Semarak Pembukaan Sea Games 2017 hingga Insiden Bendera Indonesia Terbalik

misterpangalayo.com - Megahnya seremoni pembukaan SEA Games 2017 secara resmi digelar di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, pada Sabtu (19/8/2017) malam. Acara pembukaan dimulai pukul 08.20 malam waktu setempat yang ditandai dengan pengibaran bendera Malaysia disertai dengan menyanyikan lagu kebangsaan. Tata cahaya didominasi warna kuning tua menjadi unggulan tuan rumah dan semaraknya pesta kembang api menghiasi di atas langit stadion.

Tata Cahaya Jadi Unggulan di Pembukaan SEA Games 2017 [Image Source]

Kontingen tuan rumah Malaysia hadir dengan balutan pakaian khas adat Melayu. Rombongan pria mengenakan peci hitam dan baju adat tradisional dengan baju berwarna merah serta celana yang dilengkapi sarung biru. Sementara rombongan perempuan menggunakan pakaian terusan berwarna merah yang dipadukan selendang biru dan rok panjang merah.

Sedangkan, kontingen dari Indonesia berjumlah 857 orang dipimpin langsung oleh I Gede Siman Sudartawa sebagai pembawa bendera. Para atlet dan tim ofisial tampil dengan setelan formal mengenakan jas berwarna biru tua dan celana warna krem. Indonesia berada diurutan ketiga jumlah kontingen terbesar. Sedangkan, posisi pertama adalah Thailand dengan jumlah kontingen terbanyak yang berjumlah 1.264 atlet dan ofisial.

Uniknya pada Sea Games 2017, Malaysia sebagai tuan rumah menghadirkan teknologi terbaru dengan cahaya LED di berbagai penjuru stadion saat seremoni. Namun, ditengah semaraknya acara tersebut, keteledoran pihak penyelenggara mencoreng pembukaan SEA Games 2017. Buku panduan dibagikan kepada para pejabat yang hadir dan pada halaman ke-80 terdapat insiden kontroversial dimana bendera Indonesia tercetak terbalik, seharusnya merah putih menjadi putih merah.

Kesalahan mencetak bendera hanya terjadi pada Indonesia. Sementara itu, bendera 10 negara peserta SEA Games lainnya tercetak dengan benar. Imam Nahrawi selakuk Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) mengungkapkan kekecewaan melalui Twitter pribadinya dan mengatakan keteledoran Malaysia sangat menyakiti bangsa Indonesia. 


Tak lama kemudian, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia, Khairy Jamaluddin, membalas cuitan Menpora RI, Imam Nahrawi, dan meminta maaf atas kesalahan panitia SEA Games 2017. "Bapak Imam, tolong terima permintaan maaf tulus saya atas kesalahan ini. Sesungguhnya tidak ada niat jahat. Saya amat kesal akan kesalahan ini," tulisnya membalas tweet Menpora Imam Nahrawi.

Pasca kicauan Imam Nahrawi, warganet Indonesia dibuat sangat geram karena insiden tidak mengenakkan tersebut. Hashtag #ShameOnYouMalaysia di media sosial Twitter pun menjadi topik yang banyak diperbincangkan para penggunanya.

Untuk meredam ketegangan tersebut, pemerintah Malaysia langsung mengambil sikap dengan mengeluarkan surat permintaan maaf secara resmi. Melalui akun Twitter official SEA Games 2017 @KL2017, dua surat permintaan maaf yang masing-masing ditulis dalam bahasa Malaysia dan bahasa Inggris.


4 komentar:

  1. klo bendera Filipina dibalik, merah di atas biru di bawah artinya sedang masa perang
    siap2 diterkam om duterte

    BalasHapus
  2. Wah, begitu bisa jadi pemicu hubungan yang ga enak. Tapi positive thinking ajasih, maksudnya yaaaa kalo itu benar-benar ketidaksengajaan, yaudahlah yaa. Namanya yg kerja kan jg manusia. Dimaafin aja .__.


    Iya kan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bgt mbak.. itu yg tanggung jawab panitia nya.. negara ga salah.. ...

      Positif aja lah.. Kita ini Serumpun buat apa rusuh...

      Hapus

Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan kontak saya
+Email : raditmananta@gmail.com
+Twitter : @raditmananta

Tata Tertib Berkomentar di blog misterpangalayo:

1. Gunakan Gaya Tulisan yang Biasa-biasa Saja
2. Tidak Melakukan Komentar yang Sama Disetiap Postingan
3. Berkomentar Mengandung Unsur Sara Tidak di Anjurkan

Diberdayakan oleh Blogger.