Taman Tugu Pancasila, Salah Satu Wisata Taman Kota di Pontianak

misterpangalayo.com - Garis khatulistiwa atau Equator lebih identik dengan kota Pontianak karena garis semu ini tepat melintas di tengah ibu kota provinsi Kalimantan barat ini. Saat akhir pekan atau musim liburan, kota ini akan dipadati oleh para wisatawan yang datang dari berbagai penjuru. Baik wisatawan dari kota-kota di Kalimantan Barat atau dari Sarawak dan Brunei Darussalam.

Taman Tugu Pancasila Pontianak
Taman Tugu Pancasila dimalam hari || Gambar: skyscrapercity

Destinasi wisata di kota ini sangat beragam, mulai dari arena permainan air, taman kota, pusat kuliner, hingga sejumlah wisata sejarah dan keagamaan. Liburan di Kota Pontianak tidak harus pergi menghabiskan uang ke mall atau restaurant mahal. Namun masih banyak tempat di Pontianak yang yang menawarkan liburan menarik dan pastinya ramah kantong.

Destinasi liburan yang murah bahkan gratis seperti Taman Kota bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan alternatif sebagai tempat liburan yang menyenangkan. Taman Kota di Pontianak menawarkan keteduhan dan bisa menjadi tempat yang ingin merefresh pikiran. Selain menyegarkan mata gara – gara bisa ngeliat yang hijau – hijau, kamu juga bisa menikmati sejuknya udara Pontianak ditengah teriknya mataharinya.

Berdiri megah sebuah Tugu Pancasila di areal Taman Tugu Pancasila yang berada di kawasan Bundaran Pelindo antara Jl. Rahadi Usman dengan Jl. Pak Kasih. Taman Tugu Pancasila juga berada dekat dengan destinasi wisata lainnya seperti Taman Alun-Alun Kapuas, Taman Kantor Walikota, dan Patok Titik Nol Kilometer Pontianak.

Taman Tugu Pancasila Pontianak
Taman Tugu Pancasila Pontianak dari udara

Secara administratif, Taman Tugu Pancasila terletak di Kelurahan Tengah, Kecamatan Pontianak Kota. Taman ini berdiri di atas lahan berbentuk segitiga, dan yang paling menonjol di taman ini adalah Monumen Pancasila dengan ciri khas utamanya berwarna merah-putih adalah lambang negara Garuda Pancasila berukuran besar di sisi depannya. Sedangkan sisi belakangnya terdapat lambang Kota Pontianak dengan tulisan "PADAMU NEGERI KAMI MENGABDI".

Sejatinya, Tugu Pancasila ini dibangun untuk mengenang perjuangan bangsa Indonesia. Tidak jelas pastinya kapan Tugu Pancasila ini dibangun, namun diperkirakan setelah tahun 1965, setelah Tugu Korban Agresi Jepang dirobohkan. 

Tugu Korban Agresi Jepang untuk mengenang korban pembantaian oleh tentara Jepang. Tugu tersebut kemudian dirobohkan dan diganti tugu yang ada sekarang. Lokasi tugu tersebut kini dibangun patok yang berjarak kira-kira 30 meter di depan Tugu Pancasila.

Monumen Pancasila 

Tidak banyak yang berpikiran taman kota ini dijadikan tempat wisata alternatif di Pontianak, karena taman Alun Kapuas yang hanya berjarak sekian meter dari Taman Tugu Pancasila lebih menjadi primadona wisata taman kota. Namun tidak ada salahnya, kamu berjalan kaki menuju taman tugu pancasila.

Beberapa aktivitas wisata yang bisa kamu lakukan adalah berfoto bersama keluarga karena spot foto di taman ini sangat bagus, sebagai tempat olahraga di pagi dan sore hari, dan yang terakhir kamu bisa melihat sebuah cenotaph di taman tersebut. 

Cenotaph alias nisan kosong adalah monumen yang dibangun untuk mengenang para pejuang yang telah gugur, yang kuburannya tersebar di berbagai daerah, atau yang keberadaan jenazahnya tidak diketahui. Karena Kota Pontianak tidak memiliki taman makam pahlawan, maka sudah selayaknya tugu ini difungsikan untuk mewakili keberadaan taman makam pahlawan.

Taman Tugu Pancasila merupakan satu diantara taman-taman kota yang ada di Kota Pontianak. Keberadaan taman-taman kota ini pun semakin membuat Pontianak sebagai kota yang ramah terhadap para wisatawan. Apalagi, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk bisa bersantai di taman-taman ini. Menarik, kan?


#GenPIKalbar #GenPISingkawang #GenPIPontianak 
#WisataTamanKota #TamanKotaPontianak #WisataPontianak #TamanTuguPancasila

4 comments:

  1. Sekilas sepertinya tugu-tugu seperti ini tidak ada menariknya (bagi saya pribadi, dan mungkin kebanyakan orang Indonesia sendiri). Tapi saya jadi teringat patung Raja Sejong di Gwangwamun, Seoul, Korea Selatan. Sama-sama sebuah ikon sejarah dan identitas bangsa.

    Berharapnya sih bisa sama-sama menarik orang asing untuk dijadikan 'tanda' foto, pernah datang ke daerah, khususnya Pontianak hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk destinasi wisata mgkn tidak menarik sih mbak... namun utk spot foto atau buat arena jogging atau hanya bersantai mgkn bisa menjadi alternatif.

      tuk icon sebuah kota ptk, mgkn lbh instagramable adalah tugu khatulistiwa atau replika tugu khatulistiwa di alun kapuas.

      Delete
  2. Bulan April tahun lalu aku ke Pontianak tapi nggak sempet ke Tugu Pancasila. Taman yang aku kunjungi cuma Taman Alun Kapuas, itu pun udah seneng banget.

    Aku juga suka mampir ke taman sama area publik lainnya bro :)

    ReplyDelete
  3. Iya mas itu rekomended kalau ke POntianak, kedua Khatulistiwa Park di Monumen Equator

    ReplyDelete

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.