Kemilau Limitless Gaming dalam ASUS ZenFone Max Pro M1

ASUS Zenfone Max Pro M1, Performa Juara, Baterai Monster
ASUS ZenFone Max Pro M1: Performa Juara, Baterai Monster dan Ramah Kantong

misterpangalayo.com - Newzoo, sebuah organisasi yang berfokus mengumpulkan data dan riset seputar dunia gaming, kuartal pertama tahun 2018 telah merilis sebuah laporan mengenai perkiraan penjualan game dari seluruh dunia. Dalam Global Games Market Report-nya, memproyeksikan sebanyak 2,3 Miliar gamer di seluruh dunia akan menghabiskan sekitar US$ 137,9 miliar hanya untuk game di tahun 2018, dan hal ini mengalami peningkatan lebih dari 13% dari tahun sebelumnya.

Temuan penting lainnya untuk tahun ini meliputi:

  • Pendapatan game digital akan mengambil 91% dari pasar global atau US$ 125,3 miliar.
  • Pendapatan mobile game tumbuh 25,5% mencapai US$ 70,3 miliar, lebih dari separuh pendapatan game berasal dari segmen ponsel.
  • Konsol dan game PC masing-masing menghasilkan US$ 34,6 miliar dan US$ 32,9 miliar.

Laporan ini juga mencakup beberapa proyeksi untuk tahun 2021, semua menunjukkan pertumbuhan fenomenal dalam industri:
  • Tingkat pertumbuhan tahunan mencapai 10,3% antara tahun 2017 dan 2021 untuk pasar secara keseluruhan, sehingga menghasilkan total pendapatan US$ 180,1 miliar.
  • Mobile Game akan menghasilkan US$ 106,4 miliar pada 2021, mewakili 59% dari pasar.
  • Game PC akan tetap stabil dengan 1,8% CAGR dengan pertumbuhan di game PC yang di-download / diimbangi dengan transisi dari game berbasis browser ke platform mobile.
  • Streaming dan e-sports akan mendorong game konsol ke 4,1% CAGR, dengan total pendapatan US$ 39 miliar.

Yang paling menarik adalah pertumbuhan pendapatan mobile game akan terus melebihi pasar game secara keseluruhan, tumbuh menjadi US$ 106,4 miliar di tahun 2021. Pada saat itu, mobile game pada smartphone dan tablet akan menghasilkan 59% pendapatan di seluruh pasar. Indonesia berada pada peringkat pertama di kawasan Asia Tenggara untuk pasar game, memiliki jumlah penduduk sekitar lebih dari 267 juta dan sekitar 82 juta orang memiliki akses Internet. Konsumen Indonesia menghabiskan sekitar US$ 1,084 miliar untuk game pada tahun ini.

Bermain game bukan lagi sebatas hobi, tapi bisa menjadi profesi yang bisa menghasilkan uang. Bermain game termasuk e-sports yang tadinya hanya bisa dilakukan di PC atau konsol, kini juga bisa dilakukan menggunakan smartphone. Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan industri game seluler semakin signifikan di pasar game digital global. Saat ini, 62% pengguna smartphone setelah seminggu membeli produk akan menginstal game. 37% pengguna smartphone apabila memiliki waktu yang luang akan memilih menghabiskan rata-rata 30 menit untuk bermain game, lebih banyak daripada aktivitas lainnya.

SMARTPHONE GAMING IDAMAN

Waktu muncul pertama kali tahun 2000-an, handphone cuma dipakai buat fungsi komunikasi untuk berhubungan dengan kerabat. Tapi makin ke sini, semakin pintarnya handphone (baca: smartphone) otomatis membuat fungsinya jadi jauh lebih kompleks. Smartphone yang ada saat ini memiliki resolusi layar yang jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya, kemampuan kamera dengan hasil bidikan yang baik, peningkatan ruang penyimpanan, serta kemampuan pemrosesan yang menyerupai konsol game maupun PC.

Seiring perkembangan smartphone, gamer memiliki pilihan perangkat baru untuk menyalurkan hobi mereka. Bisa dilihat, saat ini banyak orang bermain game menggunakan smartphone, tidak lagi terlalu bergantung pada PC. Aktivitas seperti ini tentunya bisa dilakukan di mana saja. Namun, tidak semua smartphone bisa membuat gamer bermain dengan menyenangkan.

Maka dari itu, apabila disuruh menyebutkan kriteria smartphone gaming versi saya, smartphone gaming idaman itu harus memiliki komponen atau hardware yang menunjang dan tidak bisa sembarangan. Mulai dari prosesor, panel layar, modul kamera, modem, baterai, memori, dan yang lainnya.



