Header Ads

Taman Kota, Destinasi Wisata Liburan Hemat di Pontianak

misterpangalayo - Pontianak yang memiliki sebutan sebagai Kota Khatulistiwa karena dilalui garis khatulistiwa ini menyuguhkan destinasi liburan tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Karena kota ini mempunyai objek wisata favorite yang dapat dinikmati semua kalangan secara gratis.

Salah satu objek wisata yang saya rekomendasikan untuk traveler kunjungi adalah TAMAN KOTA (City Park). Hampir di setiap penjuru kota terdapat taman kota yang bisa dijadikan alternatif liburan murah di saat weekend. Taman kota yang indah dan menenangkan yang siap untuk dikunjungi. 



Tak jarang, para traveler dari luar Kota Pontianak, memburu beberapa taman yang indah dan menyebar begitu saja pemandangannya lewat media sosial. Pemerintah Kota selalu berusaha untuk menaikan taraf index of happiness warganya, dan mencoba mewujudkan ide-ide kreatif melalui taman-taman yang dibuat sangat menarik.

Disamping berfungsi sebagai paru-paru kota, taman kota cocok menjadi tujuan wisata wajib disaat traveler ingin menikmati kesejukan serta udara segar di tengah cuaca terik matahari Pontianak. Berikut 5 taman di Kota Pontianak yang cocok dikunjungi versi misterpangalayo.com :


1. Taman Alun-Alun Kapuas

Berlokasi di tengah kota membuat taman ini menjadi destinasi paling ramai dikunjungi oleh masyarakat Pontianak dan luar Pontianak. Dengan konsep "open public space", taman ini sangat cocok untuk berekreasi bersama keluarga. Taman Alun-alun Kapuas juga dikenal dengan "Korem", hal ini karena letak taman ini tepat berada di depan kantor KOREM atau Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura. 

Salah satu spot untuk berfoto

Taman yang merupakan salah satu proyek ‘Waterfront City’ dari Pemerintah Kota Pontianak memiliki bentuk dan dekorasi yang amat tertata rapi, sehingga tempat ini sering menjadi sarana refresing bagi beberapa kalangan masyarakat umum kota Pontianak, apalagi di tambah dengan adanya air mancur yang sangat indah dan bisa menari-nari, dengan dikelilingi anak-anak tangga taman alun-alun Kapuas serta ditambah dengan replika Tugu Khatulistiwa yang menjadi kebanggaan masyarakat Provinsi Kalimantan barat ini.

Satu diantara dua Air Mancur di Taman Alun Kapuas || Credit : instagram/andriaguss

Aktivitas wisata yang dapat traveler lakukan disini adalah jogging, jalan-jalan mengelilingi taman yang sangat luas, bersantai dibawah rindangnya pepohonan, menikmati pemandangan sungai Kapuas, menikmati sunrise dan yang paling populer adalah menyusuri sungai kapuas menggunakan Kapal Wisata (tarif IDR 20k-25k per orang).

Akses menuju Taman Alun-Alun Kapuas sangatlah mudah, traveler bisa menggunakan ojek online atau taksi online, berhubung belum memadai transportasi umum untuk wisatawan atau traveler. Akan lebih murahnya, apabila traveler punya teman yang berdomisili di Pontianak agar bisa diajak berwisata menggunakan kendaraan pribadinya.

Luas Taman ini mencapai 3 ha. || Credit : instagram/ip0enx

Secara keseluruhan taman ini mencapai 3 hektare, dibangun sudah sejak zaman dahulu dan diberi nama Larive Park. Jam Buka Taman Alun-Alun Kapuas mulai dari jam 06:00-20:00. Jika traveler seorang photo hunter dan ingin berfoto dengan view yang bagus, sebaiknya datang pada sore hari serta malam hari.

Alamat : Jl. Rahadi Usman, Tengah - Pontianak.


2. Taman Akcaya Indonesia

Jika traveler sedang berada di kawasan wisata Rumah Adat Radakng atau Rumah Adat Melayu Kalimantan Barat, tak jauh dari kedua tempat tersebut terdapat sebuah taman yang rindang. Terdapat spot-spot menarik untuk dijadikan tempat berphoto bersama keluarga maupun teman. 

Suasana siang hari di taman Akcaya || Credit: rentalmobilpontianak.my.id

Taman ini menjadi pilihan favorite traveler atau wisatawan luar Pontianak untuk rekreasi yang sangat nyaman untuk sekedar berjalan-jalan dan ditambah adanya sculpture berupa sampan dengan hiasan taman bunga dan air mancur membuat suasana tenang saat berkunjung ke taman.

taman ini memanjang mengikuti badan jalan

Selain itu, taman ini juga tersedia Mushola, arena bermain anak dan taman baca (fasilitas AC) yang tentunya ramah untuk anak. Suasana pagi hingga siang hari, aktivitas di taman ini sangat hening dan tenang. Ketika petang hingga malam hari, kawasan ini berubah menjadi padat karena banyak pedagang yang berjejer menjajakan jualannya, mulai dari kuliner hingga cinderamata khas Kalbar. 

