Kampanye #Cari_aman Bersama Kartini Indonesia di Sekolah


misterpangalayo.com – PT. Astra International, Tbk – Honda Cabang Pontianak (Astra Motor Pontianak) yang beralamat di Jalan Ahmad Yani (seberang Ayani Megamal Pontianak) selaku distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Kalimantan Barat terus berupaya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan berkendara. 

Pada kesempatan kali ini, pelajar dari Sekolah Menengah Kejuruan yang ada di Kota Pontianak menjadi targer atau sasaran empuk Honda Kalbar untuk mengedukasi seluruh pelajar SMK tersebut.

Sekolah yang beruntung mendapatkan kesempatan emas tersebut adalah SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri) 07 Pontianak, yang beralamat di Jalan Tanjung Raya 2 Pontianak Timur.

Tanggal 16 April 2019, tepatnya di ruang kelas sekolahnya, pelajar SMKN 07 Pontianak sangat antusias mengikuti jalannya acara. Mengusung tema #Cari_aman bersama Kartini Indonesia, kegiatan ini juga diharapkan mampu menjadikan generasi muda sebagai duta keselamatan berkendara. Kegiatan edukasi ini pun menjadi prioritas Honda bersama dengan seluruh jaringan dealernya di Indonesia.


Bang Dony Adrian selaku Instruktur Safety Riding Honda di Kalbar mengatakan bahwa Edukasi Safety Riding ini merupakan kegiatan yang rutin digelar oleh Honda. Sebagai upaya memberikan pemahaman kepada pelajar akan pentingnya keselamatan berlalu lintas dengan metode #Cari_Aman. Sehingga dapat melahirkan duta-duta safety riding di sekolah dan memiliki semangat dan menjadi tauladan yang baik bagi generasi muda lainnya.

“Dengan semangat Satu HATI, kami berharap generasi muda kita menyadari bahwa mengenakan perlengkapan berkendara tidak hanya demi keselamatan tetapi bisa menjadi bagian dari gaya hidup. Helm dan jaket tidak hanya akan membuat aman saat berkendara, tetapi juga dapat membuat penggunanya terlihat lebih menarik, keren dan stylish,” ujar Dony.

Kegiatan edukasi safety riding ini tentunya mendapat apresiasi dari pihak Sekolah yang di kunjungi. Apalagi kegiatan ini bisa menjadikan para siswa dan siswi menjadi semakin sadar akan pentingya safety riding.

“Tentunya kami berharap kegiatan ini dapat memupuk kesadaran untuk mematuhi segala peraturan dan rambu lalu lintas. Serta menyadari bahwa semua aturan di jalan itu dibuat demi keselamatan dan kenyamanan setiap pengguna jalan,” ujar Pak Handoyo selaku Guru Wali Kelas Sekolah

Pada kesempatan ini tim safety riding astra motor mengawali edukasi dengan memberikan contoh kecelakaan lalu lintas akibat kelalaian pengendara, pemahaman sejulah faktor penyebab kecelakaan, dan kerugian yang dialami jika terjadi kecelakaan. 

Selanjutnya tim safety riding astra motor memberikan pengetahuan tentang teknik-teknik berkendara yang aman, postur tubuh yang baik, pemahaman rambu-rambu lalu lintas, hingga memperkenalkan tagline #Cari_Aman saat naik motor dengan gaya khas anak muda.


Tahukah kamu, ada beberapa poin-poin penting dalam berkendara di jalan raya yang harus kamu ketahui dan implementasikan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu :
  • Kelengkapan kendaraan pemotor standar. 
  • Kaca spion wajib ada 2 buah, di kiri dan kanan. 
  • Lampu depan, lampu re, riting kiri-kanan, klakson yang berfungsi. 
  • STNK dan SIM selalu siap atau tidak expired. 
  • Plat nomor depan belakang 
  • Memakai perlengkapan safety riding yang relatif paling aman apabila tanpa disengaja terjebak dalam situasi terburuk. 
  • Sarung tangan sebaiknya memiliki lapisan yang dapat menutupi kedua belah tangan dan bahan yang dapat menyerap 
  • Keringat serta tidak licin saat memegang grip atau handle motor disarankan yang ada pelindung kerasnya atau hard protector. 
  • Jaket, sebaiknya mampu melindungi seluruh bagian tubuh baik dari terpaan angin maupun efek negatif kala terjadi benturan kecil maupun besar. 
  • Helm, rider disarankan menggunakan helm full face sedangkan untuk penumpang diharapkan menggunakan minimal Open 
  • Face sebaiknya mampu memberikan proteksi lebih kepada kepala. Poin ini yang selalu dilewatkan oleh tipikal bikers pengguna helm catok atau helm proyek atau sejenisnya. 
  • Sepatu, haruslah mampu memberikan kenyamanan serta keamanan bagi seluruh lapisan kaki. Menggunakan sepatu yang tertutup hingga tumit atau boots. 
  • Mematuhi perarturan lalu lintas, paham rambu-rambu lalu lintas. 
  • Hindari berkendara agresif. Sabar dan sopan dalam berkendaran.
  •  Mengerti posisi sesama pengendara/pemakai jalan bahwa jalan raya digunakan untuk bersama.
Jika ada pihak sekolah maupun instasi pemerintah/swasta yang membutuhkan informasi berkenaan tentang safety Riding dapat menghubungi Instruktur Safety Riding Astra Motor Dony Adrian (Hp. 085249819160).

Salam satu hati.


No comments:

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.