Berangkat dari pengalaman saya beberapa tahun ini, ada 5 komponen atau hardware yang harus diperhatikan untuk sebuah smartphone gaming :

  • RAM
1RAM berfungsi untuk menyimpan game sementara yang kemudian akan diakses oleh prosessor dan GPU. Untuk membuat aktivitas bermain game lebih menyenangkan, spesifikasi ukuran RAM yang baik untuk smartphone gaming harus minimal 3GB. Kapasitas RAM terhadap sebuah smartphone sangat mempengaruhi kinerja multitasking, dan RAM kecil akan membuat aktivitas bermain game menjadi terhambat dan kurang maksimal.

  • STORAGE
2Memori Internal berfungsi untuk menyimpan data secara permanen dan game yang terunduh di smartphone gaming biasanya tersimpan di memori internal. Karena itu, pastikan memori tersebut cukup untuk menampung ukuran game tanpa menghambat kinerja smartphone. Demi kenyamanan bermain game, memori internal yang dibutuhkan adalah minimal 16 GB dan idealnya 32GB, jangan beli smartphone dengan memori internal 8 GB.

  • CPU + GPU
3CPU dan GPU merupakan dua hal penting yang juga turut memengaruhi kualitas sebuah smartphone gaming. CPU atau prosesor untuk menampilkan gambar atau grafik dengan kualitas yang baik, sedangkan GPU sangat berguna untuk memainkan game HD dengan lancar. Saya selalu memilih smartphone dengan CPU dan GPU terbaik agar tidak ada hambatan saat bermain game, terutama jika ingin memainkannya dengan kualitas HD.

Saya selalu memilih smartphone yang menggunakan Snapdragon. Untuk smartphone gaming kelas menengah bisa cari smartphone dengan chipset minimal Snapdragon 615/625. Untuk seri Snapdragon 410/430 lebih cocok kegiatan normal sehari-hari, seperti menangani media sosial. Nah, untuk smartphone dengan GPU yang bagus, saya biasa tidak pernah repot untuk mencari mana GPU yang bagus karena sudah termasuk satu paket dengan SoC. Kalau chipsetnya bagus, sudah pasti GPU-nya juga bagus.

  • LAYAR
4Kualitas layar juga memengaruhi kepuasan bermain game. Maka dari itu, saya selalu mempertimbangkan ukuran layar dan resolusi smartphone. Ukuran layar paling efektif untuk game minimal 5,5 inci ke atas dengan resolusi layar 720p ke atas agar kualitas gambar lebih tajam dan jernih. Berbekal layar besar dan resolusi tinggi, aktivitas bermain game pada smartphone akan lebih memuaskan.

  • BATERAI
5Memilih smartphone untuk gaming, smartphone dengan kapasitas baterai besar tentu lebih tahan lama. Semua spesifikasi seperti RAM, memori internal, CPU dan GPU, tidak ada artinya jika smartphone memiliki kapasitas baterai rendah. Kapasitas baterai smartphone untuk bermain game idealnya berukuran lebih dari 4.000 mAh. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerusakan baterai dan pengurasan daya berlebihan.


Smartphone flagship adalah smartphone yang memenuhi semua kriteria diatas rata-rata untuk kelas smartphone gaming dan dipastikan bisa menjalankan hampir semua game yang ada saat ini, karena menggunakan hardware terbaik yang ada dan dipastikan memiliki harga jual yang sangat tinggi sekitar di atas IDR 7 Juta.

Hasrat yang menggebu-gebu seringkali terpentok dana yang kering. Alternatif lain adalah memilih smartphone terjangkau mumpuni yang didukung komponen atau hardware kelas menengah. Performanya tentu di bawah smartphone flagship, tapi masih nyaman dan bisa diandalkan. Harga jualnya bisa hanya setengah dari smartphone flagship (sekitar IDR 2-3 jutaan).

Smartphone Gaming Idaman

Sebuah standar baru dalam dunia perangkat pintar, yang dibuat lebih canggih, pintar, powerfull dan yang paling menarik adalah harga terjangkau. Itulah yang dikatakan ASUS saat secara resmi memperkenalkan ZenFone Max Pro M1 ke Indonesia lewat acara grand launch di Jakarta pada tanggal 23 April lalu. Mungkin banyak yang tidak tahu, bahwa ASUS telah berhasil membuat produk tersebut sebagai produk kebanggaan Indonesia, karena 100% dibuat di Indonesia, tepatnya di pabrik ASUS di Batam.


Bertajuk Limitless Gaming atau game tanpa batas, ZenFone Max Pro M1 telah dibekali chipset powerful, FullView display, baterai monster yang "Ga Ada Matinya". Smartphone spesialis gaming ini, diramu khusus untuk memenuhi kebutuhan mobile gamers, menawarkan pengalaman bermain game lebih optimal. Inilah alasan sempurna mengapa saya memilih dan memiliki smartphone gaming kekinian ini.

