Penjelasan Cina Daratan, Taiwan, Hong Kong, dan Macau di Asian Games 2018

misterpangalayo.com - Jika Anda pernah bepergian dari Macau ke Hong Kong atau China Daratan ke Taiwan atau sebaliknya, Anda akan diwajibkan untuk menggunakan paspor Anda untuk dicap setiap kali ingin memasuki masing-masing daerah tersebut. Masing-masing memiliki pemerintahan sendiri, uang, kepolisian, sekolah, dan bahkan bahasa.

Paspor

Tetapi Hong Kong, Taiwan dan Macau bukanlah negara merdeka seutuhnya, terlepas dari fakta bahwa ketiga daerah tersebut memiliki timnya sendiri di Asian Games 2018 di Jakarta. Di negara yang kita kenal atau akui dengan nama RRC (Republik Rakyat China) yang beribukota di Kota Beijing memberlakukan Satu Negara Dua Sistem.

Kebijakan politik ini dicetus oleh seorang pemimpin revolusi dalam Partai Komunis China bernama Deng Xiaoping. Satu negara yang dimaksud adalah Republik Rakyat China atau China Daratan. Sedangkan dua sistem yang dimaksud adalah sistem sosialisme dengan kekuasaan terpusat di Republik Rakyat China dan kapitalisme serta demokrasi dalam tingkat berbeda di Hong Kong, Macau dan Taiwan.

1. Chinese / RRC

Negara China memiliki nama resmi People's Republic of China atau dalam bahasa Indonesia diterjemahkan dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) atau Republik Rakyat China (RRC). Negara ini beribu kota di Beijing dan salah satu negara dengan penduduk terbesar dan sebagai negara penganut ideologi komunis terbesar di dunia. Mata uang yang digunakan adalah Yuan.

Sedangkan, orang-orang Taiwan, Hong Kong, dan Macau menyebut RRC dengan Mainland atau tanah daratan. Uniknya, ketiga daerah ini apabila ingin berkunjung ke RRC harus menggunakan paspor. Bahasa yang digunakan sehari-hari adalah Bahasa Mandarin.

Bendera RRC / RRT

2. Chinese Taipei / Taiwan

Nama resmi negara ini sebenarnya bukanlah Taiwan, tetapi Republic of China yang beribu di kota Taipei. Sistem ekonominya berbentuk kapitalis dan mata uangnya Taiwan Dollar (TWD). Taiwan bukanlah negara yang merdeka seutuhnya atau negara dengan pengakuan terbatas. Hanya sekitar 23 negara yang mengakui Taiwan sebagai negara berdaulat. Secara de facto Taiwan adalah negara merdeka dan menjadi satu negara dunia, namun secara de jure Taiwan belum mendapatkan pengakuan dari berbagai negara dunia.

Taiwan dan China berpisah semenjak perang saudara meletus di wilayah mainland (RRT). Hasil dari perang itu, Partai Komunis menang dan menguasai RRT. Sementara yang kalah, Partai Nasionalis atau yang biasa disebut Kuomintang, pergi ke Pulau Formosa (yang masih masuk ke dalam wilayah RRT) dan membentuk negara sendiri. Bahasa yang digunakan sehari-hari adalah Bahasa Mandarin.

Bendera Taiwan

3. Hong Kong

Berbeda dengan Taiwan sebagai negara merdeka dengan pengakuan terbatas, Hong Kong merupakan negara semi merdeka dengan nama resminya Hong Kong Special Administrative Region (Daerah Administratif Khusus Hong Kong). Soalnya, Hong Kong merupakan wilayah RRT yang dulunya dikuasai oleh Inggris. Di tahun 1997, Inggris mengembalikan Hong Kong kepada pemerintahan RRT lagi. Namun, Hong Kong sudah memiliki pemerintahannya sendiri, bendera negara sendiri, hingga menganut sistem ekonomi sendiri berupa kapitalis dengan mata uang Hong Kong Dollar (HKD). Karena itulah Hong Kong dan RRT menjadi satu negara dengan 2 sistem.

Berbeda dengan RRT yang membatasi arus informasi dari dunia luar, Hong Kong justru membuka diri kepada dunia. Gak heran jika Hong Kong disebut sebagai Asia’s World City dan disandingkan dengan Singapura sebagai negara kecil yang maju dengan pertumbuhan yang pesat. Hong Kong juga menjadi tempat yang menghubungkan dunia barat dengan Tiongkok. Banyak sekali media internasional seperti BBC, CNN, VOA, Fox News, dan Al-Jazeera bermarkas di Hong Kong agar lebih mudah meliput Tiongkok dari dekat sebagai negara yang kurang demokratis terhadap pers. Bahasa yang digunakan sehari-hari adalah Bahasa Kantonis dan Bahasa Inggris

Bendera Hong Kong

4. Macau

Macau memiliki status yang sama dengan Hong Kong karena dulunya negara ini dikuasai oleh Portugis, namun dikembalikan ke RRT dengan status satu negara dua sistem. Macau sendiri terkenal sebagai The Sin City of Asia karena menjadi pusat perjudian terbesar di dunia yang buka hingga 24 jam. Atmosfer Eropa atau Portugis masih sangat kental terasa di sini, seperti bangunan-bangunan bercorak Eropa atau informasi yang ditulis menggunakan bahasa Portugis.

Meskipun berada di satu wilayah, keempat negara ini memiliki passport nya masing-masing. Jadi, bagi warga RRT yang ingin pergi ke Taiwan, Hong Kong, atau Macau, wajib menggunakan passport. Begitupun sebaliknya. Macau terletak tidak jauh dari Hong Kong, hanya sekitar 20 menit menggunakan kapal feri. Bahasa yang digunakan sehari-hari adalah Bahasa Portugis, Bahasa Inggris, dan Kantonis. Mata uangnya adalah Pataca Macau, namun Dolar Hong Kong juga berlaku di sini.
 
Bendera Macau

No comments:

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.