Daftar 5 Pulau-Pulau Kecil di Kabupaten Sambas

misterpangalayo.com - Kabupaten Sambas (Hanzi: 三發縣 ; Pinyin: Sānfā xiàn) adalah sebuah kabupaten yang berada di bagian pantai barat paling utara dari wilayah provinsi Kalimantan Barat. Dengan luas wilayah 6.395,70 km², Sambas memiliki tiga Daerah Aliran Sungai (DAS) dengan total hamparan 516.200 ha.



Kondisi wilayah Kabupaten Sambas bedasarkan ketinggian di atas permukaan laut juga beragam, mulai 0 sampai 100 meter. Selain itu, jenis tanah di daerah datar meliputi jenis Organosol, Aluvial dan Podsolik Merah Kuning (PMK) sedangkan di daerah berbukit dan bergunung meliputi jenis tanah Latosol dan Podsolik Merah Kuning (PMK).

Beranjak dari kondisi diatas, banyak yang tidak mengetahui setidaknya terdapat 5 pulau-pulau kecil yang telah memiliki nama dan secara administratif berada di wilayah Kabupaten Sambas. Di Kalimantan Barat, pulau yang telah memiliki nama berjumlah 207 pulau yang berada di 9 (sembilan) kabupaten / kota.

Berikut daftar nama Pulau-Pulau (Kecil) di Kabupaten Sambas yang dihimpun oleh misterpangalayo.com :

  • Pulau Belacan
Pulau ini terletak di Desa Jelu Air Kecamatan Jawai Selatan, tepatnya di muara Sungai Sambas Besar. Pulau ini bisa dilihat dengan jelas dari kejauhan di kawasan wisata Tanjung Batu, Kecamatan Pemangkat.

Pulau Belacan || credit: instagram/willy_wijaya_


  • Pulau Bungin
Berbeda dengan Pulau Belacan yang berada di laut, Pulau Bungin justru berada di Kota Sambas tepatnya di Desa Gapura. Pulau ini menjadi habitat Bekantan dan di tumbuhi oleh hutan lebat semak belukar.




  • Pulau Pikah
Pulau Pikah terletak di Kecamatan Jawai Selatan. Di era kesultanan Sambas, pulau Pikah menjadi salah satu kawasan strategis untuk melaksanakan penyerangan, peperangan dan pertahanan oleh Panglima Besar Kesultanan. Pulau lainnya adalah Pulau Lemukutan,Pulau Kabung, Pulau Penatah Besar, Pulau Penatah Kecil dan Pulau Randayan.

  • Pulau Pontianak
Secara adiministratif, pulau Pontianak berada di Kecamatan Jawai Selatan. Ketika berada di pantai Putri Serayi, kita dengan jelas bisa melihat pesona Pulau Pontianak di balik bukit Raya. Pulau mungil ini menyuguhkan pemandangan yang menarik untuk dilewatkan.


  • Pulau Selimpai
Pulau Selimpai terletak di Kecamatan Paloh, sebuah pulau yang terpisah dari daratan utama oleh sebuah sungai. Pulau ini berbatasan langsung dengan laut Natuna, dan menawarkan pantai pasir putih dan jajaran hutan pinus. Pulau ini juga menjadi tempat penyu bertelur dan terdapat bekas penangkaran penyu.


  • Pulau Tua (Haji Sani)
Nama resmi pulau Haji Sani adalah Pulau Tua, namun dikalangan traveler lebih dikenal dengan nama Pulau Haji Sani. Secara administratif berada di Desa Malek Kecamatan Paloh. Pulau yang tidak berpenghuni ini merupakan pulau yang hanya muncul saat air laut sedang surut dan tenggelam jikalau air pasang besar.


Dewasa ini, pulau Tua menjadi destinasi pulau wisata kedua setelah pulau Selimpai di Kabupaten Sambas. Pulau ini sempat tenggelam karena abrasi parah, namun sekarang muncul kembali dengan luas pulau yang makin mengecil. Dan pulau ini terancam tenggelam kembali untuk selama-lamanya.

No comments:

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Powered by Blogger.