KEMILAU LIMITLESS GAMING dalam ASUS ZENFONE MAX PRO M1

Kemilau "Limitless Gaming" yang tersemat dalam ASUS ZenFone Max Pro M1 telah membawa beberapa fitur unggulan untuk mendukung para penggemar Game Mobile untuk meningkatkan pengalaman bermain game dengan performa kelas atas. Bermodalkan chipset high-tier terbaru Snapdragon 636, layar lapang FullView 5,99 inci full HD+ aspek rasio 18:9, dan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang tahan lama.

ASUS ZenFone Max Pro M1 (ZB602KL) 3/32
Melengkapi lini ZenFone Max Series, ASUS menghadirkan ZenFone Max Pro M1 menjadi perangkat andalan dari ASUS yang dipersenjatai oleh chipset Snapdragon 636 octa-core prosesor dengan Adreno 509 GPU. Hal ini membuat ZenFone Max Pro M1 mampu menyuguhkan performa gaming dan web browsing 10 persen lebih baik. Selain itu, Snapdragon 636 menggunakan mikro arsitektur Kyro 260 (yang biasa ada di seri 800) dengan konfigurasi big.LITTLE dan diproduksi menggunakan pabrikasi 14 nm FinFET. Kinerjanya diklaim 50 persen lebih efektif ketimbang Snapdragon 625.

Untuk mengimbangi kemampuan chipset tersebut, ASUS juga telah menghadirkan ZenFone Max Pro M1 dengan varian RAM 3 GB + ROM 32 GB, RAM 4 GB + ROM 64 GB, dan RAM 6 GB + ROM 64 GB. Meskipun memiliki tiga jenis varian ASUS ZenFone Max Pro M1, namun spesifikasi yang dibawanya tidak ada perbedaan alias identik. Selain itu perangkat tersedia dengan dua varian warna yaitu deepsea black dan meteor silver. Untuk perangkat yang sedang diulas ini memiliki RAM 3 GB dan kapasitas penyimpanan 32 GB, serta varian warna deepsea black. Meski cuma menyentuh angka 3/32, performanya secara keseluruhan sama sekali tidak mengecewakan.


Di kelasnya, Zenfone Max Pro M1 bisa dikatakan memiliki kinerja terbaik. Prosesor Snapdragon 636 yang digunakannya telah dioptimasi dengan baik sehingga perangkat ini sangat mumpuni bagi pengguna yang memiliki hobi game. Hasil uji benchmark Zenfone Max Pro M1 yang menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark v.7.1.0 memberikan skor Antutu 115.910 (untuk varian RAM 3 GB dan ruang simpan 32 GB). Dengan ZenFone Max Pro M1, pengguna akan benar-benar merasakan kemilau “Limitless Gaming” yang sebenarnya.

Hal ini pun saya rasakan ketika melakukan sejumlah aktivitas, di mana pengalaman yang diberikan sangat baik dan lancar jaya. Tak hanya sekedar untuk browsing atau menonton video, bermain game berat juga bisa diladeni ZenFone Max Pro M1 dengan sangat baik. Sebagai contoh adalah game PUBG Mobile yang sedang naik daun di Indonesia, sudah mampu menjalankan grafis tinggi. Selain itu, tiga game MOBA favorit, seperti Mobile Legends, Arena of Valor, dan Vainglory, setting grafis bisa dinaikkan ke HD dan frame rate-nya high. Untuk game Mobile Legends, smartphone ini dapat menunjang permainan hingga 12 jam.


Setelah mencoba memainkan game Mobile Legend, saya tidak merasakan hambatan sedikitpun ketika menggunakan smartphone ini dan suhu rata-rata di 32 derajat celcius (ruangan yang ber-AC), suhu akan meningkat sampai dengan 36 derajat celcius (ruangan non-AC)

Tidak berhenti sampai di situ, ASUS ZenFone Max Pro M1 dibubuhi layar IPS LCD 18:9 beresolusi 2.160 x 1.080 (full HD+) dengan ukuran 5,99 inci, mampu menghasilkan kecerahan maksimal hingga 450 nit dan dukungan contrast ratio 1500:1 memberikan sudut pandang yang lebih jelas ke arah layar, tentu sangat ideal untuk aktivitas gaming. Selain itu, teknologi TruePallete menghasilkan warna yang tampil lebih alami dan EcoPix yang memastikan layar dapat terlihat di bawah sinar matahari.