Credit: instagram/pontinesia

Akses menuju Taman Akcaya bisa menggunakan taksi Bandara apabila traveler startnya dari Bandara Supadio. Alternatif lain adalah menggunakan taksi online maupun ojek online yang stand by 24 jam melayani rute traveler selama di Pontianak. Dari segi waktu dan biaya sangat bisa diandalkan ketika berada di kota ini.

Alamat : Jl. Sultan Syahrir, Kota Baru - Pontianak.


3. Taman Digulis Pontianak

Ketika traveler pertama kali berwisata ke kota Pontianak, pasti melintasi sebuah taman indah yang berada di kawasan Bundaran Untan (Bundaran Digulis Pontianak). Area taman digulis sangat menarik untuk dikunjungi karena berbagai fasilitas tamannya masih terjaga, serta ruang lingkupnya juga masih hijau sehingga jauh dari polusi udara.

Kawasan Tugu Digulis / Bundaran Untan || Credit : instagram/bolank924

Taman ini menawarkan sensasi yang tidak biasa karena di belakang taman ini terdapat hutan kota yang dijaga kelestariannya sebagai paru-paru kota. Selain itu, fasilitas lapangan tenis dan jogging track juga membuat pengunjung bisa jogging atau sekedar berkeliling jalan kaki menikmati segarnya udara tengah hutan. Selain itu, pemerintah kota juga membangun area taman bermain anak-anak dan area skateboard.

space taman digulis menghadap Tugu Digulis / Bundaran Untan || Credit: instagram/pontinesia

Demi memanjakan pengunjung, area parkir juga sengaja diperluas dan terdapat pos keamanan untuk menjaga ketertiban dalam berwisata. Berlokasi di jantung Kota Pontianak yakni di kawasan jalan protokol kota, tidak pernah sepi pengunjung, puncaknya saat Sabtu malam dan Minggu pagi, terutama di kawasan jogging track.

Jogging Track yang luas sehingga membuat pengunjung lebih leluasa untuk beraktivitas || Credit: instagram./sundee_

Jam berkunjung khusus area jogging track, dibuka mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Untuk tamannya, admin menyarankan untuk mengunjungi taman ini di malam hari, dikarenakan jauh lebih menarik pemandangannya, traveler bisa melihat air mancur berwarna-warni yang menari-nari ditengah Bundaran Untan.

Alamat : Jl. Ahmad Yani, Pontianak.


4. Taman Arboretum Sylva Untan

Tahun 2018, taman ini diresmikan oleh Walikota Pontianak yang kian mempercantik wajah Kota Pontianak. Taman Arboretum Sylva Untan Pontianak dilengkapi dengan fasilitas taman “rooftop garden” serta relief pahlawan Digulis, plaza, dan bangku taman. Memang taman ini masih berada di kawasan Bundaran Untan tepatnya berada diseberang Taman Digulis Pontianak.

Uniknya ditaman ini terdapat Hutan kota "Arboretum Sylva Untan" yang sangat membuat traveler seakan berada dikamar ber-AC. Ekspektasi berada di hutan Kalimantan bisa ditemukan di hutan Arboretum Sylva Untan. Setelah puas berkeliling di kawasan hutan tersebut, dilanjutkan dengan bersantai di taman Arboretum Sylva Untan.

Tersedianya kursi taman menjadi spot untuk berfoto || Credit: instagram/ririn.ariani

Aktivitas wisata yang paling populer adalah berphoto di kursi taman yang telah disediakan atau sekedar menikmati kendaraan lalu lalang di tengah hiruk pikuk aktivitas sekitar Bundaran. Ketika berkunjung di malam hari, lampu taman menambah kemeriahan taman tersebut dan tentunya tidak untuk dilewatkan.

Alamat : Jl. Ahmad Yani, Pontianak.


5. Taman Ayani Pontianak

Taman Ayani Pontianak diresmikan berbarengan dengan Taman Arboretum Sylva Untan. Taman ini juga tidak kalah menyuguhkan aktivitas wisata yang menarik untuk dikunjungi traveler. Taman ini terintegrasi dengan beberapa kebutuhan para remaja, seperti tempat bermain skateboard, bermain basket, perpustakaan digital, dan yang lainnya bisa menikmati RTH (Ruang Terbuka Hijau).

Taman Ayani Pontianak || Credit: ptkpost

Fasilitas yang disediakan di Taman Ahmad Yani, antara lain kawasan bermain skatepark, lapangan mini basket “3 on 3”, taman catur, zona swafoto, perpustakaan digital, tanaman landscape, bangku taman, serta Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU). Hal ini tentunya sangat mendukung kenyamanan bagi seluruh wisatawab, tidak hanya bagi wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan luar Pontianak.

Doc. Siti Mustiani

Taman ini sebagai alternatif atau pilihan selain Taman Digulis. Sehingga traveler tidak menumpuk di taman itu dan juga bisa melakukan jogging di taman ini. Keberadaan taman ini sebagai variabel kebahagiaan traveler yang berkunjung. Setelah berkunjung ke taman ini, traveler bisa berjalan kaki menuju kawasan Ayani Megamal Pontianak.

Alamat : Jl. Ahmad Yani Pontianak.

Salah satu fasilitas umum di Taman Ayani || Credit : instagram/endra_z


2 comments:

  1. Taman kota menjadi salah satu alternatif pilihan untuk liburan di kota :-)

    ReplyDelete

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.