima, e-tiket akan otomatis terkirim pada alamat email Anda dalam waktu maksimal 60 menit.


Online Check-in




Mau liburan tapi khawatir ketinggalan pesawat? Pegipegi menjawab persoalan tersebut dengan adanya  fitur baru yang dapat memudahkan penerbangan Anda, yaitu online check-in yang bisa Anda gunakan melalui aplikasi Pegipegi di smartphone.

Fitur ini bisa dimanfaatkan setelah kamu mendapatkan e-Ticket dari maskapai yang dituju. Nah, untuk memudahkan kamu, berikut langkah-langkahnya online check-in melalui aplikasi Pegipegi:

1. Masuk ke menu “Pesanan”
2. Pilih penerbangan yang ingin dilakukan online check-in
3. Pada menu e-Ticket, klik rute penerbangannya
4. Selanjutnya pada menu Atur Penerbangan pilih “online check-in
5. Kemudian akan ada informasi bahwa Bapak/Ibu akan dialihkan ke website maskapai, lalu klik “Lanjut”
6. Setelah itu, akan masuk ke website maskapai
7. Silakan masukkan data mengikuti ketentuan dari masing-masing maskapai.

Ada rencana buat traveling dalam waktu dekat? Biar makin mudah, jangan lupa pesan tiket pesawat, tiket kereta api, dan hotel murah di Pegipegi!

*Note: Sumber Gambar borobudurpark(dot)com

No comments:

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.