Tampilan layar lebih lebar 12% dibanding resolusi 16:9 (Game Mobile Legends)

Secara keseluruhan, perangkat ini memiliki layar berkualitas baik. Gambar yang dihasilkan terlihat jernih dan jelas. Berkat aspek rasio 18:9, tampilan konten tersaji lebih lebar sekitar 12 persen saat bermain game dibanding smartphone 16:9. Mengikuti trend full view yang menjadi desain smartphone saat ini, ASUS mengembalikan posisi sensor sidik jari ke bagian belakang sehingga membuat pengguna lebih mudah untuk mengaksesnya. Ini akan membuka ZenFone Max Pro M1 hanya dalam waktu 0.3 detik, bahkan jika jari dalam keadaan basah.

(Tampilan Belakang) Pemindai sidik jari berada di bagian belakang ponsel tepatnya di atas logo ASUS. 

Menariknya, inilah pertama kalinya ASUS menggunakan rasio 18:9, sehingga dibandingkan dengan produk ASUS yang lain, ZenFone Max Pro M1 terlihat tinggi langsing. ASUS melengkapi desain layarnya ini dengan model curved glass 2.5D alias melengkung di bagian tepinya dengan tampilan flat material design yang benar-benar apa adanya dan minim bloatware, dikemas dengan dimensi berukuran 159 mm x 76 mm x 8.5 mm (6.26 in x 2.99 in x 0.33 in) dan bobotnya hanya seberat 180 gram sehingga masih nyaman digenggam dengan satu tangan, serta perangkat ini sudah menggunakan layar antigores dengan lapisan oleophobic yang mampu meningkatkan daya tahan layar.

(Tampilan Depan) ZenFone Max Pro M1 mengusung layar Full View Display dengan ukuran bezelnya tipis.

Smartphone dengan performa tinggi, pasti punya baterai yang bisa mendukung performanya. ASUS mengklaim bahwa sekali charge bisa bermain game secara non-stop hingga 45 match atau sekitar 12 jam dan bisa dibawa kemana-mana, cocok untuk para traveler. Hal ini bisa tercapai berkat kombinasi apik baterai non-removable 5.000 mAh yang kuat dan Snapdragon 636 yang udah punya reputasi sebagai chipset hemat baterai. Meskipun disokong dengan kapasitas baterai besar, pengguna juga tak perlu khawatir dengan proses pengisian ulang, karena sudah dilengkapi dengan fitur Fast Charging (5V/2A 10W) . Mengisi ulang daya mulai dari 0-100% hanya butuh waktu 2 jam 42 menit.

Triple Slot SIM Tray (2 nano-SIM, 1 micro-SD)
ASUS ZenFone Max Pro M1 menggunakan triple slot SIM tray (2 nano-SIM, 1 micro-SD) yang terletak di bagian samping kiri. Fitur triple slot ini memungkinkan pengguna memasang dua kartu SIM dan sekaligus slot MicroSD di dalamnya, tanpa harus mengorbankan salah satu di antaranya seperti layaknya slot berjenis hybrid. Kedua slot kartu SIM juga mendukung konektivitas 4G LTE dengan kecepatan hingga 400Mbps sehingga pengguna tidak perlu melepas pasang dan memindahkan posisi SIM card. Slot MicroSD dapat menopang kartu MicroSD hingga kapasitas 2TB.

ZenFone Max Pro M1 memiliki sistem dual kamera yang canggih

ASUS menyebutkan bahwa penciptaan ZenFone Max Pro M1 didasari oleh sebuah ide dari filosofi kata Max, yang tidak hanya sekadar mementingkan performa semata, tetapi juga mengacu pada peningkatan aspek lain seperti kualitas kamera, audio, dan lainnya. Sebagai ponsel gaming bukan berarti mengorbankan kualitas kamera. ZenFone Max Pro M1 untuk varian RAM 3 GB dan RAM 4 GB memiliki sistem dual kamera yang masing-masing lensa mempunyai resolusi 13 megapiksel dengan aperture f/2.2 dan 5 megapiksel aperture f/2.4.

Dan kamera ZenFone Max Pro M1 varian RAM 6 GB mengantongi kamera beresolusi 16 megapiksel (2x lipat dari versi standar) dengan aperture f/2.0 + 5 MP. Hadirnya kamera kedua difungsikan untuk menghasilkan efek bokeh. Selain itu, kamera belakang bisa menangkap video pada resolusi 4K Ultra HD (2160p) atau 4 kali lebih baik dari Full HD. Sehingga membuat kegiatan fotografi jauh lebih bagus dan sempurna.


Fitur Kamera begitu beragam untuk kebutuhan fotografi sehari-hari

Fitur kamera yang ada di smartphone gaming ini cukup banyak seperti HDR, portrait mode, landscape mode, night mode, candlelight, beach mode, snow mode, sunset mode, back light, flowers, dan sports. Serta pengaturan kamera yang juga lengkap seperti ISO, exposure, white balance yang bisa diatur sesuai dengan keinginan pengguna.

