Keindahan Gurun Pasir Timor Tengah Selatan di Pantai Oetune

misterpangalayo.com - Timor Tengah Selatan merupakan sebuah kabupaten dengan luas hampir 4.000 km persegi yang terletak di Pulau Timor tepatnya di provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau Timor adalah salah satu serpihan surga yang telah Tuhan titipkan kepada Indonesia dimana keindahan alamnya membuat kita semakin bersyukur tinggal di negara ini.

Gurun Oetune - Timor Tengah Selatan / pic: @alexander__5

Timor Tengah Selatan memiliki bentang alam yang suguhkan panorama menakjubkan, dan banyak traveler datang ke kabupaten ini karena daerahnya jauh dari hawa-hawa kota besar dan mereka tawarkan segudang ketenangan. Bicara wisata alam di Timor Tengah Selatan (TTS), tidak lengkap tanpa menyebutkan Pantai Oetune, sebuah pantai dengan hamparan padang pasir yang sangat luas.

Luasnya mencapai sekitar 100 meter persegi. Hamparan pasirnya yang putih berpadu dengan pepohonan Kasuari yang berjarak 6-8 meter dan diperkirakan usianya sudah puluhan tahun, menciptakan pemandangan indah yang tak bisa ditemukan di sembarang tempat. Lokasinya yang jauh dari kehidupan kota membuat obyek wisata satu ini cocok untuk dijadikan tempat menenangkan diri. Ditambah lagi pemandangan alam sekitar yang begitu asri nan epic, tentu jadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang berkunjung kesini.

Pohon Lontar // Pict by indonesiakaya.com

Jajaran Pohon Lontar juga ikut menghiasi lanskap Pantai Oetune. Banyak masyarakat sekitar lokasi mejajakan buah lontar kepada para pengunjung. Tenang aja, lo cuma harus bayar sekitar Rp 3-5 ribu aja kok perbuahnya dan bisa langsung menikmati kesegaran air dan daging buah lontar ini sambil menikmati pesona laut dan padang pasir khas Oetune.

Pantai Oetune memiliki sajian alam pantai landai berpasir putih yang luas serta laut yang bersih. Menghadap ke wilayah perairan perbatasan dengan negara Australia, pantai ini terletak di Desa Tuafanu, Kecamatan Kualin, sekitar 85 kilometer atau memakan waktu tempuh sekitar 2 jam 39 menit dari pusat kota Timor Tengah Selatan atau berjarak sekitar 115 km dari Kota Kupang, dibutuhkan waktu tempuh sekitar 3 jam lamanya.

Pict by @el.bastel

AKSES MENUJU LOKASI WISATA

Untuk sampai ke pantai ini, traveler dapat menyewa kendaraan ataupun menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju lokasi pantai atau bisa juga menggunakan alternatif angkutan pedesaan maupun motor ojek. Jalur yang direkomendasikan melintasi jalur lintas selatan yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada awal tahun 1990-an dengan kondisi jalan bervariatif, mulai dari jalanan yang berkelok-kelok dan naik turun bukit dan lembah.

Namun di sepanjang perjalanan menuju pantai, hamparan perbukitan serta rumah-rumah penduduk khas Timor akan menemani perjalanan kita. Kurang lebih setelah 2,5 jam berkendara, kita akan menemukan persimpangan yang apabila lurus maka akan menuju Pantai Kolbano. Letak Pantai Oetune berada di sebelum kawasan Pantai Kolbano. Di kanan jalan kita akan melihat beberapa spanduk dan baliho mengenai wisata Pantai Oetune, kemudian mengarahkan kendaraan untuk belok ke kanan menuju lokasi.

HTM OBJEK WISATA

Pengunjung akan dikenakan tarif masuk sebesar 3.000 rupiah dan 1.000 rupiah untuk biaya parkir motornya.

FASILITAS

Di sekitar pantai, juga terdapat beberapa kios kecil yang menjajakan makanan dan minuman ringan. Anak-anak lokal setempat juga biasa menjajakan buah Lontar kepada para pengunjung Pantai Oetune. Pantai ini pada akhir pekan maupun liburan banyak dikunjungi wisatawan atau sekedar rekreasi keluarga. Saat ini di pantai Oetune sudah dibangun fasilitas-fasilitas pendukung seperti lopo-lopo (rumah khas warga Pulau Timor) dengan jumlah 7-9 lopo dan 1 buah lopo induk di tengahnya, yang dapat digunakan sebagai tempat untuk bersantai sejenak. Selain itu juga terdapat toilet dan juga kamar bilas, yang dapat digunakan para pengunjung untuk mandi dan berbilas setelah bermain air di pantai. 

Pendopo // Pict by @el.bastel  
Lopo // pict by @andrikilua
Merencanakan liburan ke Oetune Beach dengan teman-teman atau sendiri sama serunya. Keunikan yang ada di pantai ini, dengan pemandangannya yang luar biasa, bisa sebentar membantu mengalihkan Teman Traveler dari rasa lelah yang seperti tak sudah-sudah. Bagaimana, mau kapan, nih?

No comments:

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.