Begitu juga untuk kamera depan beresolusi 8 megapiksel (f/2.2, 1.0ยตm) untuk varian RAM 3 GB dan RAM 4 GB, dan kamera resolusi 16 megapiksel khusus untuk varian RAM 6 GB. Kamera depan bisa membuat hasil swafoto sangat lumayan, dan juga menghasilkan foto dengan efek bokeh, serta dilengkapi dengan fitur live beuatification yang secara instan mempercantik foto dengan menghilangkan jerawat, menyeimbangkan bentuk wajah, mencerahkan warna kulit dan masih banyak lagi. Dari spesifikas kamera depan dan belakang yang dibawa tentu saja hasil jepretan ZenFone Max Pro M1 sudah cukup bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan fotografi sehari-hari.

Berikut hasil jepretan ASUS ZenFone Max Pro M1 (3/32):



(Tampilan Bawah) Bagian bawah terdapat konektor microUSB 2.0, jack earphone, dan speaker. 
Sedangkan untuk audio termasuk bagian yang penting bagi penikmat audio dengan kualitas suara yang jernih dan baik. Speaker ZenFone Max Pro M1 memiliki konstruksi 5 magnet dengan suara yang dilindungi metal, dan juga ditambah dengan NXP smart amplifier yang memberikan suara yang lebih kencang dan jernih di semua kondisi. Karena dibekali 5 magnet speaker membuat smartphone ini mempunyai tingkat tekanan suara atau biasa disebut sound pressure level mencapai 93 dB-SPL menghasilkan suara terdengar lebih jernih dan nyaman di telinga meskipun di set ke tingkat volume paling tinggi. Selain itu dengan penggunaan lima magnet mampu meredam getaran hingga 730 Hz sehingga output suara jadi lebih smooth dan empuk untuk ukuran telinga manusia.

Pure Android 8.1 OS

Bergeser ke bagian sistem operasi, salah satu hal yang menjadikan ZenFone Max Pro M1 berbeda dari ZenFone lain adalah bahwa smartphone tersebut menggunakan pure Android versi 8.1 Oreo dengan patch keamanan bulan April 2018. Sebelumnya ASUS selalu menggunakan ZenUI sebagai ROM pada setiap smartphone yang dirilisnya. Dengan Android murni performa ZenFone Max Pro M1 terasa ringan dan lebih sederhana. Transisi antar halaman dan perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lain sama sekali tidak mengalami gangguan. Sekedar informasi, Android Oreo diklaim sebagai OS yang sangat powerfull dan efisien. Bahkan, OS memiliki kecepatan booting 2x lipat lebih cepat dibandingkan OS generasi sebelumnya.


ASUS ZenFone Max Pro M1 menggunakan OS Android 8.1 Oreo, tanpa ZenUI, antarmuka pengguna karya Asus.

FITUR UNGGULAN ASUS ZENFONE MAX PRO M1


3 Fitur atau teknologi menarik yang dimiliki ASUS ZenFone Max Pro M1 :
  • Fitur "Auto Fill"

ZenFone Max Pro M1 menawarkan fitur menarik yang memudahkan aktivitas digital kekinian, salah satunya adalah fitur Auto Fill yang menawarkan kenyamanan dan keamanan saat log-in. Dengan fitur ini, tidak perlu repot-repot mengetik username dan password, saat ingin masuk ke berbagai akun di internet, akun media sosial, atau berbagai aplikasi. Selain lebih hemat waktu, fitur ini juga mengurangi kemungkinan salah ketik. Autofill terhubung ke Google Smart Lock terlebih dahulu. Saat Anda membuka aplikasi yang memerlukan kata sandi seperti Facebook atau Twitter, ketuk tombol masuk dan tombol Autofill akan muncul secara ajaib dan memasukkan semua detail Anda.


Fitur Auto Fill || Sumber Gambar: https://www.android.com/versions/oreo-8-0/
  • Fitur "Picture in Picture (PIP)"
Fitur menarik selanjutnya adalah Picture-in-picture (PIP). Fitur yang sudah ada pada youtube ini sangat berguna seperti saat sedang membuka video bisa membalas pesan sms, whatsapp, maupun browsing dan lainnya sebagainya dengan mudah. Lewat fitur baru ini, bisa menonton film atau melakukan video-call dengan window yang bisa dipindah-gerakkan untuk meningkatkan produktivitas dan multitasking, tak peduli berapapun ukuran layar tersebut.

Fitur Picture in Picture (PIP) || Sumber Gambar: https://www.android.com/versions/oreo-8-0/
  • Fitur "Notification Dots"
Notification Dots, salah satu fitur yang unik dan menarik karena notifikasi (pemberitahuan) yang masuk ke smartphone muncul semacam titik berwarna (notification dots) di atas icon aplikasi apabila ada notifikasi baru (dan belum dibaca) masuk ke aplikasi tersebut. Yang lebih menarik, kita bisa menekan Notification Dots ini selama beberapa detik untuk melihat semacam Preview dari pesan yang masuk. Ini merupakan cara baru untuk melihat notifikasi yang masuk ke smartphone.

Fitur Notification Dots || Sumber Gambar: https://www.android.com/versions/oreo-8-0/

HARGA ASUS ZenFone Max Pro M1

Berikut harga ASUS ZenFone Max Pro M1 yang beredar di pasaran Indonesia :
  • ASUS ZenFone Max Pro M1 (RAM 6GB, ROM 64GB, kamera 16MP+5MP, kamera depan 16MP) – Rp3.299.000
  • ASUS ZenFone Max Pro M1 (RAM 4GB, ROM 64GB, kamera 13MP+5MP, kamera depan 8MP) – Rp2.599.000
  • ASUS ZenFone Max Pro M1 (RAM 3GB, ROM 32GB, kamera 13MP+5MP, kamera depan 8MP) – Rp2.199.000
Saat ini, situs belanja online yang bekerjasama dengan ASUS untuk penjualan ZenFone Max Series terbaru ini hanya tersedia di Lazada dan Blibli. Setelah melihat perbandingan harga diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa ASUS ZenFone Max Pro M1 merupakan smartphone gaming dengan Snapdragon 636 termurah saat ini. Unit yang saya review merupakan varian termurah yakni versi RAM 3GB (ZB602KL) dengan paket penjualan sebagai berikut:
  • Unit ASUS ZenFone Max Pro (M1)
  • Adapter charger 2A
  • Kabel data microUSB
  • Silicon case
  • SIM ejector
  • Buku panduan dan garansi
Paket Penjualan ASUS ZenFone Max Pro M1 (3/32)
ZenFone Max Pro M1 untuk Indonesia
Smartphone adalah salah satu wujud dari komputer yang berukuran ringkas. Ambisi ASUS adalah selalu membuat smartphone menjadi produk terbaik, dari sisi design, kualitas, dan performa, dan harga yang terjangkau. ZenFone Max Pro M1, untuk Indonesia.

KESIMPULAN

ZenFone Max Pro M1 adalah bukti dari komitmen ASUS untuk menciptakan smartphone yang selain hadir dengan baterai besar, juga memiliki fungsionalitas tinggi bagi pengguna. Smartphone gaming ini membawa baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas yang super besar yakni 5000 mAh, dapat menyimpan daya lebih besar, namun dibuat dalam dimensi ringkas. Sangat bermanfaaat bagi para gamers dan travelers. Prosesor Qualcomm Snapdragon 636 menawarkan performa lebih tinggi dibandingkan Snapdragon 625 sehingga mampu menangani aplikasi game Android apapun yang disediakan di Google Play Store.

Tak hanya ukuran yang besar, yakni 5,99 inci dengan resolusi Full HD+ (2.160 x1080p), rasio 18:9 serta full-view display membuat pengguna memaksimalkan pengalaman bermain game. Selain itu, harga sangat terjangkau dan menggiurkan untuk smartphone sekelas premium, dengan performa dan kemampuan mumpuni. Sesuai tagline Limitless Gaming, smartphone buatan vendor asal Taiwan ini merupakan smartphone paling berkilau dikelasnya karena memiliki kombinasi spesifikasi diatas rata-rata untuk smartphone kelas menengah, terutama untuk segmen smartphone gaming.


SPESIFIKASI LENGKAP 
ASUS ZenFone Max Pro M1




ZenFone Max Pro
M1 3GB/ 32GB
ZenFone Max Pro
M1 4GB/ 64GB
ZenFone Max Pro
M1 6GB/ 64GB
Ukuran Layar
6 inci, 2.160 x 1.080 piksel, aspect ratio 18:9 6 inci, 2.160 x 1.080 piksel, aspect ratio
18:9
6 inci, 2.160 x 1.080 piksel, aspect ratio
18:9
Dimensi Fisik
159 x 76 x 8,46mm
159 x 76 x 8,46mm
159 x 76 x 8,46mm
Bobot
180 gram
180 gram
180 gram
Prosesor
Snapdragon 636, octa core CPU Kryo
260 1,8 GHz, GPU Adreno 509
Snapdragon 636, octa core CPU Kryo
260 1,8 GHz, GPU Adreno 509
Snapdragon 636, octa core CPU Kryo
260 1,8 GHz, GPU Adreno 509
RAM
3 GB
4 GB
6 GB
Storage
32 GB + micro SD hingga 2 TB
64 GB + micro SD hingga 2 TB
64 GB + micro SD hingga 2 TB
Kamera Belakang (1)
13 megapiksel, lensa wide f/2.0, PDAF, LED flash
13 megapiksel, lensa wide f/2.0, PDAF, LED flash
16 megapiksel, lensa wide f/2.0, PDAF, LED flash
Kamera Belakang (2)
wide angle 5 megapiksel (untuk efek bokeh)
wide angle 5 megapiksel (untuk efek bokeh)
wide angle 5 megapiksel (untuk efek bokeh)
Kamera Depan
8 megapiksel, LED flash
8 megapiksel, LED flash
16 megapiksel, LED flash
Kapasitas Baterai
5.000 mAh
5.000 mAh
5.000 mAh
Jaringan Seluler
FDD-LTE, TDD LTE, WCDMA, GSM
FDD-LTE, TDD-LTE, WCDMA, GSM
FDD-LTE, TDD-LTE, WCDMA, GSM
Konektor
micro-USB, jack audio 3,5mm
micro-USB, jack audio 3,5mm
micro-USB, jack audio 3,5mm
GPS
Ya, dengan dukungan A-GPS, GLONASS,
BDS
Ya, dengan dukungan A-GPS, GLONASS,
BDS
Ya, dengan dukungan A-GPS, GLONASS,
BDS
Kartu SIM
Dual nano-SIM (bisa digunakan
sekaligus, tanpa mengorbankan kartu micro SD)
Dual nano-SIM (bisa digunakan
sekaligus, tanpa mengorbankan kartu micro SD)
Dual nano-SIM (bisa digunakan
sekaligus, tanpa mengorbankan kartu micro SD)
Konektivitas Wireless
Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2,
Wi-Fi Direct
Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2,
Wi-Fi Direct
Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2,
Wi-Fi Direct
Biometrik
Pemindai sidik jari, pengenal wajah
Pemindai sidik jari, pengenal wajah
Pemindai sidik jari, pengenal wajah
OS
Android Oreo 8.1, polos tanpa tambahan custom UI
Android Oreo 8.1, polos tanpa
tambahan custom UI
Android Oreo 8.1, polos tanpa
tambahan custom UI

Pilihan Warna
Deepsea Black, Meteor Silver
Deepsea Black, Meteor Silver
Deepsea Black, Meteor Silver
Harga

Rp. 2.199.000,-

Rp. 2.599.000,-

Rp. 3.299.000,-

#ZenFoneMaxProM1_ID #LimitlessGamingID

83 comments:

  1. Replies
    1. Lagi ada promo di Lazada tuh dek, kepoin kepoin,, he he he

      Delete
  2. Paten ni artikelnya, sangat informatif dan bermanfaat. Thanks gan

    ReplyDelete
  3. Handphonenya keren jadi pengen nih belinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mas tyo.

      sini sini meet up, testing sendiri hp nya.

      Delete
  4. Replies
    1. so pasti....... seharian hp pun ttp nyala mabar nya

      Delete
  5. Anak Game, anak PUBG, anak ML, anak free fire, dan anak anak yang lainnya mah wajib nih! ๐Ÿ˜Ž

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya wajib bos ku...

      Harga sangat terjangkau namun performa ni hape sekelas premium

      Delete
  6. Dgn baterai yg besar, jaminan mutu utk kerja atau nge game dgn puas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bos,, saya charge 100% saat berangkat kerja,,, baterainya awet sampe keesokan harinya brkt kerja masiih sisa 15% (pemakaian normal).

      Greget bgt baterainya

      Delete
  7. Waaahh... Mantap ni Asus. Beliin dong adong aku satu... Hehe.. #ngarep

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi blogger tanah seberang, ape kabarnye nih?

      laaaah sini dong ke pontianak, om beliin

      Delete
  8. Mantap bg hp nya, spek gaming banyak peminatny....!!! Hargany jg bervariasi....

    ReplyDelete
  9. Spesifikasi bagus,Harganya pas di kantong

    ReplyDelete
  10. mantep nih, jadi pengen balik ke zenfone user, hahaa. thnks referensinya bro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh harus bos.... zenfone max pro m1 ga bikin panas kek setrikaan kalau dbawa main game dlm wkt lama...

      Delete
  11. Sangat memanjakan para gammer, asus top banget lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. selalu top, asus zenfone max pro m1 merupakan produk yang dibuat langsung di dalam negeri, bangga

      Delete
  12. Untuk seorang gamers seperti saya, hape ini jadi target utama

    ReplyDelete
  13. Wih, semakin maju jak Asus, Dari Laptop Sampai ke Hpnye bakalan menguasai Dunia Gaming.

    ReplyDelete
  14. Saya sangat suka hp ini, karena cocok buat saya yang penggila game online, dan mudah"an saya berniat untuk memilikinya.

    ReplyDelete
  15. HP ini memang keren, bisa main game tahan lama dan nonton juga enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nonton apa mas.... ๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Delete
  16. Memang hape pilihan para gamers nih, baterai dan layarnya sama2 gede. Dijamin puas ngegamenye. Reviewnya tjakep...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ada suhu.... kasih masukan ya suhu... apa yg perlu di kurangi atau di tambah...

      Auto chat di WA.... on the way...

      Delete
  17. Sebagai pecinta games moba.. emang rekomended banget Max pro satu ini. Aku pake yg 6gb.. seriusan bikin betah ngegame plus bisa nyimpen file seabrek blm lagi batrenya.. ulalaa.. mantul deh!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah aku pake yg 3 GB.. wah kudu upgrade 6 ni mak....

      Thank mak yul

      Delete
    2. haree genee.. masa suhu brand asus pake yg 3gb.. wkwkwk..*eh hahahahha.. upgrade dong upgrade!! atau nunggu rogphone..wkwkkwwk

      Delete
    3. Iya mak.. besok aku beli... gampang... tinggal mnt sama koko.. hahahaha ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Delete
  18. Hi bang ulasan blog nya sangat lengkap dan berhasil memberi sugesti ke saya buat beli ni henpon.

    Thanks bang.

    Ngomong2 apa benar main game moba smpe 12 jam ?

    ReplyDelete
  19. Udah pakai HP ini sejak beberapa bulan terakhir, memang memuaskan dan semua review di atas benar adanya:)

    ReplyDelete
  20. Waaahh keren banget ya hp nya. Jadi pengen beli. Dan spesifikasi ram, memory dan harga beda ternyata sisipan kameranya juga beda ya. Nabung ah beli yang 6GB. Cuma beda beberapa ratus ribu aja dari yang 4GB.

    ReplyDelete
  21. keren dit hp ni, soalnya cowo ku pake yg versi 6 gb buat game.. kamera buat selfie juga ok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Cece Mar.

      Wah beneran keren hp nya. Syg ak pake varian 3 GB. Kudu upgrade nih

      Delete
  22. Wah jadi pengen punya Hp Asus ini dan cocok banget sama aku Om. Harganya terjangkau dan spesifikanya besar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi om Fajrin...

      Keren kan hape nya... makanya ak review

      Delete
  23. Cocok banget buat yang suka sama game, apalagi sekarang kan lagi musim main game online lagi ya. Orang kantorku bapak-bapak pada ngegame semua kalau pas istirahat haha

    ReplyDelete
  24. Aduhaaaaaayyyy. Handphone idaman bener deh ya. Radit tulisannya cap jempol empat detil bangetsss.

    ReplyDelete
  25. Makin keren aja ini Asus ya.. Jadi mupeng aku. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. HI Blogger JATIM,,, kapan meet up ?

      eh ya dong ASUS mah best

      Delete
  26. Wah bagusss. Aku udah selalu ngincer hp asus ini. Semoga bisa segera dipinang ahhh

    ReplyDelete
  27. Asus emang paling terkenal buat gaming. Review nya lengkap dan mantul. Kalau disuruh pilih pengen yang varian 6GB hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupp aku juga mba mau upgrade 6 GB ni.. mau jual yg 3 GB ni dlu.. ..

      Wah gaming.. benar2 top bgt henpon ni

      Delete
  28. Wah mantap ni artikelnya. Lengkap sekali dan sangat bermanfaat. Kebetulan lagi cari smartphone untuk gaming

    ReplyDelete
  29. Reviewnya keren sesuai yg diinginkan asus. Wa krj d asus cntre

    ReplyDelete
  30. Fix ganti hp ni, eh ganti apa nambah ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau nambah atau ganti.. yg penting dpt smartphone keren ini

      Delete
  31. referensi yang lengkap, kebetulan lagi cari smartphone gaming. Terima kasih Radit

    ReplyDelete
  32. Keren review blog ini, lengkap bgt.

    Aku sudah beli varian 4gb tp dgr2 max pro m2 bulan dpn launcing ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih mba. Benar bgt. Tgl 11 kalau ga salah. Biasa ada live streaming ntar. Kepoin yukk

      Delete
  33. Bukan smartphone kaleng2 untuk rentang harga segitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupp betul sekali mas..

      Ni smartphobe parah bgt ,,, terjangkau buat semua kalangan.. love ASUS

      Delete
  34. Alhamdulillah Juara 3 ... thanks ASUS

    ReplyDelete

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.